Universal Studio Osaka

Tempat Wisata di Jepang yang Wajib Kamu Jelajahi

Diposting pada

Tempat Wisata di Jepang – Jepang merupakan salah satu negara favorit tujuan liburan wisatawan dari Indonesia. Negara kecil nan canggih ini dikenal memiliki sederet tempat wisata menarik yang unik dan tak terlupakan. Tempat wisata di Jepang umumnya merupakan perpaduan antara kebudayaan setempat yang kental dengan kemajuan teknologi masyarakatnya.

Awalnya, mungkin kita mengenal kebudayaan Jepang dari anime, cosplay dan film drama Jepang yang telah lama masuk ke Indonesia. Kini, masyarakat pun semakin tertarik untuk melihat kehidupan masyarakat Jepang secara langsung dengan mengunjungi beberapa tempat wisata ikonik dan paling sering dikunjungi wisatawan seperti berikut ini.

Destinasi Wisata di Jepang

1. Tokyo Tower

Tokyo Tower
Tokyo Tower terletak di 4 Chome-2-8 Shibakoen, Minato, Tokyo memiliki tinggi 333 meter dengan dominasi warna putih dan orange. Anda bisa menikmati pemandangan dari ketinggian dengan membayar 820 yen (dewasa) dan 310 yen (anak-anak). Di lantai dasar Tokyo Tower, terdapat toko, restoran, aquarium, museum, game center dan masih banyak lagi.

2. Taman Ueno
Taman Ueno
Taman yang terletak di kawasan Ueno, distrik Taito-ku, Tokyo ini merupakan salah satu destinasi paling terkenal di kalangan turis. Di taman ini, Anda bisa menikmati keindahan berbagai macam bunga serta pepohonan secara gratis. Setidaknya ada sekitar lebih dari 10.000 pohon termasuk 1.200 pohon sakura dan pepohonan cantik lainnya di dalamnya.

3. Tsukiji Fish Market
Tsukiji Fish Market
Pasar ikan yang terletak di 5 Chome-2-1 Tsukiji, Chuo, Tokyo ini merupakan pasar seafood dan ikan terbesar di dunia. Aktivitas pelelangan ikan di pasar ini terbuka untuk umum mulai pukul 05.25 dan 05.50 pagi. Pasar ini setidaknya menampung 2.000 ton hasil laut dan 1.000 ton sayuran dan buah-buahan tiap harinya.

4. Akihabara
Akihabara
Merupakan pusat pertokoan komik dan elektronik murah meriah dimana terdapat gedung pertokoan elektronik terbesar di Tokyo, Yodobashi Akiba. Di tempat ini, Anda bisa menemukan maid cafe dengan pakaian cosplay yang unik. Anda juga bisa memperoleh CD jepang dan komik hanya seharga 100 – 500 yen di tempat ini.

5. Kuil Meiji
Kuil Meiji
Berada di Yoyogikamizonocho, Shibuya, Tokyo, kuil ini merupakan tempat Kaisar Meiji dan Permaisuri Shoken diabadikan. Kuil ini dikelilingi oleh pepohonan sehingga terkesan berada di tengah hutan. Sempat hancur terkena bom pada Perang Dunia ke II, kemudian dibangun kembali hingga 1958. Pengunjung tidak dikenai biaya untuk masuk ke kuil ini.

6. Taman Nasional Shinjuku Gyoen
Taman Nasional Shinjuku Gyoen
Taman nasional yang dibangun sejak 1908 ini terletak di Naitomachi, Shinjuku, Tokyo. Shinjuku Gyoen terdiri dari 3 bagian yakni Taman khas Perancis, Taman Tradisional Jepang dan panorama Inggris. Pengunjung juga bisa menyaksikan kolam-kolam berukuran besar dengan jembatan indah diatasnya. Biaya masuknya yakni sekitar 500 yen untuk 3 jam.

7. Istana Kekaisaran Tokyo
Istana Kekaisaran Tokyo
Di dalam istana yang terletak di pusat kota Tokyo ini, terdapat Edo Castle, istana pemerintahan Shogun Tokugawa. Pengunjung bisa menikmati beberapa obyek menarik seperti The Fukiage Omiya, Imperial Residence, Jembatan Nijubashi dan Gedung Imperial Household Agency. Untuk bisa memasuki istana ini pengunjung harus memesan setidaknya 7 hari sebelum tanggal kunjungan.

8. Universal Studio Osaka
Universal Studio Osaka
Taman bermain ini terdiri dari 9 bagian yakni Hollywood, New York, San Francisco, Amity Village, Universal Wonderland, Jurassic Park, Waterworld, Minion Park dan The Wizarding World of Harry potter. Pengunjung juga bisa menikmati wahan roller coaster, carousel dan simulator film-film populer. Pengunjung dikenai tiket masuk sekitar Rp. 600.000 – Rp. 900.000.

9. Istana Osaka
Istana Osaka
Istana ini terletak di sebelah barat kota Osaka, tepatnya di 1-1 osakajo Chuo Ward. Istana ini menjadi istana kerajaan Jepang pada awal abad ke-16. Di lantai 7, Anda bisa menyaksikan diorama 19 scenes kehidupan Hideyoshi Toyotomi, pendiri istana ini. Waktu paling tepat mengunjungi istana ini adalah bulan April dan November.

10. Hutan Bambu Arashiyama
Hutan Bambu Arashiyama
Hutan bambu sepanjang 300 meter ini terletak di Arashiyama, Ukyo Ward, Kyoto Prefecture. Hutan yang telah ada sejak abad ke-8 ini berada satu arah dengan Kuil Tenryuuji. Untuk bisa menikmati keindahan hutan ini, pengunjung tidak dikenakan biaya. Di sela hutan bambu, pengunjung bisa mendatangi kuil dan toko souvenir khas Jepang.

11. Hiroshima Peace Memorial Park
Hiroshima Peace Memorial Park
Museum Perdamaian Hiroshima dibangun tahun 1955 untuk mengenang sejarah bom atom Hiroshima tanggal 6 Agustus 1945. Lokasinya berada tak jauh dari Atomic Bomb Dome di tepian sungai Ota, Hiroshima. Untuk bisa memasuki museum ini, pengunjung cukup membayar tiket masuk seharga 50 yen.

12. Meriken Park
Meriken Park
Taman di Pelabuhan Kobe, kota Kobe, perfektur Hyogo ini menyajikan panorama Kobe Port Tower dan Museum Maritim Kobe yang tampak menawan di malam hari. Pengunjung bisa menyaksikan lonceng Hortansia yang berdiri sejak 1989 serta patung Fish Dance. Biaya masuk ke obyek wisata ini 1.000 yen (dewasa) dan 400 yen (anak-anak).

13. Kyoto Tower
Kyoto Tower
Menara ini berada di pusat kota Kyoto, di antara Kuil Kinkakuji, Kuil Ginkakuji dan Kuil Kiyomizudera. Dengan ketinggian 131 meter, menara Kyoto memiliki fasilitas toko souvenir dan pemandian air panas. Anda bisa memasuki menara ini dengan membayar tarif sekitar 750 yen (dewasa) dan 450 yen (anak di bawah 12 tahun).

14. Kuil Kiyomizu
Kuil Kiyomizu
Kuil ini terletak di Otowa-san (Gunung Otowa) timur kota Kyoto. Kuil Kiyomizu memiliki sebuah panggung bersejarah yang sering dipakai untuk menyelenggarakan pertunjukan kesenian Kabuki. Tarif tiket masuk kuil ini sekitar 400 yen (dewasa) dan 200 yen (anak-anak). Karena jalan menuju kuil menanjak, sebaiknya persiapkan bekal dan stamina tubuh yang kuat.

15. Disneysea Tokyo
Disneysea Tokyo
Tempat wisata bermain ini dibuka pertama kali pada 4 September 2001. Taman ini mengusung 7 tema menarik yakni Mediterranian Harbor, American Waterfront, Polt Discovery, Lost River Delta, Mermaid Lagoon, Arabian Coast dan Mysterious Island. Taman yang terletak di Maihama, Urayasu, Chiba Prefecture ini memasang tarif sekitar Rp. 500.000 – Rp. 900.000.

16. Okinawa Churaumi Aquarium
Okinawa Churaumi Aquarium
Aquarium yang merupakan bagian dari Taman Samudra Ekspo Okinawa ini terletak di 424 Ishikawa, Motobu-cho, Kunigami-gun, Okinawa. Tempat wisata di Jepang ini menyediakan fasilitas kafe Laut Kuroshio, Teater Penyu, Teater Okichan, layar sentuh, kursi roda elektrik serta panduan audio. Harga tiket masuk ke tempat ini sekitar 1,850 yen.

17. Pendakian Gunung Fuji
Pendakian Gunung Fuji
Tempat wisata di Jepang ini sangat terkenal keindahannya dan telah disahkan sebagai situs warisan dunia. Pada bulan Juli hingga September, gunung yang terletak di Prefektur Yamanashi dan Prefektur Shizuoka ini selalu dipadati pendaki baik dari dalam negeri maupun luar negeri.

18. Kawaguchiku Onsen
Kawaguchiku Onsen
Pemandian air panas yang terletak di kaki Gunung Fuji ini merupakan wisata wajib jika Anda berkunjung ke Jepang. Hotel yang terdiri dari 33 kamar ini menyajikan pemandangan menawan dari Gunung Fuji dan Danau Kawaguchi. Anda bisa menginap di tempat ini dengan membayar Rp. 1.500.000 per malam.