Tempat Wisata di Jakarta Barat yang Paling Populer

Diposting pada

Tempat Wisata di Jakarta – Bagaimanakah cara Anda untuk menghilangkan penat setelah lama beraktivitas ataupun berkotak di pekerjaan? Pasti dari kalian semua akan menjawab dengan cara berlibur. Memang berlibur telah menjadi hal yang wajib dilakukan bagi seseorang terutama untuk menghilangkan penat setelah sekian lama melakukan aktivitas.

Ada berbagai macam tempat yang bisa anda kunjungi seperti yang ada di Jakarta Barat ini. Berada di perkotaan seperti kota metropolitan Jakarta tentu akan sulit untuk menemukan tempat wisata yang pas. Kendati demikian tempat wisata di Jakarta Barat berikut ini bisa anda jadikan destinasi wisata saat liburan.

Tempat Wisata di Jakarta

Berikut ini daftar tempat wisata di Jakarta Barat yang populer dan wajib Anda masukkan kedalam destinasi wisata liburan.

1. Museum Fatahillah

Museum yang berlokasi di jalan Taman Fatahillah nomor 1 Jakarta Barat ini bisa anda kunjungi ketika Tengah berlibur bersama keluarga. Tempat wisata ini sendiri awalnya merupakan Kantor Gubernur dari Jenderal Batavia dan merupakan ikon yang cukup terkenal di kawasan Kota Tua.

Bagi Anda yang ingin memasuki tempat wisata ini maka anda harus membayar tiket masuk sebesar Rp2.000 per orang. harga tiket masuk tersebut sudah sangat murah Karena Anda bisa menikmati berbagai macam fasilitas seperti fasilitas untuk berfoto dan Melihat peninggalan-peninggalan zaman Belanda.

2. Museum Bank Indonesia

Selain Museum Fatahillah, museum berikutnya di Jakarta Barat yang bisa anda kunjungi adalah museum Bank Indonesia yang berlokasi di Jalan Pintu Besar Utara Nomor 3 Jakarta Barat dan merupakan bangunan zaman kuno yang dilindungi.

Bangunan ini sendiri merupakan peninggalan dari masa De javasche Bank. Di tempat inilah anda bisa belajar mengenai perkembangan bank di Indonesia. Museum Bank Indonesia sendiri akan dibuka setiap hari kecuali hari Senin ataupun libur nasional dan menariknya lagi para pengunjung juga tidak akan dimintai biaya tiket masuk.

3. Museum Wayang

Ada lagi tempat wisata Museum menarik di Jakarta Barat yang bisa anda kunjungi yakni Museum Wayang berlokasi di Jalan Pintu Besar nomor 27 Jakarta Barat. Sesuai dengan namanya di tempat inilah anda akan melihat berbagai macam koleksi wayang ataupun boneka dari belahan dunia lain.

Gedung ini sendiri awalnya merupakan sebuah gereja lama Belanda dan di tahun 1975 gedung ini dialihfungsikan sebagai museum yang menyimpan ribuan koleksi wayang dari dalam ataupun negeri. Biaya tiket masuk ke museum ini sebesar Rp5.000 per orang dan untuk anak-anak di bawah 5 tahun tidak membayar tiket masuk.

4. Museum Bank Mandiri

Memang Jakarta Barat memiliki banyak muslim yang bisa anda kunjungi dan musim selanjutnya adalah museum Bank Mandiri yang berlokasi di kawasan Kota Tua Jakarta Tepatnya di Jalan Babakan Stasiun nomor 1 Jakarta Barat. Sehingga apabila anda Tengah berada di kawasan kota tua maka bisa mampir ke tempat ini.

Awalnya museum ini sendiri merupakan gedung bekas perusahaan dagang Belanda dan untuk bisa masuk ke museum ini para pengunjung wajib membayar biaya tiket masuk sebesar Rp2.000 dan Rp1.000 untuk grup minimal 20 orang.

5. Museum Tekstil

Berkunjung ke Museum bukanlah hal yang salah dan membosankan tetapi dengan berkunjung ke Museum saat liburan maka anda juga bisa menambah pengetahuan Anda seperti anda bisa datang ke Museum Tekstil yang berlokasi di Jalan Aipda KS Tubun No 4 tepatnya di Petamburan Jakarta.

Di tempat inilah para pengunjung diberikan kesempatan untuk melihat berbagai macam koleksi kain dari Indonesia. Untuk bisa masuk ke museum maka para pengunjung bisa membayar biaya tiket masuk sebesar Rp5.000 untuk dewasa dan Rp2.000 untuk anak-anak.

6. Bentara Budaya Jakarta

Tempat wisata yang berada di Jalan Palmerah Selatan Nomor 17 Palmerah Jakarta ini merupakan lembaga kebudayaan Harian dari Kompas. Di tempat inilah terdapat berbagai macam koleksi lukisan dari para pelukis terkenal.

Selain itu terdapat pula beragam koleksi keramik dari Indonesia ataupun luar negeri. Tempat ini sangat cocok bagi anda penyuka seni dan para pengunjung juga tidak diminta untuk membayar biaya tiket masuk

7. Hutan Kota Srengseng

Anda ingin menghabiskan waktu atau berlibur ke tempat wisata yang memiliki nuansa sejuk dan asri? Memang rasanya cukup sulit untuk menemukan ruang hijau di kota megapolitan seperti Jakarta ini. Tetapi anda tidak perlu khawatir karena tempat yang berada di Jalan Haji Kelik tepatnya di Srengseng Kembangan Jakarta Barat bisa anda pilih.

Di tempat ini terdapat hutan kota Srengseng yang bisa menjadi pusat liburan anda untuk mendapatkan Suasana yang sejuk. Hutan ini sendiri berdiri di atas lahan seluas 15 hektar dan merupakan hutan yang difungsikan sebagai konservasi. Untuk bisa masuk ke kawasan ini maka para pengunjung, para pengunjung tidak membayar tiket masuk tetapi harus membayar tiket parkir.

8. Sky Rink

Tempat wisata berikutnya yang bisa anda kunjungi adalah Skyring yang berlokasi di dalam Mall Taman Anggrek yang berada di Jalan Letjen S Parman Kav 21 tepatnya di Tanjung Duren Selatan Grogol. Tempat wisata ini menjadi pilihan bagi banyak orang yang ingin menikmati skating.

Terdapat arena es Gading dengan luas sekitar 1000 m2 dan untuk bisa menikmati es skating di tempat ini maka anda harus membayar sebesar Rp65.000 di hari weekdays dan sebesar rp85.000 untuk akhir pekan ataupun libur nasional.

9. Museum Seni Rupa dan Keramik

Tempat wisata berikutnya di Jakarta Barat yang satu ini juga bisa anda pilih yakni museum seni rupa dan keramik. Museum ini sendiri berada di lokasi koran Poskota nomor 2 Jakarta Barat. Awalnya bangunan ini pernah dijadikan sebagai Kantor Walikota Jakarta Barat di tahun 1973 Silam.

Untuk bisa menikmati koleksi seni rupa atau kontra mic di museum ini maka para pengunjung harus membayar tiket masuk sebesar Rp2.000 untuk dewasa, Rp1.000 untuk para mahasiswa dan Rp600 untuk anak-anak.

10. Jembatan Kota Intan

Tempat wisata yang satu ini juga kaya akan sejarah dan lokasinya juga tidak jauh dari Kota Tua Jakarta Tepatnya di Jalan Kali besar barat dan kali besar Timur. Jembatan ini sendiri telah berusia sekitar 300 tahun lebih dan dibangun oleh pemerintahan VOC dan merupakan tempat bersejarah di Jawa Barat selanjutnya.

Tempat wisata yang satu ini sangat cocok bagi Anda yang menyukai kegiatan fotografi dan saat malam hari tempat ini lebih kelihatan cantik. Tidak ada biaya tiket masuk yang dibebankan ketika ingin berkunjung ke tempat ini.

11. Pasar Bunga Rawabelong


Tempat menarik berikutnya yang ada di Jakarta Barat adalah pasar bunga Rawa Belong. Tempat yang satu ini merupakan pusat belanja unik yang ada di Jakarta Barat dan dibuka selama 24 jam setiap hari. Tempat ini sendiri berada di Jalan Sulaiman tepatnya di Sukabumi Utara Jakarta Barat

Di tempat ini berbagai macam koleksi bunga bisa anda temukan. Tidak ada biaya masuk ke tempat ini tetapi apabila anda ingin membeli bunga maka anda harus mengeluarkan biaya.

Apakah anda telah merencanakan liburan? Maka jadikan Jakarta Barat sebagai destinasi liburan anda tahun ini.