Tempat Wisata di Indramayu yang Jangan Sampai Terlewatkan

Diposting pada

Tempat Wisata di Indramayu – Apakah Anda sudah pernah ke Indramayu? Mungkin sebagian orang hanya melewatinya saja, karena kabupaten di Jawa Barat ini memang dijadikan pelintasan para pemudik yang pulang ke kampung yang berada di Jawa Tengah. Tapi, siapa sangka kalau Indramayu memiliki tempat wisata yang indah dan kulinernya yang unik.

Hampir semua jenis wisata bisa Anda temukan di kota dan daerah sekitarnya, sebut saja museumnya, wisata alamnya, dan petualangannya. Kalau Anda penasaran, baca terus beberapa tempat wisatanya yang mungkin nantinya bisa menjadi daftar wisata Anda saat berkunjung ke Indramayu.

Tempat Wisata di Indramayu

1. Pantai Tirtamaya


Destinasi wisata pertama yaitu Pantai Tirtamaya. Pantai ini berlokasi di Desa Juntinyuat, Indramayu. Mungkin orang luar Jawa masih asing dengan pantai ini, tapi pantai ini sangat terkenal di kawasan Jawa dan menjadi salah satu destinasi favorit para wisatawan, terutama anak-anak mudanya.

Ketika pagi hari, Pantai Tirtamaya sangat cocok dijadikan tempat untuk melihat sunrise, begitu pula saat sore hari pemandangan sunset-nya juga sangat indah. Dengan dibukanya setiap hari, Anda cukup membayar Rp 3.000 saja per orang dan Anda sudah bisa menikmati pemandangannya yang mempesona.

2. Pulau Biawak


Apakah Anda sudah pernah melihat hewan biawak? Kalau belum, mungkin Anda perlu mengunjungi Pulau Biawak yang letaknya ada di Kabupaten Indramayu, Jawa Barat. Pulau yang dipenuhi oleh hewan biawak ini sebenarnya dikenal pula dengan sebutan Pulau Rakit. Namun, karena sudah terlalu terkenal dengan banyaknya biawak, maka disebutlah Pulau Biawak.

Anda yang mengunjungi pulau ini disuguhi pemandangan alam yang masih sangat alami. Di sana juga terdapat mercusuar yang sudah dibangun dari sejak 1872 dan terkadang dibuka untuk umum. Untuk Anda yang ingin ke tempat wisata ini, harus membayar Rp 25.000 yang sudah termasuk biaya perawatannya.

3. Pantai Balongan Indah


Selain Pantai Tirtamaya, jangan lupa kunjungi juga Pantai Balongan Indah. Pantai ini juga tidak kalah mempesonanya dengan pantai-pantai lain di Indramayu. Pantai yang berlokasi di Kecamatan Balongan, Kabupaten Indramayu ini, menyuguhi pemandangan yang cantik dan hawa pantainya yang khas.

Pemandangan yang berciri khas pantai utara ini memiliki warna pasir yang jarang ada di pantai-pantai kebanyakan, yaitu berwarna hitam. Meskipun berwarna hitam, Anda masih bisa bermain-main dengan tenang yang dilengkapi dengan deburan ombaknya yang tenang. Anda akan sangat mudah menuju pantai ini karena banyak petunjuk jalan yang menunjukkan arahnya.

Selain itu, Anda juga bisa menaiki kendaraan umum karena memang banyak kendaraan umum yang melewatinya. Harga tiketnya pun sangat terjangkau, sehingga sangat cocok bagi Anda yang ingin menikmati liburan murah. Cukup membayar Rp 5.000 saja, Anda sudah bisa menikmati pemandangan cantik sunrise maupun sunset.

4. Pantai Glayem


Kalau Anda ingin mencari hawa yang berbeda dari Pantai Tirtamaya, Anda bisa sekaligus mengunjungi Pantai Glayem yang jaraknya masih cukup dekat. Masih sama dengan Pantai Tirtamaya, pantai ini juga berlokasi di Desa Juntinyuat, yang berada di Kecamatan Juntinyuat.

Pada mulanya, pantai ini dilarang dikunjungi wisatawan karena ombaknya yang begitu besar, bahkan perselancar pun tidak diperbolehkan melakukan surfing di sana. Tapi sekarang, pemerintah pariwisata setempat sudah memberikan pemecah ombak, sehingga ombak tidak lagi berbahaya dan aman untuk bermain-main di pesisirnya.

Tiketnya masuk ke pantai ini sangat murah, Rp 3.000 saja. Tapi, Anda juga bisa menikmati hasil seafoodnya yang terkenal segar dan enak. Tidak heran kalau di pinggiran pantainya terdapat banyak warung yang menjual seafood dengan harga yang terjangkau.

5. Waterboom Bojongsari


Kalau sudah bosan dengan bermain-main di pantai, mungkin Anda bisa mencoba suasana bermain air di wahana permainan air di Waterboom Bojongsari. Wisata air ini terletak di Jl. Bojong Sari, Indramayu dan menjadi destinasi favorit para keluarga di akhir pekan untuk penduduk setempat.

Di sini disediakan banyak sekali wahana air, baik untuk anak-anak maupun orang dewasa. Mulai dari kolam renang dewasa dan anak-anak, kolam arus, bungee trampoline, bahkan sampai karaoke pun ada. Anda yang mendatangi tempat wisata air ini dari jam 9 pagi hingga jam 5 sore. Biaya tiketnya juga tergolong terjangkau karena hanya sekitar Rp 10.000 sampai Rp 15.000 per orangnya dan buka setiap hari.

6. Taman Kali Cimanuk


Berada di tengah kota merasa padat dengan bangunan-bangunan tingginya? Siapa bilang? Di Indramayu memiliki taman yang menyejukkan meskipun masih berada di tengah kota, yang dikenal dengan Taman Kali Cimanuk. Taman ini terletak di Penganjang, Sindang dan menjadi destinasi populer bagi masyarakat yang ingin menenangkan pikiran dari kesibukannya sepanjang hari.

Bahkan, hampir semua event di adakan di taman ini, termasuk seni budayanya yang bisa menarik banyak wisatawan dari berbagai kota lainnya. Untuk anak-anak, sekitar tamannya diberikan taman bermain yang bisa mengisi waktu luang mereka untuk bermain. Kalau sore hari tiba, jangan lupa kunjungi wisata kulinernya yang buka setiap hari dan sampai larut malam.

Anda yang ingin berkunjung, harus membayar tiketnya terlebih dahulu sebesar Rp 20.000.

7. Pantai Eretan


Kalau Anda sering melewati jalur Pantura saat menuju ke Jawa Tengah, pasti sudah tidak asing dengan Pantai Eretan. Ya, pantai ini memang benar-benar terlihat dari jalur tersebut karena terletak di Kandanghaur yang menjadi jalur pemudik saat pulang kampung ke Jawa Tengah.

Konon, pantai inilah yang menjadi menjadi saksi bisu pasukan Jepang melawan pasukan Belanda saat pertama kalinya menaruh kaki di Indonesia. Namun, sekarang ini, Pantai Eretan sudah memiliki pemandangan yang cantik dan hijau, sehingga memberikan hawa menyegarkan bagi siapapun yang mengunjunginya.

Untuk tiketnya, Anda tidak akan dikenakan biaya apapun alias gratis.

8. Hutan Mangrove Karangsong


Anda yang ingin menenangkan pikiran dengan suasana yang asri, kunjungi saja Hutan Mangrove Karangsong. Hutan ini berada di Karangsong, Kecamatan Indramayu dan dekat dengan Pantai Karangsong. Anda dapat menikmati asrinya pepohonan mangrove dengan menaiki perahu yang sudah disediakan.

Tempat wisata ini dibuka setiap hari dari jam 9 pagi hingga 6 sore. Harganya sangat terjangkau, Rp 3.000 per orang, Anda sudah puas mengabadikan pesona hutan mangrove dengan kamera kesayangan Anda.

9. Situ Bolang


Anda ingin mencoba untuk berpetualang? Coba saja ke Situ Bolang yang letaknya di Desa Jatisura, yang berada di Kecamatan Cikedung. Meskipun hanya menyajikan pemandangan danau, Anda bisa merasakan kesegaran dan ketenangannya.

Anda pun bisa memancing dan kalau sudah lelah bisa berkemah di lahan yang sudah disediakan. Jangan lupa, cicipi aneka kulinernya yang enak dan menggoda. Anda hanya cukup membayar Rp 3.000 saja untuk menikmati itu semua.

10. Situs Buyut Banjar


Berwisata sejarah tidak ada salahnya dengan mengunjungi Situs Buyut Banjar yang berada di Desa Bulak Kidul, yang berlokasi di Kecamatan Jatibarang. Tempat ini terbilang sangat unik, karena terdapat 41 ekor monyet yang jumlahnya tidak pernah ditambahkan atau dikurangi meskipun sudah ada dari sejak zaman dulu.

Ada pula makam Pangeran Surya Nagara yang selalu ramai dikunjungi peziarah saat Jumat Kliwon, Lebaran, dan Idul Adha. Tiket masuknya terbilang sangat murah dan cocok bagi Anda yang berlibur dengan budget rendah, karena hanya seharga Rp 5.000 saja.