Tempat Wisata di Gresik yang Wajib Dikunjungi

Diposting pada

Tempat Wisata di Gresik – Provinsi Jawa Timur memiliki keberagaman tempat wisata yang rasanya wajib dikunjungi ketika ada di sana. Mulai dari wisata alam sampai ke tempat wisata buatan semuanya ada di Provinsi Jawa Timur. tempat wisata rohani juga bisa ditemukan di provinsi tersebut. Ada banyak kota atau kabupaten yang memiliki banyak tempat wisata, salah satunya adalah kota yang berada dekat dengan ibukota Provinsi Jawa Timur, yaitu Gresik.

Tempat Wisata di Gresik

Gresik terkenal dengan kawasan industri. Namun, hal tersebut tidak menunjukkan bahwa hanya sedikit tempat wisata yang bisa didatangi ketika berada di kota tersebut. Ada puluhan tempat wisata yang bisa dicoba untuk melepaskan kepenatan dan rasa lelah setelah melakukan kegiatan sehari-hari. berikut ini ulasannya.

1. Telaga Ngipik

Pemandangan air akan membuat jiwa menjadi tenang. Apalagi Telaga Ngipik juga dikelilingi dengan pepohonan yang membuat suasananya menjadi rindang dan sejuk. Tempat ini sangat cocok digunakan untuk bersantai bersama dengan keluarga. Selain menikmati keindahan telaga, ada juga beberapa fasilitas yang bisa dicoba. Beberapa di antaranya adalah ski air, perahu kecil dan juga fasilitas memancing.

2. Dynasti Water World

Dynasti Water World merupakan tempat wisata yang cocok dituju bila membawa anak-anak. Hal tersebut dikarenakan banyaknya wahana permainan air yang disediakan di sana. Pengunjung bebas menggunakan semua wahana dan fasilitas yang telah disediakan. Harga tiket masuk yang harus dibayar, yaitu 50 hingga 75 ribu rupiah per orang. Meskipun terbilang harga yang harus dibayar tidak terlalu murah, tapi pengalaman bermain yang didapat sangatlah setimpal. Taman bermain air ini bisa dikunjungi setiap hari sejak pukul 09.00 – 17.00 WIB di Jalan Rantau I, Manyar.

3. Bukit Jamur

Situs pertambangan kapur yang sudah tidak digunakan juga bisa digunakan sebagai tempat wisata. salah satunya adalah Bukit Jamur yang berada di Bungah, Gresik. Bukit Jamur ini merupakan fenomena alam yang unik karena hanya bisa ditemukan di tempat yang gersang. Seperti yang telah dikatakan, Bukit Jamur dahulunya adalah bekas tempat penambangan, bentuk batu jamur didapat karena adanya aktivitas alam berupa pergerakan angin yang mengikis bentuk batu sehingga terlihat seperti jamur.

Keunikan itulah yang menyebabkan Bukit Jamur mendapat banyak perhatian bagi pengunjung. Bukit Jamur bisa dikunjungi dengan hanya membayar biaya parkir sebesar tiga ribu rupiah untuk motor dan 10 ribu rupiah untuk mobil. Jam operasional tempat wisata ini dimulai sejak pukul 06.00 – 17.00 WIB.

4. Pantai Delegan

Gresik juga memiliki beberapa pantai yang ramai dikunjungi oleh wisatawan. Salah satu yang terkenal adalah Pantai Delegan. Pantai ini diminati banyak orang karena pasir pantainya yang berwarna putih terlihat sangat cantik. selain itu, ombak di pantai ini juga tidak terlalu tinggi sehingga cukup aman bila ingin bermain di bibir pantai. Selain itu, ada pula penjual makanan yang bisa dikunjungi bila rasa lapar melanda ketika bermain di sana. Pemandangan matahari terbenam juga tidak kalah menakjubkan bila dinikmati di Pantai Delegan.

5. Mangrove Ujungpangkah

Gresik memiliki letak geografis yang dekat dengan pantai, itulah mengapa bukan suatu hal yang tidak mungkin bila menemukan hutan mangrove di kota ini. Salah satu yang bisa dikunjungi adalah Mangrove Ujungpangkah. Tanaman bakau tumbuh dengan lebat di sana sehingga membuat suasana semakin sejuk. Ada pula jembatan yang dibangun pengelola untuk memudahkan pengunjung yang ingin menikmati keindahan hutan mangrove. Biaya yang harus dikeluarkan untuk menikmati keindahan hutan bakau hanya sebesar 10 ribu rupiah.

6. Museum Sunan Giri

Gresik menjadi salah satu kota yang memiliki nilai sejarah yang tinggi. Salah satunya adalah adanya museum yang memuat barang-barang peninggalan dari salah satu orang penting, yaitu Sunan Giri yang menjadi salah satu anggota wali songo. Di Museum Sunan Giri terdapat banyak benda yang bisa digunakan sebagai penambah wawasan. Tentu saja tempat wisata ini sangat tepat dikunjungi anak-anak. Pengetahuan dan cakrawala mereka mengenai sejarah akan bertambah karena mengetahui secara langsung benda apa saja yang berkaitan dengan Sunan Giri. Museum Sunan Giri terletak di Jalan Pahlawan nomor 24, Bedilan dan bisa dikunjungi setiap hari sejak pukul 08.00 – 15.00 WIB.

7. Makam Sunan Giri

Selain museum, di Gresik juga terdapat Makam Sunan Giri. Makam Sunan Giri bebas dikunjungi oleh siapa saja yang ingin melakukan napak tilas atau ziarah. Meskipun berada di puncak bukit, bukan berarti jalan menuju ke makam sangat sulit. Pengelola Makam Sunan Giri sudah menyediakan anak tangga yang membantu pengunjung ke tempat makam. Selain makam, di sana juga terdapat masjid dan toko oleh-oleh. Jadi, pengunjung yang ingin membawakan buah tangan untuk kerabat sangat mungkin untuk membelinya di sana.

8. Makam Maulana Malik Ibrahim
Seperti yang telah dikatakan, Gresik merupakan salah satu wilayah yang memiliki banyak jejak sejarah mengenai wali songo. Hal tersebut terlihat dari adanya makam Maulana Malik Ibrahim atau biasa disebut dengan Sunan Gresik. Makam Sunan Gresik bebas diakses siapa saja yang ingin melakukan ziarah selama 24 jam. Lokasi makam berada tidak jauh dari pusat kota Gresik, yaitu sekitar 200 meter dari alun-alun gresik.

9. Kampung Kemasan

Kampung Kemasan yang berada di Pekelingan merupakan sebuah kota tua yang ada di Gresik. Di sana akan ditemukan banyak bangunan tua yang dulunya sempat beroperasi sebelum akhirnya tidak lagi digunakan. pengunjung bisa menemukan bangunan kantor pos tua, gedung parlemen, gedung limo yang terkenal karena memiliki bentuk arsitektur yang unik dan masih banyak lagi bangunan yang bisa dinikmati keindahannya. Kampung Kemasan bisa dikunjungi sejak pukul 08.00 – 20.00 WIB.

10. Sendang Banyu Biru Lowayu

Danau Sendang Banyu Biru Lowayu memiliki beberapa keunikan yang menarik minat wisatawan. Hal unik pertama adalah seperti yang bisa terlihat di namanya, danau ini memiliki air berwarna biru kehijauan. Menurut warga setempat, warna tersebut terjadi karena adanya aktivitas belerang di dalam danau. Hal kedua yang masih memiliki kaitannya dengan belerang, danau ini banyak dikunjungi orang karena memiliki kekuatan untuk menyembuhkan beberapa jenis penyakit kulit dan rematik. Hal itulah yang menyebabkan banyak orang senang mengunjungi danau ini.

11. Air Terjun Laccar

Tempat wisata alam lain yang bisa ditemukan di Gresik adalah Air Terjun Laccar. Air terjun ini memiliki keindahan alam yang sangat menakjubkan. Derasnya air yang mengalir dikelilingi oleh rimbunnya tanaman yang tumbuh. Pepohonan yang ada juga menambah kesejukan suasana yang dihadirkan. Air Terjun Laccar berada di Desa Teluk Dalam, Sangkapura.

12. Pantai Benteng Lodewijk

Pantai indah dengan berbagai macam pepohonan rimbun yang mengelilinya bisa didapat dengan mengunjungi Pantai Benteng Lodewijk. Cara mengakses pantai ini cukup unik, yaitu dengan mengendarai perahu yang disediakan oleh warga pengelola. Di sana, pasir pantai yang berwarna putih semakin menambah keindahan.

Itulah 12 tempat wisata yang bisa didatangi ketika berada di Gresik. Sangatlah baik bila pengunjung juga ikut menjaga kebersihan dan ketertiban tempat wisata.