Puncak Guha

Tempat Wisata di Garut yang Sangat Bagus

Diposting pada

Tempat Wisata di Garut – Garut berbentuk Kabupaten yang termasuk dalam wilayah pemerintahan Provinsi Jawa Barat. Pusat pemerintahannya berada di Tarogong Kidul dan berbatasan dengan Kabupaten Sumedang, Kabupaten Tasikmalaya, Samudera Hindia, dan Kabupaten Cianjur di keempat arah mata angin. Hari jadi Garut diperingati setiap tanggal 16 Februari.

Secara garis besar, Garut beriklim basah pada kisaran 23-27 derajat. Sehingga, suhu udara di sana cenderung dingin. Meski begitu, hal tersebut tidak menghalangi wisatawan untuk melakukan perjalanan ke Garut untuk berlibur. Terutama turis-turis dari sekitar DKI Jakarta dan Jawa Barat yang ingin menikmati liburan dengan suasana alam yang kental.

Destinasi Wisata Garut

Gunung Papandayan
Gunung Papandayan

Gunung Papandayan yang terletak di Kecamatan Cisurupan merupakan destinasi wisata paling terkenal di Garut. Menawarkan pemandian air hangat dengan sumber air dari kawah belerang, pengunjung dikenakan tarif tiket masuk sebesar Rp. 25.000,- dan bebas memilih salah satu di antara dua kolam yang ada.

Karacak Valley
Karacak Valley

Meskipun tergolong destinasi wisata baru di Garut, namun tempat hiburan alam yang terletak di tengah Kota Garut ini sudah menjadi favorit para pengunjung. Selain taman, di sini terdapat areal kemping dan curug. Tiket masuknya dikenai biaya Rp. 15.000,- untuk umum, berbeda untuk pelajar yang dikenai tarif mulai Rp. 5.000,- saja.

Curug Sanghyang Taraje
Curug Sanghyang Taraje 091
Curug atau air terjun kecil banyak dijumpai di Garut, salah satunya Curug Sanghyang Taraje yang memiliki legenda kental dengan Sangkuriang. Dua aliran air terjun ini memiliki ketinggian 82 meter. Lokasinya berada di Kampung Kombongan dan pengunjung tidak dikenakan tiket masuk bisa datang ke sana.

Candi Cangkuang
Candi Cangkuang
Candi ini berdiri di dekat kampung adat bernama Kampung Pulo. Untuk masuk ke lokasi candi, pengunjung akan dikenakan tarif tiket sebesar Rp. 15.000,- dan di sana dapat menyaksikan harmonisasi ajaran Hindu dan Islam di masa lalu melalui posisi candi yang bersebelahan dengan makam seorang tokoh penyebar Islam di Garut.

Kampung Sampireun

Kampung Sampireun
Resort yang menawarkan pesona pemandangan alam nan indah. Lokasinya berada di Jalan Raya Samarang. Kamarnya berupa suite yang langsung menghadap danau. Di depan masing-masing kamar disediakan sampan bagi yang ingin berperahu melintasi danau. Harga sewanya per malam mulai dari Rp. 1.000.000,- namun bisa lebih murah bila memesan melalui situs online.

Pantai Santolo

Pantai Santolo
Terletak di daerah Cikelet, suasana pantai ini sangat tenang dan jauh dari hiruk pikuk ibu kota. Pengunjung bisa snorkeling maupun diving untuk melihat indahnya terumbu karang di dasar laut. Wisatawan tidak perlu membayar tiket ketika memasuki areal pantai, tetapi perlu menyewa peralatan bila memang ingin berenang atau menyelam.

Gunung Cikuray
Gunung Cikuray

Gunung di kawasan Dayeuhmanggung tak jauh dari kawasan kebun the ini memiliki ketinggian lebih dari 2800 meter di atas permukaan laut. Pegunungan ini acap kali dijadikan sebagai rute pendakian para pecinta alam walaupun di kalangan penduduk sekitar memercayai gunung ini sangat angker dan berbahaya akibat ulah makhluk-makhluk mistis.

Rumah Makan Saung Pananjung

Saung Pananjung
Restoran ini terletak di Jalan Cipanas No. 509, Garut. Menu andalannya adalah domba, terutama steak domba yang disantap dengan nasi uduk khas Sunda. Selain menyajikan olahan domba yang empuk dan tidak prengus, juga memiliki pemandangan alam yang indah. Harga olahan kambingnya berkisar antara Rp. 27.000,- sampai Rp. 100.000,-.

Situ Bagendit

Situ Bagendit
Sesuai namanya, areal wisata ini berada di Desa Bagendit. Pengunjung cukup membayar tiket sebesar Rp. 5.000,- saja per orang dan sudah bisa memancing sepuasnya. Bila ingin mengendarai sepeda air biayanya Rp. 20.000,- per 20 menit atau Rp. 50.000,- per satu jam untuk rakit bambu yang dapat dinaiki hingga 10 penumpang.

Darajat Garut
Darajat Garut

Letaknya di Desa Padaawas dan menjadikan pemandian air panas sebagai daya tarik utamanya. Fasilitas lain yang disediakan tergolong lengkap mulai dari tempat bermain anak-anak hingga penginapan dengan harga terjangkau. Untuk tiket masuk dibanderol sebesar Rp. 30.000,- per orang dan penginapannya mulai dari Rp. 300.000,- per malam hingga maksimal Rp. 3.000.000,-.

Kawah Talaga Bodas

Kawah Talaga Bodas
Destinasi wisata yang menawarkan danau kawah putih ini memiliki jarak tempuh 28 KM dari pusat Kota Garut. Pengunjung dapat mandi air hangat di kawah putih tersebut dan cukup membayar tiket masuk sebesar Rp. 5.000,- saja pada hari biasa dan Rp. 7.500 untuk akhir pekan.

Sungai Cimanuk

Sungai Cimanuk
Dapat ditempuh dalam waktu 20 menit saja dari pusat Kota Garut, sungai ini biasa digunakan sebagai lokasi arung jeram karena memiliki medan yang menantang. Untuk berarung jeram di sini, pengunjung dikenakan tarif sebesar Rp. 350.000,- per orang dengan minimal jumlah peserta sebanyak 25 orang.

Pantai Sayang Heulang

Pantai Sayang Heulang
Selain pantai Sentolo, di Garut terdapat pula Pantai Sayang Heulang yang berjarak tempuh tidak terlalu jauh. Pantai ini cenderung memiliki ombak yang besar dan tinggi karena terhubung langsung dengan Samudera Hindia. Sering kali dijadikan lokasi berkemah atau sekedar menonton matahari tenggelam. Tersedia pula hotel dengan tarif mulai Rp. 150.000,-.

Taman Satwa Cikembulan

Taman Satwa Cikembulan
Destinasi wisata edukatif, terutama untuk anak-anak ini berada di Kampung Jati. Terdapat beragam jenis satwa untuk dikenalkan kepada buah hati. Selain itu, tersedia pula sarana hiburan lain seperti menunggang kuda, ATV, maupun mengendarai bebek air. Tiket masuk dibanderol Rp. 8.000,- untuk anak-anak dan Rp. 17.000,- bagi orang dewasa.

Puncak Guha

Puncak Guha
Loasi wisata ini berada di Desa Sinarjaya yang dapat ditempuh dalam beberapa menit saja dari Pantai Rancabuya. Puncak Guha memiliki banyak resort yang langsung menghadap ke laut dan memberikan pemandangan yang amat menyegarkan mata dan pikiran. Untuk tiket masuk tanpa menginap, pengunjung hanya perlu membayar sebesar Rp. 5.000,- saja.

Sabda Alam Cipanas

Sabda Alam Cipanas
Merupakan taman hiburan permainan air yang terletak di Jalan Nomor 3 Cipanas, Garut. Fasilitasnya antara lain seluncuran, flying fox, hingga bola air raksasa. Pada hari kerja, pengunjung dikenakan tarif Rp. 30.000,- per orang, sedangkan untuk akhir minggu sebesar Rp. 40.000,- per orang.

Kebun Mawar Situhapa

Kebun Mawar Situhapa

Lokasinya tak jauh dari Kampung Sireun, tepatnya di Kecamatan Simarang. Pengunjung dikenakan biaya tiket Rp. 15.000,- untuk dapat menikmati keindahan taman di sini. Tempat ini relatif mudah dijangkau dengan kendaraan umum dan sering juga dijadikan sebagai lokasi syuting film televisi atau FTV maupun sinetron.

Curug Orog
Curug Orog
Filosofi air terjun ini sangat dalam, di mana mata air terjun yang dibagi menjadi dua jenis : tinggi dan rendah, menggambarkan hubungan antara ibu dengan anak. Lokasinya berada kurang lebih 9 KM dari daerah Cikajang. Fasilitas pendukungnya tergolong lengkap, seperti gazebo dan mushala. Tiket masuk dibanderol Rp. 10.000,- per orang.