Pemancingan Telaga Ssofia

Tempat Wisata di Depok yang Wajib Kamu Datangi

Diposting pada

Tempat Wisata di Depok – Depok resmi menjadi kota administratif yang berdiri sendiri pada tanggal 20 April 1999 di mana sebelumnya merupakan salah satu kecamatan di Kabupaten Bogor. Salah satu faktor yang membuat Depok terkenal pada awalnya adalah keberadaan gedung Universitas Indonesia berada di sana kecuali Fakultas Pascasarjana, Kedokteran, serta Kedokteran Gigi.

Seiring perkembangan zaman, Depok pun kian berkembang menjadi sebuah kotamadya besar yang memiliki banyak destinasi wisata. Terlebih, letaknya yang tidak terlalu jauh dari Jakarta telah memberikan keuntungan tersendiri di mana para wisatawan lokal asal ibu kota menjadikan kota tersebut sebagai pilihan untuk menghabiskan liburan akhir pekan.

Destinasi Wisata Di Depok

1. Kampung 99 Pepohonan
Kampung 99 Pepohonan
Destinasi wisata edukatif ini terletak di Jalan K.H. Muhasan II, Meruyung. Baik wisatawan dewasa maupun anak-anak dapat menikmati kegiatan natural outbond di mana mereka akan diajak untuk mengenal berbagai satwa serta tanaman hijau di sana. Tarif yang ditetapkan adalah Rp. 125.000,- untuk anak-anak dan Rp. 175.000,- bagi dewasa.

2. Masjid Dian Al Mahri
Masjid Dian Al Mahri
Obyek wisata religi ini Letaknya di Jalan Meruyung, Depok. Kubahnya yang terkenal memiliki 5-6 lapisan kubah dari emas sebagai menaranya dan menjadi daya tarik bagi wisatawan. Harga tiket masuk untuk berkeliling sekitar masjid adalah Rp. 10.000,-

3. Agrowisata Belimbing Dewa
Agrowisata Belimbing Dewa
Sebagai salah satu oleh-oleh khas Kota Depok, Belimbing Dewa diolah menjadi berbagai macam buah tangan yang khas, seperti keripik, dodol, hingga sirop. Tempat ini buka mulai pukul 8 pagi sampai 4 sore. Pengunjung tidak dikenai biaya tiket masuk, cukup membayar sejumlah belimbing atau olahan yang ingin dibawa pulang.

4. D’Kandang Farm
D'kandang Farm
Terletak di Jalan Penarikan dan merupakan destinasi wisata edukatif di bidang pertanian serta peternakan di Depok. Dengan harga tiket yang dipatok Rp. 10.000 saja, pengunjung sudah bisa berinteraksi dengan beragam ternak di sana serta belajar bercocok tanam. ATV ditambahkan sebagai pilihan alternatif hiburan.

5. Studio Alam TVRI
Studio Alam Tvri
Setiap hari buka mulai pukul 8 pagi hingga 6 sore dan menawarkan keindahan Danau Sidomukti. Turis dapat menyewa sepeda yang sudah disediakan untuk berkeliling danau. Tarif yang ditetapkan hanya Rp. 1.000,- per orang bila tidak membawa kendaraan, Rp. 5.000,- untuk motor, dan Rp. 10.000,- jika menggunakan mobil.

6. Depok Fantasi Waterpark
Depok Fantasi Water Park
Berlokasi di Grand Depok City, arena hiburan air terbesar di Kota Depok ini mengusung konsep 1001 malam. Tidak mengherankan bila banyak patung tokoh Aladin di sana. Tiket masuk dipatok Rp. 40.000,- untuk weekdays dan Rp. 65.000,- untuk weekend. Selain wahana permainan air, fasilitas pendukung seperti mushala dan restoran juga tersedia.

7. Godong Ijo
Godong Ijo
Berlokasi di Jalan Cinangka Raya No. 60 Serua Bojongsari. Terdiri dari Godong Ijo Nursery yang merupakan areal pemeliharaan satwa serta pemancingan keluarga dan Botanical Café yang memiliki konsep rumah makan di tengah hutan. Tiket masuknya sendiri gratis, namun untuk menu dipatok mulai Rp. 3.000,- sampai Rp. 55.000,-.

8. Pondok Zidane
Pondok Zidane
Area wisata yang terletak di Kampung Prigi ini merupakan arena outbond yang aman untuk anak-anak. Mematok tarif antara Rp. 40.000,- hingga Rp. 85.000,- untuk seluruh aktifitas luar ruangan seperti menaiki rakit, memancing, hingga bermain flying fox. Di sini juga disediakan penginapan bagi wisatawan yang ingin bermalam.

9. Situ Pengasinan
Situ Pengasinan
Tempat ini berupa danau seluas enam hektar yang dimanfaatkan untuk beragam kegiatan outbond seperti menaiki perahu bebek, memancing, dan flying fox. Untuk tiket masuknya gratis, akan tetapi bila ingin mencoba wahana di sana dikenakan tarif mulai Rp. 6.000,- per 15 menit. Lokasinya berada di Kelurahan Pengasinan, Depok.

10. Taman Bunga Wiladatika
Taman Bunga Wiladatika
Berada di Jalan Jambore No. 1 Depok, area wisata ini terinspirasi taman bunga di Belanda. Di sini, selain dapat menikmati taman bunga, terdapat juga kolam renang, wahana permainan anak, hingga gua mini. Untuk tiket masuk dipatok Rp. 8.000,- namun akan diberikan potongan harga bila datang berombongan sekitar 10% sampai 20%.

11. Taman Wisata Pasir Putih
Taman Wisata Pasir Putih
Tiket masuknya dipatok Rp. 20.000,- untuk hari kerja dan Rp. 25.000,- pada akhir pekan. Berlokasi di Jalan Raya Pasir Putih, tempat wisata ini menawarkan beragam hiburan outbond, kolam renang, dan areal pemancingan yang semuanya aman untuk anak-anak. Jam buka mulai pukul 8 pagi hingga 5 sore saja.

12. Pacuan Kuda Tapos
Pacuan Kuda Tapos
Pernah menjadi arena pacuan kuda ketika gelaran Sea Games 2011, tempat ini sekarang berubah menjadi destinasi wisata terbuka untuk umum. Di sana, pengunjung dapat berlatih mengendarai kuda didamping instruktur profesional. Tiket masuknya sebesar Rp. 20.000,- dan belum termasuk biaya pelatihan.

13. Saung Talaga
Saung Talaga
Tempat ini berdiri di atas Situ Telagasubur yang kemudian menawarkan pengalaman menyantap olahan ikan bakar segar di atas saung-saung dengan pemandangan danau menghampar. Lokasinya berada di Jalan Raya Sawangan 1, Depok. Untuk menu yang ditawarkan mematok harga mulai Rp. 4.000.- sampai maksimal Rp. 70.000,-

14. Jalan Margonda
Jalan Margonda
Sesuai namanya, tempat ini merupakan jalanan jalur utama dari pusat bisnis Kota Depok. Gedung-gedung menjulang di sini dapat menjadi spot foto cantik di malam hari dengan tema “Jalanan Kota”. Selain itu, Jalan Margonda menawarkan tempat-tempat belanja terkini serta beragam lokasi wisata kuliner dengan menu-menu yang lezat.

15. Taman Lembah Gurame
Taman Lembah Gurame
Area wisata in merupakan taman publik yang tidak memungut biaya kepada pengunjung, namun menyajikan berbagai fasilitas yang cukup lengkap. Ada gazebo, tempat bermain anak, jogging track, hingga tempat kebugaran. Lokasinya berada di Jalan Gurame Raya Perumnas Depok 1 dan dibuka mulai pukul 6 pagi hingga 6 petang.

16. Tugu Cornelis Chastelein
Tugu Cornelis Chastelein
Tempat ini berdiri tepat di titik nol dari Kota Depok. Yaitu, Jalan Pemuda Nomor 9, Pancoran Mas. Monumen ini didirikan untuk mengenang jasa Cornelis Chastelein, mantan pegawai VOC pada zaman penjajahan Belanda yang membelot dan membebaskan beberapa budak yang kemudian diberikan kehidupan layak. Pengunjung tidak dikenakan biaya tiket masuk.

17. Pemancingan Telaga Sofia
Pemancingan Telaga Sofia
Areal pemancingan ini berada di Jalan Pulo Mangga No. 55, Grogol. Di sini, Anda dapat memancing sekaligus menyantap ikan hasil tangkapan dengan cara dibakar. Tiket masuknya dibanderol Rp. 20.000,- dan belum termasuk biaya ikan yang berhasil ditangkap serta penyajian bila memutuskan untuk bersantap di sana.

18. Taman Lembah Mawar
Taman Lembah Mawar
Lokasinya hanya sekitar 500 meter dari Lembah Gurame. Tempat ini menyajikan pemandangan taman hijau taman bunga berwarna-warni, serta kolam buatan. Untuk masuk ke tempat ini tidak ada biaya alias gratis. Dibuka mulai pukul 6 pagi hingga 6 petang setiap harinya, Taman Lembah Mawar cocok untuk dijadikan lokasi piknik keluarga.
Semoga dengan adanya beberapa destinasi diatas bisa menambah informasinya ya.