Ciwidey Valley Water Hot Spring And Resort

18 Tempat Wisata di Ciwidey Bandung Terbaru 2018

Diposting pada

Tempat Wisata di Ciwidey – Ciwidey merupakan nama desa sekaligus kecamatan di bawah pemerintahan Kabupaten Bandung Jawa Barat. Desa Ciwidey kemudian disebut sebagai desa kota karena pertumbuhan perekonomiannya begitu pesat dan sebagian besar dihasilkan dari sektor wisata di mana Ciwidey memang memiliki banyak sekali destinasi wisata eksotis.

Destinasi Tempat Wisata di Ciwidey

Ciwidey terletak sekitar lima puluh kilometer di selatan Kabupaten Bandung. Memiliki struktur tanah di dataran rendah sekaligus tinggi, Ciwidey cenderung bersuhu udara cukup dingin. Meski begitu, pesona alam yang ditawarkan Ciwidey membuatnya tak pernah sepi pengunjung, bahkan di musim penghujan sekalipun yang memuat udara sekitar terasa dingin hingga menusuk tulang.

1. Kawah Putih

Kawah Putih
Ditemukan seorang ahli bernama Dr. Franz Wilhelm pada tahun 1837, namun baru dijadikan destinasi wisata oleh pemerintah setempat pada tahun 1987. Berkat keindahan alamnya, kawah putih Ciwidey acap kali dijadikan latar syuting film maupun sinetron Indonesia. Dapat dikunjungi mulai pukul 7 pagi hingga 5 sore, pengunjung dikenakan tarif Rp. 18.000,-

2. Kebun Strawberry

Kebun Strawberry
Strawberry memang menjadi salah satu kodomitas buah-buahan terkenal dari Ciwidey, hampir di setiap titik terdapat kebun strawberry, termasuk di kawasan Kawah Putih. Wisatawan tidak perlu membayar tiket masuk, sebaliknya tarif ditentukan dari banyaknya strawberry yang dipetik. Harganya antara Rp. 35.000,- sampai Rp. 50.000,- per kilogram.

3. Bumi Perkemahan Ranca Upas

Bumi Perkemahan Ranca Upas
Sekalipun tersedia beragam jenis penginapan mulai dari vila, resort, hingga hotel di Ciwidey, namun tidak ada salahnya mencoba untuk berkemah menggunakan tenda di Bumi Perkemahan Ranca Upas. Tiket masuknya sendiri dipatok Rp. 10.000,- per orang, lalu untuk menyewa tenda dikenakan Rp. 70.000,- untuk kapasitas empat orang.

4. Situ Patenggang

Situ Patenggang
Kita tahu bahwa Situ Patenggang merupakan sebuah wisata danau dengan pemandangan kebun teh di sekelilingnya. Menurut legenda, di sanalah kisah cinta abadi Ki Santang dan Dewi Rengganis bersemi. Letaknya sekitar 35 kilometer dari pusat kota Bandung. Pengunjung dikenakan biaya tiket masuk Rp. 18.000,- per orang di hari biasa dan Rp. 20.500,- untuk akhir pekan.

5. Barusen Hills

Barusen Hills
Tempat ini terkenal dengan cinta di mana-mana. Selain jembatan dari bambu berbentuk hati, bunga-bunga yang ada di taman pun ditata menyerupai simbol cinta tersebut. Cocok sekali untuk kawula muda hingga keluarga. Harga tiket masuknya dibanderol Rp. 20.000,- untuk weekdays, dan Rp. 25.000,- untuk weekend.

6. Ciwidey Valley Water Hot Spring And Resort

Ciwidey Valley Water Hot Spring And Resort
Destinasi wisata yang menyajikan arena hiburan lengkap mulai dari water park, kebun strawberry, playground, pemandian air panas, hingga fasilitas penginapan ini menetapkan tarif tiket masuk Rp. 10.000,- per orang dan Rp. 40.000,- untuk bermain di area water park bila tidak menginap.

7. Cimanggu Hot Spring And Cottage

Cimanggu Hot Spring And Cottage
Berada di Desa Lebak Muncang, arena wisata ini menawarkan pemandian air panas sebagai hiburan utama. Fasilitas pendukung lain seperti penginapan dan tempat peribadatan pun lengkap. Harga tiket masuknya Rp. 17.000,- orang saat hari kerja, dan Rp. 21.500,- ketika akhir pekan. Untuk penginapan dikenakan tarif mulai Rp. 400.000,- per malam.

8. Pinisi Resto And Glamping Lakeside

Pinisi Resto And Glamping Lakeside
Panorama alam serta sensasi menikmati makanan dan menginap di kapal pinisi (kapal kayu khas Indonesia) ditonjolkan sebagai daya tariknya. Terletak di pinggir danau, pengunjung dikenakan biaya masuk Rp. 20.000,- disertai deposit Rp. 10.000,-. Jika ingin menginap, dapat menyewa tenda seharga Rp. 1.800.000,- yang sudah termasuk biaya makan tiga kali sehari.

9. Kawah Rengganis

Kawah Rengganis
Berlokasi di Rancabali, kawah ini menawarkan pemandangan pepohonan yang diselimuti kabut tebal seindah dalam film. Di sini, pengunjung bisa merelaksasi diri dan pikiran di pemandian air hangat hanya dengan merogoh kocek sebesar Rp. 5.000,- saja. Keunggulan lain adalah kawah ini tidak menguarkan bau belerang yang terlalu menyengat.

10. Kampung Cai

Kampung Cai
Masih menawarkan hiburan pemandian air panas, kali ini ada Kampung Cai yang juga terletak di Rancabali. Pemandiannya memiliki fasilitas pelengkap seperti perosotan dan ember tumbah, sehingga cocok untuk anak-anak. Harga tiket masuknya dipatok Rp. 10.000,- orang dan berlaku baik hari kerja maupun akhir pekan.

11. Bukit Jamur

Bukit Jamur
Terletak di Desa Rancabolang, bukit ini memiliki puncak berbentuk setengah lingkaran dan di atasnya terdapat banyak pepohonan cemara kerdil yang menyerupai bentuk jamur kancing. Sebab itulah disebut dengan Bukit Jamur. Tidak ditetapkan tarif sama sekali untuk masuk ke area ini, hanya dikenakan biaya parkir kendaraan saja.

12. Rabbit Park

Rabbit Park
Taman Kelinci yang cocok untuk edukasi anak ini terletak di Rancabali. Di sini terdapat lebih dari 100 macam kelinci yang dapat diajak bermain. Lokasi sekitar sengaja dibuat semirip mungkin dengan habitat aslinya. Untuk tiket masuk, pengunjung dikenakan Rp. 15.000,- yang sudah termasuk dua buah wortel besar untuk memberi makan kelinci.

13. Kebun Tanaman Obat Sari Alam

Kebun Tanaman Obat Sari Alam
Tempat ini dimiliki oleh Ibu Qodariah dan terletak di Jalan Raya Ciwidey. Ramai dikunjungi oleh wisatawan yang sekaligus ingin mempelajari obat-obatan herbal atau mereka yang ingin menjalani terapi pengobatan alternatif. Tidak perlu membayar biaya tiket masuk, tapi dikenakan tarif Rp. 500.000,- per malam untuk menginap di vila.

14. Emte Highland Resort

Emte Highland Resort
Lokasinya berada tepat di seberang Kawah Putih. Hiburan outbond menjadi daya tarik utama tempat ini, seperti : arung jeram, paintball, ATV, hingga flying fox. Harga tiket masuknya Rp. 15.000,- per orang dengan tarif sewa penginapan berbentuk cottage seharga Rp. 1.000.000,- per malam.

15. Restoran Sendang Reret

Restoran Sendang Reret
Sebagai salah satu pelopor restoran khas Sunda, menu yang disajikan oleh restoran ini akan memanjakan lidah para penikmat kuliner. Harga makanannya pun sangat terjangkau, mulai dari Rp. 20.000,- per porsi. Selain restoran, Sendang Reret juga menyediakan penginapan yang dapat disewa dengan harga Rp. 500.000,- per malam.

16. Kampung Pago Resort

Kampung Pago Yang Unik
Menawarkan sebuah resort bamboo berbentuk unik dengan pemandangan alam yang indah, tempat ini terletak di daerah Soreang. Fasilitas internet gratis disediakan di setiap areal umum sekitar. Untuk masuk saja dan berkeliling tidak akan dikenakan biaya, tetapi untuk menginap harus membayar Rp. 425.000,- per malam.

17. Saung Gawir And Bungalow Resto

Saung Gawir And Bungalow Resto
Area wisata kuliner ini menawarkan menu khas Sunda dengan tempat makan berbentuk saung-saung terpisah. Pemandangan sekitarnya adalah kebun teh hijau yang menghampar dan menyegarkan mata. Menunya sendiri ditawarkan mulai harga Rp. 15.000,- dan untuk penginapan disediakan bungalow dengan harga sewa Rp. 500.000,- per malam.

18. Legok Kondang Lodge

Legok Kondang Lodge
Bumi perkemahan yang terletak di daerah Patenggang ini dikenal sebagai areal kemah bintang lima dengan beragam pilihan tenda sesuai kebutuhan hingga pilihan hiburan outbond yang seru seperti rafting hingga trekking. Untuk masuk ke lokasi Legok Kondang Lodge gratis, tetapi bila ingin menginap dikenakan harga sewa tenda mulai Rp. 1.050.000,- malam.

Dari beberapa rekomendasi tempat wisata di Ciwidey diatas semoga bisa menambah informasinya untuk kamu semua ya. Semoga bermanfaat dan selalu update informasi wisatamu diblog festivaljalanjalan.com ya