Keraton Kasepuhan Sebagai Tempat Wisata Di Cirebon

Tempat Wisata di Cirebon yang Wajib Dikunjungi

Diposting pada

Tempat Wisata di Cirebon – Cirebon adalah salah satu kota yang letaknya berada di pesisir utara Pulau Jawa. Kota tersebut terkenal akan udang rebonnya tetapi nyatanya tempat wisata di Cirebon juga sangat menarik untuk dikunjungi. Cirebon juga merupakan kota yang memiliki keraton dan kesultanan Cirebon masih tetap dijaga sampai sekarang.

Apabila anda ingin menjelajahi kota atau tempat wisata yang berbeda, mungkin Cirebon bisa dijadikan alternative pilihan. Perlu anda ketahui, Cirebon sendiri merupakan kota yang memiliki perkembangan pesat di provinsi Jawa Barat. Kota ini juga menempati urutan ketiga setelah Bandung dan Bekasi sebagai tempat yang berkembangannya begitu pesat. Jadi, tak ada salahnya jika anda berlibur dan mengeksplor kota tersebut.

Daftar Tempat Wisata di Cirebon

Anda tertarik ingin menjelajahi kota Cirebon? Pilihan anda sangat tepat karena kota tersebut banyak memiliki tempat yang menarik untuk dikunjungi. Namun yang menjadikan Cirebon terkenal adalah banyaknya peninggalan sejarah yang bisa ditemui di kota itu. Tetapi tidak hanya itu saja, ada beberapa tempat wisata di Cirebon yang modern dan bisa anda datangi.

1. Keraton Kanoman

Keraton Kasepuhan Sebagai Tempat Wisata Di Cirebon
Tempat wisata yang ada di Cirebon terpopuler adalah keraton Kanoman. Keraton ini merupakan tempat pemerintahan Kesultanan Cirebon pada masa lampau. Dibangun pada tahun 1588 oleh Pangeran Mohammad Badridin atau Pangeran Kertawijaya, keraton ini menjadi saksi bisu penyebaran agama Islam di Cirebon. Hanya dengan membayar Rp 5000 saja anda bisa berkeliling Keraton Kanoman dan mempelajari sejarahnya. Lokasi dari Keraton Kanoman berada di Jl. Winaon, Kampung Kanoman, Kelurahan Lemah Wungkuk, Cirebon.

2. Taman Sari Gua Sunyaragi

Taman Sari Gua Sunyaragi Sebagai Tempat Wisata Di Cirebon
Salah satu tempat wisata sejarah yang popular di Cirebon selanjutnya adalah Taman Sari Gua Sunyaragi. Taman yang memiliki luas 1,5 hektar tersebut berada di Jl. Brigjen Darsono, Cirebon. Taman itu didirikan salah satu pangeran yang bernama Arya Carbon atau lebih dikenal dengan Pangeran Kararangen tahun 1703. Corak bangunan dari taman tersebut menggunakan perpaduan Cina dan Indonesia dan dulunya digunakan sebagai tempat meditasi. Bagi yang tertarik mengunjunginya cukup membayar HTM sebesar Rp 10.000 saja.

3. Keraton Kasepuhan

Keraton Kanoman Sebagai Tempat Wisata Di Cirebon
Kesultanan Cirebon memang pecah menjadi 3 dan salah satunya adalah Keraton Kasepuhan yang berada di Jl. Jagasatru, Cirebon. Tempat wisata di Cirebon tersebut dibangun oleh cicit Sunan Gunung Jati yaitu Pangeran Mas Mohammad Arifin II pada tahun 1529. Keraton Kasepuhan tersebut menggunakan akulturasi dari kebudayaan India, Arab, Cina, Jawa dan Eropa. Bagi yang ingin belajar sejarah tentang Kesultanan Cirebon bisa mengunjungi keraton ini dengan membayar tiket masuk Rp 8000 saja.

4. Aipta Waterboom

Apita Waterboom Sebagai Tempat Wisata Di Cirebon
Bosan dengan tempat wisata sejarah di Cirebon? Anda bisa datang saja ke Aipta Waterboom yaitu tempat rekreasi wahana air keluarga. Aipta Waterboom berada di Jalan Kedawung tepatnya di samping hotel Aipta, Cirebon. Kolam renang yang dilengkapi dengan berbagai wahana seperti ember tumpah, perosotan dan kolam berbagai ukuran tersebut sangat direkomendasikan untuk keluarga. Harga tiket masuknya pun murah yakni sebesar Rp 10.000 sampai Rp 15.000 saja.

5. Waterboom Siwalk

Waterboom Siwalk Sebagai Tempat Wisata Di Cirebon
Anda ingin bermain di wahana air yang lebih modern lagi di Cirebon? Datang saja ke Waterboom Siwalk yang berada di Desa Setu Patok, Kecamatan Mundu, Cirebon. Berada di satu kawasan dengan outbond Siwalk, selain bisa menikmati wahana air anda juga bisa bermain flying fox, ATV, speed boat, zona pemancingan dan masih banyak lagi. Tempat wisata yang satu ini selalu ramai dikunjungi wisatawan utamanya untuk liburan keluarga.

6. Makam Sunan Gunung Jati

Makam Sunan Gunung Jati Sebagai Tempat Wisata Di Cirebon
Cirebon merupakan salah satu kota tempat wali songo menyebarkan agama Islam di Pulau Jawa. Tempat wisata di Cirebon tersebut sangat popular utamanya bagi para peziarah. Lokasi dari makam Sunan Gunung Jati berada di Jl. Raya Sunan Gunung Jati, Cirebon. Makam sang sunan tersebut memiliki arsitektur bangunan dari percampuran beberapa budaya seperti Arab, Jawa dan Cina. Makam Gunung Jati tersebut merupakan salah satu objek wisata religi yang ada di kota Cirebon.

7. Taman Ade Irma Suryani (Waterland)

Taman Ade Irma Suryani Sebagai Tempat Wisata Di Cirebon
Tempat wisata yang ada di Cirebon paling hits dan menjadi favorit adalah Taman Ade Irma Suryani atau lebih dikenal dengan Waterland. Objek wisata tersebut berada di Jl. Diponegoro, Cirebon dan merupakan tempat wisata modern. Dibuka pada tahun 2015 lalu, Taman Ade Irma Suryani merupakan tempat rekreasi yang banyak wahana air. Wahana air di sana seperti waterpark khusus untuk anak-anak maupun dewasa, taman dengan pasir putih, jembatan rintangan, wahana perahu, wahana ombak air dan masih banyak lagi. Harga tiket masuk ke taman ini adalah Rp 50.000 per orang. Di sana juga menyediakan cottage sebanyak 18 unit yang bisa anda sewa bersama keluarga.

8. Batik Trusmi

Batik Trusmi Sebagai Tempat Wisata Di Cirebon
Selain ada wisata sejarah, religi dan modern, Cirebon juga memiliki wisata belanja yang terkenal. Salah satu spot belanja yang paling popular di Cirebon adalah batik Trusmi. Bagi anda yang ingin berburu batik khas Cirebon bisa datang ke Desa Trusmi Kulon, Plered, Cirebon. Nama Trusmi diambil dari nama murid Sunan Gunung Jati yang mengajarkan penduduk setempat tentang agama Islam sekaligus membatik. Batik Trusmi sendiri selalu dijadikan oleh-oleh bagi wisatawan yang datang ke Cirebon. Di sana ada batik motif tulis, batik cap dan kombinasi.

9. Wisata Kuliner Nasi Jamblang

Kuliner Nasi Jamblang Sebagai Tempat Wisata Di Cirebon
Tempat wisata di Cirebon yang tak boleh terlewatkan yaitu mengunjungi warung makan Nasi Jamblang khas Cirebon. Tidak sulit untuk menemukan kuliner yang satu ini karena banyak ditemukan di berbagai sudut kota Cirebon. Nasi Jamblang sendiri merupakan nasi yang terdiri dari beberapa lauk pauk kemudian dibungkus dengan daun jati. Lauk dari Nasi Jamblang yang popular dan khas adalah blakutak yakni cumi-cumi yang dimasak dengan tintanya dan dicampur dengan santan. Lauk pauk yang sering ditawarkan seperti ikan asin, tahu, semur hati, semur daging, perkedel dan lain sebagainya.

10. Situ Sedong

Situ Sedong Sebagai Tempat Wisata Di Cirebon
Salah satu tempat wisata yang bertemakan alam di Cirebon adalah Situ Sedong. Situ Sedong merupakan waduk yang sangat luas dan memiliki pemandangan indah seperti pegunungan. Objek wisata yang satu ini berlokasi di Kecamatan Sedong dan wisatawan bisa mengelilingi waduk dengan menggunakan boat. Keindahan Situ Sedong tidak hanya memiliki pemandangan pegunungan saja tetapi anda juga bisa melihat sunset. Yang paling menarik di sini adalah pengunjung tidak akan dikenakan harga tiket masuk kecuali jika ingin menaiki boat.

Deretan tempat wisata di atas membuktikan jika Cirebon juga memiliki banyak tempat menarik. Meskipun dikenal sebagai kota wali songo, Cirebon ternyata kaya akan potensi wisatanya. Kota ini termasuk lengkap karena tempat wisata di Cirebon terdiri dari wisata sejarah, wisata religi, wisata modern, kuliner, belanja dan alam.