Waterpark Tirta Mas Sebagai Tempat Wisata Di Cilacap

Tempat Wisata di Cilacap yang Wajib Dikunjungi

Diposting pada

Cilacap merupakan kota yang berada di pesisir selatan Pulau Jawa. Orang-orang lebih mengenal Cilacap dengan logat ngapaknya. Untuk tempat wisata di Cilacap sendiri yang paling terkenal adalah Pulau Nusakambangan yang notabene sebagai tempat penjara penjahat kelas kakap. Tetapi di pulau tersebut ternyata juga memiliki keindahan tersendiri yang pastinya banyak orang belum tahu.

Membahas tentang kota Cilacap memang sangat menarik. Kota kecil yang berada di pesisir selatan Jawa tersebut banyak keunikan yang belum diketahui oleh orang-orang. Berlibur di daerah Jawa Tengah jangan hanya mengunjungi tempat yang itu-itu saja. Anda bisa berkunjung ke kota Cilacap untuk menemukan hal baru di sana.

Tempat Wisata di Cilacap yang Menarik

Saat memutuskan untuk melancong ke Jawa Tengah, anda bisa memilih Cilcacap sebagai tempat destinasi liburan anda. Mengapa? Karena banyak tempat wisata menarik di sana yang harus dieksplor dan mendapatkan pengalaman baru. Lalu mana saja tempat wisata tersebut? Lihat ulasannya di bawah ini.

1. Pulau Nusakambangan

Pulau Nusakambangan Sebagai Tempat Wisata Di Cilacap
Mendengar kata Nusakambangan pasti masyarakat di seluruh Indonesia langsung berpikir tentang penjara tingkat tinggi. Ya, memang benar pulau tersebut merupakan tempat khusus penjahat kelas kakap dihukum tetapi tidak hanya itu saja, pulau tersebut juga menyimpan pesona. Tak disangka, pulau tersebut memiliki pantai pasir putih yang indah. Bagi wisatawan yang ingin berkunjung ke Nusakambangan bisa menaiki perahu dari Pantai Teluk Penyu dan hanya sekitar 10 menit perjalanan saja. Image mengerikan dari Nusakambangan akan berubah 180 derajat setelah melihat keindahan pantai yang ada di sana.

2. Pantai Teluk Penyu

Pantai Teluk Penyu Sebagai Tempat Wisata Di Cilacap
Pantai Teluk Penyu merupakan tempat wisata di Cilacap yang paling popular. Mungkin sebagian besar pelancong yang datang ke kota ini pasti akan mengunjungi pantai Teluk Penyu. Karena letaknya hanya sekitar 2km dari pusat kota, tempat wisata yang satu ini selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan. Ombak di pantai ini terbilang cukup besar namun anda masih bisa menikmati pantai tersebut. Untuk fasilitasnya sendiri terbilang lengkap seperti tempat makan, toko souvenir, tempat parkir, tempat ibadah, gazebo dan masih banyak lagi. Harga tiket masuk ke sana sangat murah yakni Rp 5000.

3. Benteng Karang Bolong

Benteng Karang Bolong Sebagai Tempat Wisata Di Cilacap
Tempat wisata di Cilacap selanjutnya yang paling popular adalah benteng Karang Bolong. Objek wisata yang satu ini juga bisa disebut sebagai icon wisatanya kota Cilacap. Benteng tersebut merupakan bangunan peninggalan Belanda yang masih berdiri kokoh. Di sana anda bisa melihat-lihat keunikan bangunan dan juga bisa sambil berfoto. Dulunya benteng tersebut difungsikan sebagai benteng pertahanan. Ruangan-ruangan pada benteng tersebut ada ruang logistic, ruang prajurit, tempat penyiksaan, penjara dan masih banyak lagi.

4. Pantai Widarapayung

Pantai Widarapayung Sebagai Tempat Wisata Di Cilacap
Selain pantai Teluk Penyu, di Cilacap juga memiliki pantai indah yang wajib dikunjungi yaitu Pantai Widarapayung. Pantai yang berada di Desa Widarapayung Wetan, Sidayu, Binangun, Cilacap tersebut memiliki pantai dengan pasir putih. Kemudian yang menjadikan pantai ini begitu unik yaitu selalu diadakan upacara adat setempat pada saat bulan Sura. Upacara sedekah bumi tersebut menjadi daya tarik para wisatawan. Selain itu, wisatawan juga bisa tur ke Pulau Nusakambangan menggunakan perahu. Fasilitas di Pantai Widarapayung selanjutnya adalah kolam renang dengan tarif Rp 3000 – Rp 5000 saja.

5. Benteng Pendem

Benteng Pendem Sebagai Tempat Wisata Di Cilacap
Selain benteng Karang Bolong, di Cilacap juga terdapat benteng Pendem yang berada di Jl. Benteng, Cilacap Selatan. Benteng Pendem dulunya tertutup tanah dan sangat tidak terawat tetapi sekarang jauh lebih baik. Benteng tersebut sering dikunjungi wisatawan yang hanya sekedar ingin berfoto. Bangunan peninggalan Belanda tersebut terdiri dari beberapa ruangan yang dulunya digunakan untuk ruang penjara, barak, ruang perwira, benteng pengintai, gudang senjata dan masih banyak lagi. Tiket masuk ke benteng Pendem hanya Rp 5000 per orang.

6. Gunung Selok

Gunung Selok Sebagai Tempat Wisata Di Cilacap
Gunung Selok merupakan tempat wisata di Cilacap yang sedang hits. Ini merupakan tempat wisata berupa bukit dengan view pemandangan indah seperti pantai dan persawahan. Wisata Gunung Selok berada di Desa Karangbenda, Kecamatan Adipala, Cilacap. Tiket masuk ke Gunung Selok adalah Rp 4000 per orang. Di sana juga disediakan banyak spot selfie seperti selfie deck dengan pemandangan laut. Kemudian di tempat wisata tersebut juga disediakan hammock.

7. Pantai Karang Pandan

Pantai Karang Pandan Sebagai Tempat Wisata Di Cilacap
Karena letaknya berada di pesisir, Cilacap memiliki banyak pantai yang menarik dan salah satunya adalah pantai Karang Pandan. Lokasi dari pantai ini berdekatan dengan benteng Karang Bolong dan hanya sekitar 30 menit saja. Ombak pantai tersebut terbilang besar dan sangat berbahaya bila dipakai untuk berenang meskipun pantai ini memiliki pasir putih. Di pantai tersebut juga terdapat tempat ziarah dan memang di sana juga dianggap keramat. Pada hari Kamis Wage selalu banyak peziarah yang datang terlebih lagi jika akan diadakan sedekah laut.

8. Kampung Laut

Kampung Laut Sebagai Tempat Wisata Di Cilacap
Kampung Laut berada di Desa Klaces dan bagi yang berkunjung ke sana bisa menggunakan jalur darat maupun jalur laut. Salah satu desa di kampung laut tersebut adalah Desa Ujungalang yang berada di tengah laut. Di sana anda bisa melihat perkampungan yang ada di tengah laut dan anda pun bisa sambal wisata kuliner. Wisata kuliner hidangan seafood sering menjadi favorit seperti udang, ikan belanag, kepiting, kerang dan lain-lain.

9. Waterpark Tirta Mas

Waterpark Tirta Mas Sebagai Tempat Wisata Di Cilacap
Salah satu tempat wisata di Cilacap selanjutnya yang wajib dikunjungi adalah waterpark Tirta Mas yang berada di Jl. Rinjani Sidanegara, Cilacap. Kolam renang yang satu ini sering dijadikan sebagai tempat wisata air andalan warga Cilacap. Di sana tedapat beberapa kolam seperti untuk anak-anak dan dewasa. Harga tiket masuk ke waterpark Tirta Mas yakni Rp 19.000 per orang. Wahana air di sana seperti perosotan, ember tumpah dan lain sebagainya.

10. Alun alun Cilacap

Alun Alun Cilacap Sebagai Tempat Wisata Di Cilacap
Berkunjung ke sebuah kota memang tak lengkap rasanya jika tidak mengunjungi alun-alun kota. Ketika berada di Cilacap pun anda juga bisa berkunjung ke alun-alun utamanya berkunjung saat malam hari. Saat malam hari suasana alun-alun Cilacap lebih semarak karena banyaknya pedagang kaki lima.

Mungkin anda juga bisa berwisata kuliner di kota Cilacap sambil menikmati kota di malam hari. Selain itu anda juga bisa sekedar nongkrong karena berkunjung ke sana tidak akan dipungut biaya. Lokasi dari alun-alun Cilacap berada di Jl. Jenderal Sudirman, Cilacap.

Cilacap adalah sebuah kota kecil yang berada di pesisir selatan Jawa. Cilacap juga bisa dibilang sebagai kota ujung barat dari Jawa Tengah. Tempat wisata di sana yang paling banyak memang bertemakan alam. Bagi anda yang ingin berlibur di daerah Jawa Tengah mungkin bisa memilih Cilacap sebagai destinasi wisata. Deretan tempat wisata di Cilacap tersebut bisa dijadikan referensi.