Kebun Raya Cibodas Sebagai Tempat Wisata Di Cianjur

Tempat Wisata di Cianjur yang Paling Populer

Diposting pada

Tempat Wisata di Cianjur – Jika anda merasa bingung memilih tempat berlibur, mungkin anda bisa mengunjungi Cianjur. Banyak yang belum tahu jika Cianjur merupakan kota yang juga kaya akan destinasi wisata unggulan. Tempat wisata di Cianjur bahkan jumlahnya bisa mencapai puluhan bagi yang tertarik untuk mengunjunginya.

Bingung ingin menentukan lokasi wisata bersama keluarga? Pilih saja Cianjur. Pasalnya kota di Jawa Barat tersebut terbilang kaya akan potensi wisata andalan. Kebanyakan wisata yang ditawarkan adalah wisata alam. Meskipun begitu, suasana dan pemandangan yang ditawarkan tidak akan mengecewakan anda. Bagi anda yang merasa bosan liburan di tempat yang itu-itu saja, tidak akan rugi bila anda berkunjung ke kota Cianjur.

Deretan Tempat Wisata di Cianjur yang Menarik

Cianjur adalah kota yang memiliki keindahan alam mengagumkan. Cianjur sendiri memiliki hawa yang sangat sejuk karena memang kota tersebut banyak terdapat pegunungan. Bagi anda yang tinggal di kota sangat direkomendasikan untuk mengunjungi kota kecil di Jawa Barat ini. Lalu mana saja tempat wisata yang menarik dan direkomendasikan untuk para wisatawan?

1. Kebun Raya Cibodas

Kebun Raya Cibodas Sebagai Tempat Wisata Di Cianjur
Cibodas merupakan salah satu lokasi yang masih masuk ke dalam Kabupaten Cianjur, Jawa Barat. Tempat wisata di Cianjur yang paling utama dan pertama wajib dikunjungi adalah Kebun Raya Cibodas. Lokasi dari objek wisata yang satu ini berada di Desa Rarahan, Cimacan, Cianjur. Bagi anda yang tinggal di Jakarta, jaraknya adalah sekitar 86 km. Di sana anda bisa menikmati keindahan alam yang masih asri lengkap dengan pepohonan serta memiliki hawa yang sangat sejuk. Suhu udara di Kebun Raya Cibodas adalah sekitar 18 derajat celcius karena terletak di ketinggian 1.500 mdpl.

2. Pantai Jayanti

Pantai Jayanti Sebagai Tempat Wisata Di Cianjur
Cianjur merupakan kota yang lengkap karena juga memiliki pantai. Salah satu pantai terindah di Cianjur adalah Pantai Jayanti. Pantai yang berada di Desa Cidamar, Kecamatan Cidaun, Cianjur Selatan tersebut menyajikan pemandangan pantai yang indah. Pantai Jayanti masih sangat alami dan di sana juga berdampingan dengan Cagar Alam Bojonglarang. Pantai yang berjarak sekitar 140km dari pusat kota Cianjur tersebut memiliki ombak yang tidak terlalu besar serta pantai itu dikelilingi oleh pegunungan yang membuat pantai semakin menawan.

3. Curug Citambur

Curug Citambur Sebagai Tempat Wisata Di Cianjur
Cianjur memang kaya akan wisata alam yang luar biasa dan salah satunya adalah curug. Curug yang paling terkenal di Cianjur adalah Curug Citambur yang berada di Desa Karang Jaya, Kecamatan Pagelaran, Cianjur. Untuk menuju ke curug tersebut pengunjung pun akan dibuat kagum karena nantinya anda disuruh untuk melewati kebun teh terlebih dahulu. Air terjun setinggi 100 meter tersebut juga tidak memiliki jalur trek yang ekstrem malah pengunjung pasti akan menikmati sepanjang perjalanan.

4. Gunung Gede

Gunung Gede Sebagai Tempat Wisata Di Cianjur
Tempat wisata di Cianjur yang tak kalah indahnya dan menarik untuk dikunjungi adalah Gunung Gede. Objek wisata yang satu ini termasuk popular karena sering dijadikan destinasi utama. Gunung Gede berada di Taman Nasional Gede Pangrango yakni berada di tiga kabupaten Bogor, Cianjur dan Sukabumi. Ketinggian dari Gunung Gede adalah 1.000 sampai 3.000 mdpl. Bagi yang suka mendaki gunung, Gunung Gede sangat direkomendasikan. Gerbang menuju pendakian Gunung Gede yaitu berada di Cibodas atau pun di Cipanas.

5. Telaga Biru

Telaga Biru Sebagai Tempat Wisata Di Cianjur
Objek wisata selanjutnya yang tak kalah menarik di Cianjur adalah Telaga Biru. Telaga Biru berada di Taman Nasional Gunung Gede dan jika ingin menuju ke sana anda tinggal masuk ke pintu masuk Cibodas saja. Telaga Biru merupakan salah satu jalur pendakian ke Gunung Gede. Telaga Biru memang tidak begitu luas karena ukurannya sangat kecil. Namun yang menjadikannya menarik adalah warna airnya yang berwarna biru jernih. Telaga Biru sendiri berada di ketinggian 1.575 mdpl.

6. Alun-alun Suryakencana

Alun Alun Suryakencana Sebagai Tempat Wisata Di Cianjur
Destinasi wisata yang ada di Cianjur selanjutnya adalah di alun-alun Suryakencana. Alun-alun yang berada di Gunung Gede tersebut bukan sembarang alun-alun biasa, pasalnya alun-alun tersebut berada di ketinggian 2.750 mdpl. Bagi yang ingin mendaki Gunung Gede tentu saja akan melewati tempat ini. Di sana anda bisa melihat taman bunga Edelweiss yang luasnya hingga 50 hektar. Untuk mengunjungi alun-alun Suryakencana pengunjung harus melakukan trekking atau pendakian ke Gunung Gede terlebih dahulu.

7. Istana Presiden

Istana Presiden Sebagai Tempat Wisata Di Cianjur
Bagi yang tidak ingin mengunjungi objek wisata alam, anda datang saja ke Istana Presiden Cianjur. Lokasi dari Istana Presiden tersebut berada di Cipanas dan memiliki luas sekitar 25 hektar. Istana ini tentunya merupakan bangunan peninggalan Belanda karena telah dibangun pada tahun 1740 oleh Van Heuts. Istana Presiden yang ada di Cianjur tersebut lokasi tepatnya berada di kaki gunung Gede dan sangat berhawa sejuk. Di sekitar istana pun pemandangannya juga indah dan memiliki kebun buah dan sayur sendiri. Namun untuk mengunjunginya tidak mudah, meskipun ini dibuka untuk umum tetapi harus mendapatkan izin dari Sekertaris Negara terlebih dahulu.

8. Situs Gunung Padang

Situs Gunung Padang Sebagai Tempat Wisata Di Cianjur
Situs Gunung Padang masuk dalam kategori wisata yang sedang hits. Gunung yang berada di Desa Karyamukti, Kecamatan Campaka, Cianjur tersebut merupakan objek wisata peninggalan pada zaman megalitikum. Situs Gunung Padang berupa punden berundak yang dinobatkan terbaik di Asia Tenggara. Anda bisa melihat benda-benda purbakala yang berbentuk balok besar tersebut dan tersebar di bukit itu. Dari atas bukit, anda juga bisa melihat pemandangan dari bawah karena Situs Gunung Padang berada di ketinggian 885 mdpl.

9. Kota Bunga

Kota Bunga Sebagai Tempat Wisata Di Cianjur
Objek wisata selanjutnya yang tak kalah seru dengan tempat lainnya adalah Kota Bunga. Tempat yang satu ini juga sering disebut sebagai Little Venice karena anda bisa berkeliling tempat tersebut dengan menggunakan cano. Di Kota Bunga banyak sekali wahana permainan yang cocok untuk anak-anak dan dewasa. Banyak spot foto yang bisa anda jumpai jika mengunjungi kawasan Kota Bunga yang berada di Cianjur.

10. Tirta Jangari

Tirta Jangari Sebagai Tempat Wisata Di Cianjur
Satu lagi tempat wisata di Cianjur yang tak boleh dilewatkan adalah Tirta Jangari. Tirta Jangari berada di Desa Bobojong, Kecamatan Mande, Cianjur dan hanya berjarak 18 km saja dari pusat kota Cianjur. Destinasi wisata yang satu ini menawarkan wisata air yang dipadukan dengan wisata kuliner. Lokasi dari Tirta Jangari berada di genangan air waduk Cirata dan di sana juga mempunyai pemandangan alam yang indah. Kebanyakan wisatawan yang datang ke sana ingin berwisata kuliner menikmati hidangan khas Cianjur seperti nasi liwet dan sambel dadak, ikan bakar dan masih banyak lagi.

Kesepuluh objek wisata di atas merupakan tempat wisata favorit dan selalu dikunjungi oleh wisatawan. Bagi anda yang ingin melepas penat dari kehidupan kota mungkin berlibur ke Cianjur merupakan langkah yang tepat. Anda bisa mengunjungi tempat wisata di Cianjur seperti yang sudah disebutkan di atas bersama keluarga.