Tempat Wisata di Ciamis, Kota yang Sayang Anda Lewatkan

Diposting pada

Tempat Wisata di Ciamis – Ciamis merupakan kabupaten yang posisinya jauh di ujung timur Provinsi Jawa Barat. Karena letak geografisnya, tidak heran kalau Ciamis berbatasan langsung dengan Cilacap yang sudah masuk kawasan Jawa Tengah. Kabupaten ini akhir-akhir ini mengalami banyak pemekaran, sehingga membuat wilayah selatannya sudah tidak ada garis pantai lagi.

Tapi, Ciamis sekarang ini juga dikenal dengan destinasi wisatanya, terutama wisata pantainya yang sudah mulai banyak dikunjungi para wisatawan. Bagi Anda yang masih bingung memilih destinasi wisata, Ciamis bisa menjadi salah satu tempat liburan Anda nantinya. Inilah beberapa referensi tempat-tempat wisatanya.

Tempat Wisata di Ciamis

1. Mega Wisata Indonesia Icakan


Anda suka bermain air? Kalau Anda menyukainya, jangan lupa kunjungi juga Mega Wisata Indonesia Icakan yang letaknya di Dusun Cikacang, Sukamulya, Cipaku. Di tempat wisata ini menyajikan banyak sekali wahana air yang bisa Anda coba, seperti kolam ombak, kolam arus, seluncuran, dan masih banyak lagi.

Untuk anak-anak tidak perlu khawatir, mereka tetap disediakan kolam renang anak dan wahana anak yang masih bisa mereka nikmati. Tiketnya masuknya sangat murah, yaitu Rp 5.000 / orang. Sedangkan jam operasionalnya dari pukul 08.00 hingga pukul 17.00. jadi Anda bisa bermain sepuasnya sepanjang hari.

2. Green Canyon Cijulang


Green Canyon Cijulang atau dikenal juga dengan aliran sungai berlokasi di Jl. Raya Cijulang, Kertayasa. Pada mulanya, wisata alam ini belum diketahui banyak orang. Tapi, salah satu wisatawan asing yang menemukannya mengatakan kalau tempat tersebut mirip dengan Green Canyon Amerika. Tidak heran kalau namanya lebih dikenal dengan Green Canyon Cijulang.

Aliran airnya berada di tengah-tengah bukit dan bisa menembus hingga ke sebuah gua. Jadi, Anda bisa bermain air selayaknya di dalam gua dengan suasana yang gelap. Hawa yang sejuk berasal dari pepohonan yang rindang yang memenuhi wilayah sekitarnya. Saat ini belum ada tiket masuk alias gratis.

3. Masjid Agung Ciamis


Anda yang sedang mencari wisata religi di Ciamis tidak perlu khawatir karena di sana terdapat Masjid Agung Ciamis yang lokasinya berada di Jl. Jenderal Sudirman. Selain memiliki arsitektur yang unik dan menarik, masjid ini juga mempunyai pohon kurma di halaman depannya. Anda yang datang berkunjung ke sana tidak akan dipungut biaya apapun meskipun membawa mobil atau motor.

4. Situ Lengkong Panjalu


Kalau ingin mencari suasana yang berbeda selain di pusat kota, kunjungi saja Situ Lengkong Panjalu yang letaknya cukup jauh, yaitu di Panjalu, sekitar 30 km dari pusat kota Ciamis. Danau ini memiliki pulau tersendiri yang berada di tengah-tengah perairannya yang dinamakan Nusa Gede. Bagi yang ingin berkunjung ke pulau tersebut, disediakan perahu untuk menyeberanginya.

Harga tiketnya sangat murah, sekitar Rp 2.500 saja dan jam operasionalnya hingga pukul 5 sore saja. Tidak ada salahnya Anda mengunjungi danau ini, terutama Anda yang ingin merilekskan pikiran dari hiruk pikuk sibuknya perkotaan.

5. Kampung Adat Kuta


Siapapun yang ingin berwisata sejarah bisa mengunjungi Kampung Adat Kuta yang letaknya berada di Karangpaningal Kecamatan Tambaksari. Desa wisata ini menyajikan bangunan-bangunan bersejarah yang berasal dari peninggalan zaman kerajaan ratusan tahun lalu, Kerajaan Galuh.

Ada beberapa peraturan yang wajib diikuti oleh para wisatawan yang berkunjung, yakni tidak boleh menggunakan alas kaki selama di desa dan tidak boleh membawa tas apapun saat memasuki kawasan desanya. Namun, wisata ini sangatlah murah karena hanya perlu membayar Rp 5.000 per orang saja.

6. Curug Tujuh Cibolang


Curug atau air terjun yang terkenal di Ciamis adalah Curug Tujuh Cibolang yang lokasinya ada di Sandingtaman, Kecamatan Panjalu. Sesuai dengan namanya, curug ini memiliki 7 air terjun dalam 1 lokasi dan terkenal pula dengan belerangnya. Anda bisa memanfaatkan air belerangnya untuk menyembuhkan penyakit yang diderita, seperti penyakit kulit, rematik, dan sebagainya.

Karena khasiatnya semakin terkenal, semakin banyak pula pengunjung yang membawa botol sendiri untuk diisi dengan air belerangnya. Tidak perlu khawatir dengan harga masuknya, cukup membayar Rp 7.500, Anda sudah bisa menikmati curug sepuasnya.

7. Pantai Karang Nini


Mau mencoba suasana pantai? Pantai Karang Nini tempatnya. Pantai ini terletak di Putrapinggan, Kalipucang, daerah Pengandaran. Meskipun jaraknya cukup jauh dari pusat kota Ciamis, yaitu sekitar 85 km, Anda tidak akan sia-sia datang berkunjung. Kenapa? Itu karena pantainya memiliki keunikan dan tidak bisa ditemukan di pantai-pantai lainnya.

Saat dalam perjalanan menuju pantainya, Anda akan merasakan hawa sejuk dari pepohonan yang mengapit jalan rayanya. Selain itu, pantainya juga memiliki karang yang menyerupai nenek, sehingga menamai pantai ini dengan Karang Nini yang berasal dari bahasa Sunda. Tiketnya sangat murah, yaitu hanya Rp 2.000 per orang.

8. Pantai Pangandaran


Siapa sih yang tidak kenal dengan pantai fenomenal di Pangandaran ini? Ya, Pantai Pangandaran pasti sudah tidak asing lagi bagi para wisatawan Indonesia, terutama yang tinggal di daerah Jawa. Pantai yang berlokasi di Desa Pananjung ini sangat cocok untuk para pecinta snorkeling.

Lautnya sangat jernih sehingga Anda yang melakukan snorkeling dapat melihat dengan jelas kehidupan bawah lautnya, seperti ikan-ikan dan karangnya. Anda pun juga akan melihat banyak nelayan yang berlayar mencari ikan saat sore hari tiba. Saat itu pula waktu yang pas untuk melihat sunset yang sangat indah. Untuk bisa menikmati itu semua, cukup membayar Rp 5.000 per orang saja.

9. Pantai Batu Karas


Ingin mencari pantai lainnya? Coba saja ke Pantai Batu Karas yang letaknya berada di Jl. Batu Karas, Cijulang. Pantai ini masih berada di dekat Pantai Pangandaran, jadi Anda bisa mengunjungi sekaligus keduanya. Lagipula, keindahan pantai ini juga tidak kalah dengan Pantai Pangandaran.

Pantai ini memiliki pantai yang tidak biasa, yaitu warnanya yang hitam seperti lumpur. Tapi tenang saja, Anda masih bisa bermain dengan aman di pasir pantainya. Di sini juga ditawarkan banana boat yang bisa dicoba bersama dengan teman-teman atau keluarga Anda.

Kalau sudah lelah, Anda bisa berkemah dengan harganya yang terjangkau. Selain harga kemahnya sangat terjangkau, tiket masuk ke pantainya juga murah, hanya Rp 5.000 saja.

10. Lembah Putri


Kalau Anda dari Ciamis menuju Kota Pangandaran, Anda pasti akan sangat mudah menemukan tempat wisata Lembah Putri. Ya, destinasi wisata ini memang terletak di daerah yang strategis, yaitu di Putrapinggan, Kalipucang. Meskipun berada di kawasan strategis, sebenarnya tempat ini masih sangat jarang ditemukan orang-orang.

Kawasannya yang cukup tersembunyi dan masih tergolong baru di Pangandaran, menjadi alasan tempat wisata ini masih sepi pengunjung. Namun, ketika Anda memasuki kawasan ini, Anda akan disuguhi pemandangan yang indah. Anda pun bisa melihat indahnya pantai dari ketinggian yang sangat tinggi.

Untuk menikmati indahnya pemandangan, Anda hanya perlu membayar sebesar Rp 5.000 saja per orang. Untuk jam operasionalnya dari jam 9 pagi sampai 5 sore.