Pantai Randusanga Sebagai Tempat Wisata Di Brebes

Tempat Wisata di Brebes yang Jarang Diketahui

Diposting pada

Tempat Wisata di Brebes – Brebes merupakan salah satu kota di pantura yang sering kali ramai dilewati oleh para pemudik. Tak disangka kota tersebut ternyata menyimpan banyak tempat menarik untuk dikunjungi. Tempat wisata di Brebes itu ada banyak seperti tempat wisata yang bertemakan alam maupun modern.

Mungkin sebagian besar masyarakat tahunya hanya telur asin dan bawang merah saja yang dimiliki oleh Brebes. Tetapi ternyata pesona alamnya pun tak kalah dengan kota lainnya yang memiliki pemandangan alam menakjubkan dan memang sudah menjadi tujuan wisata. Bagi anda yang bosan piknik ke tempat yang itu-itu saja, anda bisa mencoba mengunjungi kota Brebes. Di sana anda bisa mendapatkan pengalaman baru.

List Tempat Wisata di Brebes

Salah satu kota di pantura yang menjadi jalur mudik dan selalu ramai adalah Brebes. Kota di Jawa Tengah bagian utara tersebut memiliki banyak keunikan yang tidak dapat ditemukan di kota lain. Bagi anda yang sedang melewati kota tersebut tak ada salahnya jika meluangkan waktu sejenak untuk mengunjungi beberapa tempat menarik seperti di bawah ini.

1. Curug Putri

Curug Putri Sebagai Tempat Wisata Di Brebes
Brebes ternyata juga memiliki curug atau air terjun yang tak kalah indahnya dengan air terjun di kota lain. Air terjun yang menarik di Brebes adalah Curug Putri yang berada di Dukuh Padanama, Desa Mandala, Kecamatan Sirampong, Brebes. Untuk mengunjungi tempat wisata yang satu ini memang harus penuh kesabaran. Pasalnya lokasi dari Curug Putri tersebut cukup sulit karena medan yang terjal kemudian jalan yang belum diaspal. Namun kesulitan itu akan terbayar dengan indahnya Curug Putri. Pengunjung juga tidak dipungut biaya tiket masuk tetapi fasilitas di sini juga belum memadai.

2. Waduk Malahayu

Waduk Malahayu Sebagai Tempat Wisata Di Brebes
Salah satu tempat wisata di Brebes yang paling terkenal adalah Waduk Malahayu. Waduk yang berada di Desa Malahayu, Kecamatan Banjarharjo, Brebes tersebut merupakan peninggalan Belanda. Waduk tersebut sebenarnya fungsi utamanya untuk irigasi persawahan area tersebut namun karena keindahannya menjadikan Waduk Malahayu menjadi tempat wisata andalan warga Brebes. Di sekitar waduk juga sering dimanfaatkan untuk kegiatan berkemah. Waduk Malahayu dikelilingi oleh pegunungan dan tiket masuk ke sana hanya Rp 5000 saja.

3. Pantai Randusanga

Pantai Randusanga Sebagai Tempat Wisata Di Brebes
Brebes merupakan kota yang ada di pesisir pantai utara Jawa, oleh karena itu pasti salah satu tempat wisata andalan di sana adalah wisata bahari. Salah satu pantai yang perlu dikunjungi ketika berada di Brebes adalah Pantai Randusanga. Pantai yang berada di Desa Randusanga tersebut yang paling tersohor adalah memiliki keindahan spot sunset. Fasilitas di Pantai Randusanga pun termasuk lengkap seperti adanya camping ground, rumah makan, tempat bermain anak, arena balap motor dan lain sebagainya. Selain sunset, pemandangan pantai itu juga menarik seperti perkebunan bawang, budidaya ikan bandeng dan rumput laut.

4. Kaligua

Kaligua Sebagai Tempat Wisata Di Brebes
Kaligua merupakan tempat wisata di Brebes bagian selatan. Objek wisata di sana adalah perkebunan teh dengan pemandangan pegunungan serta memiliki hawa yang sejuk. Lokasi dari Kaligua berada di Desa Pandansari, Kecamatan Paguyangan, Brebes Selatan. Di sana pengunjung bisa berfoto dengan latar perkebunan teh dan pegunungan. Kaligua juga menyediakan villa-villa yang bisa disewa dan ada berbagai macam paket wisata yang bisa diambil. Namun jika hanya untuk menikmati pemandangan kebuh teh anda cukup membayar tiket masuk sebesar Rp 8000 saja. Di sekitar Kaligua juga terdapat objek wisata lainnya seperti goa Jepang, Telaga Ranjang dan mata air Tuk Bening.

5. Ciblon Waterboom

Ciblon Waterboom Sebagai Tempat Wisata Di Brebes
Brebes juga memiliki wisata air yang sangat popular yaitu Ciblon Waterboom. Kolam renang dengan berbagai wahana air tersebut sangat cocok dikunjungi bersama keluarga. Lokasinya berada di pusat kota tepatnya di Jl. Yos Sudarso Brebes. Harga tiket masuknya pun terbilang terjangkau meskipun memiliki banyak wahana air seperti papan seluncur, ember tumpah dan kolam dengan berbagai ukuran. Tiket masuk yang dibanderol adalah Rp 13.000 saja.

6. Ranto Canyon Brebes

Ranto Canyon Sebagai Tempat Wisata Di Brebes
Ranto Canyon ini merupakan tempat wisata terbaru dan sedang naik daun di kota Brebes. Wisata yang satu ini dikhususkan bagi anda pecinta adventure karena di sana menawarkan kegiatan yang memacu adrenalin. Ranto Canyon berada di Desa Windusari, Kecamatan Salem, Brebes dan ini hampir mirip dengan Green Canyon yang ada di Pangandaran. Pengunjung di sana bisa melakukan kegiatan seperti berenang, cliff diving dan body rafting. Bagi anda yang tertarik untuk menyusuri Ranto Canyon cukup membayar Rp 30.000 saja. Nantinya anda sudah bisa mendapatkan fasilitas pemandu, helm dan jaket.

7. Pemandian Air Panas Tirta Husada

Pemandian Air Panas Tirta Husada Sebagai Tempat Wisata Di Brebes
Pemandian air panas Tirta Husada adalah tempat wisata di Brebes paling popular. Di sana anda bisa berendam di air panas untuk relaksasi. Pemandangan di sekitar pemandian pun sangat indah dan nyaman seperti ada hutan pinus. Pemandian air panas Tirta Husada berlokasi di Desa Kedungoleng, Kecamatan Bantarkawung, Brebes. Untuk harga tiket masuknya terbilang murah yakni Rp 6000 saja. Objek wisata tersebut juga menyediakan fasilitas lain seperti karaoke, café dan kamar mandi VIP.

8. Candi Pangkuan

Candi Pangkuan Sebagai Tempat Wisata Di Brebes
Di Brebes ternyata juga memiliki situs bersejarah yakni Candi Pangkuan. Candi yang bercorak Hindu tersebut berada di Desa Cilibur, Kecamatan Paguyangan, Brebes. Usia dari candi tersebut diperkirakan sudah ratusan tahun namun baru ditemukan oleh penduduk setempat pada tahun 1965. Pemandangan di sekitar candi pun sangat indah terlebih lagi dikelilingi oleh pohon-pohon yang usianya sudah ratusan tahun. Di sana juga terdapat kera-kera liar. Mengunjungi Candi Pangkuan pun tidak dipungut biaya sepeser pun.

9. Waduk Penjalin

Waduk Penjalin Sebagai Tempat Wisata Di Brebes
Salah satu wisata waduk yang ada di Brebes adalah Waduk Penjalin. Waduk Penjalin berada di Desa Winduaji, Kecamatan Paguyangan, Brebes. Sama dengan Waduk Malahayu, waduk yang satu ini juga merupakan peninggalan Belanda. Fungsinya pun sebagai sarana irigasi tetapi sudah multifungsi sebagai tempat wisata juga. Pemandangan di sekitar Waduk Penjalin juga indah seperti adanya pegunungan.

10. Desa Wisata Ciseureuh

Desa Wisata Ciseureuh Sebagai Tempat Wisata Di Brebes
Destinasi tempat wisata di Brebes selanjutnya adalah desa wisata Ciseureuh. Desa wisata yang satu ini masih sangat menjaga tradisi leluhur sehingga di sana masih sangat kental adat budayanya. Lokasi dari desa wisata Ciseureuhberada di kaki gunung Kumbang Desa Ciseureuh, Padukuhan Jalawastu, Kecamatan Ketanggungan, Brebes. Di desa tersebut sering diadakan upacara adat dan salah satunya adalah upacara Ngasa yaitu ucapan syukur bagi Tuhan YME. Penduduk desa itu dilarang memiliki rumah beratapkan genting, berlantai keramik dan bertembok.

Deretan tempat wisata di atas bisa anda kunjungi ketika anda sedang berada di Brebes. Brebes ternyata menyimpan potensi wisata yang tak kalah dengan kota lainnya di Pulau Jawa. Daftar tempat wisata di Brebes tersebut semoga bisa dijadikan referensi liburan anda nantinya.