Klenteng Hok Swie Bio

Tempat Wisata di Bojonegoro yang Wajib Kamu Jelajahi

Diposting pada

Tempat Wisata di Bojonegoro – Sebagai sebuah Kabupaten di Jawa Timur, Bojonegoro menyimpan banyak sekali destinasi wisata yang belum banyak dieksplor, baik oleh pemerintah setempat maupun para traveler. Bojonegoro sendiri mungkin lebih dikenal sebagai kawasan industri, sehingga jarang sekali dijadikan pilihan dari daerah tetangga untuk dijadikan destinasi liburan.

Padahal, di balik Bojonegoro padatnya aktifitas industri di sana yang salah satunya kegiatan pertambangan minyak bumi, kawasan yang merupakan paduan dari dataran tinggi dan rendah tersebut memiliki banyak tempat wisata eksotis yang sayang bila diabaikan. Tidak ada salahnya untuk menilik referensi wisata di Bojonegoro berikut sebagai bahan pertimbangan.

Destinasi Tempat Wisata di Bojonegoro

1. Petilasan Angkling Dharma

Petilasan Angkling Dharma
Tempat wisata ini berlokasi di Desa Wotangare. Petilasan sendiri berarti makam atau tempat peristirahatan terakhir. Walaupun hingga saat ini masih terjadi perdebatan akan fakta keberadaan Prabu Angkling Dharma beserta asal usulnya, warga Bojonegoro percaya Raja yang digdaya itu berasal dari daerah mereka. Wisatawan tidak dipungut biaya bila ingin berziarah.

2. Grojogan Pucang

Grojogan atau air terjun ini berada di wilayah Cancung dan menjadi salah satu destinasi wisata favorit para para pemburu obyek fotografi. Tanpa dikenai retribusi apa pun, pengunjung bebas beraktifitas di sana selama 24 jam penuh. Debit airnya pun tidak terlalu deras, sehingga aman meskipun mandi di bawah air terjun tersebut.

3. Mata Air Sumberarum

Mata Air Sumberarum
Di sumber air dari PDAM Bojonegoro ini, pengunjung bisa berendam sepuasnya dan merasakan kesegaran mata air murni. Wisatawan yang datang tidak akan dipungut biaya untuk tiket masuk, tetapi harus membayar biaya parkir. Untuk fasilitas penunjang lain, ada toilet umum serta ruang ganti yang cukup mengakomodasi pengunjung.

4. Kedung Maor

Tempat wisata yang berlokasi di Desa Kedungsumber ini menyatukan danau dengan air terjun sekaligus. Pengunjung hanya perlu membayar biaya parkir jika ke sini, tanpa tiket masuk. Fasilitas lain hanya ada toilet umum. Dan, berhati-hati bila berenang karena danaunya memiliki kedalaman mencapai 7 meter.

5. Waduk Pacal

Waduk Pacal
Kerap diplesetkan sendiri oleh warga sekita sebagai “Waduk Pacar” atau “Waduk Kekasih”. Meskipun kegunaan tempat wisata tersebut sebenarnya sangat universal yang terbukti dari dibangunnya sarana bermain anak. Toilet umum serta warung-warung penjual makanan siap sedia sebagai fasilitas pelengkap. Per orang dikenakan tarif Rp. 5.000,- untuk masuk ke area waduk.

6. Negeri Di Atas Angin

Di kawasan Deling, terdapat sebuah bukit yang dinamakan Bukit Cinta, sedangkan puncaknya disebut negeri di atas angin. Hal itu dikarenakan ketika berada di sana dan melihat ke arah bawah membuat diri merasa seolah tengah berada di langit. Tempat wisata alam ini gratis dan dapat dikunjungi selama 24 jam penuh.

7. Kayangan Api

Disebut sebagai sumber api abadi yang tidak akan pernah padam, Kayangan Api merupakan destinasi wisata yang cocok untuk didatangi ketika petang menjelang malam. Dengan membayar tiket masuk sebesar Rp. 8.500,- saja per orang, kita juga bisa menikmati pertunjukan seni yang digelar oleh komunitas budaya setempat.

8. GoFun Bojonegoro

Merupakan taman bermain modern pertama yang didirikan di Bojonegoro. Letaknya di Jalan Veteran No. 188 dan mematok tarif tiket masuk sebesar Rp. 20.000,- untuk weekdays dan naik menjadi Rp. 25.000,- ketika weekend. Di sepanjang areal taman sendiri dipasangi lampion warna warni yang cantik dan pas dimanfaatkan sebagai obyek foto instagramable.

9. Taman Wisata Sariyo

Tiket masuk taman ini dibanderol Rp. 10.000,- saat hari kerja dan Rp. 15.000,- untuk akhir pekan, tetapi harga tersebut sudan termasuk menaiki wahana becak air. Ada waterboom serta area pemancingan juga. Fasilitas lain juga adanya toilet umum, rumah makan, dan yang terpenting di zaman sekarang : free wifi.

10. Kebun Belimbing Ngringinrejo

Kebun Belimbing Ngringinrejo
Di desa dengan nama yang sama, terdapat sebuah agrowisata belimbing yang sayang sekali bila dilewatkan. Sebab, Belimbing sendiri juga menjadi salah satu ikon Bojonegoro. Tidak dipungut biaya saat masuk ke dalam dan ikut memetik Belimbing. Pengunjung baru perlu mengeluarkan uang bila bermaksud membeli Belimbing segar untuk dijadikan oleh-oleh.

11. Bendungan Gerak Ngringinrejo

Bendungan Gerak Ngringinrejo
Tidak terlalu jauh dari Kebun Belimbing Ngringinrejo, terdapat sebuah bendungan yang berfungsi untuk mengatur debit air Bengawan Solo agar tidak meluap dan menyebabkan banjir. Bendungan ini dibentuk dengan sangat cantik, sehingga cocok untuk dipamerkan di sosial media. Tetapi jangan mencoba mengambil gambar terlalu dekat karena Bengawan Solo berarus sangat deras.

12. Taman Rajekwesi

Taman Rajekwesi
Sebagaimana kota-kota lain yang telah membuka taman terbuka hijau bagi warganya, pemerintah Bojonegoro pun melakukan hal yang sama. Di Taman Rajekwesi, masyarakat Bojonegoro saling berinteraksi satu sama lain sambil menikmati fasilitas lain yang disediakan seperti taman bermain maupun spot foto secara gratis, tanpa dipungut biaya sepeserpun.

13. Alun-Alun Bojonegoro

Merupakan lokasi di mana kantor-kantor pemerintahan Bojonegoro berada, maka alun-alun kota pun ditata sedemikian rupa agar tampak cantik dan memberikan kesan positif bila ada kunjungan dari pihak ketiga. Penataan ruang yang bagus tersebut pun menciptakan spot-spot foto instagramable bagi anak muda yang lantas menjadikan alun-alun sebagai tempat nongkrong favorit.

14. Klenteng Hok Swie Bio

Klenteng Hok Swie Bio
Sebagai tempat ibadah Tri Darma, klenteng didominasi warna merah dengan ornamen Naga. Dijadikan sebagai obyek wisata gratis oleh pengurus klenteng dengan tujuan mempererat persaudaraan lintas agama. Ketika perayaan Imlek atau hari jadi Tionghoa lainnya, kelenteng itu selalu ramai berkat diadakannya acara-acara peringatan yang menarik. Acara tersebut juga terbuka untuk umum.

15. Warung Wedang Tape Jalan KH. Maskur

Warung Wedang Tape Kh. Maskur
Merupakan sebuah destinasi wisata kuliner legendaris dari Bojonegoro. Wedang tape yang disajikan sangat menggugah selera dan dibanderol dengan harga murah pula. Hanya Rp. 7.000,- saja. Selain wedang tape, kedai ini juga menyediakan menu kuliner lain yang khas Jawa Timur, seperti : lontong kikil, rujak cingur, serta kerupuk rambak.

16. Pondok Tempe Penyet Bu Trisno

Pondok Tempe Penyet Bu Trisno
Menjual menu yang sangat merakyat, warung penyetan ini telah menjadi salah satu ikon kuliner yang wajib dikunjungi ketika bertandang ke Bojonegoro. Posisi tepatnya berada di Jalan Cipto No. 02.l Dengan harga murah meriah, mulai dari Rp. 7.000,- saja, pengunjung akan merasakan cita rasa yang sangat memanjakan lidah.

17. Bakwan Mr. Gundule

Bakwan Mr. Gundule
Bakwan yang dijual di pertigaan RSUD Bojonegoro ini berbeda dari yang lain. Potongan bakwan disajikan dalam mangkok bersama dengan bakso, gorengan, tahu, serta mi putih yang kemudian diguyur dengan kuah. Dengan harga hanya Rp. 10.000,- saja per porsi, wisatawan dijamin akan merindukan cita rasa Bakwan Mr. Gundule ini.

18. Rica Rica Bebek Alun Alun Bojonegoro

Rica Rica Bebek Alun Alun Bojonegoro
Berada di seputaran alun-alun kota, rica-rica bebek ini telah menjadi ikon wisata kuliner yang wajib dicoba. Disajikan dengan lalapan segar, seporsi rica-rica bebek dengan nasi hangat siap memanjakan lidah para wisatawan. Harga yang dipatok pun cukup murah, yakni Rp. 20.000,- per porsinya.