Brak Papat Sirah Kencong

Tempat Wisata di Blitar yang Paling Asik

Diposting pada

Tempat Wisata di Blitar – Blitar merupakan sebuah kota kecil yang terletak di antara Malang dan Kediri. Meski begitu, Blitar memiliki banyak sejarawan terkenal, di antaranya adalah Bapak Proklamasi Republik Indonesia, Bapak Ir. Sukarno. Bahkan, Presiden pertama RI tersebut juga disemayamkan di kota ini dan makamnya pun menjadi salah satu destinasi wisata paling populer Blitar.

Selain itu, pada zaman kejayaan Majapahit, Mahapatih Gajah Mada diketahui membaca Sumpah Palapa di Candi Penataran yang juga berada di kota ini. Sebab itu, Blitar dikenal memiliki banyak lokasi pariwisata sejarah maupun panorama alam yang layak untuk dieksplorasi dan dilestarikan agar tetap terjaga sebagai warisan untuk anak cucu bangsa.

Destinasi Tempat Wisata di Blitar

1. Makam Bung Karno

Belum ke Blitar jika tidak berziarah ke makam Bung Karno. Terletak di Jalan Candi Surawana No. 10, tempat ini dibuka untuk umum mulai pukul 7 pagi sampai lima sore. Pengunjung harus membayar biaya tiket masuk sebesar Rp. 3.000,-. Terdapat benda-benda peninggalan Bung Karno, juga sesekali diputarkan film dokumenter tentang beliau.

2. Candi Penataran

Terletak di Desa Penataran, candi bergaya Hindu ini dikenal karena Mahapatih Gajah Mada, walaupun sebenarnya dibangun oleh Raja Syerenggra dari Kerajaan Kediri. Harga tiket masuknya hanya Rp. 3.000,- saja. Untuk fasilitas pendukung terdapat toilet umum yang diperuntukkan bagi wisatawan, tidak jauh dari bangunan candi.

3. Pantai Tambak Rejo

Pantai Tambak Rejo
Terletak di Desa Tambak Rejo, wisatawan akan dikenakan tarif tiket masuk sebesar Rp. 2.000,- saja untuk dapat menikmati pesona alam pantai sepuas hati. Di sini, pengunjung dapat berenang di laut yang berombak sedang, bermain pasir, juga berbelanja hasil tangkapan laut dari para nelayan yang dilelang dengan harga yang sangat murah.

4. Pesanggrahan Tambak Rejo

Pesanggrahan Tambak Rejo
Jika masih merasa kurang mengeksplorasi Pantai Tambak Rejo, Anda dapat menginap di Pesanggrahan Tambak Rejo yang terletak di atas bukit tak jauh dari pantai tersebut. Dari penginapan yang relatif murah dengan fasilitas yang lengkap, Anda bisa menikmati keindahan pantai saat matahari terbit dan tenggelam. Tarif permalamnya hanya Rp. 250.000,- saja.

5. Pantai Jolosutro

Pantai Jolosutro
Pengunjung dikenakan tarif Rp. 4.000,- per orang untuk memasuki areal pantai yang kerap dijadikan tempat ritual larung sesajen tersebut. Konon, pantai ini merupakan lokasi berkumpulnya Nyi Roro Kidul, Prabu Siliwangi, dan Nyi Blorong sehingga perlu diadakan ritual rutin untuk menolak bencana. Ombaknya besar, jadi pengunjung disarankan tidak berenang.

6. Arung Jeram Soko Blitar

Desa Tegal Asri menawarkan sebuah hiburan air yang menantang, yakni Arung Jeram. Dengan tarif Rp. 165.000,- untuk satu kelompok, hiburan ini dapat Anda lakukan bersama dengan keluarga. Tentunya ada batasan usia bagi yang ingin mencobanya. Energi yang terkuras setelah arung jeram dapat dipulihkan dengan menyantap kuliner di rumah makan sekitar.

7. Pantai Pangi

Pantai Pangi
Lokasi wisata yang masih tergolong baru dan terletak di Blitar selatan, tepatnya Desa Tumpak Kepuh. Memerlukan waktu kurang lebih dua jam dari kota untuk bisa sampai ke sini. Pengunjung harus membayar tiket masuk sebesar Rp. 2.000,- per orang. Belum ada fasilitas apa pun untuk wisatawan, tetapi bisa digunakan untuk berkemah.

8. Petilasan Rambut Monte

Di tempat wisata yang beralamat di Desa Krisik ini, Anda akan mendapati candi dan telaga sekaligus. Suananya sangat asri dan teduh. Sayangnya, candi yang ada tidak berhasil dipugar seperti aslinya. Namun keindahan telaga dan pepohonan sekitar cukup menenangkan. Tiket masuk dipatok Rp. 3.000,- untuk dewasa dan Rp. 2.000,- untuk anak-anak.

9. Gua Embultuk

Gua Emblutuk
Wisata alam yang terletak di Desa Tumpak Kepuh ini hanya cocok untuk dewasa, mengingat harus memasuki sebuah gua yang masih berisi air dengan kedalaman 1,5 – 3 meter. Stalagmit dan stalagtitnya mengeluarkan bunyi-bunyi yang cantik. Anda perlu membayar jasa pemandu Rp. 50.000,- untuk 7 orang anggota agar aman saat menyusuri gua.

10. Istana Gebang Blitar

Istana Gebang
Istana Gebang merupakan kediaman dari Bung Karno yang hingga kini masih dipertahankan keaslian bangunan serta perabotannya. Terletak di Jalan Sultan Agung No. 69 yang tidak jauh dari makam Bung Karno, pengunjung tidak dikenakan biaya apa pun jika ingin melihat-lihat. Hanya, wajib melepas alas kaki serta mengisi buku tamu untuk arsip.

11. Kampung Cokelat

Kampung Cokelat
Pengunjung akan dikenakan biaya Rp. 5.000,- saja bila berkunjung ke lokasi wisata modern yang satu ini. Lokasinya berada di Desa Plosorejo. Di sini, pengunjung akan diberitahukan mengenai proses pengolahan cokelat hingga menjadi beragam produk, baik cokelat batang, bubuk, hingga minuman. Wisatawan juga dapat membeli produk-produk tersebut sebagai cindera mata.

12. Puncak Menggapai Kejora

Wisata alam yang satu ini mungkin masih sangat asing di telinga, karena memang baru diresmikan pada tahun 2017 ini. Pengunjung dikenakan tarif Rp. 5.000,- per orang untuk dapat masuk ke lokasi yang menyajikan gazebo-gazebo di mana dapat menikmati pemandangan Gunung Wilis serta punggung Gunung Kawi yang hijau.

13. Bukit Teletubbies

Bukit Teletubbies
Bukan sembarang nama, destinasi wisata di Desa Sumberasri ini benar-benar menawarkan pengunjung untuk berfoto dengan cosplayer Teletubbies dengan biaya Rp. 5.000,- saja. Tarif tersebut terpisah dari tiket masuk yang dikenakan Rp. 8.000,- per orang. Wahana lainnya adalah balon udara seharga Rp. 5.000,- dan rumah pohon Rp. 3.000,- saja.

14. Kampung 3D Bongares

Kampung 3d Bongares
Terletak di Kelurahan Kepanjenlor, wisata yang satu ini tidak boleh dilewatkan oleh mereka yang mengaku anak muda kekinian. Tempat ini menawarkan beragam spot foto 3D yang sangat instagramable kreasi anak-anak muda kreatif Blitar yang peduli terhadap sektor pariwisata. Tidak ada patokan harga tiket masuk, wisatawan diperkenankan untuk menyumbang seikhlasnya.

15. Taman Ayu Gogoniti

Bila ingin berfoto atau merekam video di hutan yang indah ala film populer Twilight, tidak perlu sampai pergi ke luar negeri karena di Blitar, Taman Ayu Gogoniti menyediakan panorama serupa. Wisata ini dilengkapi dengan wahana outbond seperti ATV dan areal memancing. Pengunjung dikenakan tarif tiket masuk sebesar Rp. 3.000,- saja.

16. Sumber Udel Waterpark

Lokasi wisata yang unik ini berada tidak jauh dari alun-alun kota Blitar dan menyediakan tiga jenis kolam dengan kedalaman berbeda, serta seluncuran. Perlombaan renang acap kali digelar di sini. Pengunjung dikenakan biaya Rp. 13.000,- di hari biasa dan Rp. 15.000,- saat akhir pekan untuk menikmati beragam fasilitas yang ada.

17. Brak Papat Sirah Kencong

Brak Papat Sirah Kencong
Tempat ini berada di puncak bukit dari perkebunan teh sirah kencong yang cocok sekali digunakan untuk lokasi berkemah, di akhir pekan atau ketika liburan panjang tiba. Tidak dikenakan biaya sama sekali untuk beraktifitas di sini, tetapi segala perbekalan yang dibutuhkan harus membawa dari rumah dan fasilitas umum pun tidak tersedia.