Tempat Wisata di Bireuen untuk Nikmati Keseruan serta Eksotisnya

Diposting pada

Tempat Wisata di Bireuen – Menjelajah Aceh memang tidak ada habisnya. Berbagai kabupaten di Aceh menyimpan potensi wisata melimpah, contohnya saja Kabupaten Bireuen. Dulunya, Bireuen adalah salah satu dari Aceh Utara, tetapi mengalami pemekaran dan akhirnya berdiri sebagai wilayah otonom.

Kabupaten dengan moto Gemlang Datang Padamu Bila Tekad Kukuh Berpadu ini memiliki sederet destinasi wisata alam sampai wisata kuliner yang sayang sekali untuk dilewatkan.

Bireuen memiliki kekayaan alam melimpah dan sudah sepatutnya dikelola dengan baik untuk kesejahteraan masyarakatnya. Salah satunya dengan mengelola secara serius potensi-potensi wisata yang ada. Apabila kamu ingin lebih mengenal Bireuen, cobalah datang ke beberapa lokasi rekreasi berikut ini. Keindahan dan kecantikan wisatanya tidak kalah dari tempat lain di daratan Aceh yang makmur.

Tempat Wisata di Bireuen

Pantai Kuala Jangka


Pantai Kuala Jangka adalah salah satu pantai terindah yang ada di Bireuen. Pantai ini sangat indah dengan pasir sedikit kecokelatan dan air laut yang menyapu bibir pantai pelan-pelan. Sepanjang tepi pantai, kamu akan menemukan payung-payung pantai berwarna-warni, tempat untuk para pengunjung berteduh.

Selain itu, jika tidak ingin kepanasan, kamu bisa duduk-duduk di bawah deretan pohon pinus yang rindang seraya menikmati makanan yang dijajakan penjual. Pantai ini juga terbilang memiliki fasilitas memadai, seperti toilet maupun Mushola yang dapat digunakan dengan baik. Harga tiketnya pun terbilang terjangkau, sekitar Rp. 5000, dan dapat berubah seiring waktu. Jika tertarik, kamu bisa langsung pergi ke Desa Jangka Mesjid, Kecamatan Jangka, Bireuen, Aceh.

Air Terjun Samalanga


Di daerah manapun, air terjun memang selalu menjadi destinasi wisata yang menarik perhatian. Di Bireuen juga terdapat air terjun unik, namanya Air Terjun Piramida Samalanga. Disebut Air Terjun Piramida karena bebatuan di sana berbentuk segitiga. Selain itu, air terjun ini bentuknya miring dan bertingkat-tingkat. Benar, air terjun ini terdiri dari empat tingkat. Ketinggiannya memang tidak seberapa, hanya 4 sampai 5meter. Namun, karena keunikannya tersebut, air terjun ini jadi terlihat indah dan menakjubkan. Selain itu, udara di sekitar juga sangat segar karena dikelilingi pepohonan. Untuk menikmati keindahan Air Terjun Samalanga, kamu bisa datang ke Desa Alue, Kecamatan Samalanga, Bireuen.

Wisata Air Krueng Simpo


Tidak seperti wisata air waterboom atau waterpark yang nyata buatan manusia, atau wisata air terjun maupun laut, Krueng Simpo menghadirkan pemandangan yang berbeda. Destinasi wisata ini merupakan wisata sungi, dimana pengunjung bisa bermain air sepuasnya di aliran sungai yang tenang dengan bebatuan dan pemandangan sekitar yang indah. Lokasinya pun strategis, yaitu ada di tepi perlintasan jalan antara Bireuen-Takengon, tepatnya di Kecamatan Juli, hanya 20 menitan dari Bireuen. Krueng Simpo juga sempat menjadi destinasi wisata paling populer sekitar era 90-an. Di tepiannya, ada beberapa pondok yang bisa dijadikan tempat beristirahat atau menikmati perbekalan.

Pemandian Batee Iliek


Tidak seperti pemandian lain yang berupa kolam renang buatan, Pemandian Batee Iliek ini merupakan pemandian alami. Airnya sejuk dan segar, bebatuan di sekeliling membuat tempat ini cocok untuk foto-foto. Biasanya, para pengunjung akan berenang, ada yang menyewa ban atau hanya sekadar basah-basahan di atas batu. Di sekeliling pun terdapat banyak penjual makanan, sehingga kamu tidak perlu takut kelaparan. Pondok-pondok untuk santai pun berderet. Jika tertarik, kamu cukup datang ke Pemandian Krueng Batee Iliek, Kecamatan Samalanga. Letaknya tepat ada di perlintasan nasional, di dekat perbatasan Kabupaten Pidie Jaya.

Pantai Krueng Juli dan Ujong Blang


Ada lagi pantai yang wajib kamu kunjungi ketika ke Bireuen, yaitu Pantai Krueng Juli dan Ujong Blang. Di pantai ini, kamu akan menemukan pasir kecokelatan yang eksotis. Di sudut-sudut lain, ada bebatuan untuk memecah ombak. Selain itu, kamu juga bisa melihat tambak-tambak milik para nelayan. Tidak lupa perahu-perahu nelayan yang terapung memberi pemandangan khas pantai. Apabila kamu tertarik, segera kemasi barang dan pergi ke Desa Ujong Blang dan Krueng Juli, Kecamatan Kuala, Bireuen. Di sekitar pantai ini pun terdapat beberapa penginapan murah yang dapat kamu jadikan tempat bermalam.

Pantai Kuala Raja


Apabila kamu ingin ke pantai yang terdapat wahana bermain anak, tidak ada salahnya mengunjungi Pantai Kuala Raja. Bisa dibilang, pantai satu ini paling lengkap fasilitasnya. Selain pemandangan pantai pada umumnya, di sekitar pun banyak tempat duduk untuk bersantai serta pondok-pondok yang nyaman digunakan. Bahkan kamu bisa menyewa perahu karet maupun perahu biasa untuk keliling laut Kuala Raja yang elok. Untuk fasilitas umum seperti Mushola dan toilet pun tersedia dengan baik. Bahkan tempat parkirnya cukup luas. Paling penting, tiket masuk ke pantai ini sangat terjangkau. Jika ingin datang, kamu dapat pergi ke Desa Kuala Raja di Kecamatan Kuala, Bieruen, Aceh.

Pantai Reuleung Manyang


Pantai Reuleung Manyang masih belum begitu terekspos tetapi sudah cukup terkenal di kalangan anak muda yang suka menjadi objek wisata baru. Pantai ini memiliki batu karang yang indah dan biasanya dijadikan objek berfoto. Kamu bisa datang langsung ke Kecamatan Pandrah, Bireuen, untuk melihat keindahan dan eksotisnya pemandangan di Pantai Reuleung Manyang.

Pantai Peuneulet Baroh


Pantai Peuneulet Baroh merupakan salah satu pantai di Bireuen yang sangat memesona, terutama dengan deburan ombak dan air lautnya yang cukup biru. Banyak hal yang bisa dilakukan pengunjung di pantai ini, mulai dari bermain pasir, berenang, berjemur, bermain bola, sampai berfoto.

Pecinta surfing juga dapat melakukan hobi berselancar mereka di pantai ini, mengingat ombak yang cukup besar dan cocok untuk memacu adrenalin. Untuk menikmati keindahannya, langsung saja kamu pergi ke Kecamatan Salanga dan Simpang Mamplang, tepatnya di Desa Peuneulet Baroh. Kamu cukup menempuh perjalanan selama kurang lebih satu jam dari Bireuen.

Air Terjun Ceuraceu


Di kedalaman Bireuen pun ada sebuah keindahan alam yang patut dikunjungi, salah satunya adalah keelokan wisata Air Terjun Ceuraceu. Air terjun ini memiliki tingkatan-tingkatan tertentu, yang bisa kamu telusuri tiap tingkatnya dengan melewati bebatuan licin. Pemandangan sekitar sangatlah menakjubkan karena masih alami dan hijau, cocok untuk dijadikan objek foto.

Kamu juga bisa sekalian mandi untuk menyegarkan diri. Namun, fasilitas umumnya masih kurang memadai, sehingga kamu perlu membawa bekal sendiri jika tidak ingin kelaparan atau kehausan. Selain itu, butuh beberapa menit berjalan kaki dari tempat memarkirkan kendaraan. Kamu bisa langsung ke Desa Samagadeng, Kecamatan Pandrah, Bireuen untuk melihat keindahan Air Terjun Ceuraceu.

Wisata Pante Karya


Pante Karya merupakan sebuah gampong di Kecamatan Peusangan Siblah Krueng, tepatnya ada di sebelah selatan Bireuen dan berbatasan dengan Kabupaten Bener Meriah. Di Pante Karya memiliki pemandangan yang cukup indah, terutama pada bagian sungainya. Airnya jernih dengan bebatuan di tepian. Cocok untuk kamu yang suka bermain air. Tempat ini masih belum banyak diketahui sebagai destinasi wisata, sehingga fasilitas umum pun minim. Namun, tidak ada salahnya berkunjung ke sini karena suasananya cukup menenangkan.