Danau Mas Harun Bastari

Tempat Wisata di Bengkulu yang Paling Populer

Diposting pada

Tempat Wisata di Bengkulu – Bengkulu merupakan salah satu provinsi di Indonesia yang berada di Pulau Sumatera. Kata “Bengkulu” sendiri berarti “Pesisir Barat”, karena posisi tepat dari provinsi ini memang berada di barat daya dari Sumatera. Bengkulu sendiri merupakan salah satu daerah yang menerapkan ajaran Islam dengan cukup ketat dan disiplin.

Bahkan, cara berpakaian masyarakat Bengkulu pun kini diatur dalam Raperda. Namun, peraturan tersebut tidak bermaksud buruk, melainkan menjaga martabat masyarakat sendiri dengan mengharuskan berpakaian rapi dan tertutup. Bengkulu sendiri memiliki banyak sekali destinasi wisata menarik dan telah dikenal luas oleh wisatawan domestik maupun asing.

Destinasi Tempat Wisata di Bengkulu

1. Rumah Pengasingan Bung Karno

Sebagai konsekwensi atas tindakannya yang vokal terhadap penjajah Belanda, Bung Karno berulang kali diasingkan. Termasuk ke Bengkulu di mana beliau kemudian memperistri Ibu Fatmawati. Untuk masuk ke lokasi wisata sejarah yang terletak di Kelurahan Aggut ini, pengunjung dikenakan tiket masuk sebesar Rp. 2.500,- saja.

2. Pantai Panjang

Pantai Panjang
Dari pusat kota Bengkulu hanya dibutuhkan waktu sekitar 15 menit saja untuk mencapai destinasi wisata terfavorit ini. Terletak di Jalan Pesisir Pantai Panjang, pengunjung tidak akan dikenakan biaya apa pun untuk memasuki Pantai Panjang alias gratis. Sementara fasilitas yang tersedia cukup lengkap mulai restoran hingga toilet umum.

3. Benteng Marlborough

Benteng Marlborough
Tempat wisata yang terletak tepat di depan Pantai Panjang ini merupakan saksi bisu pertentangan dua kekuasaan negara penjajah Indonesia, yakni Belanda dan Inggris. Pengunjung harus membayar tiket masuk sebesar Rp. 2.500,- untuk dapat memasuki benteng ini. Di sini, terdapat banyak spot foto menarik dari bangunan bergaya Inggris tersebut.

4. Pantai Tapak Paderi

Pantai Tapak Paderi
Berjarak 100 meter saja dari Pantai Panjang dan Benteng Marlborough, terdapat Pantai Tapak Paderi yang pada zaman penjajahan Belanda di Bengkulu menjadi pelabuhan utama. Menikmati matahari terbenam merupakan tujuan utama wisatawan yang mengunjungi tempat ini. Pengunjung juga tidak dikenakan biaya sepeserpun untuk menghabiskan waktu di pantai yang indah tersebut.

5. Danau Dendam Tak Sudah

Danau Dendam Tak Sudah
Destinasi wisata yang satu ini tidak seseram namanya, kok. Termasuk dalam kawasan cagar alam, danau yang satu ini masih sangat alami dan belum terjamah oleh intervensi manusia. Pengunjung dapat menikmati keindahan danau beserta pepohonan di sini secara cuma-cuma. Sayangnya, belum terdapat fasilitas pendukung yang memadai sehingga agak merepotkan.

6. Danau Mas Harun Bastari

Danau Mas Harun Bastari
Terletak di Kabupaten Rejanglebong, lokasi wisata air yang satu ini menyajikan pemandangan danau yang dikeliling perbukitan. Dengan tiket masuk yang dibanderol Rp. 10.000,- saja, pengunjung sudah bisa menikmati keindahan alam di sekitar danau yang sayang sekali bila tidak digunakan untuk berfoto. Fasilitas pendukungnya lengkap, mulai dari toilet hingga penginapan.

7. Pulau Tikus Bengkulu

Pantai Tikus
Pulau ini merupakan pulau tersendiri yang berada di sebelah barat Bengkulu. Untuk mencapai ke pulau ini, wisatawan harus menggunakan speed boat atau kapal nelayan. Biasanya, perjalanan ke pulau ini diakomodasi oleh agen perjalanan dengan tarif Rp. 150.000,-. Anda bisa bermain pasir, berenang, juga snorkeling di pulau tersebut.

8. Kebun Strawberry

Kebun Strawberry
Terletak di Kota Curup, destinasi agrowisata ini membanderol tiket masuknya seharga Rp. 7.500,- untuk anak-anak dan Rp. 10.000,- bagi dewasa. Di sini, pengunjung dapat mencicipi strawberry segar, memetik sendiri, lalu membawanya pulang dengan harga Rp. 8.000,- saja per ons. Fasilitas penunjangnya antara lain toilet umum untuk para pengunjung.

9. Air Terjun Curup

Air Terjun Curup
Masih di Curup, terdapat sebuah wisata alam yang cocok sekali dikunjungi ketika musim kemarau tiba, yakni Air Terjun Curup. Tanpa membayar tiket masuk, pengunjung langsung dapat menikmati keindahan alami air terjun yang di bawahnya terdapat sebuah danau dangkal tersebut. Meskipun cukup populer, namun belum ada fasilitas umum seperti toilet.

10. Kebun Teh Bukit Daun

Kebun Teh Bukit Daun
Sebagai wilayah berstruktur dataran tinggi, Bengkulu memang cocok untuk menjadi penghasil komoditas teh. Salah satu perkebunan teh yang terkenal di sana adalah Bukit Daun dan berlokasi di Curup. Agrowisata ini dimiliki oleh perusahaan PT. Teh Dandang dan dibuka untuk umum secara gratis. Fasilitas lain yang tersedia berupa toilet umum.

11. Pantai Jakat

Pantai Jakat
Hanya berjarak 1 Km dari pusat kota Bengkulu, wisatawan akan sampai di Pantai Jakat yang juga merupakan salah satu destinasi wisata terfavorit. Pengunjung tidak perlu membayar tiket masuk, tetapi dikenakan biaya parkir mulai Rp. 2.000,- tergantung jenis kendaraan. Wahana hiburannya tergolong lengkap, yakni banana boat, jet ski, dan perahu.

12. Pusat Makanan Khas Bengkulu

Berlokasi di simpang lima Suprapto, destinasi wisata kuliner yang satu ini akan memanjakan lidah pengunjung. Berbagai makanan khas Bengkulu mulai dari kue siput, lempuk, hingga kerupuk tersedia untuk memanjakan lidah wisatawan. Harganya pun sangat terjangkau, mulai dari Rp. 3000,- saja, pengunjung bisa puas menikmati aneka menu yang tersedia.

13. Kampung Tua Cina Bengkulu

Pemerintah kota Bengkulu menjaga kelestarian kampung pecinan yang berada di selatan Benteng Marlborough ini. Wisatawan tidak dikenakan retribusi apa pun ketika mengunjungi salah satu wilayah tertua di Bengkulu tersebut. Disarankan untuk berkunjung pada saat perayaan Imlek karena di sana selalu digelar pesta meriah yang terbuka untuk umum.

14. Sungai Air Berau

Terletak di Kota Muko-muko, sungai yang memiliki air sangat jernih ini merupakan destinasi wisata favorit untuk dijadikan arena arung jeram. Wisatawan tidak dikenakan biaya bila hanya berkeliling di seputaran sungai yang mana ikan-ikan kecil di dalam sungai dapat terlihat jelas dari permukaan. Fasilitas umum yang tersedia berupa toilet saja.

15. Air Terjun Suban

Air Terjun Suban
Tak jauh dari Kota Curup, ada sebuah destinasi wisata alam yang cantik, yakni Air Terjun Suban. Wisatawan dapat berendam langsung di sungai yang mengalir tepat di bawah pancuran air terjun. Harga tiket masuknya sangat terjangkau, yaitu Rp. 10.000,- untuk dewasa dan Rp. 5.000,- saja untuk anak-anak.

16. Museum Negeri Bengkulu

Berlokasi di Jalan Harapan Pembangunan No. 08, museum bergaya etnik rumah adat Bengkulu ini dibuka mulai pukul 8 pagi hingga 4 sore untuk umum. Tiket masuknya pun sangat murah, hanya Rp. 2.000,- untuk anak-anak dan Rp. 3.000,- bagi dewasa. Di sini, pengunjung dapat mempelajari tentang sejarah dari Bengkulu.

17. Pantai Teluk Sepang

Pantai Teluk Sepang
Terletak di Kelurahan Teluk Sepang, pantai ini disebut hidden gem Bengkulu oleh traveler. Sebab, keberadaannya belum terlalu populer di kalangan wisatawan dan juga belum ada tindakan eksplorasi apa pun dari pemerintah. Tidak dikenakan retribusi apa pun, pengunjung bebas menikmati keindahan alam dan keunikan pepohonan sekitar yang condong ke arah laut.

18. Bukit Kaba

Bukit Kaba
Jika Anda gemar mendaki, tidak ada salahnya untuk mencoba melakukannya di Bukit Kaba yang terletak di Kabupaten Rejang Lebong. Anda akan disambut lintasan yang curam selama beberapa jam untuk kemudian sampai di lokasi tiga mata kawah berada. Untuk melakukan pendakian, wisatawan tidak akan dikenakan retribusi apa pun.