Tempat Wisata di Bener Meriah Aceh Utara yang Keren Banget

Diposting pada

Tempat Wisata di Bener Meriah Aceh Utara – Aceh memang punya sejuta potensi, baik dari segi industri, pertanian, dan juga pariwisata. Termasuk Kabupaten Bener Meriah, yang meskipun kurang disorot tetapi menyimpan banyak sekali potensi wisata yang harus segera digali. Kabupaten paling muda di Aceh ini termasuk ke dalam wilayah yang dilewati Dataran Tinggi Gayo, sehingga seharusnya, punya banyak spot wisata menarik.

Sayangnya, objek wisata di Bener Meriah masih minim sorotan. Referensi untuk tiap tempat wisatanya pun sangat sedikit dan kurang begitu lengkap. Tidak heran jika pemerintah Bener Meriah pun berusaha keras meningkatkan sektor ini dengan berbagai cara, salah satunya dengan menggiatkan aktivitas promosi di sosial media. Apabila kamu penasaran dengan Bener Meriah, beberapa rekomendasi tempat wisata berikut ini mungkin bisa memenuhi rasa ingin tahumu.

Tempat Wisata di Bener Meriah Aceh Utara

Air Terjun Tansaran Bidin


Kabupaten Bener Meriah memiliki banyak sekali air terjun indah, salah satunya adalah Air Terjun Tansaran Bidin. Arus airnya cukup deras karena meluncur dari ketinggian 50m, dan udara di sekitarnya pun segar. Tentu saja, mengingat air terjun ini berada di tengah hutan. Bahkan pengunjung harus rela berjalan kaki selama sekitar 20 menitan melewati hutan. Disebabkan oleh minimnya fasilitas di sini, sebaiknya kamu membawa perlengkapan sendiri, seperti air minum, makanan, atau mungkin mukena atau sarung untuk shalat. Hal ini karena memang belum tersedia warung, mushola, maupun toilet. Namun, karena tempatnya sangat asri, kamu tidak akan menyesal datang ke sini. Lokasinya sendiri berada di Desa Wonosari, Bandar, Bener Meriah, Aceh.

Air Terjun Reje Ilang


Masih dengan wisata air terjun, satu lagi wisata di Bener Meriah bernama Air Terjun Reje Ilang. Wisata satu ini juga cukup membutuhkan perjuangan untuk mendatanginya, sebab letaknya cukup jauh pemukiman. Setidaknya butuh 1000 meter perjalanan dari desa terdekat, yaitu Desa Meriah Jaya. Disebabkan lokasinya yang masih alami, fasilitas umum pun belum dibangun, sehingga untuk perbekalan dan lain-lain, sebaiknya membawa sendiri. Apabila merasa tertantang mengunjungi Air Terjun Reje Ilang, silahkan datang ke Desa Meriah Jaya, Timang Gajah, Bener Meriah. Untuk harga tiket masuknya sendiri tampaknya masih berubah seiring waktu, tapi yang jelas sangat terjangkau.

Air Terjun Bintang Musara


Air terjun yang satu ini terhitung baru ditemukan, sehingga sudah pasti masih butuh perhatian lebih untuk melengkapi fasilitas umum yang dapat digunakan para pengunjung. Letaknya ada di Bintang Musara, Kecamatan Bandar, Bener Meriah. Kamu cukup menempuh perjalanan sepanjang dari Kampung Bintang Musara sepanjang 4 km untuk sampai di titik awal lokasi, kemudian berjalan lagi sepanjang 25m untuk sampai ke lokasi Air Terjun Bintang Musara. Apabila kesulitan mencari lokasinya, sebaiknya meminta tolong penduduk sekitar. Mereka akan memandu kamu sampai ke tujuan.

Makam Datu Beru


Kabupaten Bener Meriah pun memiliki lokasi wisata bersejarah yakni Makam Datu Beru. Nama Datu Beru sendiri menurut sejarahnya adalah nama seorang berpengaruh di Daratan Gayo. Nama aslinya adalah Qurrata’aini, tetapi sewaktu kecil ia dipanggil sebagai Datu Beru. Oleh sebab itu, makamnya yang berada di Desa Tunyang, Kecamatan Timang Gajah, Bener Meriah ini pun diberi nama Makam Datu Beru. Sebagaimana makam bersejarah lainnya, tempat ini pun bisa kamu ziarahi seraya menggali informasi lebih dalam mengenai sejarah Aceh.

Pemandian Air Panas Wih Pesam


Apabila kamu merasa lokasi-lokasi air terjun di Bener Meriah terlalu sulit dijangkau, dan kamu memang tidak suka air dingin, cobalah mengunjungi Pemandian Air Panas Wih Pesam yang terkenal. Letaknya ada di dataran tinggi, sekitar 1500 dari permukaan laut, sehingga udara sekitarnya sejuk dan cocok jika tubuh yang pegal merilekskan diri di air panas ini. Jika kamu tertarik menikmati kehangatan kolam di Wih Pesam, lokasinya ada di Simpang Balik, Kabupaten Bener Meriah.

Arung Jeram Samar Kilang


Untuk wisata yang lebih ekstrem dan menantang adrenalin, Bener Meriah punya Arung Jeram Samar Kilang. Wisata ini juga tergolong baru sehingga masih dalam tahap pengembangan. Untuk info harga dan lain-lain pun masih cukup minim, tapi kamu bisa mencobanya dengan mendatangi langsung lokasinya di aliran Sungai Jambu Aye, Kampung Samar Kilang, Bener Meriah, Aceh. Dari Simpang Tiga Redelong, kamu bisa menempuh jarak sepanjang 38 km, sekitar satu jam berkendara. Namun, suasananya memang sangat asri dan udaranya segar karena berada di wilayah yang cukup terpencil.

Puncak Burni Telong


Satu lagi wisata yang membutuhkan perjuangan lebih untuk sampai di sana, yaitu Puncak Burni Telong, atau Gunung Burni Telong. Gunung ini memiliki tinggi sampai 2600 mdpl, alias tidak begitu tinggi tapi tidak begitu rendah, cukup pas untuk pendakian. Jika beruntung, kamu akan menemukan bunga edelweis di sana, tetapi jangan pernah memetiknya karena cukup langka. Kamu juga bisa menyaksikan awan yang berarak di bawah kaki, seolah kamu ada di negeri atas awan. Lokasinya sendiri masih di area Gayo Takengon, di Bener Meriah.

Danau Lut Kucak


Selama ini mungkin kamu hanya mengenal Danau Lut Tawar yang ada di Takengon. Ternyata, Bener Meriah pun punya danau di atas puncak bernama Lut Kucak(Laut Kecil). Dulu danau ini pun seakan ditelantarkan, padahal punya potensi yang cukup besar jika dirawat dengan baik. Namun, sekarang Danau Lut Kucak sudah resmi dijadikan salah satu wisata di Bener Meriah. Tentu saja kawasannya masih sangat asri, di sepanjang perjalanan menuju lokasi tujuan, kamu akan menemui perkebunan warga dan pemandangan yang indah. Keberadaan danau ini sendiri ada di sebelah Burni Telong, Bener Meriah.

Tugu Radio Rimba Raya


Radio Rimba Raya adalah salah satu stasiun radio bersejarah di Indonesia, khususnya di wilayah Aceh. Namun, radio ini sudah ditutup dan berdiri tegap tugu kenangannya, karena akan diganti menjadi Radio Republik Indonesia(RRI). Dahulu, ketika Indonesia diklaim sudah lenyap oleh para penjajah, Radio Rimba Raya inilah yang menegaskan bahwa eksistensi Indonesia masih ada. Bisa dibilang, radio ini menjadi salah satu media untuk memperjuangkan keberadaan Indonesia masa dulu. Oleh sebab itu, untuk mengenang Radio Rimba Raya yang bersejarah, tidak ada salahnya datang untuk melihat langsung Tugu Radio Rimba Raya di Bener Meriah.

Air Panas Bandar Lampahan


Satu lagi tempat pemandian air panas di Bener Meriah yang bisa kamu kunjungi untuk merilekskan tubuh, yaitu Pemandian Air Panas Bandar Lampahan. Sebagai lokasi wisata yang sudah cukup diperhatikan, beberapa fasilitas yang dapat ditemui adalah penyewaan ban untuk berenang, dan toilet umum. Lokasinya ada di Bandar Lampahan, Kecamatan Timang Gajah, Bener Meriah. Tempat ini cukup ramai dan harga tiketnya murah. Hari sabtu dan minggu biasanya selalu ramai, sehingga datang di hari-hari aktif lebih disarankan.

Itu tadi adalah beberapa lokasi wisata di Bener Meriah, dari yang sudah lama ada sampai yang baru. Pengembangan wisata masih terus dilakukan oleh pemerintah, sehingga mungkin kamu akan menemukan beberapa lokasi wisata yang masih minim fasilitas umum. Namun, harus diakui bahwa Bener Meriah sebenarnya punya sejuta pesona yang siap dipoles.