Pantai Melur

Tempat Wisata di Batam paling Populer dan Asik

Diposting pada

Tempat Wisata di Batam – Batam merupakan suatu kota yang termasuk dalam kawasan Kepulauan Riau. Batam dijuluki sebagai kota industri dan selalu ramai didatangi oleh para wisatawan lokal dan mancanegara. Letaknya yang sangat dekat sekali dengan Singapura juga menjadikan Kota Batam sebagai tempat transit para wisatawan yang akan berlibur ke Singapura.

Meskipun begitu, ternyata Batam juga memiliki berbagai spot wisata yang tak kalah menarik nya dengan Singapura lho!
Beberapa tempat wisata di Batam yang bisa anda kunjungi diantaranya Pantai Nongsa, City Square, Pantai Melur, Pantai Melayu, dan lain-lain. Penasaran dimana saja tempat wisata Batam yang bisa dikunjungi ketika liburan di akhir pekan, hari libur, atau akhir tahun? Yuk langsung saja kita simak informasinya dibawah ini!

Tempat Wisata Batam Hits Kekinian

1. Pantai Nongsa

Pantai Nongsa
Pantai Nongsa merupakan pantai yang selalu ramai oleh pengunjungnya di akhir pekan. Pantai ini juga letaknya tidak terlalu jauh dari pusat kota Batam. Karena letaknya yang tidak jauh dari pusat kota, fasilitas di pantai ini sudah memadai dengan terdapat adanya akomodasi penginapan, resort, lapangan golf, toilet umum, taman yang hijau dan bersih. Harga tiket untuk masuk ke kawasan Pantai Nongsa adalah Rp 5.000,- per orang nya.

2. Pantai Melur

Pantai Melur
Pantai Melur merupakan pantai yang sangat cocok untuk bermain karena banyak sekali wahana permainan, water sport, dan perahu. Para pengunjung bisa bermain air, menikmati keindahan alam sekitar, berenang, berjemur, memancing, dan lain-lain. Tersedia juga fasilitas berupa area camping dan banyak resort rumah makan di dekat Pantai Melur ini. Untuk masuk ke kawasan spot wisata ini anda akan dikenakan biaya Rp 5.000,- per motor dan Rp 15.000,- per mobil.

3. Batam City Square

Batam City Square
Jika anda ingin berburu oleh-oleh, kuliner, dan berbelanja di Kota Batam, anda bisa mengunjungi Batam City Square. Produk yang dijual di Batam City Square tidak hanya produk lokal saja, namun anda juga bisa menemukan banyak produk uar negeri dengan harga yang lumayan miring. Terdapat fasilitas wahana hiburan untuk anak hingga dewasa, terdapat juga fasilitas wisata belanja, rekreasi, tempat parkir, dan fasilitas umum lainnya. Harga tiket masuk kawasan Batam City Square adalah gratis.

4. Bukit Senyum

Bukit Senyum
Letak Kota Batam yang tidak jauh dari Singapura membuat anda bisa melihat pemandangan pesawat yang melintas berasal dari Singapura dari bukit ini. Bukit Senyum merupakan spot wisata terbaik untuk melihat city lights di malam hari. Anda bisa melihat keindahan Kota Batam yang sangat romantis dengan gemerlap cahaya lampu. Untuk masuk ke kawasan ini, anda akan dikenakan biaya Rp 5.000,- per orang nya.

5. Pantai Melayu

Pantai Melayu
Pantai Melayu merupakan sebuah pantai dengan pasir berwarna kecoklatan, meskipun begitu pasirnya sangat halus. Pantai ini memiliki karakteristik ombak yang tenang, anda juga bisa melakukan olahraga air seperti menyelam, banana boat, naik perahu, dan lain-lain. Tempat wisata ini sudah mempunyai fasilitas yang cukup memadai, untuk masuk ke kawasan wisata ini anda akan dikenakan biayaRp 5.000,- per orang nya.

6. Jembatan Barelang

Jembatan Barelang
Jembatan Barelang merupakan jembatan yang menghubungkan pulau-pulau kecil di Kota Batam. Jembatan ini merupakan penghubung yang meningkatkan kemajuan industri dan ekonomi Kota Batam. Jembatan ini berdiri sejak tahun 1992 dan diresmikan oleh mantan Presiden Indonesia yaitu B.J Habibie. Anda bisa melihat pemandangan Kota Batam sambil bersantai di Jembatan Barelang ini. Untuk mengunjungi Jembatan Barelang anda tidak akan dikenakan biaya sepeserpun.

7. Pantai Marina

Pantai Marina
Pantai Marina merupakan kawasan wisata alam yang pantainya sering digunakan sebagai tempat parkir kapal feri sehingga spot nya sangat cocok untuk dijadikan sebagai spot foto selama liburan. Pantai ini mempunyai fasilitas taman umum yang dikelola dengan baik, terdapat juga beberapa wahana permainan anak di tempat tersebut. Untuk masuk ke kawasan ini anda akan dikenakan biaya Rp 6.000,- per orangnya. Lokasi Pantai Marina ini juga cukup strategis, dekat dengan pusat perbelanjaan, kuliner, ataupun penginapan.

8. Pantai Tanjung Pinggir

Pantai Tanjung Pinggir
Pantai ini terletak cukup jauh karena berada di ujung Kota Batam, meskipun begitu Pantai Tanjung Pinggir ini sangat dekat sekali letaknya dengan Singapura sehingga anda bisa melihat pemandangan Singapura dari kejauhan, anda bisa melihat Marina Bay Sand, Universal Studio, dan gedung-gedung tinggi lainnya. Pantai ini mempunyai pasir dengan warna krem kecoklatan dengan panjang sekitar 250 meter. Untuk masuk ke kawasan ini anda akan dikenakan biaya Rp 5.000,- per motor nya.

9. Queen Waterboom

Queen Waterboom
Tempat wisata ini sangat cocok dikunjungi oleh anda dan anak-anak. Queen Waterboom menyediakan berbagai wahana air yang cukup lengkap seperti seluncuran yang tinggi, seluncuran yang pendek untuk anak-anak, kolam renang, twister slide, dan lain-lain. Harga tiket masuk Queen Waterboom adalah Rp 35.000,- pada hari biasa dan Rp 55.000,- pada akhir pekan. Fasilitas di spot wisata ini sudah cukup lengkap, terdapat area parkir yang luas, shelter, dan lain-lain.

10. Pantai Mirota

Pantai Mirota
Pantai ini memiliki jenis pantai pasir putih dengan pemandangan yang sangat indah. Perairan di Pantai Mirota juga sangat jernih dan berwarna biru. Biasanya terdapat perahu-perahu kecil yang parkir di dekat pantai, pemandangan tersebut bisa anda jadikan sebagai spot foto menarik lho! Harga tiket untuk masuk ke kawasan Pantai Mirota ini hanya Rp 10.000,- per orang nya.

11. Pantai Sekilak

Pantai Sekilak
Pantai Sekilak merupakan pantai yang mempunyai karakteristik mempunyai tebing-tebing yang cukup tinggi. Disini anda bisa naik ke atas tebing untuk menikmati pemandangan yang indah. Pantai Sekilak merupakan salah satu pantai yang selalu ramai pengunjungnya di akhir pekan, hari libur, ataupun akhir tahun. Fasilitas di tempat wisata ini sudah mencukupi, adapun harga tiket masuknya berkisar di Rp 10.000,-.

12. Pulau Abang Besar

Pulau Abang Besar merupakan pulau kecil yang termasuk dalam wilayah Kota Batam. Pulau ini mempunyai keindahan bawah laut yang sangat eksotis, anda bisa melakukan senorkeling sambil melihat berbagai spesies terumbu karang dan ikan yang bermacam-macam. Untuk tiba di Pulau Abang Besar, anda diharuskan untuk menyewa speedboat. Sayangnya, fasilitas di Pulau Abang Besar tidak terlalu lengkap, adapun biaya masuk ke spot wisata ini adalah gratis.

13. Masjid Agung Batam

Masjid Agung Batam
Bagi anda yang ingin berwisata religi, anda bisa mengunjungi Masjid Agung Batam. Masjid ini memiliki bentuk yang unik yaitu seperti piramida. Masjid Agung Batam juga sering digunakan sebagai tempat singgah atau sholat para wisatawan yang datang karena bangunannya yang cukup luas. Masjid ini terletak di pusat kota dan anda hanya akan dikenakan biaya parkir ketika masuk ke masjid ini.

14. Rumah Kopi Fatmawati

Rumah Kopi Fatmawati
Bagi anda pecinta kopi, jangan mengaku ke Batam jika belum mengunjungi Rumah Kopi Fatmawati. Salah satu tempat nongkrong ini terletak di dekat pantai. Waktu terbaik untuk mengunjungi Rumah Kopi Fatmawati adalah di malam hari, anda akan disuguhi dengan pemandangan gemerlap lampu kota dan bintang di langit. Harga menu kopi di tempat ini juga tidak terlalu mahal.