Tempat Wisata di Banyuwangi yang Paling Favorit

Diposting pada

Tempat Wisata di Banyuwangi – Banyuwangi terletak di ujung Pulau Jawa, biasanya jika mendengar kata Banyuwangi, sering terpikir oleh kita merupakan tempat penyeberangan kapal menuju Bali. Padahal, tidak usah jauh-jauh hingga ke Bali, Banyuwangi juga banyak menawarkan tempat wisata yang tak kalah menarik lho! Ingin wisata pantai? Ada! Wisata ke bukit atau pegunungan? Tentu saja ada!

Banyuwangi yang dikenal juga sebagai Kota Gandrung ini juga mempunyai wisata kuliner khas yang wajib dikunjungi. Salah satu tempat wisata alamnya yang terkenal adalah Kawah Ijen, merupakan fenomena alam yang hanya ada dua di dunia, yaitu di Indonesia dan di Islandia, tak heran banyak wisatawan atau ilmuwan mancanegara yang berkunjung ke Banyuwangi. Penasaran apa saja tempat wisata yang ada di Banyuwangi? Yuk kita simak ulasannya berikut ini!

Tempat Wisata di Banyuwangi

1. Kawah Ijen


Kawah Ijen merupakan kawah yang disebabkan oleh hasil letusan Gunung Ijen berjuta-juta tahun yang lalu, kawah ini mempunyai ukuran yang sangat luas dan memiliki kandungan sulfur yang tinggi. Pada waktu subuh atau pukul 5, jika cuacanya baik, anda akan disuguhi dengan fenomena yang disebut blue fire kawah ijen. Fenomena tersebut sangat langka dan sangat indah. Untuk tiba di puncak kawah, anda diharuskan untuk melakukan pendakian terlebih dahulu.

2. Pulau Merah


Pulau Merah sesuai dengan namanya merupakan suatu pulau dengan pasir pantai berwarna kemerahan. Perairan di Pulau Merah juga memiliki karakter yang ombaknya lumayan besar, maka dari itu banyak para wisatawan yang melakukan olahraga surfer di tempat ini. Anda juga bisa menikmati pemandangan alam yang indah sambil berjemur di pantai ini.

3. Pantai Plengkung


Pantai Plengkung merupakan tempat wisata pantai yang sangat terkenal karena lokasinya cocok untuk berolahraga surfing. Tempat ini memiliki ombak yang sangat tinggi bisa mencapai 6 meter, Pantai Plengkung juga dijuluki sebagai salah satu pantai penghasil gulungan ombak terbaik skala internasional lho. Tak heran jika banyak wisatawan mancanegara yang berkunjung ke tempat ini.

4. Pulau Tabuhan


Seperti pantai-pantai lainnya yang ada di Banyuwangi, Pulau Tabuhan ini merupakan salah satu spot pantai terbaik untuk surfing dan senorkeling. Keindahan bawah lautnya sangat eksotis sekali, banyak spesies coral langka yang bisa anda temui disini, fauna akuatis lainnya juga sangat unik. Pulau Tabuhan ini memiliki jenis pantai berpasir putih dan halus sehingga merupakan spot yang cocok untuk bermain pasir dan berjemur.

5. Air Terjun Lider


Jika Malang mempunyai air terjun Coban Rondo, lain halnya dengan Banyuwangi yang memiliki Air Terjun Lider. Air terjun ni mempunyai ketinggian sekitar 60 meter dan merupakan air terjun tertinggi yang ada di banyuwangi. Terkadang pantulan dan percikan airnya akan memberikan fenomena warna pelangi yang sangat indah. Banyak spot foto terbaik yang bisa anda jumpai di Air Terjun Lider.

6. Baluran


Baluran merupakan tempat wisata savana yang luas di Indonesia, mengingat Banyuwangi sudah mendekati Indonesia bagian timur, tak heran jika kondisi hutan dan iklimnya sudah mirip-mirip dengan bagian timur. Ketika mengunjungi Baluran anda dapat melihat berbagai satwa yang dilindungi seperti merak jantan, rusa, dan lain-lain. Banyak juga spesies flora langka yang bisa anda temui disini. Tempat wisata ini sangat cocok dikunjungi oleh keluarga, anda bisa sekalian mengajarkan beberapa hal pada anak anda.

7. Sukamade


Sukamade merupakan tempat wisata yang termasuk dalam Kawasan Taman Nasional Meru Betiri. Taman Nasional ini khusus menangani penangkaran penyu yang sangat langka dan endemik. Beragam penyu bisa anda temui disini. Di Sukamade juga terdapat hamparan pantai dengan pasir hitam yang eksotis lho! unik nya lagi, terkadang penyu-penyu yang dikembangbiakkan dibiarkan bebas di pantai dan anda bisa berenang bersama penyu.

8. Teluk Biru


Teluk Biru merupakan laguna alami dengan airnya yang sangat jernih, karena itu anda bisa melakukan senorkeling di tempat ini, beragam spesies ikan dan terumbu karang bisa anda jumpai disini. Sesuai dengan namanya, air di teluk ini berwarna biru dan transparan, bahkan anda pun bisa melakukan penyelaman secara langsung tanpa menggunakan alat dikarenakan air nya yang sangat jernih.

9. Rowo Bayu


Rowo Bayu merupakan rawa yang terletak di Banyuwangi dan mempunyai keindahan alam tersendiri. Rawa ini dipinggir-pinggir nya ditumbuhi dengan berbagai tumbuh-tumbuhan yang rimbun. Rowo Bayu ini masih termasuk kedalam kawasan hutan lindung. Tempat wisata yang satu ini sangat cook untuk anda yang mencari destinasi wisata yang sepi, jauh dari keramaian. Waktu terbaik untuk mengunjungi Rowo Bayu adalah di pagi hari.

10. Air Terjun Kalibendo


Air Terjun Kalibendo merupakan tempat wisata air terjun dengan ketinggian hanya 10 meter. Terdapat kolam alami yang terbentuk hasil kikisan dari air terjun nya, kolam tersebut dapat digunakan oleh wisatawan untuk berendam, mandi, dan bermain air. Anda juga bisa menikmati indahnya perkebunan yang terletak tidak jauh dari kawasan Air Terjun Kalibendo ini.

11. Air Terjun Kampung Anyar


Berbeda dengan Air Terjun Kalibendo dan Air Terjun Lider, air terjun Kampung Anyar ini memiliki bentukan air terjun yang unik, air terjunnya mengalir di umpakan-umpakan tebing sehingga anda akan melihat penampakan air terjun yang bertingkat-tingkat. Untuk dapat mengunjungi tempat wisata ini, anda juga diharuskan melewati medan yang cukup melelahkan. Panorama langka ini wajib dikunjungi ketika anda berada di Banyuwangi lho!

12. Pantai Grajagan


Pantai Grajagan merupakan pantai yang memiliki pasir berwarna kecoklatan, meskipun begitu pantai ini tidak didominasi oleh karang sehingga bisa digunakan untuk berenang oleh wisatawan yang datang. Banyak atraksi atau acara yang dilakukan oleh warga setempat di malam hari, oleh karena itulah pantai ini juga disebut dengan julukan pantai yang tidak pernah sepi. Terdapat dua goa di Pantai Grajagan yang bisa anda kunjungi, goa tersebut merupakan peninggalan tentara jepang ketika zaman penjajahan.

13. Songgon Rafting


Songgon Rafting merupakan tempat wisata body rafting yang wajib anda kunjungi di Banyuwangi, anda akan menelusuri sungai bebatuan kecil yang arusnya lumayan kencang. Hanya bermodalkan ban dan pelampung saja anda sudah bisa menelusuri sungai yang dipinggir-pinggirnya ditumbuhi dengan hutan pinus yang amat lebat. Songgon Rafting merupakan destinasi wisata yang pas untuk anda yang menyukai olahraga penjelajahan di air.

14. Sadengan


Sadengan adalah tempat wisata yang masih berada di kawasan Taman Nasional Alas Purwo. Merupakan tempat wisata yang menampilkan berbagai fauna endemik dan dilindungi seperti banteng, rusa, macan tutul, babi hutan, dan lain-lain. Seperti di Baluran, Sadengan juga dilengkapi dengan pemandangan savanna yang sangat indah dan asri. Uniknya lagi, rumput-rumput yang terdapat di Sadengan ini ternyata tidak alami lho! tapi disebabkan karena kerusakan hutan beberapa tahun yang lalu.