6. Pantai Bagedur

Tempat Wisata di Banten yang Perlu di Jelajahi

Diposting pada

Tempat Wisata di Banten – Sudahkah Anda merencanakan liburan menyenangkan? Untuk menyegarkan pikiran dari penatnya pekerjaan maupun tugas yang menumpuk, maka pergi piknik dan berlibur akan menjadi pilihan yang tepat. Tidak perlu jauh-jauh berwisata ke luar negeri, Indonesia pun memiliki banyak sekali objek wisata.

Bahkan setiap daerah memiliki objek wisata yang masing-masing memiliki keunikan tersendiri. Salah satunya daerah Banten. Daerah ini memiliki cukup banyak pilihan destinasi wisata yang cocok sebagai pilihan untuk berlibur. Berikut ini 16 pilihan objek wisata yang ada di Banten :

1. Pantai Tanjung Lesung
1. Pantai Tanjung Lesung
Pantai ini memiliki beragam pilihan kegiatan wisata. Anda dapat menikmati pemandangan bawah laut dengan melakukan kegiatan snorkeling atau diving, dan Anda juga dapat menikmati pemandangan sunset dan sunrise. Pantai ini tepatnya berlokasi di Desa Tanjung Jaya, Kecamatan Panimbung, Pandeglang, Banten. Harga tiket masuknya sebesar 15.000 rupiah dengan fasilitas berupa watersport, tempat makan, penginapan, pertunjukan, dan masih banyak lagi.

2. Taman Nasional Ujung Kulon
2. Taman Nasional Ujung Kulon
Taman Nasional Ujung Kulon berada di Kecamatan Sumur, Cimanggu, Kabupaten Pandeglang, Banten. Taman nasional ini mendapatkan bantuan teknis dari UNESCO. Tempat ini juga memiliki beberapa tipe ekosistem seperti hutan mangrove, hutan pantai, hutan hujan tropika, padang rumput dan hutan rawa air tawar. Harga tiket masuknya sebesar 5000 rupiah dan 7500 tarif hari libur.

3. Arung Jeram Sungai Ciberang
3. Arung Jeram Sungai Ciberang
Wahana arung jeram ini terletak di Kampung Muhara, Lebakgedong, Banten. Saat rafting, Anda juga dapat menikmati keindahan alam sekitar yang masih asri. Fasilitas untuk mengikuti kegiatan rafting ini pun cukup lengkap beserta pemandu yang profesional. Tempat ini buka setiap hari mulai dari pukul 8 pagi – 5 sore dengan harga paket wisata yang berbeda-beda mulai dari 185.000-370.000 / orang.

4. Pantai Ciputih
4. Pantai Ciputih
Pantai Ciputih dapat menjadi pilihan wisata saat berada di Banten yang tepatnya berlokasi di Desa Ujung Kulon , Pandeglang, Banten. Selain keindahannya, pantai ini memiliki fasilitas umum seperti penginapan, tempat makan, mushola, toilet umum, serta fasilitas lainnya. Harga tiket masuknya sebesar 5000 rupiah, dengan jam buka mulai dari pukul 5 pagi hingga malam.

5. Kampung Baduy
5. Kampung Baduy
Kampung Wisata Suku Baduy ini berada di Desa Cibeo, Kabupaten Lebak, Banten. Penduduk Kampung Baduy ini terisolasi dari dunia luar dan memegang teguh kebudayaan leluhurnya. Suku ini terbagi menjadi dua; Baduy Dalam dan Baduy Luar. Untuk berwisata ke kampung ini, banyak yang menyediakan paket trip dengan harga mulai dari 240.000 rupiah.

6. Pantai Bagedur
6. Pantai Bagedur
Salah satu pantai yang memiliki keindahan tiada dua dan memiliki keunikan dari tekstur pasirnya yang padat. ini terletak di Desa Sukamanah, Kecamatan Malingping, Lebak, Banten. Untuk fasilitas yang tersedia di pantai ini tidak banyak, seperti penjual makanan ringan, toilet umum, mushola, area parkir, dan yang lainnya. Harga tiketnya sebesar 2000 – 25.000 rupiah, tergantung kepada jenis kendaraan yang digunakan.

7. Pantai Karang Bolong
7. Pantai Karang Bolong
Pantai Karang Bolong memiliki keunikan tersendiri yang sesuai dengan namanya. Menurut cerita, karang bolong tersebut akibat kikisan air laut dan ada juga yang mengatakan akibat letusan Gunung Krakatau tahun 1883. Fasilitas yang tersedia berupa Banana Boat, perahu motor, rumah makan, penginapan, dan area parkir. Harga tiket masuknya sebesar 5000 rupiah /orang, dan 250.000 rupiah /orang.

8. Pantai Sawarna
Pantai ini adalah salah satu pantai di Banten yang belum terlalu ramai dikunjungi. Berjarak hampir 150km dari Rangkasbitung, tepatnya di Desa Sawarna, Bayah, Kabupaten Lebak, Banten. Tiket masuk untuk per orangnya sebesar Rp. 5000, dan akan dikenakan biaya parkir. Pantai ini memiliki fasilitas seperti penginapan dengan harga terjangkau, toilet umum, area parkir, penjual makanan dan souvenir khas.

9. Pantai Anyer
Pantai Anyer memiliki keindahan yang akan menyejukkan mata Anda. Di sini ada beberapa pantai lainnya yang sama indahnya. Terletak di Jalan Raya Anyer, Cilegon, Banten. Fasilitas di sini cukup menarik, seperti Banana Boat, cottage dan hotel, toko souvenir, rumah makan, tempat istirahat. Harga tiket masuknya sebesar 5.000 rupiah, dan 25.000-50.000 jika membawa kendaraan bermotor atau mobil.

10. Gunung Krakatau
Gunung Krakatau sempat meletus hingga menghancurkan daerah sekitarnya dan memisahkan pulau Jawa dengan Sumatera. Terlepas dari bencana besar yang pernah terjadi pada tahun 1883 lalu, gunung ini memiliki pemandangan yang begitu eksotis. Terletak di Pulau Anak Krakatau, Serang, Banten. Fasilitas wisatanya berupa penyewaan perahu, toilet umum, area parkir, penjual makanan dan souvenir.

11. Objek Wisata Alam Rawa Dano
Lokasi Objek Wisata Alam Rawa Dano ini terletak di Batukuwung, Padarincang, Kabupaten Serang, Banten. Objek wisata ini memiliki fasilitas berupa villa, tempat untuk bersantai, toilet umum, area parkir, dan penyewaan perahu. Rawa yang menjadi daya tarik utamanya sangat sayang untuk dilewatkan. Anda tidak perlu membayar untuk memasuki kawasan ini, jam operasionalnya pun berlaku selama 24 jam.

12. Pantai Carita
Pantai Carita memiliki beberapa kegiatan wisata yang menyenangkan. Terletak di Kabupaten Pandeglang, Banten. Fasilitas yang tersedia di sini cukup menarik, seperti Banana Boat, diving, snorkeling, seafood yang khas, pemandu wisata, penginapan, dan juga area parkir. Harga tiket yang harus dibayarkan sebesar 15.000 rupiah /orang, dan mulai dari 10.000 hingga 800.000 termasuk biaya parkir tergantung jenis kendaraannya.

13. Pulau Sangiang
Pulau ini berlokasi di Kampung Pulau Sangiang, Desa Cikoneng, Serang, Banten. Pulau ini menjanjikan keindahan luar biasa bagi pengunjungnya. Fasilitas yang tersedia belum cukup lengkap, tidak ada penginapan di sini. Sehingga Anda harus membawa tenda sendiri, namun tentunya ini akan lebih menyenangkan. Total biaya masuknya sekitar 15.500 rupiah. Sudah termasuk biaya asuransi dan yang lainnya.

14. Air Terjun Cihear
Curug ini terletak di Lebaksitu, Lebakgedong, Provinsi Banten. Butuh perjuangan untuk mencapai lokasi ini, karena letaknya berada di pedalaman. Fasilitas yang tersedia cukup umum, seperti tempat ibadah dan beristirahat, toilet umum, penjual makanan, dan area parkir kendaraan. Untuk menuju lokasi ini, Anda harus menyiapkan badan dan mental yang fit karena akan ada banyak tantangan menuju Curug Cihear.

15. Pemandian Air Panas Cisolong
15. Pemandian Air Panas Cisolong
Sumber air panas di tempat ini berasal dari Gunung Karang yang berjumlah 30 sumber air dan 7 sumber yang besar. Terletak di Kampung Cisolong, Kaduhejo, Pandeglang, Provonsi Banten. Fasilitas di sini terdiri dari kolam air panas yang disesuaikan dengan umur, kemudian terdapat 5 kamar pemandian dengan bathtub. Harga tiketnya terbilang murah, cukup dengan membayar 5000 rupiah.

16. Air Terjun Gendang
16. Air Terjun Gendang
Air Terjun Gendang ini berlokasi di Desa Sukarame, Carita,Kabupaten Pandeglang, Banten. Lokasinya berjarak sekitar 30 km dari Jalan Raya Carita. Dengan membayar tiket ketika memasuki pos sebesar 2.500 rupiah, Anda kemudian harus melanjutkan berjalan hingga 1 km. Fasilitasnya cukup menarik, seperti home stay, wisma, bahkan area camping yang dikenakan biaya 10.000 rupiah per malam.