9. Arung Jeram Sungai Serayu

Tempat Wisata di Banjarnegara Paling Rekomendasi

Diposting pada

Tempat Wisata di Banjarnegara – Masa liburan telah tiba, kini saatnya merencanakan acara liburan yang menyenangkan untuk menutup tahun 2017. Apakah Anda sudah mendapatkan tujuan wisata yang tepat? Jika belum, maka cobalah untuk berkunjung ke daerah Banjarnegara, Jawa Tengah. Di daerah ini terdapat banyak sekali objek wisata yang layak menjadi pilihan untuk mengisi liburan Anda.

Di Dieng, Banjarnegara, Anda akan mendapatkan pengalaman berlibur yang sangat indah karena Dieng menyediakan berbagai objek wisata mulai dari wisata alam, arung jeram, candi,museum, hingga taman rekreasi. Berikut ini 20 objek wisata yang harus Anda kunjungi ketika berada di Jawa Tengah :

1. Curug Mrawu
1. Curug Mrawu
Curug mrawu merupakan objek wisata yang berlokasi di Desa Giritirta, Pejawaran, Banjarnegara. Curug ini selalu ramai dikunjungi karena keindahannya. Fasilitas yang tersedia di curug ini adalah mushola, tempat makan, MCK, dan area parkiran. Curug ini memiliki ketinggian sekitar 50 meter yang meenyatu dengan sungai Mrawu yang digunakan sebagai sumber air warga sekitar.

2. Curug Sikopel
2. Curug Sikopel
Menurut legenda, ada seorang Bupati Kolopaking yang bersemedi di dalam gua yang ada di belakang curug dan mendapatkan kopel kuda sebagai jawaban dari petunnjuk yang diminta. Kawasan ini berlokasi di Desa Babadan, Pagetan, Banjarnegara. Beroperasi setiap hari mulai dari pukul 07.00 – 18.00 dan dikenakan biaya 2000 rupiah untuk tiket masuk. Fasilitasnya juga cukup memadai, seperti penginapan dan yang lainnya.

3. Kawah Candradimuka
3. Kawah Candradimuka
Kawah ini memiliki legenda yang cukup menarik, yaitu Raden Gatotkaca yang ketika masih bayi digodok di kawah untuk mendapatkan kesaktian. Kawah ini berlokasi di Desa Pekasiran, Batur, Kabupaten Banjarnegara. Tersedia fasilitas bagi pengunjung seperti tempat istirahat, mushola, MCK, dan area parkiran. Untuk memasuki kawasan ini dikenakan tarif 5000 rupiah untuk wisatawan lokal dan asing.

4. Surya Yudha Park
4. Surya Yudha Park
Surya Yudha Park merupakan tempat permainan air yang memiliki 7 kolam yang disesuaikan untuk berbagai usia. Berlokasi di Desa Rajasa, Banjarnegara. Fasilitas dan kegiatan yang disediakan di sini berupa tempat berolah raga, kolam renang, manasik haji, bahkan arung jeram. Harga tiket masuknya adalah 20.000 rupiah untuk dewasa dan 15.000 rupiah untuk anak-anak, buka setiap hari mulai 08.00-17.00.

5. Komplek Percandian Arjuna
Kompleks percandian ini merupakan kelompok candi-candi Hindu yang berlokasi di Dieng Kulon, Batur, Banjarnegara. Di daerah ini terdapat banyak candi, ada yang berkelompok dan ada yang berdiri sendiri. Fasilitas yang tersedia di komplek candi ini cukup membuat pengunjung pejalan kaki merasa nyaman. Harga tiket masuknya sebesar 7500 untuk wisatawan domestik, dan 15.000 untuk wisatawan asing.

6. Telaga Dringo
Kota Banjarnegara yang terkenal dengan beragam wisata alamnya ini memiliki telaga yang indah bernama Telaga Dringo yang berlokasi di Desa Pekasiran, Batur, Banjarnegara, Jawa Tengah. Harga tiket masuk Telaga Dringo adalah 15000 rupiah, baik untuk wisatawan domestik maupun asing. Fasilitas yang tersedia di telaga ini termasuk penginapan, mushola, dan area parkir.

7. Sumur Jalatunda
Tempat wisata selanjutnya adalah Sumur Jalatunda Dieng. Sumur ini terbentuk akbit letusan besar yang terjadi ribuan tahun lalu. Sumur ini berlokasi di Desa Pekasiran, Kecamatan Batur, Kabupaten Banjarnegara. Fasilitas yang tersedia di sini berupa gardu pandang, toilet, area parkir, dan pedagang kaki lima. Harga tiket sebesar Rp. 5.000, dan memiliki jam operasional mulai dari pukul 07.00 hingga 16.30.

8. Candi Gatotkaca
Candi Gatotkaca Dieng berada di sekitar pegunungan Dieng, memiliki ukuran 4.5×4.5 m. Dibangun pada masa Ratu Sima abad ke-7. Fasilitas yang tersedia di tempat ini adalah, mushola, area parkir, toilet, serta shelter untuk melihat pemandangan sekitar. Candi ini berlokasi di Dieng Kulon, Kecamatan Batur, Kabupaten Banjarnegara. Harga tiket masuk ke candi ini sebesar Rp. 10.000.

9. Arung Jeram Sungai Serayu
Kegiatan arung jeram di Sungai Serayu ini akan sangat memacu adrenaline Anda. Fasilitasnya berupa; transportasi, alat pengarungan, P3K, asuransi, sertifikat, dan masih banyak lagi. Berlokasi di Desa Radegan, Kecamatan Sigaluh, Banjarnegara. Buka dari pukul 8.00-16.00 pada hari Senin-Kamis, kemudian hari Jumat-Minggu buka 24 jam. Harga tiket untuk wisata ini berbeda-beda. Mulai dari 150 ribu – 375 ribu rupiah.

10. Curug Pundung Sewu
Curug ini memiliki keindahan dan juga kesejukan yang akan memberikan pengalaman wisata menyenangkan. Berlokasi di Desa Petir, Kecamatan Purwonegoro, Kabupaten Banjarnegara. Fasilitas yang didapatkan berupa toilet, rumah warga, dan area parkir. Jika Anda berkunjung ke tempat ini, sebaiknya membawa perlengkapan kesehatan serta fisik yang fit. Harga tiket masuknya sebesar Rp. 5000 hingga Rp. 10.000 per-orang.

11. Anglir Mendung
Objek wisata yang satu ini berlokasi di sekitar 18 km dari pusat kota Banjanegara. Yang menjadi daya tari objek wisata ini adalah, hawa sejuknya, keramahan penduduk sekitar, dan tentunya keindahannya. Kawasan ini menyediakan fasilitas berupa kolam renang, tempat bermain anak, penginapan, bumi perkemahan berkapasitas 200 tenda, area parkir, dan masih banyak lagi.

12. Curug Pitu
12. Curug Pitu
Curug ini adalah satu curug paling indah di Banjanegara yang berlokasi di Desa Kemiri, Kecamatan Sigaluh, Kabupaten Banjarnegara. Untuk memasuki objek wisata ini, Anda hanya perlu membayar 5000 rupiah. Fasilitas yang disediakan di sini berupa tempat makan, mushola, tampat mandi, toilet, dan juga area parkir. Akses menuju curug cukup sulit, namun akan terbayar oleh pemandangan yang menakjubkan.

13. Taman Rekreasi Marga Satwa Serulingmas
TMRS Serulingmas diresmikan pada tahun 1997, memiliki koleksi satwa yang lengkap. Berlokasi di Jalan Selamanik, Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah. fasilitas yang disediakan cukup beragam, seperti waterboom, playground, taman satwa yang lengkap, area pemamncingan, panggung hiburan, rumah makan, dan juga makam keramat. Harga tiket masuk taman rekreasi ini hanya 5000 rupiah untuk umum dan 2000 rupiah untuk untuk pelajar.

14. Gunung lanang
14. Gunung Lanang
Gunung Lanang adalah gunung dengan titik tertinggi di Serayu Selatan. Berlokasi di Desa Mergolangu Kalibawang Wonosobo. Fasilitas yang tersedia di sini berupa warung jajan, area parkir, dan jalan untuk mendaki gunung. Dari gunung ini Anda akan melihat keindahan Wonosobo dai bagian darat daya. Harga tiket masuknya sekitar Rp. 3000, dan dibuka dari pukul 08.00 hingga 17.00.

15. Museum Kailasa Dieng
15. Museum Kailasa Dieng
Museum Kailasa diresmikan pada tanggal 28 Juli 2008. Nama Kailasa diambil karena disesuaikan nama gunung tempat tinggal Dewa Syiwa. Museum yang berlokasi di Dieng, Kecamatan Batur, Banjarnegara ini memiliki koleksi berupa artefak, cagar budaya, artefak, dan juga film tentang sejarah Dieng. Museum ini dibuka setiap hari dari pukul 7.30 hingga 16.00 dengan harga tiket 5000 rupiah.

16. Candi Dwarawati
16. Candi Dwarawati Dieng
Candi Dwarawati Dieng merupakan satu-satunya candi yang masih berdiri kokoh di kawasan tersebut ketika ketiga candi lainnya (Candi Pandu, Candi Abiyasa, Candi Margasari) sudah runtuh. Candi ini berlokasi di Jalan Dwarawati, Dieng Kulon, Banjarnegara. Untuk masuk ke kawasan Candi Dwarawati Dieng ini tidak dikenakan biaya, baik untuk wisatawan domestik maupun asing. Kawasan ini juga selalu buka setiap saat.