Pulau Bakut

Tempat Wisata di Banjarmasin yang Tersembunyi 2018

Diposting pada

Tempat Wisata di Banjarmasin – Banjarmasin adalah ibukota provinsi Kalimantan Selatan. Banjarmasin juga dijuluki sebagai kota seribu sungai karena secara geografis wilayahnya berupa delta-delta yang dilewati sungai yang tidak sedikit. Banjarmasin juga terkenal kaya akan sumber daya batubara nya. Tidak hanya itu, Banjarmasin juga merupakan kota yang pas untuk dikunjungi jika ingin berlibur. Tidak harus berlibur ke Pulau Bali atau Lombok, Banjarmasin juga mempunyai spot wisata yang tak kalah menariknya.

Mengeksplor Banjarmasin bisa menjadi suatu hal yang menyenangkan, berwisata alam bersama keluarga, kerabat, teman dekat, bahkan pasangan. Mengingat sekarang ini teknologi dapat dengan mudah untuk megantar kita ke suatu tempat wisata misalnya dengan menggunakan bantuan google maps, informasi tempat wisata pun dapat dengan mudah diakses. Penasaran dimana saja tempat wisata di Banjarmasin yang dapat dikunjungi? Yuk langsung saja simak ulasannya dibawah ini!

Spot Wisata Menarik di Banjarmasin untuk Dikunjungi

1. Pasar Terapung Muara Kuin

Pasar Terapung Muara Kuin
Ingin berwisata floating market atau pasar terapung layaknya di Thailand? Tidak usah jauh-jauh, anda bisa mengunjungi Pasar Terapung Muara Kuin. Pasar terapung ini terletak di Sungai Barito yang konon katanya sudah beroperasi sejak 400 tahun yang lalu. Waktu terbaik untuk datang ke tempat ini adalah pada subuh dan pagi hari. Untuk masuk ke kawasan wisata ini, anda tidak akan dikenakan biaya sepeserpun namun harus menyewa perahu klotok kecil dengan harga Rp 100.000,- per sepuluh orang.

2. Jembatan Barito

Jembatan Barito
Jembatan Barito merupakan sebuah jembatan yang melewati Sungai Barito yang cukup lebar. Sungai ini merupakan penghubung tepi barat dan tepi timur. Meskipun hanya jembatan, pemandangan yang diberikan dari jembatan ini sangat lah, biasanya para wisatawan mengunjungi tempat ini di sore hari sambil melihat pemandangan matahari terbenam. Untuk masuk ke kawasan Jembatan Barito anda tidak dipungut biaya sepeserpun, tersedia beberapa fasilitas dan akomodasi yang cukup memadai di sekitar spot wisata ini.

3. Sungai Amandit

Sungai Amandit
Sungai Amandit menyediakan wisata adrenalin berupa rafting, namun keunikannya anda akan menggunakan bambu dalam melakukan body rafting menyusuri sungai nya. Wisata ini sangat cocok untuk anda yang menyukai aktivitas pemacu adrenalin dan petualangan. Untuk melakukan bamboo rafting, satu rakit dapat anda sewa dengan harga Rp 250.000,-, spot wisata ini juga sudah dilengkapi dengan adanya fasilitas hotel, rumah makan, ataupun guesthouse.

4. Museum Wasaka

Museum Wasaka
Museum Wasaka merupakan museum yang memperlihatkan koleksi foto, mesin tik kuno, kamera, seragam perjuangan, dan senjata perang milik belanda yang tertinggal di Indonesia. Museum Wasaka merupakan singkatan dari Waja Sampai Kaputing. Harga tiket masuk ke Museum Wasaka adalah gratis, tersedia fasilitas berupa ruang tunggu, tempat parkir, toilet umum, dan lain-lain.

5. Pulau Kembang

Pulau Kembang
Pulau Kembang merupakan pulau yang terletak di tengah-tengah Sungai Barito. Tempat wisata ini merupakan tempat konservasi monyet dan burung. Konon katanya di pulau ini terdapat raja monyet sehingga terdapat sebuah kuil dengan altar berbentuk hanoman. Kuil tersebut hingga sekarang masih digunakan sebagai menyimpan sesajen pada waktu tertentu. Untuk masuk ke kawasan Pulau Kembang anda tidak akan dikenakan biaya sepeserpun namun harus membayar penyewaan klotok untuk tiba di pulau nya.

6. Masjid Sultan Suriansyah

Masjid Sultan Suriansyah
Masjid Sultan Suriansyah dibangun pada tahun 1526-1550 dan merupakan masjid tertua, meskipun begitu bangunannya begitu kokoh dengan berbagai renovasi yang dilakukan. Masjid ini memiliki keunikan tersendiri yaitu tempat imam nya terpisah dari atap bangunan utama. Fasilitas di masjid ini pun cukup lengkap, tempat parkirnya, tempat wudhu nya luas dengan harga tiket masuk gratis, hanya membayar parkir saja.

7. Masjid Sabilal Muhtadin

Masjid Sabilal Muhtadin ini merupakan masjid yang luas dapat menampung hingga 15.000 jamaah. Masjid ini dilengkapi dengan menara yang kokoh berjumlah lima sehingga arsiteknya sangat indah sekali. Wisata religi bagi orang islam yang satu ini dibangun tahun 1981 dengan fasilitas yang sangat mencukupi. Untuk masuk ke kawasan ini anda hanya diharuskan membayar parkir kendaraan.

8. Pantai Jodoh

Pantai Jodoh
Pantai Jodoh merupakan pantai dengan pemandangan yang cukup eksotis. Pantai ini banyak disebut sebagai spot yang tepat untuk mencari jodoh. Meskipun namanya pantai Jodoh, namun yang datang ke tempat ini tidak haya yang jomblo saja kok! Pemandangan terbaik di pantai ini adalah pemandangan matahari terbenam di sore hari. Harga tiket masuk nya gratis, fasilitas umum nya sudah cukup lengkap.

9. Air Terjun Bajuin

Air Terjun Bajuin
Air terjun ini dikelilingi dengan pepohonan yang sangat lebat dan hijau. Terdapat tiga air terjun dengan arus yang lumayan kencang. Kawasan wisata Air Terjun Bajuin menawarkan berbagai fasilitas wisata hiking, trekking, dan climbing. Namun, sayangnya akses jalan menuju spot wisata ini agak sulit. Untuk masuk ke kawasan Air Terjun Bajuin, anda hanya akan dikenakan biaya sekitar Rp 5.000,- hingga Rp 10.000,-

10. Menara Pandang

Menara Pandang Banjarmasin
Spot wisata ini didirikan pada tahun 2014. Menara setinggi 21 meter ini memiliki arsitektur yang kokoh dan sangat indah. Dari puncak menara anda dapat melihat pemandangan Kota Banjarmasin dari berbagai arah. Menariknya, untuk masuk ke kawasan Menara Pandang anda tidak akan dikenakan biaya sepeserpun, fasilitasnya pun cukup lengkap, tersedia pusat informasi, tempat parkir, toilet umum, kursi ruang tunggu, dan lain-lain.

11. Pulau Bakut

Pulau Bakut
Pulau Bakut merupakan pulau kecil yang berada di tengah-tengah sungai. Pulau ini dihuni oleh berbagai hewan dan tumbuhan yang unik sehingga menjadi hal yang wajib dikunjungi ketika berada di Banjarmasin. Untuk masuk ke kawasan wisata ini anda tidak akan dikenakan biaya sepeserpun namun harus menyewa speedboat untuk menyeberang dan tiba di Pulau Bakut.

12. Kuliner Soto Banjar Bang Amat

Soto Banjar
Kurang afdol rasanya apabila anda datang ke Banjarmasin namun belum pernah mencicipi kuliner khas nya yaitu Soto Banjar. Soto Banjar Bang Amat merupakan kuliner legendaris yang didirikan pada tahun 2001, harga satu buah soto nya berkisar dari Rp 17.000,- hingga Rp 25.000,-. Tidak hanya soto banjar saja yang disediakan, namun ada juga menu sop dan sate yang siap memanjaka perut anda.

13. Taman Satwa

Taman Satwa
Taman Satwa merupakan tempat wisata yang cocok dikunjungi bersama keluarga. Taman Satwa ini merupakan wisata yang memperlihatkan koleksi satwa yang cuku banyak, anda bisa melihat enggang, ayam hias, dan jenis ungags lainnya. Anda juga bisa melihat berbagai jenis burung dan buaya. Harga tiket masuk kawasan Taman Satwa adalah Rp 4.000,- untuk dewasa dan Rp 2.000 untuk anak-anak. Tersedia fasilitas tempat parkir, toilet umum, dan taman bermain untuk anak-anak.

14. Bukit Langara

Bukit Langara
Tempat wisata kekinian yang satu ini membutuhkan waktu perjalanan kurang lebih 30 menit untuk sampai di puncak bukit nya. Anda akan disuguhi berbagai pemandangan yang sangat indah dengan pepohonan yang lebat dan segar. Harga tiket masuk kawasan Bukit Langara berkisar di Rp 5.000,- hingga Rp 10.000,-. Tersedia berbagai fasilitas yang cukup memadai seperti warung makan, gazebo, dan lain-lain.