Klenteng Dewi Sin Mu

Tempat Wisata di Bangka Belitung Paling Asik

Diposting pada

Tempat Wisata di Bangka Belitung – Kepulauan Bangka Belitung tidak hanya terkenal sebagai penghasil timah terbesar di Indonesia, namun terkenal juga dengan berbagai tempat wisata nya. Banyak tempat wisata di Bangka Belitung yang bisa dikunjungi oleh para wisatawan lokal ataupun mancanegara. Ingatkah anda dengan film fenomenal di Indonesia yang berjudul Laskar Pelangi? Spot shooting film tersebut sekarang ini juga sudah dijadikan tempat wisata yang hits lho di Bangka Belitung.

Kebanyakan wisata di Bangka Belitung ini adalah wisata alam berupa wisata bahari. Mayoritas masyarakat di Bangka Belitung juga adalah campuran Indonesia dan China, sehingga jangan heran jika banyak kelenteng tempat ibadah yang ada di beberapa wilayah nya. Fasilitas wisata yang ada di Kepulauan Bangka Belitung juga sudah dikelola dengan baik. Penasaran kan apa saja tempat wisata yang ada di Bangka Belitung? Yuk langsung saja simak ulasannya dibawah ini!

Inilah Tempat Wisata di Kepulauan Bangka Belitung

1. Gunung Menumbing
Gunung Menumbing
Objek wisata Gunung Menumbing mempunyai ketinggian kurang lebih 355 meter. Kawasan wisata ini ternyata dahulu nya adalah tempat Bung Hatta dan Bung Karno di asingkan oleh tentara Belanda sekitar tahun 1948 hingga 1949. Tersedia fasilitas wisma yang berisi kamar tempat bekerja Ir. Soekarno sebagai wisata edukasi dan sejarah. Untuk masuk ke kawasan wisata ini, anda akan dikenakan biaya Rp 2.500,- per orang nya.

2. Pantai Pasir Padi
Camera 360
Pantai Pasir Padi merupakan tempat wisata alam sekaligus wisata kuliner. Berbagai hidangan kuliner yang terkenal bisa anda temui disini. Pantai ini mempunyai pasir yang bentuknya seperti butir-butir padi, itulah mengapa pantai ini disebut sebagai Pantai Pasir Padi. Adapun harga tiket masuk kawasan Pantai Pasir Padi ini hanyalah Rp 10.000,- per orangnya. Banyak fasilitas akomodasi, warung makan, toilet umum, dan lain-lain di pantai ini.

3. Bangka Botanical Garden
Bangka Botanical Garden
Bangka Botanical Garden merupakan kawasan wisata agrowisata yang subur, tenang, teduh, dengan udara yang sejuk dan segar. Anda bisa belajar mengenai pertanian, peternakan, bahkan perikanan. Spot wisata ini selalu menjadi primadona bagi para fotografer karena tempatnya sangat bagus. Untuk masuk ke kawasan wisata ini, anda tidak akan dikenakan biaya sepeserpun, namun jika anda ingin memancing dan memakan ikan hasil pancingan, anda harus membayarnya.

4. Pulau Batu Berlayar
Pulau Batu Berlayar
Pulau Batu Berlayar sesuai dengan namanya, merupakan pulau yang didalamnya terdapat bebatuan yang kokoh. Namun, bebatuan tersebut memberikan pemandangan yang indah dan khas bagi para wisatawan yang datang. Perairan di pulau ini sangat jernih sekali sehingga bisa digunakan untuk senorkeling dan berenang. Untuk biaya masuknya, anda akan dikenakan biaya Rp 10.000,- per orang.

5. Pulau Lengkuas
Pulau Lengkuas
Pulau Lengkuas merupakan salah satu andalan wisata yang ada di Kepulauan Bangka Belitung. Pulau ini memiliki mercusuar peninggalan masa penjajahan belanda pada tahun 1882, namun masih aktif dan berdiri kokoh hingga ekarang. Menyenangkannya lagi, mercusuar tersebut bisa digunakan untuk tempat wisata, anda bisa melihat pemandangan Kepulauan Bangka Belitung dari puncak ketinggian mercusuar tersebut. Untuk masuk ke kawasan pulau Lengkuas, anda tidak akan dikenakan biaya sepeserpun.

6. Pantai Tikus
Pantai Tikus
Meskipun namanya Tikus, bukan berarti pantai ini dipenuhi oleh hewan tikus yang menjijikan. Pantai yang satu ini mempunyai pemandangan yang indah dan terdapat kuil-kuil yang letaknya di atas bukit. Kuil tersebut mempunyai bentuk yang unik dan merupakan tempat ibadah etnis tiongkok di Kepulauan Bangka Belitung. Hanya dengan membayar parkir saja, anda sudah bisa masuk ke kawasan wisata ini dengan fasilitas seperti tempat bermain, restoran, kamar ganti, dan lain-lain.

7. Pantai Penyusuk
Pantai Penyusuk
Pantai Penyusuk mempunyai arus perairan dan ombak yang tenang. Pantai ini terletak di bagian utara dengan air yang sangat jernih sehingga bisa digunakan untuk senorkeling. Berbagai jenis terumbu karang dan ikan bisa anda lihat disini. Beruntungnya lagi, untuk masuk ke kawasan Pantai Penyusuk ini, anda tidak akan dikenakan biaya sepeserpun. Tidak usah khawatir mengenai akomodasi, banyak hotel dan penginapan yang bisa anda gunakan untuk bermalam di Pantai ini.

8. Pulau Memperak
Pulau Memperak merupakan kawasan wisata yang bisa dibilang masih sepi, wisata Pulau Memperak ini mempunyai perairan yang masih terjaga, banyak spot foto yang menarik dan banyak juga tempat penyewaan alat senorkeling. Pantai ini dihiasi dengan berbagai batuan yang bentuknya unik. Karena termasuk pulau yang sepi, fasilitasnya masih minim, bahkan sedikit segari masyarakat lokal yang tinggal di kawasan wisata ini. Anda tidak akan dikenakan biaya sepeserpun untuk masuk ke kawasan wisata ini.

9. Pantai Matras
Pantai Matras
Pantai Matras merupakan pantai dengan pemandangan eksotis dan menawan. Pantai yang selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan lokal dan mancanegara ini juga sudah memiliki fasilitas yang mempuni, anda tidak akan susah mencari hotel, layanan tour, tempat hiburan, bungalow, dan lainnya. Untuk masuk ke tempat wisata ini, anda akan dikenakan biaya Rp 5.000,- saja

10. Pulau Ketawai
Pulau Ketawai
Pulau Ketawai merupakan pulau yang cukup sepi, anda bisa menggunakan kapal nelayan untuk masuk ke kawasan Pulau Ketawai. Pulau tak berpenduduk ini ditumbuhi pohon kelapa yang sangat tinggi, hijau, dan sangat indah. Anda bisa memancing, senorkeling, berwisata kuliner, dan melakukan aktivitas lainnya. Untuk masuk ke kawasan wisata ini anda tidak akan dikenakan biaya sepeserpun.

11. Museum Timah
Sebagai penghasil timah terbedar di Indonesia, ternyata ada lho tempat wisata edukasi dan sejarah bernama Museum Timah di Bangka Belitung. Museum ini dahulunya adalah tepat perundingan pemimpin-pemimpin di Indonesia dan Belanda. Dengan mengunjungi tempat ini, anda akan mengetahui mengenai sejarah timah di Indonesia. Untuk masuk ke kawasan ini, anda akan dikenakan biaya Rp 5.000,- per orang dengan fasilitas umum cukup lengkap.

12. Klenteng Dewi Sin Mu
Klenteng Sewi Sin Mu merupakan tempat wisata sejarah lampau, merupakan tempat peribadahan yang sampai sekarang masih digunakan. Dahulunya, tempat ini merupakan tempat tinggal asisten residen. Bangunan ini terdiri dari berbagai ruangan yang unik. Tersedia fasilitas seperti kamar mandi, tempat duduk, dan pusat informasi. Untuk masuk ke kawasan wisata ini anda tidak akan dikenakan biaya sepeserpun.

13. Pantai Parai Tenggiri
Pantai Parai Tenggiri merupakan kawasan wisata yang sudah sangat modern, pemerintah sudah mengelola nya dengan baik sehingga fasilitas umum yang disediakan juga cukup mumpuni seperti kawasan parkir, tempat duduk, gazebo, dan lain-lain. Sayangnya, pantai ini cukup jauh diakses dari pusat kota. Untuk masuk ke kawasan wisata pantai ini, anda akan dikenakan biaya Rp 25.000,- saja.

14. Pantai Tanjung Tinggi
Pantai Tanjung Tinggi merupakan pantai yang pernah digunakan sebagai lokasi shooting Laskar Pelangi. Pantai ini mempunyai pemandangan yang indah dan kawasan yang sangat bersih. Keindahan pemandangan bawah laut nya juga sangat indah lho, anda bisa melakukan senorkeling sambil melihat berbagai spesies ikan dan terumbu karang. Untuk masuk ke kawasan wisata ini, anda hanya akan dikenakan biaya parkir saja.