Maribaya

Tempat Wisata di Bandung yang Paling Favorit dan Keren

Diposting pada

Tempat Wisata di Bandung – Bandung merupakan ibukota Jawa Barat yang secara geografis merupakan dataran tinggi. Karena hal tersebut udara nya sangat sejuk. Bandung juga dikenal sebagai Paris van Java atau kota fashion nomor satu yang ada di Jawa Barat, tak heran jika di akhir pekan banyak sekali wisatawan lokal yang berasal dari Jakarta dan kota-kota lainnya misalnya datang mengunjungi Kota Bandung untuk berwisata fashion.

Ternyata, tidak hanya Varis van Java saja lho julukan untuk Kota Bandung, kota ini juga dilengkapi dengan berbagai kawasan wisata yang indah, berbagai jenis wisata bisa anda temui disini, seperti wisata alam, wisata religi, wisata sejarah, wisata edukasi, dan yang paling penting jangan mengaku ke Bandung deh apabila belum merasakan wisata kuliner nya yang endeusss banget!

Tempat Wisata di Bandung

1. Kawah Putih

Kawah Putih
Kawah Putih merupakan tempat wisata berupa kawah hasil letusan Gunung Patuha beratus-ratus tahun yang lalu. Destinasi wisata ini akan menawarkan berbagai keindahan alam, utamanya adalah berbagai danau yang warna air nya sangar jernih sekali, bahkan terkadang warnanya berubah karena kandungan sulfur nya yang tinggi. Tempat wisata ini sangat cocok untuk dikunjungi ketika liburan, apalagi bersama pasangan, bahkan Kawah Putih sering digunakan untuk acara pra wedding.

2. Dusun Bambu

Dusun Bambu
Dusun Bambu merupakan tempat wisata bertemakan kembali ke alam dan pedesaan, dengan mengunjungi tempat wisata ini anda akan disuguhi pemandangan berupa areal pesawahan, pegunungan, dan fasilitas-fasilitas menarik lainnya. Tempat wisata ini juga menyatu dengan restoran yang asli sunda banget lho! Sekalian berwisata alam, tentunya jika sudah capek bisa mencicipi beberapa makanan khas dari Jawa Barat ini.

3. Gunung Tangkuban Parahu

Gunung Tangkuban Parahu
Gunung Tangkuban Parahu tempat wisata alam gunung yang pemandangannya sangat indah. Tempat wisata ini disebut tangkuban parahu karena bentuk gunung nya sendiri seperti perahu yang terbalik dalam bahasa sunda. Gunung yang masih aktif ini ditandai dengan adanya asap sulfur yang dikeluarkan dari tubuh gunungnya, adanya kandungan sulfur yang mengerak di bagian tubuh gunung ini juga membuat keindahan tersendiri bagi orang-orang yang mengunjunginya.

4. Tebing Keraton

Tebing Keraton
Wisata yang hits kekinian sedang ramai dibicarakan adalah Tebing Keraton. Untuk tiba di tebing ini, anda diharuskan untuk mendaki ke bukit dengan track yang cukup melelahkan. Namun, jika anda sudah sampai di puncak nya, anda akan takjub dengan pemandangan landscape dari kota Bandung yang sangat indah. Banyak sekali spot foto menarik di tempat ini, Tebing Keraton juga di akhir pekan sering digunakan sebagai jalur finish rombongan pesepeda lho.

5. Gunung Batu

Gunung Batu
Gunung Batu merupakan tempat wisata Bandung yang berada di Lembang. Sesuai dengan namanya, Gunung Batu ini merupakan sebuah gunung yang didominasi oleh batu-batu besar. Merupakan destinasi wisata yang pas untuk anda yang ingin memacu adrenalin dan berjiwa petualang. Pemandangan di puncak Gunung Batu ini sangat indah, anda bisa melihat landscape Gunung Tangkuban Parahu, Gunung Bukit, dan Gunung Palasari. Destinasi wisata ini juga sangat pas digunakan untuk melihat sunrise.

6. Kampung Gajah Wonderland

Mencari tempat wisata untuk anak-anak? Kampung Gajah bisa menjadi solusinya! Beragam permainan anak hingga dewasa bisa anda temui di tempat ini. Letaknya juga tidak terlalu jauh dari pusat kota. Anda bisa mengajak anak-anak bermain seperti roller coaster, menangkap ikan, bahkan anda juga bisa menyewa ATV untuk offroad berpetualang lho! Tempat bermain yang bertemakan outdoor ini juga menyediakan wahana air seperti roller coaster air, kolam berenang, dan lain-lain.

7. Stone Garden

Stone Garden
Stone Garden merupakan tempat wisata alam di dekat Padalarang yang termasuk juga ke dalam peninggalan geologi yang dilindungi. Sesuai dengan namanya, taman batu, destinasi wisata ini merupakan destinasi taman yang penuh akan bebatuan. Namun, justru bebatuan tersebut sangat unik dan merupakan spot terbaik untuk berfoto. Letaknya berada di puncak bukit sehingga disini anda bisa melihat pemandangan kota Bandung dari ketinggian yang sangat indah.

8. Gua Pawon

Letak wisata Gua Pawon ini tidak jauh dari Stone Garden, Stone Garden yang letaknya diatas bukit, di bagian bawahnya adalah Gua Pawon dimana merupakan tempat banyak ditemukan peninggalan-peninggalan kehidupan purbakala seperti manusia purba, alat-alat prasejarah dan lain-lain. Gua Pawon juga dipercaya sebagai tempat nenek moyang asli Sunda berada.

9. Gubug Makan Mang Engking

Gubug Makan Mang Engking
Mang Engking merupakan salah satu restoran makan yang menjadi wisata kuliner ketika berkunjung ke Bandung. Meskipun Gubug Makan Mang Engking ini memiliki beberapa cabang di kota-kota besar lainnya, tentu menikmati makanan langsung dari pusat nya adalah yang terbaik. Berbagai makanan khas sunda bisa anda cicipi disini. Tidak hanya itu, tersedia juga kolam ikan dan taman bermain anak di tempat ini.

10. Rainbow Garden Lembang

Rainbow Garden Lembang merupakan tempat yang pas untuk anda melihat hamparan bunga yang mempesona. Destinasi ini menawarkan berbagai ratusan spesies bunga. Anda bisa melihat-lihat bunga sambil berfoto, lokasi wisata ini juga sangat bagus sekali ditambah dengan adanya dekorasi seperti ayunan, piano kuno, tempat duduk taman kuno, dan lain-lain. Bunga-bunga di Rainbow Garden Lembang juga ada yang dijual lho, anda bisa membelinya jika ingin memelihara nya di rumah.

11. Kedai Mama Eha

Kedai Mama Eha
Kedai Mama Eha merupakan kuliner di Bandung yang wajib dikunjungi. Kedai ini sudah berdiri sejak tempo doeloe lho, tak heran sangat terkenal hingga sekarang. Beragam makanan khas bandung bisa anda temui disini seperti karedok leunca, cumi, ayam bakar, dan lain-lain. Salah satu hal yang terkenal dari Kedai Mama Eha ini adalah sambel nya yang beragam dan sangat enak sekali lho! beragam sambel khas sunda bisa anda cicipi sampai puas.

12. Cuanki Serayu

Cuanki Serayu
Masih kuliner yang terkenal di Bandung, Cuanki Serayu merupakan tempat cuanki yang sangat terkenal di Bandung, berada di kawasan Jl Serayu Bandung. Saking laku nya, bahkan orang-orang yang ingin membelinya bisa ngantri sampai waiting list lho, apalagi di akhir pekan atau musim liburan, dan jam makan siang. Siap-siap saja anda tidak kebagian tempat duduk ketika mengunjungi cuanki Serayu ini.

13. Perkebunan Teh Dewata

Bandung juga memiliki tempat Kebun Teh yang termasuk ke dalam kawasan Cagar Alam Gunung Tilu lho. Disini anda bisa melihat aktivitas ibu-ibu dan bapak-bapak yang mata pencaharian utama nya adalah petani teh, hamparan kebun teh dan udara yang sejuk juga akan anda rasakan ketika berkunjung ke Perkebunan Teh Dewata ini. Hati-hati jangan sampai anda merusak kebun teh nya ketika berkunjung ke destinasi wisata ini ya!

14. Maribaya

Maribaya
Maribaya merupakan tempat wisata yang terletak di Lembang, Bandung. Destinasi wisata ini akan menawarkan berbagai keindahan hutan alam ditambah dengan adanya air terjun alami yang tidak terlalu tinggi. Maribaya juga menyediakan pemandian air panas alami yang bisa digunakan oleh para wisatawan yang datang. Tempat wisata ini selalu ramai dikunjungi apalagi di hari pekan oleh wisatawan lokal maupun mancanegara.