Pantai Lamaru

Tempat Wisata di Balikpapan yang Nyaman dan Asik

Diposting pada

Tempat Wisata di Balikpapan – Bekerja setiap hari dari senin hingga sabtu pastinya membuat anda kelelahan dan butuh refreshing. Liburan merupakan salah satu cara refreshing yang paling tepat untuk menghilangkan penat. Daripada stress meratapi pekerjaan yang menumpuk, lebih baik memikirkan rencana untuk berlibur kan? Tidak usah jauh-jauh pergi ke luar negeri untuk berlibur, di Indonesia juga masih banyak tempat-tempat yang cocok untuk mengisi waktu luang di hari libur anda.

Salah satu kota yang direkomendasikan untuk berlibur adalah Balikpapan. Balikpapan merupakan salah satu kota yang berada di provinsi Kalimantan Timur. Meskipun Balikpapan merupakan kota dengan biaya hidup termahal di Indonesia, namun disana banyak spot wisata terbaik yang bisa anda kunjungi bersama keluarga, teman, kerabat, rekan kantor, pasangan, dan rombongan wisata lainnya. Penasaran apa saja tempat wisata di Balikpapan? Yuk kita simak beberapa informasinya dibawah ini!

Inilah Tempat Wisata di Balikpapan Hits Abis!

1. Pantai Kemala

Pantai Kemala
Pantai Kemala merupakan destinasi wisata utama yang ada di Balikpapan, pantai ini kerap didatangi oleh para anak muda karena kawasannya yang hits dan cozy! Di pinggir pantai anda akan disuguhi dengan pemandangan perairan laut yang jernih, beberapa fasilitas restoran, dan pohon kelapa yang sangat indah. Tersedia berbagai wisata kuliner yang dapat anda temukan di Pantai Kemala. Fasilitas nya pun sudah sangat mempuni, terdapat tempat duduk umum untuk para pengunjung, area parkir, dan lain-lain. Harga tiket masuk kawasan Pantai Kemala ini gratis, anda hanya akan ditarik biaya parkir saja.

2. Pantai Lamaru

Pantai Lamaru
Berbeda dengan Pantai Kemala yang mempunyai pasir berwarna putih, Pantai Lamaru ini mempunyai pasir berwarna kecoklatan namun tidak kalah indahnya kok! Biasanya para wisatawan yang mengunjungi Pantai Lamaru membutu sunset dan sunrise nya yang sangat indah diamati dari sudut pantai ini. Untuk masuk ke kawasan Pantai Lamaru, anda akan dikenakan biaya Rp 2.500,- untuk motor dan Rp 5.000,- untuk mobil. Terdapat fasilitas berupa musholla, kamar ganti, dan toilet umum.

3. Pantai Manggar Segara Sari

Pantai Manggar Segara Sari
Pantai Manggar Segara Sari merupakan pantai yang selalu ramai pengunjungnya. Pasir nya sangat lembut, anda akan disuguhi pemandangan pepohonan yang rindang di pinggir pantai. Aktivitas yang bisa dilakukan di pantai ini diantaranya bermain bola, berenang, water sport, bersepeda, dan lain-lain. Untuk masuk ke kawasan ini anda tidak akan dikenakan biaya sepeserpun namun diwajibkan membayar parkir jika membawa kendaraan.

4. Penangkaran Buaya Teritip

Penangkaran Buaya Teritip
Penangkaran Buaya Teritip sudah ada sejak tahun 1991, disini anda bisa memberi makan buaya dengan seekor ayam untuk umpan nya. Anda juga bisa berfoto bersama buaya tersebut. Tidak hanya buaya saja, namun di spot wisata yang satu ini anda bisa menaiki gajah dan berkeliling bersama gajah. Untuk masuk ke kawasan penangkaran ini anda akan dikenakan biaya Rp 10.000,- per orang nya.

5. Bukit Bangkirai

Bukit Bangkirai
Bukit Bangkirai merupakan wisata alam yang cocok dikunjungi oleh berbagai kalangan, tersedia tempat outbond yang bisa digunakan oleh anak-anak. Anda juga bisa menyusuri canopy bridge dengan tinggi kurang lebih 30 meter yaitu suatu jembatan yang menghubungkan setidaknya lima buah pohon. Di kawasan wisata ini sudah tersedia berbagai fasilitas seperti restoran dan penginapan. Untuk masuk ke kawasan ini anda akan dikenakan biaya Rp 2.000,-.

6. Danau Cermin Lamaru

Danau Cermin Lamaru
Danau ini disebut cermin karena air nya sangat bening seperti kaca, kita dapat berkaca secara jelas pada danau tersebut. Danau Cermin Lamaru juga dijuluki sebagai Danau Rawamangun. Sayangnya pemerintah setempat belum mengelola fasilitas di danau ini dengan baik. Untuk masuk ke kawasan wisata ini anda hanya diharuskan untuk membayar parkir.

7. Hutan Bakau Margomulyo

Hutan Bakau Margomulyo
Hutan Bakau Margomuyo merupakan hutan yang menjadi habitan burung, ikan, dan spesies hewan yang dilindungi lainnya. Untuk menulusuri hutan bakau ini, anda bisa berjalan di jembatan kayu denga panjang kurang lebih 800 meter, jembatan tersebut sudah disediakan, anda bisa melihat pemandangan hutan bakau dan pegunungan dari kejauhan. Meskipun akses menuju tempat ini cukup susah, namun spot wisata ini sangat disukai para wisatawan.

8. Hutan Lindung Sungai Wain

Hutan Lindung Sungai Wain
Spot wisata yang satu ini merupakan hutan lindung yang didalamnya terdapat beruang dan spesies hewan langka lainnya. Anda bisa melihat orangutan, beruang madu, kantong semar, bekantan, dan tumbuhan langka seperti jahe khas Balikpapan. Hutan ini memiliki kawasan yang sangat luas. Untuk masuk ke kawasan ini anda akan dikenakan biaya Rp 350.000,- per enam tamu. Fasilitas di Hutan Lindung Sungai Wain sudah cukup lengkap.

9. Taman Bekapai

Taman Bekapai
Taman ini merupakan spot wisata yang cocok bagi anda yang ingin bersantai di malam hari. Taman ini berada di pusat kota, anda juga bisa berburu kuliner karena akan banyak sekali pedagang kaki lima yang ditemukan di sekitar taman. Taman Bekapai sendiri mempunyai arti santai. Anda tidak akan dikenakan biaya sepeserpun untuk masuk ke kawasan ini.

10. Rumah Adat Balikpapan

Rumah Adat Balikpapan
Mencari spot wisata budaya dan sejarah? Anda bisa mengunjungi Rumah Adat Balikpapan yang cukup menarik. Rumah Adat Balikpapan ini biasanya dihuni oleh setidaknya 10 rumah tangga ata lebih. Tempat wisata budaya yang satu ini menyimpan nila historis yang cukup menarik. Untuk masuk ke kawasan wiaa ini anda hanya akan dikenakan biaya parkir. Fasilitasnya juga sudah cukup lengkap, tersedia tempat parkir, toilet, dan pusat informasi.

11. Gunung Dubs

Gunung Dubs
Balikpapan juga memiliki spot wisata gunung yang tak kalah menariknya, anda bisa melihat berbagai keindahan city lights di malam hari dan pemandangan yang hijau di pagi hari. Kawasan Gunung Dubs ini sangat sejuk dan asri. Gunung Dubs ini juga dekat dengan pengkilangan minyak pertamina sehingga anda bisa melihat beberapa drum minyak yang sangat besar. Untuk masuk ke kawasan wisata ini, anda akan dikenakan biaya berkisar di Rp 5.000,- hingga Rp 15.000,-.

12. Pulau Segajah

Pulau Segajah
Pulau ini dapat diakses dengan menggunakan perahu atau speedboat. Pulau Segajah ini mempunyai keunikan tersendiri, jika air laut sedang pasang dan tinggi, pulau ini akan tenggelam, biasanya di malam hari. Waktu terbaik untuk mengunjungi Pulau Segajah adalah di siang hari ketika kondisi perairan pantai sedang tenang, anda bisa bermain-main air dan bersantai di pulau ini. Untuk masuk ke kawasan ini anda tidak akan dikenakan biaya.

13. Taman Tiga Generasi

Taman Tiga Generasi
Taman Tiga Generasi merupakan tempat bersantai orang lokal maupun wisatawan. Taman ini menyediakan fasilitas umum berupa refleksi kaki batu timbul yang bisa digunakan oleh siapa saja. Refleksi tersebut dipercaya dapat melancarkan peredaran darah. Fasilitas Taman Tiga Generasi ini sudah cukup baik, terdapat area parkir yang luas, tempat duduk, tempat sampah, dan lain-lain. Harga masuk kawasan ini adalah gratis.

14. Pantai Melawai

Pantai Melawai
Pantai Melawai merupakan pantai yang sering digunakan sebagai pelabuhan, biasanya terdapat kapal pengangkut minyak yang berlabuh di pantai ini. Di Sore hari, akan banyak anak muda yang menghabiskan waktu sambil melihat sunset di Pantai Melawai. Pantai Melawai dulunya merupakan tempat pengeboran minyak di Indonesia yang pertama. Untuk masuk ke kawasan wisata ini anda hanya diharuskan membayar parkir.