Pulau Rubiah Sebagai Tempat Wisata Di Aceh

Tempat Wisata di Aceh yang Terpopuler

Diposting pada

Tempat Wisata di Aceh – Aceh atau lebih sering dikenal dengan Serambi Mekah tersebut merupakan provinsi paling ujung barat Indonesia. Tanah rencong tersebut terkenal akan adat istiadat Islamnya yang kental bahkan hukum Islam kerap kali diterapkan di sana. Terlepas dari itu semua, tempat wisata di Aceh ternyata juga menyimpan banyak keindahan yang perlu untuk dieksplor.

Aceh ternyata juga menyimpan potensi wisata yang tak kalah dengan provinsi lainnya di Indonesia. Destinasi wisata di sana pun beragam dan anda bisa menjelajahinya. Bagi yang tertarik, tidak ada salahnya jika menengok beberapa ulasan tempat wisatanya di bawah ini. Untuk agenda liburan nanti, anda bisa memilih Aceh dan anda bisa merasakan sendiri sensasi perbedaannya.

Daftar Tempat Wisata di Aceh

Aceh memang dikenal sebagai provinsi yang menjalankan syariat Islam. Mengunjungi Aceh pun diwajibkan untuk memakai kerudung bagi perempuan. Tetapi Aceh pun juga bisa memberikan kesenangan bagi anda yang ingin berlibur di sana. Berikut ini ada beberapa daftar tempat wisata yang ada di Aceh dan direkomendasikan.

1. Masjid Raya Baiturrahman

Masjid Baiturrahman Sebagai Tempat Wisata Di Aceh
Berkunjung ke Aceh kurang lengkap jika tidak mengunjungi masjid raya Baiturrahman. Masjid yang satu ini sudah menjadi icon nya Aceh dan menjadi masjid kebanggaan rakyat Aceh. Masjid yang identic dengan kubahnya yang berwarna hitam tersebut dibangun oleh Sultan Iskandar Muda yakni sultan Aceh pada masa itu. Masjid tersebut memang merupakan masjid bersejarah yang didirikan pada tahun 1612. Kolam besar dan air mancur yang ada di depan masjid menambah kesan megah pada tempat ibadah tersebut. Anda bisa berwisata religi dengan mengunjungi masjid raya Baiturrahman.

2. Pantai Lampuuk

Pantai Lampuuk Sebagai Tempat Wisata Di Aceh
Tempat wisata di Aceh selanjutnya yang wajib dikunjungi adalah Pantai Lampuuk. Pantai ini sering dibilang sebagai Kutanya orang Aceh karena memiliki kemiripan dengan Pantai Kuta yang ada di Bali. Pantai yang berada di Desa Meunasah Masjid, Lhoknga, Aceh Besar tersebut memiliki garis pantai sepanjang 5 km. Pantai ini juga memiliki pasir yang putih dan pengunjung yang akan menikmati keindahan pantai hanya akan dikenakan tarif masuk Rp 3000 saja. Di sana anda bisa berenang, selancar, bermain banana boat dan masih banyak lagi. Di sekitar pantai pun terdapat cottage untuk menginap dan banyak warung-warung makan yang tersedia.

3. Museum Tsunami

Museum Tsunami Sebagai Tempat Wisata Di Aceh
Bencana tsunami pada tahun 2004 silam memang menjadi pilu bagi warga Aceh. Untuk mengenang tragedy tersebut, pemerintah setempat membangun museum tsunami yang berlokasi di Jl. Sultan Iskandar Muda pada tahun 2009. Pengunjung yang akan masuk ke sana nantinya harus melewati lorong panjang dengan suara gemuruh ombak untuk mengingatkan kejadian tsunami pada waktu itu. Di sana anda bisa melihat barang-barang peninggalan atau sisa bencana tsunami yang dipajang. Selain itu di museum tsunami juga terdapat simulator gempa dan fasilitas lainnya. Saat berada di Aceh jangan sampai lupa untuk tidak mengunjungi museum tsunami yang buka pada pukul 10.00 sampai 17.00 setiap hari kecuali hari Jumat karena libur.

4. Pantai Lhoknga

Pantai Lhoknga Sebagai Tempat Wisata Di Aceh
Aceh juga terkenal akan kekayaan pantainya dan salah satu yang wajib untuk dikunjungi adalah Pantai Lhoknga. Pantai tersebut merupakan pantai favorit bagi warga Aceh untuk berlibur. Di sana memiliki pasir putih halus kemudian air pantainya yang berwarna biru menjadikan Pantai Lhoknga semakin cantik. Tempat wisata di Aceh tersebut berada tak jauh dari pusat kota Banda Aceh karena jaraknya hanya sekitar 20 km saja. Pantai Lhoknga tersebut juga memiliki keindahan menawan pada sore hari karena sunsetnya yang indah. Ombak di sana juga cukup besar dan sering dipakai untuk berselancar.

5. Pantai Iboih

Pantai Iboih Sebagai Tempat Wisata Di Aceh
Salah satu pantai di Aceh yang sangat indah adalah Pantai Iboih. Pantai yang berada di Desa Iboih, Kecamatan Sukakarya, Kabupaten Sabang, Pulau Weh tersebut dinobatkan sebagai pantai terindah di Aceh. Pasalnya air laut di sana sangat jernih dan pasir pantainya berwarna putih halus. Di sana sering kali dijadikan sebagai destinasi untuk honeymoon. Anda bisa melakukan kegiatan diving, snorkling, berenang dan lain-lain. Yang lebih menyenangkan lagi ketika mengunjungi Pantai Iboih adalah pantainya masih sangat asri, alami dan tidak begitu ramai.

6. Air Terjun Blang Kolam

Air Terjun Blang Kolam Sebagai Tempat Wisata Di Aceh
Aceh tidak hanya kaya akan pantai tetapi ada juga wisata air terjun yang tak kalah indahnya. Air terjun yang direkomendasikan adalah Blang Kolam dan berlokasi di Aceh Utara tepatnya di Desa Sidomulyo sekitar 30 menit dari kota Lhokseumawe. Air terjun Blang Kolam memiliki 2 aliran air terjun yang tingginya 75 meter. Di sana pengunjung bisa berenang, bermain air, berendam di kolam tampungan atau pun hanya sekedar selfie. Biasanya di air terjun Blang Kolam juga menyediakan arena camping dan pengunjung yang akan berkemah akan dikenakan biaya sebesar Rp 5000 per orang.

7. Pulau Rubiah

Pulau Rubiah Sebagai Tempat Wisata Di Aceh
Di Aceh tidak hanya terkenal dengan Pulau Weh saja tetapi ada juga pulau indah lainnya yakni Pulau Rubiah. Pulau tersebut terletak di sebelah barat laut Pulau Weh. Pulau ini bisa dinamakan sebagai Pulau Rubiah karena di sana terdapat batu nisan bertuliskan Rubiah. Keindahan tempat wisata di Aceh tersebut sangat cocok bagi wisatawan yang akan melakukan diving dan snorkling, pasalnya keindahan bawah laut di Pulau Rubiah sangat beragam. Di pulau tersebut ternyata juga terdapat 14-15 biota laut yang dilindungi oleh Indonesia.

8. Danau Laut Tawar

Danau Laut Tawar Sebagai Tempat Wisata Di Aceh
Selain wisata pantai, religi, museum dan air terjun, Aceh juga memiliki satu lagi tempat wisata menarik yakni danau. Danau yang bisa dikunjungi adalah Danau Laut Tawar yang berada di dataran tinggi Gayo, Kabupaten Aceh Tengah. Danau tersebut memiliki keindahan alam luar biasa karena dikelilingi oleh pegunungan. Hawa di sana juga sangat sejuk. Apabila anda ingin mengunjunginya bisa melalui kota Takengon.

9. Tugu Nol Kilometer

Tugu Nol Kilometer Sebagai Tempat Wisata Di Aceh
Jika sudah sampai ke Aceh jangan sampai melewatkan untuk mengunjungi tugu nol kilometer yang ada di Desa Iboih Ujong Bau, Kecamatan Sukakarya, Sabang, Pulau Weh. Di tugu nol kilometer tersebut merupakan titik nol Indonesia. Ini merupakan daerah paling barat di Indonesia dan di sana juga terdapat Menara suar. Bila menaiki Menara tersebut, anda bisa melihat salah satu daerah di India.

10. Rumah Cut Nyak Dien

Rumah Cut Nyak Dien Sebagai Tempat Wisata Di Aceh
Satu lagi tempat wisata di Aceh yang tak boleh ketinggalan bila mengunjungi kota tersebut adalah rumah Cut Nyak Dien. Objek wisata sejarah ini berada di Desa Lampisang, Kecamatan Peukan Bada, Aceh Besar. Di sana anda bisa melihat arsip -arsip sejarah perjuangan pahlawan wanita kebanggaan rakyat Aceh tersebut.

Aceh dikenal dengan bumi Serambi Mekah karena syariat Islamnya benar-benar dijalankan. Bagi yang ingin berwisata ke sana jangan sampai melewatkan deretan tempat wisata di Aceh di atas.