5 Tempat Wisata di Aceh Utara yang Paling Keren untuk Dikunjungi

Diposting pada

Tempat Wisata di Aceh Utara – Nama provinsi Aceh memang sudah dikenal oleh seluruh masyarakat Indonesia. Bukan hanya karena makanan-makanan khasnya yang enak dan kebudayaan islaminya yang kental, Aceh juga dikenal akan faktor pariwisatanya. Salah satu wilayah Aceh yang tidak boleh ketinggalan untuk dikunjungi oleh para pelancong adalah Kabupaten Aceh Utara, yang terkenal sebagai kawasan industri terbesar di Aceh.

Aceh Utara, dengan ibu kota Lhoksukon selain menjadi kawasan industri terbesar di Aceh, juga ternyata terbesar di luar Pulau Jawa. Tidak heran jika ketika berkunjung, kamu akan menemui pabrik-pabrik besar seperti Pabrik Kertas Kraft, pabrik Pupuk AAF dan lain sebagainya. Sehingga kamu bisa sekalian berwisata seraya melihat-lihat potensi industri di kota ini. Namun, tempat wisata mana saja yang sebaiknya kamu kunjungi ketika ke Aceh Utara? Berikut ini daftarnya.

Tempat Wisata di Aceh Utara

Pantai Lancok

Salah satu pantai paling populer di Aceh Utara adalah Pantai Lancok. Bukan hanya karena tempatnya yang indah, tapi juga fasilitas pendukungnya yang sudah lengkap dan memenuhi kenyamanan pengunjung. Di pantai ini, gazebo-gazebo diatur sedemikian rupa, tiap tahun diperbaiki supaya lebih rapi dan indah. Tempat tersebut dapat kamu manfaatkan untuk berleha-leha bersama keluarga atau teman ketika menikmati keindahan Pantai Lancok di Sore hari. Apabila kamu tertarik ke pantai ini, bisa langsung ke Gampong Lancok, Kecamatan Syamtalira Bayu, Aceh Utara. Sedangkan untuk harga tiket ke Pantai Lancok sendiri sangat terjangkau. Cukup dengan Rp. 5000 kamu sudah dapat menikmati bermain di pantai sampai sore.

Rumah Adat Cut Meutia

Apabila kamu ingin wisata yang lebih serius dengan nilai-nilai sejarah kental di dalamnya, tampaknya Rumah Adat Cut Meutia adalah salah satu tempat wisata yang recomended untukmu. Rumah Cut Meutia ini bisa dibilang sebagai saksi biksu bagaimana seorang pahlawan negara, yakni Cut Nyak Meutia, melewati hari-harinya dan menyusun strategi untuk melawan para penjajah Belanda. Rumah bersejarah ini sendiri berada di Desa Mesjid Pirak, Matangkuli, Aceh Utara. Kamu bisa menempuhnya hanya 3 km dari Desa Matangkuli, Kecamatan Matangkuli. Sedangkan untuk tiket masuknya sendiri, cukup membayar Rp. 5000 sebagai uang parkir.

Air Terjun Blang Kolam

Air terjun ini adalah salah satu yang tercantik di Aceh Utara. Air terjun setinggi 75 meter ini bagaikan permata tersembunyi yang perlu diayak untuk menemukan keindahannya. Tidak perlu khawatir juga dengan fasilitas umum seperti toilet dan Mushola, sebab pihak pengurus wisata telah menyediakannya.

Bahkan tempat ini sudah dijangkau listrik, sehingga jika kamu ingin mengisi ulang baterai ponsel, dapat dilakukan di sini. Apabila kamu sangat penasaran dengan Air Terjun Blang Kolam, segera saja kemas barangmu dan pergi ke Desa Sidomulyo, Kecamatan Kuta Makmur, Aceh Utara. Harga tiketnya pun cukup terjangkau, hanya membayar Rp. 2000 di pintu masuk. Jangan lupa untuk menyediakan uang parkir kendaraan sekitar Rp. 5000 sampai Rp. 10000.

Masjid Raya Pase

Masjid ini didirikan pada tahun 1972 atas prakarsa Muhammad Ansari alias Harun Kumis, kemudian berdiri kokoh sebagai lambang kebesaran Kerajaan Islam Pase. Tentu saja, Masjid Raya Pase ini sudah mengalami pemugaran dan perbaikan sana-sini. Selain supaya tampil lebih bagus dan indah, renovasi juga dilakukan untuk perluasan bagian dalam masjid, sebab jamaah yang beribadah di sini semakin hari semakin banyak. Jika memang tertarik sekali mengunjungi Masjid Raya Pase, kamu bisa langsung datang ke Pantonlabu, Tanah Jambo Aye, Aceh Utara.

Air Terjun Tujuh Bidadari

Disebut Air Terjun Tujuh Bidadari, mungkin karena memiliki 7 tingkat aliran yang tingginya berbeda-beda, berundak-undak sehingga tampak cantik. Air terjun yang satu ini mungkin tidak terlalu tinggi, tetapi aliran airnya cukup deras dan segar. Ditambah lagi dengan suasana sekitar yang dipenuhi pepohonan, sangat pas untuk melepas penat sambil bermain air di kolam air. Oleh sebab itu, apabila tidak sabar ingin berkunjung, langsung saja pergi ke Geureudong Pase, Aceh Utara. Butuh setidaknya 3 jam jika kamu datang dari Banda Aceh, dan hanya satu jam perjalanan jika dari Lhokseumawe.

Situs Sejarah Kerajaan Samudera Pasai

Satu lagi wisata sejarah yang patut kamu kunjungi Aceh Utara, yaitu Situs Sejarah Kerajaan Samudera Pasai. Ada banyak situs sejarah Samudera Pasai yang harus dijelajahi satu-satu, yakni Cakra Donya, Makam Para Raja, Stempel, dan masih banyak lagi. Contohnya saja Makam Sultan Malikussaleh yang ada di Kampung Beuringin, Samudera, Aceh Utara. Kamu juga bisa sekalian ke Museum Samudera Pasai yang letaknya tidak jauh dari Makam Sultan Malikussaleh.

Wisata Gunung Salak

Di Gunung Salak, tepatnya masih di wilayah Jalan KKA, didirikan sebuah wisata baru yang kekinian dan hits untuk anak muda. Sebab ditargetkan untuk anak muda, maka tempat ini didesain sangat instagramable. Fasilitasnya sendiri sudah cukup lengkap meskipun masih minim. Banyak spot-spot yang bisa kamu jelajahi untuk berfoto. Lokasi tepatnya wisata ini adalah di Kecamatan Nisam Antara, Aceh Utara dan memang wilayahnya berada di antara Aceh Utara dan Bener Meriah. Pemerintah setempat sendiri merencanakan supaya kelak wisata ini menjadi destinasi yang syariah meskipun tetap mengusung wisata kekinian.

Bukit Goa Jepang

Bukit Goa Jepang juga merupakan satu dari sekian banyak situs sejarah yang ada di Aceh Utara. Goa satu ini menjadi saksi bisu kekejaman tentara Jepang pada masa lampau terhadap rakyat Aceh. Untuk itulah, kamu bisa langsung datang ke lokasi wisata ini untuk belajar sejarah lebih dalam. Lokasinya sendiri berada di atas bukit, tepatnya di wilayah Blang Panyang. Tidak jauh dari Kota Lhokseumawe.

Pantai Sawang

Satu lagi pantai yang sayang sekali jika dilewatkan ketika berkunjung ke Aceh Utara, yaitu Pantai Sawang. Mungkin pasir di pantai ini tidak begitu putih, malah cenderung gelap, tetapi suasana pantai yang sejuk sangatlah memuaskan untuk dikunjungi. Belum lagi kamu bisa melihat kegiatan para nelayan setiap harinya. Selain itu, karena tidak begitu ramai, kamu bisa main sepuasnya di Pantai Sawang. Untuk ke Pantai Sawang, kamu hanya tinggal pergi ke Desa Sawang, Samudra, Aceh Utara. Hanya 29 km dari Lhokseumawe, sekitar setengah jam perjalanan dengan kendaraan bermotor.

Pantai Bantayan

Di mana lagi kamu bisa liburan ke pantai tetapi pengunjungnya sangat sopan. Tentu hanya ada di Pantai Bantayan. Hal ini karena Aceh sendiri memang dikenal sebagai wilayah yang menjunjung tinggi nilai-nilai kesopanan, terutama nilai islami, sehingga para pengunjung Pantai Bantayan pun diharapkan berwisata secara baik dan sopan. Meskipun pantai ini pernah ditutup, nyatanya sekarang kembali ramai usai dibuka kembali tahun kemarin. Jika penasaran dengan keindahan Pantai Bantayan, silahkan berkunjung ke Desa Bantayan, Seunuddon, Aceh Utara.

Dari sekian banyak tempat di Aceh Utara, pasti hampir semua ingin kamu jelajahi karena memang tampak seru-seru. Oleh sebab itu, segera kemasi barang dan melancong ke Aceh Utara sekarang juga.