Tempat Wisata di Aceh Barat yang Wajib Dikunjungi

Diposting pada

Tempat Wisata di Aceh Barat – Aceh merupakan provinsi di bagian barat Nusantara yang begitu kaya akan kearifan lokal, termasuk destinasi pariwisata yang menarik untuk dikunjungi, terutama dari Kabupaten Aceh Barat. Pusat pemerintahan Aceh Barat terletak di Meulaboh. Terbagi dalam 12 kecamatan, Aceh Barat memiliki aneka ragam destinasi mulai wisata religi hingga alam yang asri.

Berikut ini merupakan sepuluh titik wisata terbaik dari Aceh Barat yang wajib untuk dieksplorasi saat berkunjung ke Kabupaten dengan total penduduk hampir mencapai 190 ribu jiwa tersebut. Ada beberapa yang dapat didatangi secara gratis, hingga tempat wisata yang menawarkan hiburan modern cukup lengkap, di mana biaya yang dikeluarkan cukup besar.

Tempat Wisata di Aceh Barat

Danau Genang Gedong


Genang Gedong memiliki arti genangan yang besar karena danau ini awalnya adalah genangan yang kian membesar dan tidak pernah surut. Berlokasi di Gampong Kaway, danau yang satu ini menyediakan fasilitas yang sangat lengkap, mulai dari tempat ibadah, kafe, hingga area motor cross. Wisatawan dikenakan tiket sebesar Rp. 10.000,- per orang.

Masjid Agung Meulaboh


Masjid ini termasuk dalam daftar 100 masjid tercantik di Indonesia berkat arsitekturnya yang memadukan gaya Asia, Timur Tengah, dan Indonesia, dengan dominasi warna cokelat muda. Keindahan masjid ini kemudian menjadikannya salah satu destinasi wisata paling populer dari Kabupaten Aceh Barat. Selain beribadah, wisatawan juga dapat berkeliling masjid secara gratis.

Pantai Lhok Bubon


Berlokasi di Gampong, pantai yang satu ini menjadi destinasi wisata alam yang paling ramai dikunjungi oleh wisatawan domestik maupun asing. Pantai yang terjaga baik kebersihannya ini merupakan pantai dengan penghasil komoditas laut terbesar di seluruh Provinsi Aceh, sehingga selain menikmati keindahan pantai ini juga dapat menikmati kuliner laut sepuas hati.

Pantai Lanaga


Meskipun tidak menghasilkan komoditi laut seperti Pantai Lhok Bubon, tetapi Pantai Lanaga yang hanya berjarak sejauh 5 km dari jantung Meulaboh ini merupakan pantai yang ramai dikunjungi wisatawan, karena selain bebas retribusi, pemandangannya juga tidak kalah cantik dengan hamparan pasir putih dan air laut berwarna biru dan sangat jernih.

Pantai Suak Ribee


Tidak hanya Pantai Lanaga yang berada tak jauh dari pusat kota, begitu pula dengan Pantai Suak Ribee. Pantai yang satu ini menawarkan panorama matahari terbit dan tenggelam yang begitu cantik sehingga para wisatawan berbondong datang, terlebih pengunjung tidak dikenakan retribusi apa pun. Fasilitas pelengkapnya berupa deretan kafe di tepi pantai.

Pantai Pusong Sangkalan


Khusus bagi yang gemar berselancar, maka Pantai Pusong Sangkalan merupakan destinasi wisata yang paling tepat. Wisatawan dapat mengeksplorasi setiap sudut pantai ini secara cuma-cuma. Tetapi karena belum terjamah oleh campur tangan pemerintah setempat, maka pantai ini belum dilengkapi fasilitas yang memadai sehingga untuk keperluan berselancar hingga makanan harus membawa sendiri.

Pantai Cemara Indah


Pantai yang satu ini adalah pantai buatan yang sengaja dibuat di tengah-tengah tempat wisata yang telah berdiri sebelumnya. Diberi nama Pantai Cemara Indah karena sekeliling pantai ditumbuhi oleh pohon-pohon cemara. Fasilitas penunjang pun cukup lengkap, mulai arena bermain, gazebo, hingga rumah makan. Tiket masuknya dipatok sebesar Rp. 10.000,- saja.

Pantai Jilbab


Nama pantai ini begitu unik dan membuat penasaran, padahal sebenarnya pantai tersebut dinamai sesuai syariat di mana pengunjung wanita wajib mengenakan jilbab atau kerudung. Berada di Desa Palak Kerambil, pantai yang dapat dikunjungi secara gratis ini menyajikan hamparan Samudera Hindia yang luas dan penampakan Pulau Gosong di kejauhan.

Pantai Wisata Ujong Ketapang


Berburu sunset yang indah dengan suasana sangat romantis merupakan hiburan utama yang ditawarkan oleh Pantai Wisata Ujong Ketapang. Pantai ini memiliki pasir putih yang halus dengan angin dan ombak yang tenang sehingga aman untuk dikunjungi bersama anak-anak. Salah satu pantai paling eksotis di Aceh ini dapat dikunjungi secara gratis.

Taman Laut Ujung Manggeng


Sebagai taman wisata yang dikelola langsung oleh pemerintah setempat, kebersihan area wisata yang satu ini sangat terjaga. Harga tiket masuknya pun relatif murah, hanya Rp. 5.000,- saja per orang. Berada di Desa Ujung Raja, taman yang dipenuhi pepohonan rindang ini berhadapan langsung dengan hamparan pantai yang indah.

Makam Pahlawan Nasional Teuku Umar


Seorang pahlawan nasional yang turut berjuang demi kemerdekaan Indonesia dari para penjajah juga disemayamkan di Aceh Barat, yakni Teuku Umar. Makamnya berada di areal khusus dalam kawasan hutan lindung sehingga selain berziarah untuk menghormati jasa mendiang, wisatawan juga dapat bersantai menikmati hijaunya pepohonan dan sejuknya udara sekitar secara gratis.

Pemandian Krueng Baru


Pemandian ini berlokasi di Kecamatan Lembah Sabil. Berbeda dengan pemandian di daerah lain yang menawarkan air hangat, pemandian ini berupa sungai dengan air jernih. Tetapi karena berada di tempat terbuka, wisatawan tidak benar-benar mandi, hanya diizinkan duduk di bebatuan sambil melepas penat. Wisatawan dikenakan biaya masuk sebesar Rp. 5.000,- saja.

Pulau Gosong


Pulau kecil di tengah hamparan lautan luas merupakan deskripsi yang tepat untuk Pulau Gosong. Masuk dalam wilayah Kabupaten Susoh, untuk dapat mendatangi pulau ini, wisatawan harus menyewa speed boat bertarif Rp. 300.000,- sekali jalan. Pulau Gosong dikelilingi pantai cantik dengan air laut bening hingga tampak terumbu karang yang cantik.

Pemandian Putroe Ijoe


Jika ingin melihat air terjun dan bermain air dengan berendam, maka Pemandian Putroe Ijoe menjadi pilihan terbaik. Tanpa dikenakan retribusi apa pun, wisatawan bebas bermain sepuasnya hingga sore hari di areal wisata alam ini. Selain itu, terdapat bebatuan besar di beberapa titik yang menjadi latar cantik untuk diabadikan lensa kamera.

Gua Seumancang Kota Tinggi


Kawasan gua yang belum tercemar oleh tangan-tangan jahil manusia sehingga masih sangat alami ini merupakan destinasi wisata gratis yang wajib dikunjungi, terutama oleh para pecinta alam sejati yang senang akan tantangan. Di dalam gua terdapat stalagtit dan stalagmit yang dapat menggemakan irama cantik ketika diketuk.

Sayangnya, fasilitas penunjang untuk wisatawan belum tersedia dan akses jalan pun masih agak sulit sehingga wisatawan wajib ditemani oleh pemandu lokal agar tidak sampai tersesat.

Perkebunan Sawit Babahrot


Salah satu penyumbang devisa terbesar untuk Kabupaten Aceh Barat adalah Perkebunan Sawit Babahrot yang sempat ramai diberitakan atas gaji tinggi yang diberikan pada para karyawannya, mencapai Rp. 7.000.000,- per bulan. Wisatawan dapat mengunjungi secara gratis kawasan perkebunan sawit ini dan melihat proses pengolahan sawit hingga diekspor ke manca negara.

Kabupaten Aceh Barat, Surga Wisata Yang Terpendam

Areal-areal wisata di Kabupaten Aceh Barat di atas hanya sebagian kecil dari sekian banyak destinasi wisata yang ada di daerah tersebut yang wajib didatangi saat tengah bertandang ke sana. Sayang sekali, Aceh Barat kurang begitu familier sehingga perlu kerja sama antar berbagai pihak terkait untuk semakin memajukan potensi pariwisatanya.