Simak Pesona Tempat wisata di kabupaten Morowali yang Wajib Dikunjungi

Diposting pada

Salah satu kabupaten di Sulawesi Tengah yang memiliki kekayaan alam yang menakjubkan, adalah kabupaten Morowali. Morowali sendiri merupakan kawasan, yang juga dikenal sebagai salah satu kawasan industri yang sangat berkembang dengan pesat. Namun walaupun dikenal sebagai kawasan industri, namun tidak semua daerah yang dimilikinya menjadi kawasan industri.

Selain dikenal sebagai kawasan industri, siapa yang sangka jika Morowali menyimpan banyak keindahan dan juga tempat wisata yang wajib untuk di kunjungi saat liburan tiba. Berikut ini adalah beberapa referensi untuk anda, berbagai tempat wisata di kabupaten Morowali yang wajib untuk di kunjungi.

1. Pulau Sombori


Pulau yang satu ini, adalah salah satu pulau di Sulawesi Tengah yang memiliki jalur perjalanan yang dimulai dari Kendari. Untuk anda yang ingin mengunjungi pulau Sombori, diharuskan untuk menempuh dua kali perjalanan. Perjalanan pertama berawal dari Kendari dan juga menuju pulau Labengki Kecil dan dilanjutkan menuju pulau Sombori.

Keindahan pulau ini memang tidak ada duanya. Anda dapat menemukan pulau karang kecil, yang mana sering disebut dengan atol. Salah satu daya tarik tersendiri dari pulau yang satu ini adalah atol tersebut. Dengan keindahan yang dimilikinya, pulau ini juga sering disebut sebagai pulau yang memiliki pemandangan seperti Raja Ampat.

Anda juga dapat menemukan berbagai spot foto menarik, yang pastinya sangat instagramable. Bahkan hampir di setiap lokasi pulau ini, sangat indah untuk diabadikan dan dijadikan sebagai kenang-kenangan. Pulau ini sangat cocok, untuk anda yang ingin bepergian dengan cara travel atau dengan cara bepergian ala pelancong.

2. Pulau Labengki


Bukan hanya di Pulau Sombori saja, namun tempat wisata di kabupaten Morowali lainnya yang juga memiliki gugusan batu karang adalah pulau Labengki. Di pulau ini, anda dapat menikmati indahnya perairan yang memiliki warna biru yang sangat jernih. Pulau yang satu ini, juga merupakan pulau yang belum banyak diketahui oleh para wisatawan.

Hal ini juga yang membuat, pulau ini belum banyak diketahui oleh banyak orang. Suasana di sekitar pulau juga masih terbilang asri, dan memiliki keindahan tersendiri. Bukan hanya keindahan alamnya saja, namun keindahan bawah laut di pulau Labengki sendiri sangatlah cantik. Anda dapat menikmati keindahan bawah laut pulau ini, dengan menyelam. Banyak juga yang hanya sekadar snorkeling, untuk dapat melihat keindahan dari keindahan bawah laut pulau ini.

Anda juga dapat menemukan berbagai spot foto menarik, yang pastinya sangat instagramable. Pulau ini merupakan salah satu pulau, yang memiliki keindahan alam tidak ada duanya dan wajib untuk anda kunjungi jika berkunjung ke kabupaten Morowali.

3. Pulau Dua Laut


Untuk anda yang ingin mengunjungi pulau lainnya yang ada di kabupaten Morowali, pulau dua laut juga merupakan pulau yang wajib untuk anda kunjungi. Pulau ini memiliki keindahan alam yang sudah tidak diragukan lagi, ditambah dengan keindahan bawah lautnya yang sangat menakjubkan. Untuk anda yang mengunjungi pulau dua laut ini, akan melihat keindahan jajaran terumbu karang.

Jajaran terumbu karang ini berpadu dengan jernihnya air laut, dan juga berbagai tumbuhan laut yang tumbuh dengan subur dan juga tertata dengan rapi. Tentunya pulau ini masih kaya dengan keindahan alamnya, dan termasuk salah satu pulau yang masih sangat terawat.

Pulau ini juga masih sangat alami, dengan memiliki banyak ikan yang berwarna-warna menambah keindahan pulau ini. Untuk anda yang ingin mengunjungi pulau dua laut ini, hanya dibutuhkan waktu sekitar 25 menit saja dari kepulauan Sombori dengan menggunakan jalur laut untuk menikmati berbagai keindahan alam pulau dua laut.

4. Gua Allo


Jika 3 destinasi wisata lainnya adalah pantai, tempat wisata di kabupaten Morowali lainnya yang juga wajib untuk anda kunjungi adalah Gua Allo. Gua ini masih terletak di kawasan Pulau Sombori. Ke unikan lainnya yang menjadi daya tarik dari pulau ini adalah gua ini mirip dengan Phi Phi island yang berada di Thailand dan memiliki keindahannya tersendiri.

Guna ini juga merupakan gua yang basah, bukan merupakan tipe gua yang kering. Untuk anda yang ingin mengunjungi gua Allo ini, anda diharuskan melewati jalur air dengan cara berenang atau menggunakan perahu karet yang biasanya disediakan. Anda juga tidak perlu mendaki untuk dapat mengunjungi gua yang satu ini.

Nantinya saat anda masuk ke dalam bagian gua yang kering, anda dapat melihat gundukan pasir dan juga melihat bagian berair. Hal ini dikarenakan sisi lain yang dimiliki goa allo terdapat celah besar dimana air laut dapat masuk dengan leluasa. Anda juga tidak perlu merunduk seperti saat mengunjungi gua lainnya, dikarenakan ukuran gua ini yang memang sangat tinggi.

5. Sungai Luk Panenteng


Jika anda berkunjung ke sungai luk panenteng, tempat yang satu ini juga sering disebut sebagai replika dari Labuan cermin. Hal ini disebabkan karena sungai luk panenteng memiliki air yang sangat jernih bahkan hingga dasar laut. Kelebihan lainnya untuk anda yang ingin menyegarkan diri, lokasi sungai ini juga memang tidak banyak diketahui oleh banyak orang.

Hal ini juga yang membuat sungai ini, masih memiliki suasana yang sangat asri dan keindahannya masih terjaga bahkan menjadi pilihan yang tepat untuk para traveller.
Keindahan dan kebersihan dari sungai luk panenteng ini, masih sangat terjaga kebersihannya dan juga masih terlihat sangat alami.

6. Pemandaian Lalandai


Tempat wisata di kabupaten Morowali lainnya yang juga wajib untuk anda kunjungi, sebagai ide untuk menghabiskan liburan adalah mengunjungi pemandian lalandai. Dalam hal ini, lokasi pemandian lalandai ini terletak di desa wisata lalandai. Tempat yang satu ini memiliki ke unikan, dengan memiliki mata air yang berada di tepat tepi pantai.

Bahkan anda juga disuguhkan dengan dua pilihan untuk menikmati pemandian ini, anda dapat memilih untuk menikmati kolam air tawar atau kolam air laut sesuai dengan keinginan anda. Kedua pilihan ini juga dikenal memiliki air yang sangat jernih, warnanya juga hijau dan pastinya sangat segar.

Bukan hanya menikmati kesegaran pemandian saja, melainkan anda juga dapat menikmati suasana asri yang masih alami di pemandian ini. Anda dapat menikmati berbagai pepohonan yang sangat rindang, sehingga hal ini juga melindungi para wisatawan dari teriknya matahari dan tetap merasa sejuk walaupun dinikmati di siang hari.

Itulah beberapa tempat wisata di kabupaten Morowali, yang dapat ada kunjungi saat liburan tiba bersama orang tersayang atau bahkan keluarga besar anda. Dalam hal ini, banyak berbagai destinasi wisata yang hadir, dan terbilang masih alami untuk di kunjungi. Beberapa lokasi wisata bahkan banyak yang belum banyak, dikunjungi oleh para wisatawan. Sehingga hal ini membuat keasrian dan juga keindahannya masih terjaga dengan baik.