Serunya Berkunjung ke Tempat Wisata di Kabupaten Tojo Una-Una

Diposting pada

Kabupaten Tojo Una-Una merupakan salah satu kabupaten yang berada di wilayah Sulawesi Tengah. Semula, Tojo Una-Una menjadi bagian dari Kabupaten Poso, kemudian pada tahun 2003, wilayah ini berkembang menjadi kabupaten yang mandiri. Meskipun masih berstatus Daerah Tingkat II. Sebagai Kabupaten dengan topografi berupa pegunungan, perbukitan, Tojo Una-Una sebenarnya memiliki potensi besar dalam hal wisata alam.

Bukan hanya itu, Tojo Una-Una juga memiliki potensi bahari yang luar biasa. Terutama di Kepulauan Togean. Bahkan untuk mengeksplor pariwisata dan menjaga kepulauan tersebut, dibuatlah Taman Nasional Kepulauan Togean pada 2004 lalu. Selain itu, bukan sekadar menyajikan pemandangan indah, Kepulauan Togean juga menjadi habitat hewan-hewan laut seperti kura-kura hijau. Apabila kamu penasaran, berikut ini adalah tempat wisata di Kabupaten Tojo Una-Una yang layak untuk dikunjungi.

1. Pulau Kadidiri


Salah satu pulau yang termasuk dalam wilayah Kepulauan Togean adalah Pulau Kadidiri ini. Bahkan Pulau Kadidiri merupakan tempat wisata di Kabupaten Tojo Una-Una yang paling terkenal. Pulau ini masuk dalam wilayah Desa Tobil, Kecamatan Una-Una, Kabupaten Tojo Una-Una. Dari Ampana, kamu bisa naik kapal atau perahu sewaan sekitar 5 jam menuju Wakai, dari Wakai kamu harus menyewa speedboat untuk menuju Pulau Kadidiri. Pulau ini memiliki terumbu karang dan varietas ikan yang beragam, bisa dilihat dari atas air atau dengan snorkeling. Di sekitar pulau juga banyak penginapan, serta penyewaan kayak.

2. Pulau Poya Lisa


Memang tidak sebesar pulau lainnya, tetapi Pulau Poya Lisa juga menjadi salah satu pulai di Kepulauan Togean yang sayang untuk dilewatkan. Pulau ini memiliki pasir putih yang bersih dan berkilauan. Luas pulau ini yang hanya sekitar 5 hektar sangat cocok untuk kamu yang suka menjelajah tempat tenang dengan pemandangan asri. Namun, Pulau Poya Lisa ini merupakan pulau milik pribadi, tidak heran jika resort yang ada di sini pun merupakan resort pemilik pulau ini. Pulau Poya Lisa juga bisa digunakan untuk aktivitas snorkeling, memancing, maupun berperahu. Namun, persediaan fasilitas masih cukup minim dibanding di pulau lain di wilayah Taman Nasional Kepulauan Togean.

3. Danau Mariona


Salah satu tempat wisata di Kabupaten Tojo Una-Una yang tidak bisa dilewatkan adalah Danau Mariona. Danau ini masih berada di kawasan kepulauan Togean. Dulunya, danau ini adalah kawasan yang bersatu dengan laut, tetapi semakin lama menjadi terpisah dan membentuk sebuah danau dengan air cukup payau. Di Danau Mariona, pengunjung dapat berenang dan ratusan ubur-ubur tak menyengat. Ukuran ubur-ubur di sini sangat kecil sehingga kamu sebaiknya berhati-hati saat berenang supanya tidak melukai mereka.

4. Pantai Tanjung Api


Pantai Tanjung Api merupakan tempat wisata di Kabupaten Tojo Una-Una yang memiliki keunikan berkat fenomena alam. Pantai ini memiliki semburan api alami yang berada pada bebatuan atau keluar lewat bawah pasir. Bahkan, kamu bisa menggali sampai beberapa meter untuk dapat menemukan gas alam yang dapat dibakar. Tidak heran jika namanya adalah Pantai Tanjung Api. Lokasi pantai ini berada di Teluk Tomini, Ampana, Kabupaten Tojo Una-Una. Dari Ampana, kamu bisa menyewa speedboat untuk sampai di Tanjung Api. Atau, bisa juga berjalan kaki selama 5 jam. Selain fenomena gas alam tersebut, Pantai Tanjung Api juga masih asri dan alami. Banyak hewan endemik berada di sini, seperti monyet, babi rusa, bahkan anoa.

5. Permandian Malotong


Ketika berada di Ampana, ibu kota Tojo Una-Una, jangan lupa untuk mampir ke Permandian Malotong. Lokasinya ada di Malotong, Ampana Kota, Kabupaten Tojo Una-Una. Sebagai lokasi pemandian yang cukup terkenal di Ampana, Permandian Malotong ini memang selalu ramai dikunjungi wisatawan. Hal ini karena tempat ini memiliki pemandangan yang bagus, akar-akar pohon menjulur ke tempat pemandian, pepohonan yang rindang, dan bukit kapur yang menawan. Di sekitar sini juga sudah banyak tempat makan berbentuk rumah panggung.

6. Sungai Bongka


Sungai Bongka menjadi salah satu tempat wisata di Kabupaten Tojo Una-Una yang dapat dijadikan sebagai lokasi berarung jeram. Wisata ini berada di Kecamatan Ulubongka, Kabupaten Tojo Una-Una. Dari Desa Marowo, kamu bisa ke Sungai Bongka menggunakan motor atau mobil dengan perjalanan sekitar satu jam saja. Di Sungai Bongka, kamu dapat melakukan arung jeram karena debit airnya memang cukup deras. Selain itu, pemandangan di sekitar juga masih cukup asri. Usai melakukan arum jeram, kamu juga dapat berkunjung ke pemukiman adat Tau Taa Wana untuk sekadar menyapa masyarakat sana, atau melihat kesenian tradisional di sana.

7. Pulau Una-Una


Ada lagi tempat wisata di Kabupaten Tojo Una-Una yang masih termasuk ke dalam kawasan Kepulauan Togean, yaitu Pulau Una-Una. Pulau ini merupakan pulau vulkanik, karena memang masih memiliki kawasan gunung berapi, namanya adalah Gunung Colo. Gunung Colo sempat mengalami erupsi dan mengakibatkan material vulkanik tercampur dengan pasir pantai. Seperti pulau lain di Kepulauan Togean, Pulau Una-Una memiliki air laut yang jernih, dan pemandangan hijau yang sangat asri. Jika ingin ke Gunung Colo, kamu cukup berjalan selama dua sampai tiga jam. Jika ingin menginap, beberapa resort juga berdiri di pulau ini sehingga tidak perlu khawatir dengan akomodasi.

8. Tanjung Keramat


Tanjung Keramat berada di Kecamatan Walea Besar, Kabupaten Tojo Una-Una. Seperti pulau-pulau lain di Tojo Una-Una, Tanjung Keramat juga terkenal dengan keindahan bawah lautnya. Air di sini sangat jernih, dan terumbu karangnya sangat elok, tidak heran jika pelancong dari mancanegara sangat menyukai berkunjung ke Tanjung Keramat. Untuk menikmati keindahan bawah lautnya, kamu bisa menyewa peralatan snorkeling atau pun diving. Pemandangan sekitarnya pun masih bagus dan asri, cocok untuk berfoto. Atau, kamu juga bisa naik kapal untuk melihat sekeliling.

9. Pulau Malenge


Salah satu pulau di Kepulauan Togean yang memiliki potensi wisata sangat berlimpah adalah Pulau Malenge. Nama Malenge diberikan sama dengan tempat ini berada, yaitu Desa Malenge, Kecamatan Walea Kepulauan, Kabupaten Tojo Una-Una. Di sini, wisatawan dapat melakukan diving, snorkeling, hingga tracking. Pantainya pun sangat indah dengan pasir putih. Pasir putih tersebut dapat kamu temukan di Pantai Kadoda, Pantai Poponoton, Bonavang, dan Pantai Batuengkang. Untuk sampai ke pulau ini, jika dari Ampana kamu bisa naik perahu boat sekitar 8 jam. Jika ingin menginap, pulau ini juga punya banyak penginapan seperti losmen maupun cottage.

10. Pulau Pangempa


Tidak ketinggalan, Pulau Pangempa juga menjadi salah satu wisata di Tojo Una-Una yang sangat menarik karena keindahannya. Pulau ini berada di Desa Katupat, Kecamatan Togean. Kamu bisa ke Pulau Pangempa dengan naik perahu umum dari Ampana. Setelah sampai di Sesa Katupat, kamu bisa naik speed boat menuju lokasi dengan waktu 5 menit saja. Pulau ini juga memiliki air laut yang jernih dan lokasinya masih asri.

Itu tadi adalah beberapa wisata keren dan seru di Tojo Una-Una. Semuanya menarik untuk dikunjungi. Selamat berlibur.