Seru Banget! Iniloh Tempat Wisata di Kabupaten Sigi yang Harus Kamu Kunjungi

Diposting pada

Nama Kabupaten Sigi sempat menjadi buah pembicaraan mengingat baru beberapa bulan lalu lokasi ini mengalami gempa yang cukup dahsyat. Akan tetapi, sebelum maupun sesudah gempa, Sigi sebenarnya adalah tempat yang sangat disarankan untuk dikunjungi. Banyak tempat wisata alam yang menyajikan keindahan dan keelokan. Sangat sayang jika harus dilewatkan. Apabila kamu merasa tertarik dengan kabupaten di Sulawesi Tengah ini, berikut adalah beberapa tempat wisata di Kabupaten Sigi yang cocok dikunjungi untuk para pelancong seperti kamu.

1. Paralayang Matantimali


Penggemar olahraga ekstrem pasti tidak asing dengan yang namanya paralayang. Rupanya, Kabupaten Sigi juga memiliki wisata paralayang. Namanya Paralayang Matantimali karena berlokasi Desa Matantimali, Banawa Selatan, Kabupaten Sigi. Hanya 2 km dari Desa Wayu yang juga terkenal dengan paralayangnya. Desa Matantimali sendiri berada pada ketinggian sekitar 1.500Mdpl. Desa ini juga cukup bersejarah karena sempat menjadi lokasi pos pemantauan milik Belanda. Apabila takut untuk melakukan paralayang, kamu juga bisa menikmati pemandangan Kota Palu dari sini.

2. Wisata Alam Kapopo


Tahura, singkatan dari Taman Hutan Raya adalah salah satu tempat wisata di Kabupaten Sigi yang sayang sekali jika harus dilewatkan. Di taman ini, ada objek wisata alam yang bernama Wisata Alam Kapopo. Seperti namanya, wisata ini menyajikan pemandangan alam dengan pohon lebat di mana-mana. Pohon yang menghiasi antara lain adalah angsana, kayu hitam, cendana dan lain sebagainya. Tidak lupa, ada fasilitas untuk outbond, menara, juga tracking. Kamu yang ingin menginap bisa mengujungi penginapan di dalamnya. Ada pula shelter yang biasa digunakan beristirahat para pengunjung. Wisata alam ini sendiri sudah dikelolah sejak tahun 1990, tetapi baru diresmikan sebagai Wisata Alam Kapopo di tahun 2003.

3. Taman Wisata dan Air Terjun Wera


Ketika pergi ke Taman Wisata Wera, jangan lupa untuk mengunjungi Air Terjun Wera. Taman Wisata Wera sendiri merupakan kawasan hutan lindung dengan vegetasi beragam dan terjaga. Jika beruntung, kamu bisa menjumpai burung gagak, kasuari, hingga ayam hutan dan berbagai macam mamalia. Jika puas berkeliling, kamu bisa ke Air Terjun Wera yang tingginya 80meter. Bermain air di Sungai Wera dan sekitar air terjun pasti akan langsung membuat segar kembali. Untuk lokasinya sendiri, berada di Desa Balumpewa, Kecamatan Dolo, Kabupaten Sigi. Harga tiket masuknya sekitar Rp. 10.000. Harga tersebut bisa berubah kapan pun.

4. Arung Jeram River Tubing Oloboju


Tempat wisata di Kabupaten Sigi lainnya yang dapat memacu adrenalin kamu adalah Arung Jeram River Tubing Oloboju. Lokasinya ada di Keluarahan Oloboju, Sigi biromaru, Kabupaten Sigi. Di sini kamu bisa melakukan tubing, menyusuri aliran sungai yang deras dengan sebuah ban. Harga untuk sekali tubing, sekitar Rp. 75 ribuan dan minimal harus 5 orang. Itu sudah termasuk biaya sewa helm, jaket keselamatan, ban, dipandau guide, dokumentasi, dan snack. Ada juga yang lebih mahal, sekitar Rp. 200 ribuan minimal 7 orang. Sudah termasuk makan 2 kali, barbeque, perlengkapan tubing, dan lain-lain. Untuk menyusuri sungai sendiri, biasanya butuh waktu 1 jam lebih.

5. Matantimali


Obyek wisata Desa Matantimali memang sangat menakjubkan. Desa yang berada di Gunung Gawalise ini memiliki pemandangan alam yang luar biasa indah, dan kamu bisa melihat negeri di atas awan saat pagi hari. Di desa ini pula sering diadakan kompetisi paralayang tingkat internasional. Kamu juga bisa camping di Matantimali, tapi karena udaranya yang dingin sebaiknya membawa jaket dan selimut untuk persiapan malam hari. Di sekitar juga sudah tersedia warung, sehingga tidak perlu khawatir membawa perbekalan yang terlalu banyak. Jika ingin ke desa ini silahkan datang ke Kecamatan Banawa Selatan, Sigi.

6. Bulu Tanda


Satu lagi tempat wisata di Kabupaten Sigi yang bertema alam, yaitu Bulu Tanda. Bulu Tanda merupakan sebuah bukit dengan hanya rerumputan di sekitarnya. Tidak ada pohon apa pun di bukit ini, kecuali sebuah pohon yang berada di puncak bukit. Hal itulah yang membuat Bulu Tanda sangat unik. Bisa dibilang, Bulu Tanda adalah wisata bagi penggemar fotografi lanskap atau wisatawan yang hanya duduk diam menikmati pemandangan seraya menyeruput kopi. Tempat ini sendiri berada di Desa Sibedi, Kecamatan Marawola, Kabupaten Sigi. Jika kamu berangkat dari Palu, cukup menempuh 25 menit perjalanan untuk sampai ke Bulu Tanda.

7. Air Terjun Mantikole


Tidak hanya Air Terjun Wera, Sigi juga memiliki air terjun lainnya yaitu Air Terjun Mantikole. Lalu, ada yang membuat unik dari air terjun ini, karena di dekatnya ada pemandian air panas alami. Air Terjun Mantikole memiliki tiga tempat sumber air panas, sehingga sering ramai dikunjungi orang bukan hanya untuk berwisata tapi juga terapi kesehatan. Selain itu, di sekitar air terjun pun pemandangannya masih alami. Banyak burung yang masih berkeliaran bebas di wilayah ini. Jika ingin ke air terjun ini, kamu cukup datang ke Balomoa, Dolo Barat, Kabupaten Sigi. Untuk tiket sendiri, sebaiknya siapkan uang tiket karena penjaga pintu biasanya meminta uang tiket. Harga tiketnya berubah-ubah.

8. Pemandian Air Panas Bora


Tidak kalah dari Mantikole, ada lagi pemandian air panas terkenal di Sigi, yaitu Pemandian Air Panas Bora. Lokasinya ada di Desa Bora, Kecamatan Sigi Biromaru, Kabupaten Sigi. Pemandian air panas ini sudah berbentuk seperti kolam renang dengan ukuran yang besar berkat pengelolaan yang baik. Di sekitar juga sudah banyak fasilitas seperti tempat makan hingga penginapan. Untuk harga tiketnya dibagi menjadi tiket untuk pengujung biasa dan pengunjung yang ingin mandi. Harganya sekitar Rp. 6000 per orang.

9. Danau Lindu


Danau Lindu memiliki luas sekitar 34,88 km persegi, hal itu menjadikan danau ini sebagai danau terbesar ke dua di Sulawesi Tengah. Danau ini juga merupakan danau tektonik, yang dikelilingi beberapa gunung seperti Gunung Lantawungu, Gunung Tumawu dan juga Gunung Nokilalaki. Hal tersebut membuat danau ini sangat indah dengan pemandangan gunung memukau mata. Banyak hal yang bisa dilakukan di Danau Lindu, termasuk berkeliling menggunakan perahu sewaan, fotofrafi dan lain-lain. Namun, untuk menuju Danau Lindu kamu harus menyewa ojek motor dan pengangkut barang. Tarif untuk angkut barang sekitar Rp. 80.000. Kamu bisa memulai perjalanan menggunakan ojek dari Kecamatan Kulawi.

10. Sekolah Alam ‘Awan Hijau’ Kamalisi


Sekolah Awan Hijau berada di Pegunungan Kamlisi, Desa Denggune, Kabupaten Sigi. Sekolah ini dikelilingi oleh gugusan gunung, dan memiliki sungai Ta yang airnya dikonsumsi oleh sebagian besar masyarakat. Sekolah Alam Awan Hijau sendiri merupakan sekolah dengan konsep lingkungan, dan memang ditujukan untuk anak-anak di Kamalisi. Banyak fasilitas di sekolah ini termasuk persawahan, wahana flying fox, rumah baca, hingga area pembibitan. Apabila kamu ingin melihat proses belajar atau malah ingin ikut belajar, coba saja datang ke sini.

Itu tadi adalah beberapa tempat wisata di Kabupaten Sigi yang sangat direkomendasikan untuk dikunjungi.