Rekomendasi Wisata di Lombok Pasca Gempa

Diposting pada

Melakukan kegiatan wisata merupakan suatu hal yang sangat menarik untuk dilakukan. ada banyak sekali hal yang menyenangkan dari kegiatan tersebut. Mulai dari memiliki waktu berkumpul dengan keluarga, memiliki akses untuk refreshing otak, dan lain sebagainya. Kegiatan wisata bisa anda gunakan sebagai waktu jeda agar kegiatan lain yang akan anda kerjakan menjadi lebih maksimal. Energi anda seperti terkenan isi daya ulang dan anda menjadi lebih siap melaksanakan kewajiban yang lain.

Di Indonesia, ada banyak sekali objek wisata yang bisa anda kunjungi. Mulai dari destinasi wisata buatan, wisata alam, dan lain sebagainya. Luasnya kondisi geografis di Indonesia mengakibatkan jumlah tempat wisata yang juga beragam. Mulai dari sabang hingga merauke, anda bebas memilih destinasi mana yang ingin anda kunjungi. Salah satu tempat yang bisa anda kunjungi adalah Pulau Lombok. Namun, sayangnya beberapa waktu lalu pulau ini sempat terkena bencana gempa. Beberapa titik di pulau tersebut harus mengalami kerusakan yang memerlukan pertolong. Akan tetapi, masih banyak tempat wisata yang dikunjungi oleh wisatawan, bahkan jumlahnya semakin bertambah. Di bawah ini akan disebutkan rekomendasi wisata di lombok pasca gempa.

1. Pantai Kuta


Tidak hanya di Pulau Bali, Lombok juga memiliki sebuah pantai yang sangat cantik bernama pantai Kuta. Pantai ini jauh lebih sepi bila dibandingkan dengan Pantai Kuta yang ada di Bali. Namun, hal tersebut tidak menutup potensi yang dimiliki Pantai Kuta Lombok. Meski terkena guncangan gempa beberapa waktu lalu, tapi pantai ini masih banyak dikunjungi oleh wisatawan. Berbagai macam hal bisa dilakukan di pantai tersebut. Ombak pantai yang tidak terlalu besar sangat cocok digunakan sebagai tempat berlatih surfing. Bila kamu ingin mencoba untuk melakukannya, kamu bisa meminjam peralatan surfing di sana.

Selain mencoba latihan surfing, anda juga bisa mencoba untuk melakukan kegiatan snorkling. Kegiatan ini hampir sama dengan kegiatan diving yang menikmati keindahan dunia bawah laut. Perbedaannya adalah bila snorkling hanya menikmati keindahan bawah laut dari bawah saja.

Bila kamu ingin berkunjung di pantai ini, lebih baik datang berkunjung pada pukul 9 pagi hingga 3 sore. Namun, bila kamu ingin menikmati keindahan matahari terbenam, kamu bisa datang sekitar pukul 5 hingga 6 sore. Di pantai ini juga disediakan banyak fasilitas, seperti toilet umum, warung yang menjual makanan, homestay dan lain sebagainya.

2. Pantai Senggigi


Ada banyak sekali pantai yang bisa kamu kunjungi ketika berada di pulau yang masuk dalam provinsi Nusa Tenggara Barat ini. Setelah mengetahui keindahan pantai Kuta, kamu juga bisa menikmati keindahan alam lain dengan mengunjungi Pantai Senggigi. Pantai ini memiliki keindahan alam yang terletak di hamparan pasir pantai yang sangat cantik. dijamin, kamu akan betah menghabiskan waktu di pantai tersebut. Meski sempat terkena getaran gempa, tapi pantai ini tidak terkena dampak yang sangat serius. Beberapa tanaman hias ada yang tergeser dari tempatnya semula, tapi tidak ditemukan cacat fisik pada bangunan-bangunan yang ada di sana. Mengunjungi pantai ini ada baiknya kamu lakukan ketika mendekati waktu sunset atau matahari terbenam.

3. Desa Sade


Desa Sade merupakan salah satu destinasi andalan yang selalu ditawarkan oleh pemerintah provinsi setempat. Desa ini memiliki keunikan yang sangat menarik untuk dikunjungi. Hal tersebut dikarenakan keaslian yang masih terus dijaga oleh masyarakat setempat. Desa Sade merupakan salah satu desa yang terkena getaran gempa beberapa waktu lalu. Namun, hal tersebut tidak berdampak pada aset kebudayaan yang ada di sana.

Bila kamu mengunjungi Desa Sade, kamu bisa merasakan kehidupan asli suku sasak. Ada banyak sekali aset kebudayaan yang masih terus dijaga keaslian. Pertama, kamu bisa memasuki salah satu rumah adat yang ada di sana. Dalam rumah adat tersebut, kamu bisa melihat berbagai macam ornamen atau desain interior yang dimiliki. Hal unik yang dipunyai rumah adat suku sasak adalah cara membersihkan rumahnya. Penduduk setempat menggunakan kotoran kerbau untuk membersihkan lantai dan dinding rumah adat. Kotoran kerbau dipercaya bisa membuat kegiatan magis tetap di rumah tersebut dan kotoran kerbau juga dirasa memiliki kandungan yang sangat berguna untuk membersihkan setiap sudut rumah.

Hal terkenal lain yang bisa ditawarkan Desa Sade adalah adanya kerajinan kain songket yang sangat cantik. kain songket di desa ini dibuat secara mandiri oleh para wanita, mulai dari proses pembuatan benang, pewarnaan, hingga semua proses yang dibutuhkan selesai dikerjakan. Kamu bisa mencoba kain songket secara langsung di desa ini dan melakukan pemotretan di tempat yang telah disediakan. Jangan khawatir mengenai harga, anda tidak perlu membayar atau bisa dikatakan gratis. Bila anda selesai melakukan perjalanan, kamu bisa membeli oleh-oleh kain songket asli desa sade dengan membelinya di toko suvenir yang tersedia.

4. Kepulauan Gili


Pulau Lombok juga dilengkapi dengan pulau-pulau kecil yang ada di sekelilingnya. Dari banyaknya pulau kecil yang ada, beberapa pulau yang sangat terkenal adalah gili trawangan, gili air dan gili meno. Gili trawangan merupakan pulau yang paling besar di antara 3 pulau tersebut sekaligus menjadi pulau yang paling ramai. Ada banyak sekali kegiatan yang bisa dilakukan di sana. Kamu bisa menikmati keindahan pulau dengan bersantai di tepi pantai. Selain itu, kamu juga bisa menikmati kecantikan panorama yang disuguhkan dengan menggunakan sepeda atau delman yang disediakan oleh masyarakat setempat. Pilihan resort pun beragam. Mulai dari yang paling murah hingga yang paling mahal bisa kamu temukan di pulau ini.

Berbeda dari gili trawangan, gili air dan gili meno merupakan pulau yang cukup sepi. Udara yang dihadirkan di pulau ini masih sangat asri sehingga sangat cocok digunakan sebagai tempat destinasi bagi anda yang ingin mencoba sesuatu yang lebih segar. Getaran gempa yang terjadi beberapa waktu lalu nyatanya tidak membuat destinasi wisata ini kehilangan daya tariknya. Justru semakin banyak orang yang ingin mengunjungi pulau ini sebagai tempat wisata. ketiga pulau ini biasanya dikunjungi wisatawan dengan cara island hopping atau menjelajahi pulau secara kilat.

Meski terkena bencana alam, tapi lokasi wisata yang sudah disebutkan di atas nyatanya masih mampu bertahan. Namun, hal tersebut tidak menjadi alasan bagi kamu yang ingin berwisata untuk menurunkan kewaspadaan. Ada baiknya bagi kamu untuk melakukan riset terlebih dahulu untuk tempat wisata yang ingin kamu kunjungi. Selalu pelajari cara-cara pertolongan pertama bila terjadi bencana alam yang bisa terjadi kapan saja. Selain itu, kamu juga perlu menyiapkan semua kebutuhan secara maksimal agar perjalanan yang akan kamu lakukan tidak terlalu mengalami kesulitan. Bila kamu mengalami kendala dalam proses persiapan, kamu juga bisa menggunakan jasa agen wisata yang akan membantumu dalam menyiapkan akomodasi selama kegiatan wisata.