Rekomendasi Teratas Pesona ALam & Tempat Wisata di Kabupaten Minahasa Tenggara

Diposting pada

Minahasa Tenggara merupakan bagian dari Provinsi Sulawesi Utara yang memiliki ibu kota bernama Kota Ratahan. Banyak pesona alam Indonesia yang masih tersembunyi di kabupaten yang satu ini mulai diperkenalkan dan populer karena keindahannya. Para wisatawan biasanya mencari panorama indah dari tempat wisata di Kabupaten Minahasa Tenggara di wilayah-wilayah tertentu

Tidak berbeda jauh dengan suguhan keindahan alam bagian Kabupaten Minahasa lainnya, Minahasa Tenggara banyak memberikan pilihan wisata bahari & alam. Pengunjung dapat melepas rasa lelah dengan berkunjung ke pantai, menyelam, snorkling, ataupun hanya berkeliling menikmati keunikan alamnya. Anda sedang bersiap mengunjungi Kabupaten Minahasa Tenggara? Berikut daftar wisata terbaiknya.

1. Pantai lakban, kawasan terintegrasi Ratatotok


Desa Ratatotok bagian timur menjadi lokasi dari Pantai Lakban yang sudah tidak perlu dipertanyakan lagi pemandangan alamnya. Pengunjung tidak perlu merogoh kocek terlalu dalam, karena harga tiket masuknya masih di bawah kisaran 10 ribu. Wisata yang murah meriah tanpa batas waktu untuk bersantai dan melepas penat sesuka hati.

Adapun fasilitas penyewaan perahu untuk wisatawan yang ingin melihat lebih dekat keindahan alam Minahasa Tenggara khususnya Ratatotok dengan berkeliling. Objek wisata lain di sekitar pantai juga dapat anda nikmati seperti jembatan sepanjang 400 meter, dikenal dengan nama Jembatan Putus Cinta. Wisatawan juga bisa melihat sekeliling hutan mangrove dengan luas mencapai 150 hektar.

Biaya sewa perahu untuk berkeliling hutan mangrove berkisar 150 ribu. Adapun tantangan mendaki bukit harapan yang menyuguhkan 289 buah anak tangga. Keringat yang dikeluarkan karena pendakian menuju puncak akan lenyap seketika setelah anda melihat sajian pesona keindahannya. Banyak pengunjung mengabadikan gambar tempat wisata di Kabupaten Minahasa Tenggara ini.

Keunikan lainnya dari Pantai lakban yaitu bangunan tempat ibadah berupa Masjid & Geraja yang berdiri berdampingan dalam satu tempat. Keduanya dibangun di puncak mewakili harapan kerukunan antar umat di Ratatotok.

2. Sensasi unik rekreasi Perahu Bagan


Ketika anda menapakkan kaki ke Ratatotok, jangan lupa berkunjung ke Perahu Bagan yang sejatinya adalah sebuah teluk. Tempat ini dimanfaatkan nelayan setempat untuk melakukan aktivitas penangkapan ikan teri. Bagan bagian atas ada sebuah pondok kecil yang difungsikan sebagai tempat berteduh, melepaskan jala, dan penerangan. Pemandangan yang sulit didapatkan di kota.

Setelah lelah berjalan-jalan dan perlu mengisi perut yang sudah keroncongan, pengunjung bisa menikmati hasil tangkapan nelayan yaitu ikan, cumi, teri segar langsung di atas perahu. Sensasi unik naik perahu yang ditawarkan kepada para wisatawan tidak hanya sebatas makan, tetapi juga tidur, hiburan berupa musik sambil menanti matahari tenggelam.

Harga untuk menikmati wisata perahu tersebut sekitar 100 ribu rupiah untuk 1 orang per malam yang bisa saja berubah tergantung ketentuan.

3. Paket berkeliling pulau-pulau kecil


Tempat wisata di Kabupaten Minahasa Tenggara banyak didominasi laut & pulau indah. Tidak heran jika wisatawan dimanjakan dengan paket lengkap berkeliling ke sejumlah pulau kecil yang ada di sekitar. Beberapa pulau berukuran kecil & berpasir putih mengelilingi teluk Totok dan Buyat. Pemandangan terbaik bisa didapatkan dari puncak.

Kesejukan angin yang berhembus tentu akan membuat para pengunjung betah berlama-lama di sini. Budget yang harus dikeluarkan sebesar 600 ribu sampai 750 ribu untuk dapat menyewa satu perahu wisata. Angka tersebut akan lebih murah ketika dibagi sama rata dengan 15 orang untuk kapasitas maksimal perahu.

Daftar pulau yang dapat dijamah yaitu Pulau Mutiara, Pulau Naga, Pulau Racun, Pulau Batu Tiga, Pulau Hogow, Pulau Dako Kayu, dan Pulau Putus-Putus. Terlebih lagi jika anda adalah tipe orang yang menggemari travelling dan fotografi, besaran ratusan ribu tersebut tentunya tidak terbilang mahal.

Bukan hanya bidikan di atas air saja yang didapat, tetapi juga pemandangan bawah airnya yang luar biasa indah. Kelebihan lainnya persewaan perahu yang ada di Ratatotok adalah fasilitas musik selama perjalanan sambil menimati padang savana.

4. Pantai Bentenan Minahasa


Tempat wisata di Kabupaten Minahasa Tenggara selanjutnya yaitu Pantai Bentenan. Pengelola pantai menyediakan banyak fasilitas seperti diving center, Minahasa tour, jungle walk, camping, sampai bird watching. Anda yang hobi menyelam bisa menyewa peralatan lengkap yang tersedia untuk kegiatan diving ataupun hanya snorkling.

Kegiatan wisatawan yang berkunjung selain menikmati keindahan bawah laut yaitu bersantai, berjemur, ataupun berjalan-jalan di sekitar pantai. Pengunjung bisa memanfaatkan sewa becak air di kolam besar yang tersedia. Satu becak air bisa menampung hanya 2 orang saja karena ukurannya tidak terlaalu besar.

Belum puas menikmati keindahan Minahasa dalam sehari, anda bisa menyewa penginapan bertipe cottage yang memiliki pemandangan langsung pantai, pulau kecil, dan pasir putih. Akses menuju lokasi Pantai Bentenan harus ditempuh selama kurang lebih 2 jam perjalanan darat dengan jarak 90 km dari wilayah Kota Manado.

5. Aer konde Ratahan


Wisata Minahasa Tenggara yang satu ini sudah populer di kalangan wisatawan tidak hanya warga Minahasa saja. Objek wisata yang ditawarkan berupa mata air jernih yang menyegarkan dilengkapi dengan panorama keindahan alam sekitarnya. Lokasinya berada di Desa Wawali Kecamatan Ratahan. Para pengunjung biasa menikmati kesegaran airnya dengan berenang ataupun berendam.

Menurut cerita yang beredar, nama objek wisata ‘Aer Konde’ ini berasal dari sebuah cerita seorang wanita yang berhasil menemukan sungai kemudian mandi. Dikatakan ikat konde wanita tersebut lepas sehingga tercetuslah nama itu.

Perjuangan untuk mencapai Desa Wawali Pasan bisa ditemukan dalam map dengan mudah. Pengunjung bisa mencapai lokasi dengan menggunakan kendaraan pribadi baik roda empat ataupun roda dua sampai gerbang lokasi. Selebihnya harus ditempuh dengan berjalan kaki sepanjang 100 meter. Setiap pengunjung yang masuk hanya dikenakan tiket sebesar 10.000 rupiah per orang.

6. Wisata budaya Minahasa Tenggara


Bagi pengunjung Kabupaten Minahasa, bisa menikmati varian wisata lain selain alam yaitu rekreasi budaya. Beberapa tempat sejarah yang dapat disambangi yaitu Batu Pasak Wanua yang berlokasi di Ratahan. Ada juga Pasan, nama sebuah batu bersejarah dari peninggalan zaman megalitikum yang tersisa.

Wisata budaya lain yang dapat dilihat yaitu objek makam keramat dari etnis Borgo. Lokasinya berada di daerah Belang. Masih banyak benda-benda sejarah lain yang bisa anda lihat di Minahasa Tenggara seperti lesung. Koleksi bangunan banteng kecil (veldbox) yang masih ada sejak perang dunia II tersebar di beberapa tempat.

Menurut pemerhati budaya, Veldbox yang ditemukan di perkebunan Tareten Kecamatan Ratahan merupakan warisan Jepang ketika berhadapan dengan sekutu saat perang pasifik. Anda bisa melihat dan mengamati langsung kontruksi bangunannya.

Itulah Tempat wisata di Kabupaten Minahasa Tenggara yang dapat dinikmati wisatawan yang datang. Beberapa objek wisata sudah dikelola dengan baik, tetapi ada beberapa yang masih harus dikembangkan dan diperbaiki terutama wisata sejarahnya.