Rekomendasi Tempat Wisata di Ponorogo yang Sayang Kalau Dilewatkan

Diposting pada

Tempat Wisata di Ponorogo – Anda mungkin lebih mengenal Ponorogo sebagai kota asal kesenian Reog. Namun, bukan hanya reog saja yang menjadi daya tarik dari Ponorogo. Ponorogo memiliki sederet obyek wisata menarik yang siap memanjakan Anda ketika liburan di sini. Mulai dari wisata alam hingga wisata taman bisa Anda temukan di Ponorogo.

Di musim liburan, Ponorogo hampir tak pernah sepi wisatawan baik wisatawan lokal maupun mancanegara. Beberapa obyek wisata berikut ini menjadi favorit wisatawan dan sayang kalau dilewatkan.

Rekomendasi Tempat Wisata di Ponorogo

1. Telaga Ngebel


Ponorogo Telaga Ngebel terletak di di lereng Gunung Wilis atau sekitar 25 km dari pusat Kota Ponorogo. Telaga yang terletak di ketingian 734 mdpl menyajikan pemandangan air telaga berwarna kebiruan serta fasilitas speed boat, sepeda air dan bus air untuk mengelilingi telaga. Harga tiket masuk Telaga Ngebel sekitar Rp. 10.000.

2. Gunung Bayangkaki


Gunung Bayangkaki yang terletak di Desa Temon, Kecamatan Sawo, Ponorogo ini memiliki 4 puncak yakni Puncak Ijo (Gunung Ijo), Puncak Gentong (Gunung Gentong), Puncak Tumpak (Puncak Bayangkaki) dan Puncak Tuo (Gunung Tuo). Masing-masing puncak tersebut tentunya menawarkan pengalaman yang berbeda.

3. Gunung Bedes


Dari Gunung Bedes yang terletak di Dusun Buyut, Desa Ngadirojo, Kecamatan Sooko, Ponorogo Anda bisa melihat Gunung Bayangkaki dari sisi yang berbeda. Gunung Bedes merupakan batu besar menjulang berketinggian 200 meter dimana puncaknya memiliki luas 10 meter kubik. Dari puncak Gunung Bedes, Anda bisa menyaksikan pemandangan alam Sooko yang indah.

4. Bukit Pare


Bagi Anda yang suka wisata petualangan pendakian atau trekking, Anda bisa mengunjungi Bukit Pare yang terletak di Desa Cepoko, Kecamatan Ngrayun, Ponorogo. Bukit ini menjadi bukit favorit para remaja untuk berswafoto dengan latar belakang pemandangan alam yang indah dan memanjakan mata.

5. Goa Lowo Sampung


Goa Lowo Sampung yang terletak di Dusun Boworejo, Kecamatan Sampung, Ponorogo ini dinamakan Goa Lowo karena didalamnya terdapat banyak sekali kelelawar (lowo). Goa ini juga menjadi sarana edukasi karena didalamnya terdapat bekas galian manusia purba. Untuk bisa masuk ke goa ini Anda hanya perlu membayar tiket seharga Rp.

6. Air Terjun Juruk Klenteng


Air terjun Juruk Klenteng terletak di perbatasan Kabupaten Ponorogo dan Kabupaten Trenggalek atau tepatnya di Desa Tumpuk, Kecamatan Sawoo. Air terjun berketinggian 45 meter ini dihimpit dua tebing bebatuan dengan sendang berwarna hijau bening di bawahnya. Anda bisa memasuki kawasan air terjun ini secara gratis.

7. Air Terjun Toyomerto


Air terjun Toyomerto atau air terjun Selorejo terletak di Desa Pupus, Kecamatan Ngebel. Air terjun ini berjarak sekitar 35 km sebelah timur Kota Ponorogo. Air terjun Toyomerto memiliki dua tingkatan air terjun dengan ketinggian setiap tingkatan sekitar 25 – 30 meter. Harga tiekt masuk ke air terjun ini sekitar Rp. 2.000.

8. Air Terjun Pletuk


Terletak di Dusun Kranggan, Desa Jurug, Kecamatan Sooko, air terjun Pletuk menyajikan pemandangan air terjun berketinggian 30 meter yang dikelilingi panorama alam perbukitan. Air terjun ini sudah difasilitasi dengan sarana panjat tebing, kamar mandi, mushola, lahan parkir dan warung makan. Harga tiket masuknya hanya Rp. 1.500/orang.

9. Air Terjun Widodaren


Air terjun Widodaren yang terletak di Desa Bulu, Kecamatan Jambon, Ponorogo ini menawarkan pemadangan air terjun yang masih alami. Dari atas air terjun, Anda bisa melihat pemandangan pegunungan Ponorogo yang indah. Sebaiknya Anda mengunjungi air terjun ini di musim penghujan di mana aliran airnya lebih deras daripada di musim kemarau.

10. Air Terjun Sunggah


Air terjun Sunggah yang terletak di Desa Selur, Kecamatan Ngrayun, Ponorogo ini menawarkan pemandangan air terjun dengan latar belakang bebatuan eksotis berukuran besar. Di dekat air terjun berketinggian 50 meter ini juga terdapat Watu Semaur dan tebing berketinggian 125 meter yang digunakan untuk olahraga panjat tebing.

11. Coban Lawe


Coban Lawe atau air terjun Lawe yang terletak di Desa Krisik, Kecamatan Pudak atau sekitar 33 km sebelah timur Kota Ponorogo merupakan air terjun yang mengalir di lereng Gunung Wilis. Air terjun ini menyajikan aliran air yang jernih, sejuk dan menyegarkan. Harga tiket masuk ke Coban Lawe sekitar Rp. 3.000.

12. Hutan Wisata Kucur


Hutan wisata Kucur terletak di Kecamatan Bedegan atau sekitar 20 km sebelah barat Kota Ponorogo. Kawasan hutan jati ini sering dijadikan lokasi perkemahan dan menjadi Taman Nasional. Anda bisa menemukan sebuah mata air di tengah-tengah kawasan wisata hutan jati yang menjadi asal muasal nama Kucur (mata air).

13. Taman Wisata Ngembag


Taman Wisata Ngembag yang terletak 3 km sebelah timur Ponorogo tepatnya di Kecamatan Siman menawarkan tempat bermain untuk keluarga. Taman wisata ini menyediakan fasilitas kolam renang, jembatan tali, flying fox, sepeda air, ayunan, kebun binatang mini, cafetaria dan lainnya. Harga tiket masuk ke taman wisata ini hanya Rp. 3.000.

14. Kintamani Waterpark


Wahana air Kintamani Waterpark yang terletak di Jalan Ki Ageng Kutu, No. 9, Siman, Ponorogo ini memiliki luas 1,8 hektar dengan fasilitas kolam renang anak, kolam renang dewasa, sarana outbond, seluncuran dan restoran berkapasitas 100 orang. Anda bisa bermain air di sini dengan membayar tiket seharga Rp. 5.000 – Rp. 10.000.

15. Gita Waterpark


Gita Waterpark terletak di Dusun Krajan, Desa Pulung, Kecamatan Pulung, Ponorogo. Waterpark ini menyediakan fasilitas kolam bertingkat dan seluncuran di kolam anak. Obyek wisata di Ponorogo ini juga cocok dijadikan tempat bersantai karena dikelilingi oleh pemandangan pedesaan dan pegunungan. Harga tiket masuk ke Gita Waterpark sekitar Rp. 5.000 – Rp. 8.000.

16. Wisata Air Kedung Gamping


Wisata air Kedung Gamping yang terletak di Desa Temon, Kecamatan Ngrayun, Ponorogo ini bisa menjadi tempat mengisi liburan bersama keluarga. Air Kedung Gamping yang masih alami dengan pemandangan alam sekitar yang masih asri, membuat siapapun betah berlama-lama menghabiskan waktu di sini.

17. Pemandian Air Panas Tirto


Pemandian air panas Tirto yang terletak di Dusun Pucuk, Desa Wangir, Ngebel, Ponorogo ini menyuguhkan kenikmatan berendam di air hangat setelah beraktivitas seharian. Pemandian air panas ini banyak dikunjungi wisatawan terutama di sore hingga malam hari dengan membayar tiket masuk seharga Rp. 5.000.

18. Kesenian Reog Desa Carat


Berlibur ke Ponorogo tak lengkap kalau belum mengunjungi Desa Carat yang dijuluki sebagai desa pengrajin Reog di Ponorogo. Di desa ini, Anda bisa menyaksikan proses pembuatan Reog dan mengenal sejarah cerita Reog Ponorogo secara detail.

19. Sungai Kali Keyang


Kali Keyang yang mengalir melewati Kecamatan Sooko hingga Madiun ini menawarkan pemandangan aliran air yang bersih menyegarkan dari lereng Gunung Wilis. Sungai ini tak pernah sepi pengunjung karena pemandangannya yang cocok untuk berfoto.

Itulah 19 obyek wisata di Ponorogo yang harus Anda kunjungi. Obyek wisata alam di Ponorogo menawarkan keindahan alam mempesona yang menjanjikan pengalaman liburan berbeda dari tempat lainnya.