Rekomendasi Tempat Wisata di Kabupaten Luwu Utara untuk Libur Panjang Nanti

Diposting pada

Musim liburan merupakan waktu yang di tunggu-tunggu oleh semua orang, entah itu pelajar, mahasiswa, atau pun para pekerja. Dengan menggunakan waktu liburnya, tentu kita bisa terlepas dari kegiatan sehari-hari di sekolah, kampus, atau kantor yang sibuk, sehingga pikiran menjadi lebih tenang. Tempat wisata di Kabupaten Luwu Utara bisa menjadi destinasi liburan terbaik kamu saat musim liburan nanti.

Berada di Sulawesi Selatan, Luwu Utara memiliki objek wisata yang tidak kalah serunya buat kamu eksplorasi, apalagi kamu yang punya jiwa petualang alam. Keindahan wisatanya menjadi alasan kenapa kamu harus sekali-kali mencoba berlibur ke sana. Berikut beberapa rekomendasi terbaik buat kamu.

1. Wisata Sangkombong


Tempat wisata di Kabupaten Luwu Utara yang pertama yaitu Wisata Sangkombong yang terletak di Sa’dan Matalo, Sa’dan, Toraja Utara. Di sini kamu bisa belajar sejarah masyarakat lokal Luwu Utara yang dengan penduduk lokalnya yang ramah terhadap para wisatawan yang berkunjung. Mulai dari budaya lokalnya sampai rumah adatnya bisa kamu jadikan pengalaman yang seru untuk kamu pelajari.

Pengalaman berlibur akan semakin seru kalau kamu datang saat menjelang upacara adat mau pun acara budaya tertentu. Untuk fasilitasnya, di sini sudah disediakan cukup lengkap, mulai dari tempat ibadah, parkir kendaraan, toilet, penginapan, dan sebagainya. Masalah tiket masuknya, kamu perlu membayar tiket parkirnya sekitar Rp 5 ribu untuk mobil dan Rp 3 ribu motor. Biaya sukarela akan dikenakan saat kamu masuk ke dalam desa wisata ini.

2. Wisata Batu Kembar


Kamu yang suka dengan petualangan alam bisa mencoba ke Wisata Batu Kembar yang ada di Patoloan, Bone-bone, Luwu Utara. Menjadi objek wisata yang sangat populer di kalangan masyarakat Sulawesi Selatan, jangan sampai kamu ketinggalan momen seru bermain air dan menikmati pemandangan alamnya yang asri.

Air terjunnya yang segar ditambah dengan pepohonan yang hijau di sekelilingnya membuat suasananya semakin sejuk dan alami. Kamu yang lelah atau hanya sekedar duduk merasakan dinginnya air terjunnya bisa duduk-duduk di bebatuan yang banyak terhampar di sana. Buat kamu yang mau menikmatinya, harus berjuang dulu melewati jalur alam yang cukup ekstrim dan licin.

Bawa juga makanan dan minuman yang cukup karena di tempat wisata di Kabupaten Luwu Utara ini tidak ada warung yang menjualkan makanan atau minuman. Kamu hanya perlu membayar biaya sukarela saat mau memasuki objek wisata ini.

3. Wisata Air Panas Pincara


Setelah seharian berkeliling di kota Sulawesi Selatan, saat kamu menenangkan pikiran dan melepas lelah kamu di Wisata Air Panas Pincara yang berada di Pincara, Masamba, Luwu Utara. Sebagai tempat wisata di Kabupaten Luwu Utara, permandian air panasnya termasuk yang populer di sana dan tidak jarang masyarkat setempat yang lelah seharian beraktivitas menghabiskan waktu luangnya untuk menikmati air panasnya yang alami dari pegunungan Desa Pincara.

Saat kamu berendam, kamu akan ditemani dengan suasana asri dari panorama alam yang sangat menyegarkan. Belum lagi kamu bisa sekaligus mendengar suara kicauan burung, sehingga menambah kesan alaminya. Kamu yang membawa anak-anak tidak usah khawatir lagi karena disediakan kolam yang pas banget untuk anak-anak.

Kamu yang mau berendam di sini, perlu membayar tiket parkir sebesar Rp 3 ribu motor dan Rp 5 ribu mobil. Untuk tiket masuknya per orangnya dikenakan biaya Rp 10 ribu saja.

4. Wisata Air Panas Pincara Sepakat


Permandian air panas ini memiliki nama yang hampir sama tapi lokasinya berbeda dengan permandian Pincara sebelumnya. Jaraknya yang kurang lebih sekitar 9 km kalau berangkat dari Kota Masamba, membuat tempat ini masih jarang didatangi orang. Meski sama-sama merupakan permandian air panas alami, objek wisata ini di Luwu Utara ini mempunyai kolam yang lebih luas dan panoramanya yang lebih alami.

Kolamnya yang luas dan air panasnya yang alami dipercaya ampuh menyembuhkan penyakit kulit yang sedang dialami, seperti gatal-gatal, panu, dan sebagainya. Tubuh kamu pun akan semakin rileks setelah berendam beberapa lama di kolamnya, apalagi pepohonan di sekitar kolamnya menambah keasrian panoramanya.

Kamu yang penasaran dengan permandian air panas yang satu ini, cukup membayar Rp 7 ribu saja per orangnya. Disediakan warung makan kecil yang menyajikan pisang goreng dan makanan ringan lainnya buat kamu yang sedang lapar.

5. Bendungan Bantimurung


Tidak apa-apa kalau sesekali kamu mencoba menikmati pemandangan Bendungan Bantimurung yang berada di Desa Bantimurung, Bone-bone, Luwu Utara. Sebenarnya bendungan ini dimanfaatkan oleh masyarakat sekitar sebagai pengairan sawah. Tapi, lama kelamaan, tempat ini semakin ramai dikunjungi wisatawan yang mau merasakan kesejukan airnya yang sangat jernih.

Tidak hanya airnya saja yang jernih, tapi juga pemandangannya yang begitu asri dan hijau yang membuat kamu betah berlama-lama bermain air atau sekedar duduk di pinggiran bendungannya. Cobalah datang saat hari libur nasional, karena bendungan ini pasti akan ramai dengan orang-orang yang membawa keluarganya untuk nongkrong sambil membakar ikan.

Kamu yang mau menikmati alamnya tidak usah membayar tiket masuknya karena gratis.

6. Taman Lestasi Sulikan


Kamu yang sedang berada di pusat kota, beristirahat di taman kotanya juga menjadi liburan yang menenangkan. Taman Lestari Sulikan yang berada di tengah kota Masamba baru dibuka 3 tahun yang lalu tapi sudah menjadi daya tarik wisatawan yang datang ke Sulawesi Selatan. Tamannya yang asri dan rapi membuat siapa pun yang bermain-main di taman menjadi betah dan lelah pun pasti akan cepat hilang.

Tempat wisata di Kabupaten Luwu Utara ini juga menyediakan area bermain anak-anak yang dilengkapi dengan permainan ayunan, perosotan, tiang panjat, dan masih banyak lagi yang lain. Saat menjelang sore hari, di sekitar taman ini dipenuhi dengan aneka kuliner yang bisa kamu cicipi. Harganya yang mulai dari Rp 4 ribu sampai Rp 20 ribuan bisa kamu temukan di sekitar taman ini.

7. Air Terjun Sarambu


Keindahan air terjun di Sulawesi Utara memang tidak ada habisnya, seperti di Air Terjun Sarambu yang berada di Similin, Masamba, Luwu Utara. Objek wisata ini memiliki daya tariknya sendiri, yaitu airnya yang sangat jernih dan jatuh dari ketinggian yang cukup tinggi.

Di bawahnya bisa kamu jadikan tempat bermain air atau berenang, sehingga kamu pun bisa menikmati airnya yang begitu sejuk. Pemandangannya yang asri dari pepohonan hijau semakin lengkap membuat udaranya semakin terasa segar dan menyejukkan. Tidak usah khawatir soal biaya tiketnya karena masuk ke sini gratis.

8. Air Terjun Bantimurung


Tempat wisata di Kabupaten Luwu Utara terakhir yaitu Air Terjun Bantimurung yang berada di Bantimurung, Bone-bone. Pemandangan air terjun di sini sangatlah indah dengan berpunduk-punduk menjadi beberapa tingkat membuatnya semakin keren untuk dilihat. Untuk sampai ke sini pun kamu tidak harus repot-repot karena bisa dijangkau memakai motor atau mobil.

Airnya yang mengalir dari perbukitan membuat warnanya sangat jernih, apalagi hawanya yang sejuk dan asri dari pohon-pohon di sekitar air terjunnya. Bawalah bekal makan dan minum saat berkunjung ke sini karena tidak ada warung di dekat air terjun ini. Masuknya kamu tidak akan dikenakan biaya apa pun.