Rekomendasi Tempat Wisata di Kabupaten Kepulauan Siau Tagulandang Biaro

Diposting pada

Kabupaten Kepulauan Siau Tagulandang adalah wilayah yang termasuk di Sulawesi Utara dan terkenal dengan kekayaan hasil kebun, tani, maupun ikan, sehingga penduduk setempat tidak pernah merasa kehabisan sumber dayanya untuk mencari mata pencaharian.

Dikenal pula dengan nama Sitaro, selain memiliki kekayaan sumber daya alamnya, mereka juga memiliki tempat wisata di Kabupaten Kepulauan Siau Tagulandang Biaro yang keren dan sayang sekali kalau Anda tidak mencoba mengunjunginya. Penasaran ada objek wisata apa saja di sana? Berikut rekomendasinya.

1. Pulau Mahoro


Kalau Anda penggemar variety show Korea Law of The Jungle, Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan Pulau Mahoro. Terkenal dengan sebutan Surga Tersembunyi Terpopuler di tahun 2018, membuatnya juga semakin populer di kalangan wisatawan Indonesia maupun mancanegara. Berada di Kabupaten Sitaro yang masih di area Nusa Utara, membuatnya di sekelilingi oleh pulau-pulau kecil, sehingga disebut sebagai Cluster Buhias.

Bawah lautnya terdapat terumbu karang cantik dan hewan-hewan laut yang bermain-main di sela karangnya. Tidak ada penginapan di pulau ini, tapi Anda bisa berkemah di sekitar pulaunya. Jangan lupa juga bawalah bekal makan dan minum yang cukup karena tidak ada sama sekali warung makanan atau restoran. Budget untuk berlibur ke tempat wisata di Kabupaten Kepulauan Siau Tagulandang Biaro ini sekitar Rp 3.000.000 per orang.

2. Pulau Makalehi


Anda yang sedang bermain-main di bagian baratnya, bisa berkunjung ke PUlau Makalehi yang tepatnya di Kecamatan Siau Barat, Sitaro. Sebagai salah satu pulau yang paling luar dan berbatasan langsung dengan negara tetangga lainnya, pesonanya tidak kalah indah dengan Pulau Mahoro. Di sini terkenal dengan Danau Love yang danaunya sangat mirip dengan bentuk hati.

Anda juga bisa mencoba menyelam ke bawah lautnya yang sangat jernih, sehingga terumbu karang dan aneka hewan lautnya dapat Anda lihat dengan jelas. Jika Anda ingin menginap, disediakan fasilitas penginapan hotel yang sudah sangat nyaman Anda tempati. Budget yang Anda butuhkan untuk berlibur ke pulau ini kurang lebih Rp 3.000.000 per orang.

3. Pulau Pahepa


Satu lagi tempat wisata di Kabupaten Kepulauan Siau Tagulandang Biaro yang menyimpan pesona alamnya yang cantik, Pulau Pahepa. Berada di wilayah Kecamatan Siau Timur Selatan, membuatnya tidak begitu jauh dengan Pulau Mahoro. Bisa menjadi destinasi selanjutnya jika Anda sudah berkunjung ke Pulau Mahoro.

Terdapat pepohonan yang rindang, sehingga suasananya sangat sejuk dan menyegarkan. Anda pasti akan betah berlama-lama bersantai di sana dengan hawanya yang menyejukkan. Atau tidak, Anda bisa menyelam ke bawah lautnya yang terlihat memukau dan cantik. Belum ada fasilitas pendukung pariwisata di sini, sehingga Anda harus membawa bekal sendiri. Menginap pun Anda bisa berkemah di sekitar pulaunya.

4. Pantai Air Panas Temboko Lehi


Tempat wisata di Kabupaten Kepulauan Siau Tagulandang Biaro yang satu ini sangatlah unik karena menjadi air pantainya tidak dingin melainkan panas, sehingga membuatnya sebagai satu-satunya pantai yang menghasilkan air panas di Indonesia.

Karena airnya yang panas, pantai yang berada di Kecamatan Siau Barat ini tidak boleh dimasuki oleh wisatawan karena cukup berbahaya, apalagi tidak ada hewan laut yang tinggal di sini. Terdapat bak permandian yang bisa Anda pakai untuk mandi atau sekedar berendam saja. Untuk masuknya gratis alias tidak bayar.

5. Pantai Tanganga


Pantai Tanganga merupakan salah satu tempat wisata di Sintaro yang memiliki pasir putih kekuningan. Tidak hanya hamparan pasirnya saja yang menarik karena lautnya yang biru juga sangat menenangkan saat dipadang. Suasananya semakin sejuk karena kawasan pantainya dipagari dengan pepohonan yang rindang.

Ombaknya yang tenang membuat Anda bisa bermain-main air lautnya yang aman. Tapi, bawalah bekal makan dan minum sendiri karena tidak ada restoran atau warung makan di sekitar pantai ini. Untuk memasuki Pantai Tanganga tidak dikenakan biaya apapun alias gratis.

6. Pantai Kalihiang


Pantai Kalihiang merupakan salah satu tempat wisata di Kabupaten Kepulauan Siau Tagulandang Biaro yang berada di Kampung Kalihiang, Siau Timur Selatan. Anda yang mengunjungi pantai ini akan menikmati pasir pantainya yang putih bersih dan lautnya yang benar-benar jernih.

Ombak yang tenang bisa Anda manfaatkan untuk snorkeling melihat biota bawah lautnya yang indah dan terumbu karang yang menawan. Anda yang masih di pantai ini hingga sore hari, jangan lewatkan waktu matahari terbenamnya yang indah, ya. Untuk masuk ke dalam kawasan ini tidak dikenakan biaya apapun.

7. Pulau Manupitaeng


Pulau Manupitaeng merupakan tempat wisata di Kabupaten Kepulauan Sintaro yang memiliki 2 pantai yang cantik dan eksotis untuk Anda kunjungi, yakni Pantai Manupitaeng yang berada di sisi timurnya dan Pantai Masare yang berada di sisi baratnya. Di sini pula Anda akan melihat banyak sekali burung malea yang cantik dan menjadi burung endemik untuk daerah Sulawesi.

Pantainya yang putih dan lautnya yang biru dengan ombak yang tenang, membuat Anda akan semakin rileks saat melepas stress di sini, apalagi ditemani angin yang sepoi-sepoi menyejukkan. Tidak ada fasilitas pariwisata di sini, sehingga Anda wajib menyiapkan sendiri bekal makan dan minum, ya. Untuk biaya menuju ke pulau ini sekitar Rp 800.000 hingga Rp 2.000.000 tergantung jenis kapal yang Anda pakai.

8. Danau Kapeta


Danau Kapeta yang terletak di Kampung Mburake, Siau Barat Selatan ini berada di tepat di tengah-tengah hutan yang tidak cukup luas. Meskipun begitu, pesona danaunya tidak kalah menariknya dan banyak aktivitas seru yang bisa Anda nikmati di sini.

Di hutannya, Anda bisa melihat hewan-hewan endemik Sulawesi yang berkeliaran secara bebas, seperti Tarsius Tumpara. Lalu, Anda pun juga bisa memancing di danaunya sepuasnya dan aneka ikan di sini juga cukup banyak. Tidak ada fasilitas yang memadai untuk para pengunjung, sehingga makan dan minum pun harus Anda bawa sendiri. Budget yang Anda butuhkan untuk ke sini sekitar Rp 500.000 hingga Rp 1.000.000.

9. Balirangeng


Balirangeng merupakan teluk yang populer sebagai tempat wisata di Kabupaten Kepulauan Siau Tagulandang Biaro dengan pesonanya yang eksotis. Di teluknya, terdapat pasir putih yang bisa menjadi tempat duduk bersantai Anda sekaligus melihat pemandangan pulau kecil di kejauhan, kapal-kapal dari Pelabuhan Ulu, dan Gunung Karangetang.

Di puncak Balirangeng, terdapat patung besar, yaitu Patung Yesus Kristus. Karena sangat besar, dari kejauhan pun sudah sangat jelas terlihat. Tidak heran kalau patung tersebut menjadi ikon di Sintaro. Di Balirangeng, Anda cukup mudah menemukan kuliner karena sudah cukup banyak warung makan yang tersedia.

10. Monumen Peristiwa Merah Putih


Monumen Peristiwa Merah Putih menjadi tempat wisata di Kabupaten Kepulauan Siau Tagulandang Biaro terakhir yang menjadi rekomendasi liburan Anda saat ke Sulawesi Utara. Monumen ini dibangun karena menjadi sejarah penting saat rakyat Siau berjuang melawan penjajah yang dipimpin oleh Lorens mocodompis Kansil.

Tepat pada tanggal 1 Januari 1946, rakyat Siau maju berperang sambil membawa bendera merah putih dan menyanyikan lagu Indonesia Raya. Anda yang masuk ke sini tidak akan dikenakan biaya apapun.