Referensi Tempat wisata di kabupaten Donggala yang Menarik

Diposting pada

Palu sendiri, merupakan salah satu provinsi yang ada di Sulawesi Tengah dan juga berbatasan dengan kabupaten Donggala. Kabupaten Donggala ini juga terletak di sebelah barat dan juga utara. Dalam hal ini, memang beberapa waktu lalu Donggala sendiri baru saja mengalami bencana alam gempa bumi dan juga tsunami.

Hal ini juga menyebabkan banyak ribuan korban, dari bencana alam yang terjadi. Bencana alam yang terjadi, juga menyebabkan banyak kerusakan untuk fasilitas umum dan juga banyak rumah-rumah yang ada di daerah tersebut. Walaupun pernah terjadi bencana, berikut ini adalah referensi tempat wisata di kabupaten Donggala.

1. Masjid Arkam Babu Rahman

Jika anda berkunjung ke Donggala, jangan lupa untuk mengunjungi masjid yang satu ini. masjid Arkam Babu Rahman atau yang biasa disebut juga dengan masjid terapung. Masjid ini merupakan salah satu bangunan keagamaan, yang cukup terkenal di Palu dan juga sering dikunjungi para wisatawan yang mana lokasinya berada di dekat laut.

Hal inilah yang juga membuat masjid ini, dikenal sebagai masjid terapung. Selain keunikan terapung yang dimilikinya, masjid ini juga memiliki keunikan lain seperti kubah masjid yang pada malam harinya dapat memancarkan cahaya yang cantik dan memiliki warna-warni yang bergantian. Kubah masjid ini juga, dapat menampung 150 bahkan hingga 200 orang.

2. Pantai Taipa


Tempat wisata di kabupaten Donggala lainnya yang banyak di kunjungi oleh para wisatawan adalah, pantai Taipa. Pantai Taipa ini berlokasi di bagian utara kota Palu, yaitu berada di desa Taipa. Untuk sampai ke pantai Taipa ini, anda membutuhkan waktu hingga sekitar 30 menit untuk dapat sampai dari kota Palu tersebut.

Pantai ini sering sekali dijadikan sebagai lokasi wisata baik untuk wisatawan local untuk masyarakat Palu atau bahkan wisatawan asing. Banyak fasilitas yang dapat anda lakukan di pantai yang satu ini, yaitu anda dapat menikmati kolam renang, berbagai wahana untuk permainan, kebun binatang mini, sebuah panggung acara, gazebo dan juga masih banyak lagi.

Bukan hanya fasilitas tersebut saja, anda dapat menikmati keindahan pantai Taipa. Dengan keindahan alam yang dimilikinya, dan juga biota laut yang dimilikinya.

3. Jembatan Ponulele

Jika membicarakan ikon Palu, jembatan Ponulele ini merupakan salah satu ikon yang cukup terkenal jika anda berkunjung ke Donggala. Dalam hal ini, jembatan ini juga menjadi salah satu jembatan yang berbentuk melengkung pertama yang ada di Indonesia. Jembatan ini pertama kali diresmikan, pada bukan Mei 2006, oleh Susilo Bambang Yudhoyono.

Banyak juga yang menyebutkan, jembatan ponulele ini sebagai jembatan kuning. Dikarenakan memang warnanya yang berwarna kuningm dan memiliki bentuk yang melengkung. Jembatan ini membantu untuk menghubungkan, antara kelurahan Besusu dan juga Lere yang mana sering sekali dijadikan sebagai spot foto untuk para wisatawan.

Hal ini juga dikarenakan, jembatan tersebut merupakan salah satu ikon Palu dan juga memiliki lampu yang cantik pada malam hari yang menjadikan jembatan ini memiliki warna yang cantik. jangan lupa untuk menyiapkan kamera andalan, karena anda dapat menemukan banyak spot cantik di jembatan yang satu ini.

4. Pantai Taman Ria


Salah satu tempat wisata di kabupaten Donggala lainnya, yang tidak kalah menarik dan wajib untuk dikunjungi adalah pantai taman ria. Pantai yang satu ini, merupakan salah satu pantai yang berlokasi di kelurahan Lere dan berada di Palu Barat. Memang lokasi pantai ini, hanya berjarak sekitar 3 KM saja dari pantai Talise.

Bukan hanya sekedar pantai, di pantai ini anda dapat melihat keindahan matahari terbit yang jelas dikarenakan posisinya yang menghadap ke arah timur. Selain melihat pemandangan alam dan indahnya matahari terbit, anda juga dapat menikmati berbagai masakan local yang nikmat di salah satu restoran bernama Taman ria.

Restoran yang satu ini menyajikan berbagai hidangan laut yang nikmat, dan makanan lainnya yang juga menjual makanan ringan khas Palu sendiri.

5. Pantai Talise


Jika anda ingin mengunjungi pantai lainnya di kabupaten Donggala, anda dapat mengunjungi pantai Talise dimana memiliki pemandangan matahari terbenam yang dapat dibilang memiliki keindahan yang sangat cantik. Pantai ini seringkali, menjadi spot favorit para wisatawan jika berkunjung ke Donggala terutama pada sore hari.

Banyak wisatawan yang ingin menyaksikan matahari terbenam, dengan ditambah indahnya pohon ketapang yang dapat ditemukan dengan mudah di pantai Talise ini. Selain itu, keindahan pantai ini juga ditambah dengan keindahan gunung Gawalise, yang terletak di tepi pantai. Fasilitas yang dapat anda temukan di pantai ini juga beragam, seperti jet ski, banana boat, spot diving, snorkeling dan masih banyak lagi.

6. Danau Tambing


Bukan hanya memiliki banyak pantai, namun Donggala juga memiliki danau yang sangat indah. Danau Tambing yang berlokasi di taman nasional Lore Lindu ini memiliki pemandangan yang sangat indah. Pantai ini juga memiliki hutan tropis, yang sangat kaya dengan flora dan juga fauna yang dimilikinya. Anda juga dapat mendengar burung khas Sulawesi yang sangat merdu.

Danau ini juga sering dijadikan sebagai tempat favorit untuk berkemah, karena fasilitas yang dimilikinya juga cukup lengkap. Anda dapat melakukan kegiatan memancing, mushola, menyewa berbagai peralatan berkemah dan masih banyak lagi. Untuk anda yang berencana mengunjungi danau ini, jangan lupa untuk membawa kamera andalan untuk mengabadikan berbagai spot foto menarik.

7. Sumur Raksasa Alami


Jika anda berkunjung ke Donggala, salah satu tempat wisata di kabupaten Donggala yang juga sering disebut sebagai pusat wisata yang ada di Donggala yaitu sumur raksasa alami. Banyak masyarakat setempat, yang mana memberikan nama sumur yang satu ini sebagai pusentasi yang mana berasal dari bahasa Kaili atau suku di Sulawesi Tengah yaitu Pusen yang memiliki arti laut.

Sumur raksasa ini juga dikenal dengan keindahannya, yang tidak heran membuat para wisatawan selalu kagum. Air yang dimiliki sumur ini juga berwarna biru dan juga jernih, hal ini juga yang dapat membuat anda dapat melihat apa yang ada di dalam sumur tersebut. Keunikan lainnya adalah, banyak yang mengatakan bahwa dibawah sumur tersebut terdapat sebuah terowongan yang menghubungkan langsung dengan laut lepas.

Air jernih yang terdapat di dalam sumur, merupakan salah satu daya tarik tersendiri yang menjadi banyak favorit para wisatawan yang hadir di kabupaten Donggala. Bahkan banyak orang yang mengunjungi Donggala, dan wajib untuk mengunjungi sumur raksasa alami.

Itulah beberapa tempat wisata di kabupaten Donggala, yang mana dapat anda jadikan referensi untuk menghabiskan waktu akhir pekan bersama orang tersayang. Banyak lokasi wisata yang terkenal dan memiliki keindahannya tersendiri, dan menjadi daya tarik untuk para wisatawan yang hadir baik local maupun domestic.