Referensi Tempat Wisata di Bondowoso yang Menyenangkan

Diposting pada

Provinsi Jawa Timur memiliki segudang tempat wisata yang rasanya tidak pernah selesai untuk dikunjungi semua. Salah satu kabupaten atau kota yang menjadi andalan adalah Malang. Ada banyak tempat wisata legendari yang wajib dikunjungi ketika ada di kota itu. Beberapa di antaranya adalah Jatim Park, Museum Angkut, Gunung Bromo dan masih banyak lagi tempat wisata yang lain.

Tempat Wisata di Bondowoso

Tidak hanya Malang yang menjadi kota andalan berwisata ketika berada di Jawa Timur. tentu saja masih banyak kota lain yang bisa didatangi, salah satunya adalah Bondowoso. Bondowoso merupakan kabupaten yang tidak kalah menarik untuk dikunjungi. Apa saja tempat wisata yang ada di sana? Berikut ulasannya.

1. Gunung Raung

Bila ingin menikmati pemandangan yang sejuk dan menenangkan ketika berada di Bondowoso, Gunung Raung adalah pilihan yang tepat. Gunung ini memiliki lansekap alam yang sangat menarik untuk dinikmati. Di sana, pengunjung bebas memanjakan panca indra agar lebih rileks.

Lelah setelah melakukan berbagai macam kegiatan sehari-hari terasa sirna setelah mengunjungi Gunung Raung. Gunung ini menjadi favorit wisatawan dalam maupun luar negeri. Tidak ayal gunung ini selalu ramai baik saat musim liburan atau pun tidak. Kesejukan yang ada di Gunung Raung semakin memanjakan tubuh pengunjung sehingga penat yang singgah bisa hilang.

2. Kawah Wurung

Kawah Wurung menjadi tempat wisata alam selanjutnya yang bisa dikunjungi ketika berada di Kabupaten Bondowoso. Kawah Wurung terletak di Kecamatan Sempul, tepatnya di Desa Jampit. Keindahan alam langsung bisa dinikmati ketika memasuki kawasan wisata alam ini.

Kawah alami yang sering didatangi oleh wisatawan ini memiliki keindahan yang membuat pengunjung berdecak kagum. Hijaunya tumbuhan di sekeliling Kawah Wurung menambah kecantikan dan keeksotisan Kawah Wurung. Jangan khawatir terhadap fasilitas di sana. Ada banyak fasilitas yang bisa menunjang kenyamanan pengunjung. Harga tiket yang harus dibayar pun tidak terlalu mahal bila mampu mendapatkan keindahan alam Kawah Wurung.

3. Padang Savana Kawah Wurung

Tidak hanya menikmati keindahan Kawah Wurung, di sana pengunjung juga bisa sekaligus menikmati keindahan padang savana yang ada. hamparan rumput hijau akan menyegarkan mata pengunjung. Selain itu, hawa sejuk yang terasa juga akan membuat pengunjung semakin betah berlama-lama di padang savana ini. Padang Savana Kawah Ijen terletak di antara dua gunung, yaitu gunung Gunung Ijen dan Gunung Raung. Itulah mengapa, meskipun siang hari dengan sinar matahari yang terik, udara akan tetap terasa sejuk dan segar.

4. Wisata Tirta Agung

Tidak hanya orang dewasa, anak-anak pun membutuhkan kegiatan wisata agar tidak mudah lelah karena kegiatan sehari-hari. tempat wisata yang akan dikunjungi bisa tempat wisata yang memiliki konsep edukasi sehingga ilmu dan pengetahuan anak menjadi lebih banyak. Selain itu, pengalaman mereka pun akan meningkat. Kegembiraan mereka akan terlihat begitu mengunjungi tempat wisata dengan konsep edukasi.

Bila sedang di Bondowoso, tidak ada salahnya untuk membawa anak-anak ke Wisata Tirta Agung. Di sana terdapat banyak pengetahuan mengenai tumbuhan. Dengan begitu, proses mengenal berbagai macam tanaman akan semakin menyenangkan. Tempat wisata ini ada di Sumber Wringin, Bondowoso.

5. Air Terjun Campoan

Pemandangan air terjun yang indah bisa ditemui di Air Terjun Campoan. Air terjun ini terkenal baik bagi wisatawan lokal Bondowoso atau dari luar abupaten tersebut karena kemiripannya dengan air terjun yang berada di Kanada, yaitu Air Terjun Niagara. Jadi, wisatawan tidak perlu melakukan perjalanan jauh dan mengeluarkan biaya yang besar untuk mengunjungi Air Terjun Niagara, cukup datang ke Bondowoso keindahan alam akan bisa didapatkan. Air Terjun Campoan berada di daerah kaki Gunung Ijen, tepatnya di samping pabrik pengolahan kopi milik PTP Nusantara XII.

6. Hutan Tasnan

Rasanya seperti tak pernah habis mencoba wisata alam yang ada di Bondowoso. Tempat wisata selanjutnya juga akan membuat pengunjung ingin berada di sana selama yang dibisa. Tempat wisata itu bernama Hutan Tasnan. Hutan tasnan merupakan hutan yang terdiri dari pohon pinus. Tinggi pohon pinus yang menjulang akan menahan masuknya sinar matahari sehingga suasana akan terasa lebih sejuk. Hutan ini sangat cocok digunakan untuk bersantai bersama keluarga.

Bila hari libur tiba, konsep piknik bisa dicoba di hutan pohon pinus ini. Biaya yang harus dikeluarkan untuk menimati keindahan Hutan Tasnan hanya sebesar lima ribu rupiah per orang. Dengan membayar harga tiket masuk tersebut, pengunjung bebas menggunakan fasilitas yang ada. beberapa fasilitas yang disediakan pengelola adalah rumah pohon, hammock, toilet dan lain sebagainya. Hutan Tasnan berada di Congkrong Timur, Taman Grujugan.

7. Museum Kereta Api

Tempat wisata edukatif lainnya yang ada di Bondowoso bisa ditemukan lagi di Museum Kereta Api. Museum kereta ini terletak di Mandaluki. Ada banyak koleksi museum yang bisa dilihat dan dinikmati oleh keluarga. Tentu saja barang-barang yang ada sangat menambah wawasan dan cakrawala pengunjung tentang barang-barang tempo dulu yang berkaitan dengan kereta api. Beberapa di antaranya adalah mesin uap yang pernah ada, tiket kereta api zaman dulu, alat perkantoran yang ada di stasiun dan lain-lain.

8. Solor Cermee

Tempat wisata unik satu ini berada di suatu desa yang ada di Kecamatan Cerme. Keunikan tempat wisata ini adalah keindahan batu-batu besar yang tersusun secara alami. Batu-batu besar tersebut sangat cocok digunakan sebagai latar belakang foto. Bagi pengunjung yang ingin menikmati keindahan Solor Cermee tidak diwajibkan membayar harga tiket masuk atau bisa dikatakan tempat wisata ini bisa diakses secara gratis.

9. Bukit Mahadewa

Tempat wisata kali ini juga cocok dituju bagi pengunjung yang memburu foto-foto apik. Bukit Mahadewa merupakan sebuah dataran tinggi tempat perkebunan maju banyak ditemukan di Bondowoso. Perkebunan ini memiliki beragam hasil kebun yang dapat memajukan perekonomian warga sekitar. Selain itu, karena memang ditujukan untuk tempat wisata, Bukit Mahadewa memiliki beberapa spot foto yang telah disediakan oleh pengelola.

Meskipun sudah ada spot foto sendiri, bukan berarti pengunjung dilarang untuk berfoto dengan latar belakang perkebunan. Pengunjung bebas untuk menggunakan latar belakang foto manapun di kawasan itu. Nama Mahadewa diambil arena adanya batu besar yang ada di puncak dataran tinggi. Batu besar tersebut terlihat seperti batu pertapaan Dewa Siwa, itulah mengapa Mahadewa diambil menjadi nama bukit. Harga tiket masuk yang bisa dibayarkan cukup murah, yaitu tiga hingga lima ribu rupiah per orang.

10. The Waroeng

Bondowoso tidak hanya kaya dengan tempat wisata alam, di sana juga terdapat banyak kuliner yang harus dicoba. Salah satu warung yang bisa dicoba adalah The Waroeng. The Waroeng menyediakan berbagai menu rumahan yang sangat nikmat untuk disantap. Selain itu, di The Waroeng pengunjung bisa bebas berfoto dengan berbagai macam latar yang telah disediakan.

Itulah 10 tempat wisata yang bisa dicoba ketika berada di Kabupaten Bondowo. Sikap bijak pengunjung untuk ikut menjaga tempat wisata sangat diperlukan saat ini agar tetap lestari.