Pesona Tempat Wisata di Aceh Barat Daya yang Sangat Indah

Diposting pada

Tempat Wisata di Aceh Barat – Kabupaten Aceh Barat Daya atau yang biasa disingkat sebagai Abdya merupakan daerah otonom yang sebelumnya merupakan bagian dari Kabupaten Aceh Selatan. Pusat pemerintahan dari Aceh Barat Daya berlokasi di Blangpidie yang juga menjadi pusat perdagangan di area pesisir barat. Berdasarkan lokasinya yang strategis, Aceh Barat Daya pun menyimpan banyak potensi.

Salah satu potensi yang paling menonjol dari Kabupaten Aceh Barat Daya adalah pariwisata, terutama pada sektor pariwisata alam. Meski kurang populer jika dibandingkan daerah-daerah wisata lain di Indonesia disebabkan oleh letak geografisnya, Aceh Barat Daya memiliki banyak destinasi wisata yang menarik, di mana akan diulas cukup lengkap dalam artikel ini.

Tempat Wisata di Aceh Barat

Pantai Suak Udeung


Eksotisme pertama diwakili oleh Pantai Suak Udeung yang terletak di Gampong Alue Rambot dan dapat dieksplorasi secara gratis oleh wisatawan. Kawasan yang saat ini sepi tersebut dulunya merupakan pemukiman padat sebelum akhirnya ditinggalkan usai bencana Tsunami 2004. Meski tidak ada fasilitas memadai, Pantai Suak Udeung menawarkan panorama yang begitu cantik.

Pasir Butiran Lhok Pawoh


Daerah pantai ini agak berbahaya dikunjungi pada musim penghujan karena ombaknya yang relatif besar. Namun, pada hari biasa, wisatawan bebas mengeksplorasinya secara cuma-cuma tanpa perlu takut. Butiran pasir putih yang lembut merupakan daya tarik utama Lhok Pawoh, di mana sekaligus menjadi sumber penamaannya. Sayangnya tidak ada fasilitas penunjang apa pun.

Pantai Kuala Katung


Pantai ini merupakan pilihan para wisatawan domestik maupun asing untuk menikmati panorama matahari tenggelam paling eksotik di seluruh Aceh. Kuala Katung cukup terawat meskipun tidak menerapkan retribusi apa pun pada wisatawan, berkat campur tangan pemerintah setempat. Hanya saja, belum dilengkapi dengan fasilitas umum seperti toilet yang penting bagi pengunjung.

Pantai Wisata Blang Padang


Blang Padang memang menjadi salah satu magnet wisata dari Kabupaten Aceh Barat Daya, khususnya areal Pantai Wisata Blang Padang, yang sehari-hari menjadi tempat berkumpulnya warga lokal dari berbagai usia mulai anak-anak hingga lansia. Sebab, pantai wisata ini memang difungsikan sebagai areal hiburan publik dengan tiket masuk sebesar Rp. 5.000,- saja.

Di Pantai Wisata Blang Padang, terdapat beton-beton panjang di pinggir pantai yang dapat digunakan sebagai tempat duduk, kemudian jogging track, area bermain anak, dan juga para pedagang yang menjajakan aneka ragam kuliner. Fasilitas lainnya terdapat tempat ibadah dan toilet. Menjelang matahari tenggelam dan akhir pekan adalah saat paling ramai wisatawan.

Pantai Wisata Nelayan


Jika menggemari olahan laut, maka tidak ada salahnya untuk mengunjungi sentra komoditas laut di Kabupaten Aceh Barat Daya, yakni Pantai Wisata Nelayan. Di kampung yang mayoritas penduduknya memiliki mata pencaharian sebagai nelayan ini juga banyak dijual komoditas laut yang sangat segar dan juga warung-warung sederhana yang menjual olahan laut matang.

Pantai Lama Muda


Di Kuala Batee juga terdapat sebuah pantai cantik yang menjadi spot favorit piknik oleh wisatawan lokal, yakni Pantai Lama Muda. Tanpa pungutan retribusi apa pun, wisatawan dapat bersantai menikmati panorama sekitar hingga bermalam menggunakan tenda. Di sepanjang tepi pantai terdapat banyak pohon cemara yang menambah keindahan pemandangan Pantai Lama Muda.

Air Terjun Alue Kareng


Di Kecamatan Tangan-tangan, terdapat Air Terjun Alue Kareng yang cocok untuk melepaskan penat karena debit airnya relatif kecil dengan air yang sangat sejuk. Tidak adanya retribusi yang diberlakukan pada wisatawan membuat tempat ini kurang terawat dan minim fasilitas, namun tetap menarik untuk dikunjungi. Wisatawan dapat bermain air sepuasnya di sini.

Gunung Mata Ie


Untuk para wisatawan yang gemar mendaki, Gunung Mata Ie di Kecamatan Panton Reu adalah destinasi gratis yang wajib dijelajahi. Dengan puncak ketinggian yang relatif standar, pendaki pemula pun tidak akan mengalami kesulitan berarti. Untuk toilet dapat menumpang pada warga setempat yang cukup ramah, tetapi logistik seperti makanan harus membawa sendiri.

Gunung Cot Keummeunyan


Puncak Gunung Cot Keummeunyan di Blangpidie adalah spot ‘mengejar matahari’ terbaik dan gratis yang dapat bebas dikunjungi oleh para wisatawan. Banyak wisatawan yang datang untuk menikmati sekaligus mengabadikan momen matahari terbit dari puncak gunung ini. Tidak jarang pula yang berkemah, terutama di akhir pekan, meski belum ada fasilitas pelengkapnya.

Situs Kerajaan Kuala Batee


Hancur pada tahun 1982 akibat invasi pasukan Amerika, tidak berarti Kerajaan Kuala Batee yang merupakan sejarah dari Kabupaten Aceh Barat Daya dapat dilupakan begitu saja. Sejarah tentang kerajaan tersebut dapat dipelajari melalui situs dalam museum di mana kerajaan tersebut dulu berdiri yang bisa dikunjungi bertarif masuk Rp. 5.000,- per orang.

Desa Teupin Batee


Sempat terdampak parah akibat Tsunami, Desa Teupin Batee kini menjelma menjadi desa wisata yang asri bagi wisatawan. Tanpa adanya hotel berbintang, wisatawan yang datang dapat bermalam di kamar-kamar dari rumah warga yang disewakan dengan tarif sangat terjangkau. Wisatawan dapat berkunjung menyusuri dan menikmati areal persawahan serta peternakan milik warga.

Krueng Seumayam


Kawasan dataran tinggi atau perbukitan ini memiliki curah hujan yang tinggi, bahkan pada musim kemarau. Sehingga, udara di sekitarnya pun konsisten segar, cocok dijadikan lokasi piknik untuk melepaskan penat. Wisatawan yang ingin berkunjung tidak akan dikenakan retribusi apa pun, tetapi harus menaati peraturan untuk menjaga kebersihan serta norma sosial.

Taman Laut Lama Tuha


Dengan membayar tiket masuk sebesar Rp. 15.000,- saja per orang, wisatawan sudah dapat mengeksplorasi Taman Laut Lama Tuha yang berada di Kecamatan Kuala Batee. Di sini, wisatawan dapat menyaksikan laut dengan ombak yang tenang serta jernih, hingga tampak jelas terumbu karang dari permukaan. Toilet serta tempat ibadah merupakan fasilitas penunjang.

Taman Laut Ujong Serangga


Di Kecamatan Susoh juga terdapat sebuah taman wisata bahari, yaitu Taman laut Ujong Serangga yang cocok sebagai spot driving dan snorkeling. Dengan membayar biaya tiket masuk sebesar Rp. 10.000,- saja per orang. Namun, harga tiket tersebut tidak termasuk penyewaan alat-alat menyelam. Fasilitas lain yang tersedia adalah pancuran dan ruang ganti.

Kolam Renang Driyen Payeh


Di Kecamatan Setia, terdapat sarana hiburan keluarga sederhana berupa Kolam Renang Driyen Payeh. Namun sesuai syariah Islam yang dijunjung tinggi di Aceh, maka kolam untuk lelaki dan perempuan ditempatkan terpisah. Biaya masuk yang dikenakan sebesar Rp. 10.000,- per orang dengan fasilitas ruang ganti, pancuran, dan kamar mandi sebagai penunjang wisatawan.

Kabupaten Aceh Barat Daya Bukan Wilayah Perluasan Semata

Meskipun semula merupakan bagian dari Kabupaten Aceh Selatan, potensi wisata yang dimiliki Kabupaten Aceh Barat Daya saat ini membuktikan bahwa wilayah tersebut lebih dari mampu untuk menjadi wilayah otonom yang mandiri. Terlebih mengingat eksotisme dan kemurnian tempat-tempat wisata yang ditawarkan karena sebagian belum tercemar oleh campur tangan jahil dari manusia.