Pesona Alam di Bolaang Selatan yang Menarik

Diposting pada

Pesona dari tempat-tempat wisata yang berada di kabupaten Bolaang Mongodow Selatan tepatnya di wilayah Provinsi Sulawesi Selatan ini memang sangat menarik perhatian, potensi wisata yang begitu besar untuk menarik para wisatawan lokal maupun asing membuat pemerintah semakin giat untuk memberdayakan tempat wisata ini dan menyediakan fasilitas terbaik untuk memanjakan para wisatawan.

Bagi Anda yang sedang mencari destinasi wisata yang indah dengan pemandangan eksotis, Bolaang Selatan memiliki banyak destinasi wisata yang Anda cari. Pemandangan yang indah di sore hari, sambil menikmati sunset dengan indahnya batu karang yang berjajar, pastinya membuat hati Anda sejuk dan meringankan beban pikiran sejenak. Simak beberapa ulasan destinasi wisata di Bolaanh Selatan berikut ini:

1. Pantai Tanjung Panago


Pantai Tanjung Panago ini terletak di Kecamatan Bolaang Uki, destinasi wisata bahari ini sangat cocok Anda kunjungi bersama pasangan atau keluarga karena pantai ini memiliki keindahan alam sekitar yang sangat mepesona. Di pantai ini, Anda bisa melakukan snorkling dan diving jika ingin merasakan sensi liburan yang menantang dan pengalaman baru yang luar biasa, keindahan bawah laut yang dapat Anda nikmati ketika berada di bawah air.

2. Pulau Lampu


Masih terletak di daerah yang sama yaitu di Kecamatan Bolaang Uki, Pulau Lampu ini memiliki keindahan bawah laut yang luar biasa. Anda dapat menikmati keindahan bawah laut pulau ini dengan menggunakan layanan Diving Club setempat. Namun bagi Anda yang tidak suka diving jangan khawatir, karena di Pulau Lampu ini terdapat mercusuar peninggalan bersejarah yang masih beridiri kokoh hingga saat ini. Anda dapat menikmati keindahan Pulau Lampu ini dari atas mercusuar yang dapat Anda naiki.

3. Pantai Biniha Timur


Pantai Biniha Timur ini merupakan salah satu destinasi wisata di Bolaang Selatan yang sangat cocok untuk dikunjungi bersama keluarga besar Anda. Karena tempatnya yang strategis dan jaraknya yang tidak terlalu jauh, Anda hanya perlu menempuh waktu 15 menit dari pusat Ibu kota Molibagu, Bolaang Selatan dengan menggunakan kendaraan roda empat.

Datanglah bersama keluarga Anda ketika hari libur atau weekend tiba, dan jangan khawatir akan fasilitas yang terdapat di pantai ini. Pantai Biniha Timur sudah mendapat pemberdayaan baik dari pemerintah dan warga setempat, Anda dapat menemukan fasilitas yang dapat menunjang liburan Anda disini.

4. Pelabuhan Alam Dodepo


Satu lagi tempat wisata bahari yang berada di Kecamatan Bolaang Uki, yaitu Pelabuhan Alam Dopepo. Tempat wisata di Bolaang Mongodow Selatan ini, merupakan destinasi wisata bahari dengan objek dermaga laut. Di pelabuhan ini Anda dapat melakukan aktivitas piknik bersama keluarga, atau befoto-foto karena spot di pelabuhan ini cukup bagus untuk melengkapi koleksi foto Anda. Pemandangan senja dan sunsetnya pun tidak kalah indah dengan sunset di pantai lainnya, jika Anda datang ke pelabuhan ini jangan lupa untuk membawa makana sendiri karena disini jarang terdapat penjual makanan.

5. Pantai Ponii


Pantai Ponii ini berada di Desa Luwoo, Kecamatan Posingadan, Bolaang Selatan. Destinasi wisata bahari Bolaang Selatan ini sering disandingkan dengan keindahan di Pantai Kuta Bali. Pantai ini memiliki hamparan pasir putih yang luas dan halus sangat cocok untuk area bermain anak-anak dan pastinya dalam pengawasan orangtua.

Walaupun terkenal dengan keindahan dan pesona yang mirip dengan suasana Pantai Kuta yang ada di Bali, namun harga tiket masuk yang harus Anda keluarkan hanya berkisar Rp.15.000 saja, sangat murah kan untuk mendapat view yang sama setara dengan Pantai Kuta Bali?

6. Goa Paniki Lion

Jika tadi kita sudah mengulas banyak tentang destinasi wisata bahari di kecamatan Bolaang Uki dan Kecamatan lainnya, sekarang kita akan mencoba membahas wisata alam yang berupa lobang goa. Goa yang berlokasi di Bolaang Uki ini bernama Goa Paniki Lion yang memiliki keindahan panorama yang menakjubkan bagi setiap mata yang memandangnya.

Selain mennjelajagi sepanjang Goa Paniki Lion, kegiatan wisata lainnya yang dapat Anda lakukan ditempat ini adalah menikmati keindahan panorama alam, dan Anda juga mendapat edukasi dengan mengenal lebih jauh jenis-jenis flora dan fauna yang ada di goa Pakini Lion.

7. Pantai Dami

Pantai inu terletak di kecamatan Pinolosian, merupakan salah satu destinasi wisata Bahari di Kabupaten Bolaang Selatan. Di pantai ini Anda dapat menikmati sejuknya alam dan lingkungan pantainya yang masih sangat asri dan alami.

Pantai ini sudah diberdayakan dan dilengkapi dengan berbagai fasilitas yang sangat memadai dan menunjang liburan Anda seperti toilet, tempat ibadah, kios, kedai makanan dan gazebo untuk Anda dan keluarga bersantai. Jadi jika Anda sedang berada di Pinolosian, Anda dapat mampir ke pantai Dami dan menikmati keindahan alamnya.

8. Pantai Torosik

Masih berlokasi di kecamatan Pinolosian yaitu Pantai Torosik, merupakan destinasi wisata bahari Bolaang Selatan. Pantai ini sangat cocok untuk dijadikan destinasi wisata rekreasi Anda bersama pasangan Anda untuk mengisi waktu liburan.

Anda dapat menikmati pesona dari panorama alam dan lingkungan sekitar sambil menikmati air kelapa muda yang dijual di pinggir pantai. Selain itu, Anda juga dapat menikmati pesona matahari terbenam atau sunset yang eksotis di pantai ini. sunset di pantai Torosik sangat indah untuk dipandang.

9. Air Terjun Botuliodu

Jika Anda bosan dengan pantai, Anda dapat mencoba berwisata di tempat baru seperti air terjun. Ada sebuah air terjun yang terletak di kecamatan Posigadan yang bernama Botuliodu. Air terjun Botuliodu ini menawarkan pesona keindahan alam dan pancuran air yang menawan. Kegiatan yang dapat Anda lakukan ketika berada di tempat air terjun Botuliodu ini adalah menikmati keindahan panorama alam sekitar dan sejuknya air atau sekedar bersantai saja.

Udara di air terjun satu ini sangat sejuk karena dilingkupi oleh pepohonan yang rimbun. Tempat wisata ini memiliki Air terjun yang begitu jernih karena mengalir langsung dari sumbernya. Kesegaran air yang memancar langsung dari sumbernya inilah yang membuat Anda dan keluarga akan merasakan kenikmatan alam yang sangat berkesan.

10. Pantai Taman Hiu

Satu lagi destinasi wisata bahari di kecamatan Pinolosian yaitu pantai Taman Hiu, adalah pantai yang perlu Anda coba untuk dikunjungi. Pantai ini memiliki keindahan panorama yang sangat menawan karena dikelilingi oleh batu karang eksotis dan pepohonan yang rindang. Meskipun namanya Taman Hiu, tenang saja karena pantai ini tidak dihuni oleh banyak ikan hiu. Aktivitas berenang di pantai ini masih tergolong aman.

11. Penangkaran Burung Maleo

Jika Bosan dengan pantai dan ingin mencari destinasi wisata lain di Bolaang Selatan, ada destinasi wisata yang berbeda di kecamatan Pinolosian, yaitu tempat wisata margasatwa burung Maleo. Di Penangkaran Burung Maleo ini Anda bisa melihat, mengamati, dan mengenal burung Maleo yang langka secara langsung.

Demikian 11 tempat wisata yang teradapat di Bolaang Mongodow Selatan. Pilihlah wisata yang Anda inginkan baik itu beriwsata ke pantai, pulau, atau air terjun, tentunya pastikan Anda sudah mempersiapkan liburan Anda dengan sebaik mungkin, ya!