Menjelajah Keindahan Tempat Wisata di Pulau Simeulue yang Eksotis

Diposting pada

Simeulue merupakan sebuah kabupaten di Provinsi Aceh yang terletak di Pulau Simeulue, sebuah pulau kecil yang masih bagian dari aceh tetapi terpisah dari Pulau Sumatera. Tidak heran jika Simeulue merupakan satu dari sekian kawasan tenang yang tidak terlibat dalam konflik apa pun, dan tentu saja, pulau eksotis ini menyimpan kekayaan alam dan potensi wisata sangat tinggi.

Sayangnya, tidak banyak masyarakat Indonesia yang tahu keberadaan pulau ini, tetapi anehnya, masyarakat internasional sangat menyukai Simeulue sehingga sering berkunjung untuk berwisata. Oleh sebab itu, supaya kamu juga menjadi familier dengan Simeulue, mari simak beberapa destinasi wisata menakjubkan yang dapat kamu jelajahi ketika kunjungan ke pulau elok di Samudera Hindia ini.

Tempat Wisata di Pulau Simeulue

Pantai Alus-Alus


Banyak pantai di Simeulue yang cocok untuk berselancar, salah satunya adalah Pantai Alus-Alus. Pantai ini terletak di Teupah Selatan, Pulau Simeulue, Indonesia. Ombaknya tidak begitu ganas, tapi pas ketika dipakai melakukan surfing. Pasir pantainya pun cukup indah, sehingga kamu bisa berjalan-jalan di sekitar seraya melihat orang-orang berselancar. Pantai Alus-Alus juga pernah menjadi lokasi untuk Kejuaraan Peselancar Internasional.

Hal tersebut membuktikan bahwa Alus-Alus memang memenuhi standar bermain selancar. Tidak heran juga jika banyak homestay yang menawarkan perjalanan ke Pantai Alus-Alus ini. Disarankan untuk mencari tempat penginapan yang mengarah langsung ke Pantai Alus-Alus, supaya kamu bisa kapan saja bermain di pantai cantik ini.

Pantai Pasir Tinggi


Pantai Pasir Tinggi adalah primadona di Simeulue. Pantai satu ini menjadi tujuan banyak turis mancanegara maupun lokal karena keindahannya yang memukau. Pasir putihnya terbentang luas dengan air laut yang biru. Meskipun ombaknya cukup tinggi, tapi masih bisa dipakai berenang. Kamu dapat bermain sepuasnya di pantai ini, atau supaya lebih dekat dengan alam, silahkan bercamping di sekitaran.

Namun, jika ingin mendapatkan fasilitas liburan yang sempurna, kamu bisa menyewa resort atau hotel di dekat pantai, sehingga kebutuhan seperti mandi, makan, ibadah dan lain-lain bisa terpenuhi tanpa perlu repot mencari tempat. Namun, jika tidak ingin tinggal di penginapan, kamu tetap bisa membeli makanan di warung-warung yang tidak jauh dari pantai. Lokasi tempat ini sendiri ada di Desa Pasir Tinggi, Kecamatan Teupah Selatan, Simeulue, Aceh.

Pulau Mincau


Pulau Mincau merupakan pulau yang terpisah dari Pulau Simeulue, tetapi masih masuk ke dalam Kabupaten Simeulue. Pulau yang berdekatan dengan Pulau Tapah ini memang sangat kecil, tetapi keindahannya pasti akan memukau siapa pun yang menjejakkan kaki di sana. Lokasi tepat Pulau Mincau berada adalah di Teupah Barat, Kabupaten Simeulue, Aceh. Kamu bisa naik speedboat atau perahu dari Simeulue. Sampai di Mincau, kamu akan mendapati pasir putih yang berkilau dengan air laut yang sangat jernih. Tidak heran jika banyak wisatawan melakukan snorkling. Namun, yang paling menyenangkan adalah menjelajah Pulau Mincau dan menemukan keindahan tersembunyi di dalamnya.

Danau Lembah Air Terjun Putra Jaya


Di Simeulue juga terdapat wisata air terjun beserta danau yang sangat menakjubkan. Terletak di Desa Putra Jaya, Kecamatan Simeulue Tengah, Aceh. Danau Air Terjun Putra Jaya menghadirkan keindahan air terjun dan danau yang jernih dalam satu lanskap indah di dalam rimbunnya hutan. Kamu bisa mandi puas-puasnya di sini karena airnya sangat dingin, dan bentuk bebatuan di sana juga unik, sehingga cocok untuk diabadikan dengan kamera kesayangan. Namun, karena letaknya yang di pedalaman, fasilitas pendukung masih sangat kurang, dan jalurnya pun tidak begitu bagus. Meskipun begitu, tempat ini layak untuk disebut surga tersembunyi.

Danau Laut Tawar


Air danau memang bermacam-macam, ada yang payau, asin dan juga tawar. Simeulue punya dua danau dengan air tawar, tetapi kali ini yang kita ulas adalah Danau Laut Tawar di Desa Kuala Bakti, Kecamatan Teluk Dalam, Simeulue. Jika dari Sinabang, maka harus menempuh jarak sekitar 40km. Danau Laut Tawar di Kuala Bakti ini adalah yang paling besar, panjang kali lebarnya sekitar 800m x 500m. Danau ini juga sangat jernih, dan banyak pedagang makanan menggunakan perahu terapung di atasnya. Bahkan ada warung terapung yang dapat kamu kunjungi untuk sekadar ngopi-ngopi. Jika ingin menikmati keindahan danau secara keseluruhan, tidak ada salahnya menyewa perahu untuk berkeliling.

Pantai Ganting


Satu lagi pantai di Simeulue yang bernuansa eksotis dengan deburan ombak langsung dari Samudera Hindia, yakni Pantai Ganting. Pantai ini sangat populer di kalangan masyarakat sekitar dan kerap kali dikunjungi ketika sore hari untuk melihat matahari terbenam. Letaknya yang tidak jauh dari Kota Sinabung, yakni sekitar 11km, membuat Pantai Ganting menjadi yang paling sering dikunjungi. Letak geografisnya sendiri ada di Desa Kuala Makmur, Kecamatan Simeulue Timur, Simeulue, Aceh. Pantai ini juga terbilang memiliki fasilitas sangat lengkap, mulai dari mushola, toilet dan warung makan tersedia semua.

Pulau Siumat


Pulau Siumat menjadi satu dari banyak pulau kecil di Simeulue yang menyajikan pemandangan memukau. Pulau ini cukup terpencil karena letaknya yang jauh dari Pulau Sumatera maupun Pulau Simeulue sendiri. Lautnya pun merupakan jalur laut lepas Samudera Hindia, sehingga pantai-pantainya memiliki ombak yang cukup besar. Akan tetapi, keindahan pulau ini tidak bisa disangkal, lautnya biru dan bening, biota lautnya pun beragam, dan pasir pantainya putih berkilau. Jika kamu dari Pulau Simeulue, membutuhkan setidaknya 2 jam perjalanan ke Pulau Siumat. Setelah sampai, kamu bisa menjelajah dan bermain di pantai, atau berkeliling ke pemukiman warga untuk ditunjukkan tempat-tempat menarik oleh mereka. Pulau ini sendiri adalah bagian dari Kecamatan Simeulue Timur, Kabupaten Simeulue, Aceh.

Makam Teungku Diujung


Melancong ke tempat asing memang kurang afdol jika tidak mengunjungi lokasi-lokasi bersejarah. Di Simeulue ini pun demikian, kamu bisa mengunjungi Makam Teungku Diujung, yang letaknya ada di Teluk Simeulue, Kuta Padang, Kecamatan Simeulue Tengah, Kabupaten Simeulue, Aceh. Teungku Diujung sendiri bernama asli Teungku Khalilullah, tetapi kemudian warga memberi julukan sebagai Teungku Diujung. Beliau adalah penyebar agama Islam di Pulau Simeulue, dan merupakan murid Syeikh Burhanudin Ulakan. Di komplek pemakaman ini, kamu bisa melihat kuburan Teungku Diujung yang cukup terawat. Tempatnya pun teduh karena banyak pepohonan di sekitar.

Pulau Taman Raja Rayo


Pulau Taman Raja Rayo adalah salah satu bukti fenomena menarik yang terjadi di alam. Pulau ini dulunya sempat hampir menghilang karena abrasi, tetapi usai terkena tsunami, pulau ini muncul kembali dan kini dikelola secara serius hingga menjadi tempat wisata. Fasilitas di pulau ini sangat lengkap, mulai dari mushola, cafe, restauran, hotel dan lain-lain sudah tersedia semua. Kamu yang ingin berkunjung, tinggal pergi ke Pulau Taman Raja Rayo, Kecamatan Teupah Tengah, Simeulue.

Pantai Pasir Merah


Pulau Simeulue ternyata juga memiliki pantai berpasir merah. Pantai yang letaknya berada di Desa Putra Jaya, Kecamatan Simeulue Tengah, Simeulue, Aceh ini memang berbeda dari yang lain. Pasirnya merah, dan akan semakin merah usai hujan turun. Jika beruntung, kamu juga akan menemukan penyu-penyu yang datang untuk bertelur.