Menikmati Waktu Berlibur di Tempat Wisata di Kabupaten Bone

Diposting pada

Indonesia memiliki banyak sekali kekayaan alam yang bisa digunakan oleh masyarakat. Salah satu kegunaan yang bisa digunakan adalah dengan menggunakan kekayaan alam yang dimiliki untuk dipakai sebagai tempat wisata. Keindahan alam bisa langsung digunakan oleh para pengunjung untuk melepas penat. Namun, tidak sedikit tempat wisata alam yang perlu diolah terlebih dahulu agar semakin menarik minat wisatawan yang ingin menghabiskan waktu senggangnya. Mulai dari Sabang hingga Merauke, Indonesia memiliki banyak sekali potensi yang bisa dimaksimalkan.

Salah satu daerah yang bisa anda gunakan untuk menghabiskan waktu liburan adalah Pulau Sulawesi. Pulau ini menyimpan banyak sekali kekayaan alam yang sangat mungkin untuk anda gunakan sebagai tujuan berwisata. Baik anda menghabiskan waktu liburan sendiri atau dengan orang lain seperti keluarga, tempat wisata di Pulau Sulawesi selalu sukses untuk memanjakan rasa ingin tahu anda. Salah satu daerah yang bisa anda kunjungi adalah Kabupaten Bone. Kabupaten Bone terletak di dekat Kota Makassar. Kurang lebih jarak Kabupaten Bone dari kota tersebut adalah 171 km atau memakan waktu perjalanan darat selama hampir 4 jam. Tempat wisata di Kabupaten Bone ada banyak sekali. Di bawah ini akan dijelaskan tempat wisata apa saja yang bisa anda datangi bersama dengan orang tersayang.

1. Puncak Padel


Meski bukan menjadi salah satu daerah utama yang dikunjungi di Pulau Sulawesi, tapi Kabupaten Bone tidak boleh dianggap remeh. Tempat wisata di Kabupaten Bone ini bernama Puncak Padel. Dari puncak tempat wisata ini, anda bisa menikmati keindahan alam yang dimiliki Kabupaten Bone. Hijaunya pemandangan yang dimiliki oleh kabupaten ini tidak bisa anda lewatkan begitu saja. Di tempat wisata ini, terdapat beberapa spot foto yang bisa anda gunakan untuk akhirnya anda unggah di media sosial. Bila anda menggunakan spot foto yang disediakan, anda juga bisa sekaligus menangkap keindahan alam yang ada dalam foto. Puncak Padel terletak di Kecamatan Ponre, Kabupaten Bone, tepatnya di Desa Pattimpa. Jangan sampai lupa membawa kamera ketika anda mengunjungi tempat wisata ini, ya.

2. Puncak Goa Kelling


Tidak hanya Puncak Padel yang bisa anda gunakan sebagai tujuan tempat wisata. anda juga bisa mengunjungi Puncak Goa Kelling ketika ingin menikmati keindahan alam Kabupaten Bone dari ketinggian. Sama dengan Puncak Padel, Puncak Goa Kelling juga menyediakan beberapa spot foto yang bisa anda gunakan untuk menangkap setiap momen anda ketika menikmati keindahan alam yang ada di Kabupaten Bone. Tempat wisata ini sangat cocok untuk anda datangi bersama dengan keluarga anda karena dapat dijadikan tempat berkumpul dan menghabiskan waktu secara berkualitas. Di Puncak Goa Kelling, anda bisa menikmati sepoi angin segar mulai dari pagi hingga sore hari.

3. Pantai Tete


Indonesia terkenal sebagai salah satu negara maritim terbesar di dunia. Hal tersebut dikarenakan Negara Indonesia memiliki letak geografis berupa dikelilingi oleh banyak sekali lautan. Perbatasan antara lautan dan daratan biasa disebut dengan pantai. Kabupaten Bone menjadi salah satu penyedia pantai yang cukup indah untuk mengisi waktu liburan anda. Salah satu pantai yang bisa anda kunjungi adalah Pantai Tete. Pantai Tete terletak di Gulf of Boni, Tonra. Di sepanjang pantai, anda bisa menikmati waktu anda secara santai dengan duduk di sana. Keindahan pantai berupa pasir yang kemilau dan gelombang air laut yang tidak terlalu tinggi menjadikan tempat wisata ini menjadi tempat wisata yang cukup favorit untuk bisa anda kunjungi kapan saja.

4. Bola Soba


Selain kekayaan alam, Indonesia juga kaya akan berbagai macam budaya. Salah satu hasil kebudayaan yang bisa anda temui di Kabupaten Bone adalah rumah adat asal Kabupaten Bone yang bernama Bola Soba. Dengan mengunjungi tempat wisata ini, anda bisa mengenalkan salah satu kebudayaan yang cukup dibanggakan oleh Indonesia kepada anak atau keluarga anda yang lain. Dengan begini, pengetahuan yang dimiliki oleh anak-anak akan menjadi semakin bertambah. Perjalanan liburan tidak hanya digunakan sebagai kegiatan melepas lelah, tapi juga digunakan sebagai proses pembelajaran yang menyenangkan. Bila anda memutuskan untuk mengunjungi salah satu tempat wisata di Kabupaten Bone ini, anda bisa melihat rumah adat bernama Bola Soba di Kecamatan Tanette Riattang, yaitu di Jalan Latenritatta, Manurunge.

5. Tanjung Pallete


Pantai lain yang bisa anda kunjungi di Kabupaten Bone adalah Tanjung Pallete. Pantai ini memiliki keindahan yang bisa anda nikmati kapan saja. Matahari terbenam yang sangat indah bisa anda lihat ketika anda mengunjungi tempat wisata di Kabupaten Bone ini. Selain menikmati keindahan matahari terbenam, anda bisa menikmati indahnya lautan dengan duduk-duduk di bawah pohon kelapa yang terletak di sepanjang pantai. Selain menikmati semua yang tersedia di pantai dengan cara duduk santa, anda juga bisa menyewa berbagai macam jenis ban sehingga waktu liburan anda menjadi lebih terasa rileks. Selain berenang di laut, anda juga bisa berenang di kolam yang tersedia di Pantai Tanjung Pallete.

6. Air Terjun Baruga


Selain kekayaan alam berupa pantai dan pepohonan hijau, anda juga bisa menikmati keindahan alam dalam bentuk lain di Kabupaten Bone. Tempat wisata di Kabupaten Bone selanjutnya yang bisa anda datangi adalah Air Terjun Baruga. Tempat wisata ini sangat cocok untuk anda kunjungi bila anda mencari tempat wisata yang bisa memberikan kesegaran bagi jiwa dan raga anda. Setelah lelah menghabiskan banyak energi untuk menyelesaikan pekerjaan, anda bisa mencari udara segar dengan mengunjungi air terjun Baruga. Di air terjun ini anda bisa menikmati segarnya udara yang tersedia dengan bersantai di atas hammock. Selain itu, jalan menuju tempat wisata ini juga bisa menjadi hiburan tersendiri karena menyediakan rimbunnya pepohonan yang ada. air Terjun Baruga terletak di Barugae, Lamuru di Kabupaten Bone.

7. Salo Marungnge


Pernahkan anda membayangkan untuk menikmati keindahan sungai di bawah laut? Hal tersebut bisa anda dapatkan dengan mengunjungi Salo Marungnge yang terletak di Kecamatan Palakka, tepatnya di Desa Ureng. Tempat wisata di Kabupaten Bone ini memiliki keindahan yang jangan sampai anda lewatkan. Dengan mengunjungi tempat wisata ini, anda akan melihat segarnya air sungai yang mengalir di dalam goa.

8. Taman Arung Palakka


Malam hari juga bisa dijadikan waktu yang tepat untuk menikmati wisata alam yang terletak di Kabupaten Bone. Salah satu tempat wisata yang bisa anda kunjungi saat malam hari adalah Taman Arung Palakka. Lampu hias yang ditata sedemikian rupa menjadikan waktu liburanmu menjadi tidak terasa.

9. Air Terjun Lamasua


Air terjun lain yang bisa anda kunjungi di Kabupaten Bone adalah Air Terjun Lamasua. Air terjun ini bisa memberikan kesegaran yang bisa anda nikmati kapan saja. Segarnya air yang tersedia bisa membuat tubuh dan jiwa anda menjadi terasa lebih relaks.

Itulah beberapa tempat wisata yang bisa anda kunjungi ketika berada di Kabupaten Bone. Jangan lupa untuk selalu memastikan keamanan barang bawaan anda agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan.