Mengunjungi Tempat Wisata di Kabupaten Bantaeng

Diposting pada

Salah satu hal menarik dan menyenangkan yang bisa anda lakukan ketika memiliki waktu luang adalah melakukan kegiatan liburan. Ada banyak hal yang bisa dilakukan ketika anda menggunakan waktu lengang untuk berlibur. Pertama, anda bisa menggunakan waktu tersebut untuk menyegarkan pikiran dan tubuh anda. Berbagai macam beban kegiatan dan pekerjaan yang telah anda lalui setiap hari harus anda lepaskan agar pekerjaan selanjutnya yang harus anda selesaikan bisa lebih ringan untuk dikerjakan. Berbagai macam beban tersebut bisa anda lepaskan salah satunya dengan mengunjungi berbagai macam tempat wisata yang tersebar di dunia.

Salah satu negara yang memiliki banyak sekali tempat wisata adalah Indonesia. Hal tersebut dikarenakan kondisi geografis yang dimiliki Indonesia. Indonesia yang merupakan negara kepulauan menjadikan banyak penduduk atau wisatawan memiliki banyak pilihan untuk melakukan wisata. salah satu daerah di Indonesia yang menyimpan potensi wisata yang sangat menarik untuk dikunjungi adalah Kabupaten Bantaeng yang ada di Sulawesi Selatan. Ada banyak sekali jenis tempat wisata di Kabupaten Bantaeng yang bisa anda kunjungi. Penasaran? Berikut ini penjelasannya.

1. Pantai Seruni


Pantai menjadi salah satu destinasi andalan yang selalu disuguhkan oleh Indonesia. Berbagai macam keindahan panorama bisa anda miliki dengan mengunjungi sebuah pantai. Salah satu tempat wisata di Kabupaten Bantaeng berupa pantai yang bisa anda datangi adalah Pantai Seruni. Pantai ini memiliki berbagai macam potensi yang sangat sayang untuk anda lewatkan. Terletak di Jalan Seruni, Keindahan pasir pantai akan menyapa anda ketika anda datang ke destinasi wisata ini. Selain itu, deburan ombak juga akan menyambut anda di sana. Sembari menikmati keindahan alam yang tersedia, anda juga bisa menikmati jajanan yang disediakan di warung-warung kecil di sepanjang Pantai Seruni.

2. Pantai Marina


Selain Pantai Seruni, Pantai Marina juga menjadi pantai lain yang memiliki banyak pengunjung. Para wisatawan yang datang ke pantai ini bertujuan untuk memburu keindahan pemandangan matahari terbenam. Di sana, matahari terbenam bisa dinikmati sembari duduk santai di sepanjang pasir yang terhampar. Air laut atau ombak di Pantai Marina juga tidak terlalu besar. Hal tersebut menjadi alasan mengapa banyak keluarga memutuskan untuk menjadikan Pantai Marina sebagai tempat wisata di Kabupaten Bantaeng yang sangat digemari. Pantai Marina berada di Kabupaten Bantaeng, tepatnya di Desa Baruga, Pa’Jukukang.

3. Bukit Rumbia


Bagi anda yang ingin menikmati kesegaran alam, anda bisa mengunjungi Bukit Rumbia yang ada di Desa Rumbia, Jeneponto. Di sana, ada hamparan rumput hijau yang akan menemani anda menikmati waktu luang yang anda punya. Dengan duduk santai di bukit ini, anda bisa melepaskan beban berat yang selama ini anda tanggung sehingga selepas mengunjungi tempat ini anda bisa menjadi lebih fresh. Selain hamparan rumput hijau yang tersedia, dengan mengunjungi tempat wisata di Kabupaten Bantaeng ini anda bisa duduk santau di pohon besar yang tersedia untuk menikmati keindahan pemandangan dari atas bukit.

4. Gunung Daulu


Bila anda berencana untuk melatih fisik di waktu luang anda, tidak ada salahnya untuk melakukan pendakian di Gunung Daulu. Gunung ini terletak di Kabupaten Bantaeng, tepatnya di Kecamatan Tempobulu. Berbeda dari gunung lain yang ada di Pulau Jawa dan biasa untuk dijadikan jalur pendakian, Gunung Daulu cukup mudah untuk dijadikan jalur pendakian, apalagi bagi pendaki pemula. Hal tersebut dikarenakan medan atau akses yang harus ditempuh untuk menuju puncak cukup mudah. Selain itu, terdapat beberapa fasilitas yang sangat membantu anda untuk mencapai titik puncak Gunung Daulu. Setelah sampai ke puncak, anda bisa menikmati keindahan pemandangan Kabupaten Bantaeng yang sangat menarik untuk dilihat.

5. Agrowisata Loka


Bila anda merupakan salah satu penggemar tanaman, agrowisata loka merupakan tempat wisata di kabupaten bantaeng yang layak untuk anda kunjungi. Hal tersebut dikarenakan ada banyaknya bunga yang tersebar di tempat wisata ini. Ada banyak sekali jenis bunga yang akan menyapa anda ketika anda memutuskan untuk mengunjungi tempat wisata ini. Hal tersebut bisa anda jadikan bahan refreshing anda. Selain itu, dengan latar bunga yang indah, anda bisa mengabadikan momen bahagia anda untuk akhirnya bisa anda bagikan ke kerabat anda melalui media sosial yang anda miliki. Selain itu, agrowisata loka juga bisa dijadikan tempat edukasi bagi anak-anak untuk mengetahui berbagai macam flora yang ada di Indonesia dan dunia.

6. Air Terjun Bissappu


Kesegaran alam bisa anda temukan dengan mengunjungi air terjun bissappu. Air terjun ini memiliki keindahan panorama yang sangat bagus untuk anda nikmati. Kondisi udara yang belum terlalu bercampur dengan polusi menjadi tempat wisata di Kabupaten Bantaeng ini memiliki banyak penggemar. Air terjun ini juga memiliki kesegaran air yang sangat menarik untuk dicoba. Anda bisa mencoba untuk bermain air di air terjun tersebut. Namun, hal penting yang perlu diperhatikan adalah untuk tetap menjaga diri untuk meminimalisir bencana yang mungkin terjadi. Air terjun ini terletak di Desa Bonto Salluang, Bisappu.

7. Air terjun Eremerasa


Air terjun lain yang juga dijadikan andalan Kabupaten Bantaeng adalah air terjun eremerasa. Keindahan lain yang bisa didapat dari mengunjungi air terjun ini adalah kesegaran alamnya. Selain itu, adanya bebatuan besar yang ada menjadikan air terjun semakin indah untuk dinikmati. Di sana anda bisa duduk santai merasakan kesegaran. Selain itu, ada pula warung-warung kecil yang menyediakan berbagai macam makanan yang bisa anda coba untuk menemani waktu anda ketika berlibur di tempat wisata di kabupaten bantaeng tersebut.

8. Air terjun mattep


Selain air terjun eremeras dan air terjun bissapu, di Kabupaten Bantaeng juga terdapat air terjun mattep yang layak untuk dikunjungi. Air terjun ini sedikit berbeda dengan air terjun yang lain. Hal berbeda tersebut ditunjukkan dengan tidak terlalu tingginya curug yang menjadi tempat tumpahnya air. Air terjun mattep memiliki tingkat kejernihan air yang cukup tinggi. Anda bisa melihat bebatuan yang ada di dasar air terjun tersebut. Tidak terlalu tingginya air terjun mattep menjadikan air terjun ini tidak terlalu berbahaya bila anda ingin bermain air di sekitar destinasi wisata tersebut.

9. Air terjun bossola


Kabupaten bantaeng seperti tidak pernah habis memiliki destinasi wisata berupa air terjun. Air terjun lainnya yang bisa anda kunjungi adalah air terjun bossola. Hal unik yang bisa anda temukan pada tempat wisata di kabupaten bantaeng ini adalah adanya beberapa tingkatan air terjun. Air yang mengalir tidak langsung menuju bawah seperti air terjun pada umumnya, melainkan air tersebut harus melewati beberapa tingkatan terlebih dahulu.

Bila anda mengunjungi tempat wisata di kabupaten bantaeng jangan lupa untuk selalu menjaga fasilitas yang telah disediakan. Selain itu, jangan lupa juga untuk selalu menjaga kebersihannya.