Mengenal Tempat Wisata di Kabupaten Gowa Yang Paling Mempesona

Diposting pada

Anda suka traveling? Sudah pernah mengunjungi Kabupaten Gowa, tetapi merasa masih ada yang kurang? Nah, mungkin anda kurang mengekspos keberadaan tempat wisata di Kabupaten Gowa tersebut. Karena, kalau ditelusuri dengan saksama, ternyata di Kabupaten Gowa tersebut terdapat banyak jenis destinasi atau tempat wisata yang bisa anda kunjungi.

Sebagai salah satu wilayah kabupaten yang terletak di Provinsi Sulawesi Selatan, wilayah tersebut merupakan salah satu wilayah favorit untuk dikunjungi. Apalagi kalau bukan karena banyaknya wisata di Kabupaten Gowa yang banyak menarik minat pengunjung. Penasaran? Berikut di bawah ini adalah beberapa destinasi wisata di Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan.

1. Wisata Lembah Ramma


Tidak semua orang bisa menikmati bagaimana rasanya berada di suatu lembah dengan cuaca yang sejuk ditambah lagi dengan suguhan pemandangan yang memanjakan mata. Hal tersebut lah yang akan anda nikmati di wisata Lembah Ramma. Lokasi yang berada di kaki Gunung Bawakaraeng akan membuat traveling anda semakin berkesan.

2. Wisata Air Terjun Parangloe

Kalau anda suka wisata alam yang masih asri, maka wisata ari terjun Parangloe menjadi tempat wisata di Kabupaten Gowa yang harus anda kunjungi. Hanya berjarak sekitar 20 km dari pusat kota, tepatnya di Desa Bori, Kabupaten Gowa. Anda akan dimanjakan dengan aliran air terjun yang indah dan unik karena terdapat tumpukan batu yang menyusun uniknya aliran air terjun tersebut.

3. Wisata Danau Tanralili


Rasanya ada yang kurang apabila anda telah sampai di kabupaten Gowa tetapi belum mengunjungi salah satu tempat wisata di Kabupaten Gowa yang menjadi unggulan, yaitu Danau Tanralili. Danau tersebut terletak di kaki Gunung Bawakaeng. Tidak seperti danau pada umumnya, di Danau Tanralili tersebut anda bisa puas menikmati keindahan danau juga pemandangan sekitar yang memukau.

4. Wisata Museum Balla Lompoa


Terdapat satu tujuan wisata yang memiliki warna atau daya tarik sejarah, yaitu Museum Balla Lompoa. Bagaimana tidak, museum tersebut merupakan hasil rekonstruksi kerajaan yang berdiri pada tahun 1936. Berada di Sungguminasa Somba Opu, Kabupaten Gowa, berbagai jenis benda sejarah seperti mahkota, keris hingga benda unik lainnya dapat anda temui untuk memperdalam sejarah.

5. Wisata Hutan Pinus Bissoloro


Nah, kalau tempat wisata yang satu ini pasti sangat disukai apalagi kalau anda merupakan orang yang suka exist di media sosial. Bernama Hutan Pinus Bissoloro, merupakan salah satu tempat wisata di Kabupaten Gowa yang menyajikan banyak spot foto yang tidak pernah ada habisnya. Ada baiknya anda siapkan kamera terbaik agar bisa digunakan untuk banyak spot dan mendapat hasil foto terbaik.

6. Wisata Bendungan Bili-bili


Bendungan Bili-bili memang dibangun untuk sebagai tempat yang tidak hanya berfungsi untuk pembangunan negara, namun juga bisa digunakan untuk tempat rekreasi. Bendungan tersebut tidak hanya sebagai bendungan terbesar di Kabupaten Gowa, namun juga yang terbesar di Sulawesi Selatan. Bagi anda yang mau berkunjung, anda bisa menuju lokasi yaitu di Desa Bili-bili, Kabupaten Gowa.

7. Wisata Air Terjun Biroro


Anda masih kurang puas dengan perjalanan anda di alam terbuka dengan pemandangan yang asri? Maka sebaiknya dan kunjungi Air Terjun Biroro yang menjanjikan suasana asri dengan air jernih dari air terjun tersebut. Apalagi untuk mengunjungi tempat wisata tersebut, anda tidak dikenakan biaya masuk atau gratis. Segera kunjungi air terjun biroro yang berada di desa Bonto Lerung, Kabupaten Gowa.

8. Wisata Air Terjun Salewangan Malino

Selain air terjun Biroro, kabupaten Gowa juga memiliki air terjun lainnya yang bernama Air Terjun Salewangan Malino. Sesuai namanya, air terjun tersebut terletak di desa Malino, Kecamatan Tinggimoncong, Kabupaten Gowa. Selain memiliki suasana yang asri, anda juga bisa memanfaatkan beberapa spot untuk menghasilkan hasil foto yang maksimal untuk anda bagikan di sosial media.

9. Wisata Grand Canyon Kampili

Menjadi salah satu tempat wisata yang favorit untuk dikunjungi, yaitu Grand Canyon Kampili. Yang merupakan salah satu bendungan yang berada di Kabupaten Gowa, tepatnya di Desa kampili. Tempat tersebut merupakan tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi keluarga untuk bersantai dan juga anda yang ingin melepas penat dari kesibukan rutinitas sehari-hari.

10. Wisata Benteng Somba Opu


Merupakan tempat wisata di Kabupaten Gowa yang banyak dikunjungi karena terkenal dengan sejarah Kabupaten Gowa. Perlu anda ketahui, Bebteng Somba Opu tersebut merupakan peninggalan sejarah yang sudah dibangun sejak abad ke-16. Dengan ticket masuk yang gratis, anda sudah bisa berkeliling di benteng peninggalan Raja Daeng Matanre Karaeng Tumapa’risi’ Kallonna tersebut.

11. Wisata Air Terjun Cinta


Nah, kalau yang satu ini pasti akan anda suka. Air Terjun Cinta merupakan tempat wisata di Kabupaten Gowa yang akan membuat suasana asri menjadi lebih bermakna karena ada suasana romantis yang muncul dari tempat wisata tersebut. Terletak di Desa Bengo, Kabupaten Gowa, anda bisa nikmati keindahan alam bersama orang terdekat anda.

12. Wisata Malino Highland


Ingin merasakan suasana yang berbeda menjadi salah satu alasan mengapa banyak orang melakukan traveling atau wisata. Nah, di Wisata Malino Highland ini anda bisa dapatkan itu. Selain terkenal dengan hamparan pemandangan kebun teh dan pegunungan yang indah, tempat wisata ini juga yang menjadi salah satu icon Kabupaten Gowa. Adapun letak wisata ada di Kecamatan Tinggimoncong, Gowa.

13. Wisata Air Terjun Takapala

Untuk bisa masuk ke lokasi wisata, anda hanya akan dikenakan biaya Rp 2.000,00 saja. Namun, siapa sangka dibalik harga ticket yang murah tersebut ternyata suasana air terjun Takapala tersebut sungguh mengesankan. Curah air terjun dengan ketinggian mencapai 109 meter, ditambah kerindangan sekitar yang masih asri akan membuat anda betah di lokasi yang bertempat di Desa Bono Lerung tersebut.

14. Wisata Air Terjun Bulan


Masih kurang puas dengan air terjun Takapala? Anda bisa mengunjungi wisata air terjun lainnya yaitu Air Terjun Bulan. Anda bisa puas menjelajahi wisata alam air terjun yang satu ini, mulai dari hanya jalan-jalan menikmati alam hingga hunting foto untuk diunggah di sosial media. Adapun tempat wisata tersebut terletak di Desa Gattarang, Kecamatan Tinggimoncong.

15. Wisata Air Terjun Parang Bugisi

Harus diakui bahwa Kabupaten Gowa memang memiliki beberapa wisata air terjun. Namun, wisata air terjun yang satu ini akan membuat anda betah berada di lokasi tersebut, yaitu Air Terjun Parang Bugisi. Karena, selain objek air terjun, juga terdapat sungai dengan batu yang memadati. Sehingga, membuat aliran air sungai menjadi lebih indah di tempat wisata yang berada di Malino tersebut.

16. Wisata Air Terjun Lembana

Nah, untuk melengkapi traveling anda di Kabupaten Gowa, anda bisa mampir sebentar di wisata Air Terjun Lembana. Setelah mengunjungi beberapa tempat wisata di Kabupaten Gowa, anda bisa mengunjungi air terjun Lembana tersebut sekadar untuk menyegarkan pikiran dan untuk berfoto di spot yang bagus. Adapun lokasi tempat wisata tersebut adalah di Malino, Kecamatan Tinggimoncong.