Mengeksplorasi Pesona Tempat Wisata di Grobogan yang Tersembunyi

Diposting pada

Tempat Wisata di Grobogan – Kabupaten Grobogan mungkin masih terdengar asing di telinga masyarakat awam. Uniknya, Purwodadi yang merupakan pusat pemerintahan Grobogan justru lebih dikenal dan kerap dianggap sebagai kabupaten itu sendiri. Padahal, Grobogan merupakan kabupaten terluas kedua setelah Cilacap untuk Provinsi Jawa Tengah, yang seharusnya lebih mudah dikenali terutama oleh para pelancong.

Sebab, Grobogan memiliki begitu banyak destinasi wisata unik yang kurang tereksplorasi. Mempertimbangkan luas dan demografi wilayah, Grobogan merupakan surga wisata di mana memiliki kekayaan pesona alam serta potensi besar untuk wisata komersil. Sebab itu, artikel berikut akan mencoba merekomendasikan destinasi-destinasi wajib dari Grobogan yang dapat dijadikan referensi perjalanan para traveler.

Tempat Wisata di Grobogan

Sendang Coyo


Sendang atau kolam yang satu ini tidak pernah surut airnya bahkan saat musim kemarau. Diyakini pula oleh warga setempat, jika mandi di sini pada malam 1 suro dapat membuat awet muda. Untuk dapat merasakan sensasi mandi di sendang ini, wisatawan cukup membayar tiket Rp. 3.000,- dengan fasilitas berupa toilet umum.

Sendang Wangi


Desa Sumberagung memiliki sendang yang tidak kalah menarik, yakni kolam pemandian dengan air berwarna kebiruan yang mengeluarkan aroma wangi alami sehingga kemudian dijuluki Sendang Wangi. Wisatawan yang ingin membuktikan langsung keajaiban sendang ini cukup mengeluarkan biaya sebesar Rp. 3.000,- per orang. Selain wangi, air sendang dipercaya berkhasiat menyembuhkan beragam penyakit.

Sendang Keongan


Dibandingkan dengan dua sendang sebelumnya, Sendang Keongan memang kurang begitu populer karena akses lokasinya agak sulit. Padahal di sini terdapat dua buah pemandian alam kembar dengan air yang jernih kebiruan. Suasananya sangat tenang dan wisatawan tidak dipungut retribusi apa pun saat berkunjung, tetapi konsekwensinya pun tidak ada fasilitas yang memadai.

Waduk Cindelaras


Areal yang menjadi bumi perkemahan siswa siswi Grobogan ini berada di bawah pengelolaan Perhutani dan dapat diakses oleh publik dengan membayar tiket Rp. 3.000,- per orang. Uniknya, di waduk ini tidak selalu tersedia air karena jika musim kemarau tiba, bendungan yang bersifat sebagai sumber pengairan cadangan tersebut sering kering.

Waduk Klambu


Berlokasi di Desa Klambu, waduk ini menjadi salah satu bendungan utama di Grobogan, di samping Waduk Kedung Ombo yang merupakan kepemilikan bersama dengan Demak. Di sini, pengunjung dapat menikmati panorama alam yang asri secara gratis, karena tidak banyak hal lain yang dapat dilakukan di mana membuat popularitas waduk sangat kurang.

Ayodya Bloombang Waterpark


Untuk wisata modern ini baru beberapa tahun belakangan beroperasi dan lebih populer dengan sebutan Kolam Renang Ayodya. Lokasinya berada di pusat kota Purwodadi sehingga mudah pula dijangkau oleh para wisatawan. Terdapat dua tipe kolam renang, yakni untuk anak-anak dan dewasa, dengan tiket masuk sebesar Rp. 10.000,- per orang.

Goa Macan


Grobogan memiliki beberapa goa yang terbentuk secara alami berkat keberadaan pegunungan kapur di kabupaten tersebut, salah satunya Goa Macan yang berlokasi di Desa Sedayu. Konon dahulu goa ini dihuni oleh macan atau harimau sehingga disebut demikian, meski sekarang tidak lagi dan beralih fungsi sebagai tempat wisata gratis untuk umum.

Goa Lowo


Tidak jauh dari Goa Macan, terdapat sebuah goa lain yang bernama Goa Lowo atau Goa Kelelawar. Wisatawan tidak perlu khawatir harus berhadapan dengan kelelawar di sini, karena goa ini sudah cukup lama tidak lagi dihuni oleh binatang malam tersebut. Di dalamnya terdapat stalagmit dan stalagtit yang dapat menggemakan suara berirama.

Goa Urang


Sedangkan untuk goa yang satu ini, lokasinya berada di Desa Kemadohbatur. Dinamai urang yang berarti udang karena dulu populasi udang mudah didapatkan di sini. Sayangnya, objek wisata ini belum mendapatkan perhatian serius dari warga sekitar maupun pemerintah setempat karena akses lokasinya cukup sulit. Padahal pemandangan stalagtit dan stalagmitnya cantik.

Bleduk Kuwu


Bila ingin menyaksikan fenomena alam yang unik di Grobogan, maka Bleduk Kuwu yang berada di Desa Kuwu merupakan destinasi yang paling tepat. Tempat wisata gratis ini menyajikan pertunjukan langsung kawah lumpur yang meletup setiap beberapa menit sekali, di mana menurut para ilmuwan merupakan proses pelepasan gas metana bumi.

Jika berkunjung ke Bleduk Kuwu, wajib mencoba kuliner Ayam Pencok Kuwu yang legendaris tetapi hampir punah karena sudah jarang yang mengolahnya. Kuliner ini berupa ayam goreng yang disantap dengan sambal pencok sambal dengan isian kelapa parut, terasi, cabai, bawang, dan kencur. Rasanya sangat khas dan lezat.

Air Terjun Widuri


Legenda Jaka Tarub dan Tujuh Bidadari merupakan salah satu cerita rakyat yang paling populer. Air Terjun Widuri inilah yang diyakini sebagai lokasi pertemuan pertama Jaka Tarub dengan Dewi Nawang Wulan yang kemudian dipersuntingnya. Lokasi air terjun ini berada di Desa Batur dan pengunjung dikenakan tarif sebesar Rp. 5,000,- per orang.

Api Abadi Mrapen


Popularitas tempat wisata yang satu ini cukup tinggi, terutama menjelang digelarnya event-event olahraga bertaraf nasional dan internasional di Indonesia karena biasanya api untuk obor sebagai simbol diambil dari sini. Sumber api yang berada di Desa Manggarmas ini tidak pernah padam bahkan meski diguyur oleh hujan deras dan dapat dikunjungi gratis.

Lumpur Kesongo


Wisatawan cukup membayar tiket Rp. 2.000,- untuk menyaksikan fenomena alam unik lainnya dari Grobogan, yakni Lumpur Kesongo. Di sini, pengunjung dapat melihat sendiri semburan-semburan dari lahar dingin. Ada pula satu titik yang dapat memvisualisasikan tekad pengunjung bersangkutan jika disiram dengan susu. Tentu tidak sembarangan, karena harus ditemani sang juru kunci.

Jatipohon


Kawasan wisata ini merupakan puncak perbukitan yang berada di perbatasan Grobogan dengan Pati. Wisatawan dapat menikmati pemandangan Purwodadi sebagai pusat pemerintahan dari ketinggian. Sekelilingnya terhampar pepohonan hijau yang rindang dan asri. Terutama pada malam hari saat lampu-lampu kota menyala, pemandangannya akan lebih cantik lagi. Tiketnya cukup Rp. 2.000,- per orang.

Desa Wisata Banjarejo


Untuk yang ingin mempelajari tentang sejarah serta budaya Grobogan, dapat mengunjungi kawasan desa wisata Banjarejo. Di sana, terdapat pula koleksi fosil-fosil purbakala yang menarik untuk dipelajari serta ditata sedemikian rupa dalam museum sehingga cukup instagrammable untuk dibagikan di akun sosial media masing-masing. Tiket masuk museumnya dibanderol Rp. 3.000,- per orang.

Danau Resto Purwodadi


Menyantap makanan lezat sekaligus menikmati panorama alam yang cantik merupakan konsep dari restoran yang mengelilingi sebuah danau dan berada di pusat kota Purwodadi ini. Terdapat ruang makan modern untuk meeting, joglo dan juga saung yang dapat dipilih. Salah satu menu favorit adalah Iga Becek yang dibanderol Rp. 38.000,- per porsi.

Grobogan, Destinasi Wisata Murah Meriah Di Jawa Tengah

Melalui daftar pariwisata Grobogan di atas, tarif yang dibanderol untuk masing-masing objek wisata tergolong sangat murah jika dibandingkan dengan tiket masuk di daerah-daerah lain di Pulau Jawa. Sebab itu, Grobogan dapat dijadikan pilihan bagi yang ingin berwisata dengan budget terbatas.