Liburan Seru ke Sulawesi Utara Mengunjungi Tempat Wisata di Kabupaten Minahasa

Diposting pada

Kabupaten Minahasa merupakan salah satu daerah di Sulawesi Utara dengan ibukotanya Tondano. Kabupaten yang satu ini memiliki banyak pesona alam yang tidak pernah sepi dari pengunjung wisatawan. Tidak heran kalau dari tahun ke tahun jumlah pengunjung yang datang selalu semakin bertambah.

Bagi Anda yang belum pernah berlibur ke Minahasa dan tidak tahu objek wisata apa saja yang populer, berikut ini akan diberikan beberapa rekomendasi tempat wisata di Kabupaten Minahasa yang seru untuk Anda jelajahi.

1. Danau Tondano


Danau Tondano menjadi salah satu objek wisata favorit masyarakat Minahasa karena memberikan pesona alam yang cantik. Berada di Desa Remboken, Anda dapat melihat keindahan Gunung Kaweng yang terlihat sangat jelas di kejauhan.

Anda yang suka memancing bisa memancing ikan di sini yang terkenal dengan ikan nike kecilnya. Tidak heran kalau penduduk setempat banyak yang menjualkan ikan nike kecil yang nantinya akan diolah menjadi menu makanan lain, seperti bakso ikan atau menu khasnya, waku-waku bolanga yang mirip dengan ikan bakar. Kalau ingin langsung mencobanya bisa mencicipinya di restoran terdekat. Untuk masuk ke tempat wisata di Kabupaten Minahasa ini, Anda hanya perlu membayar Rp 4.000 saja dan ditambah dengan biaya asuransi.

2. Gunung Soputan


Meskipun akhir-akhir ini sedang sering terjadi erupsi, tetap saja keindahan Gunung Soputan yang berada di Sulawesi Utara ini tidak pernah redup dari para wisatawan yang pernah mengunjunginya untuk bereksplor ria. Padang rumput pasirnya yang warnanya hitam tentu menjadi objek wisata yang sangat menarik perhatian wisatawan.

Atau, kalau Anda ingin merasakan kesejukan pohon pinus yang rindang, Anda dapat mengunjungi Hutan Pinuhnya yang masih berada di kawasan Gunung Soputan. Tapi, puncak gunungnya yang paling sering di cari dan Anda harus berjuang melewati jalan bertebing dan berpasir. Untuk masuk ke kawasan ini, Anda tidak perlu membayar tiket masuknya.

3. Bukit Kasih


Bukit Kasih berada di Jl. Kawangkoan Kanonang, Kanonang Empat, Kawangkoan Barat, Minahasa dan menjadi salah satu tempat wisata di Kabupaten Minahasa yang populer di kalangan wisatawan dan masyarakat setempat. Diberi nama itu karena terdapat masyarakat yang memiliki keanekaragaman agama dan budaya, tapi tetap bisa hidup dengan damai.

Di bukit ini terdapat 5 tempat ibadah yang bisa Anda gunakan untuk beribadah sesuai dengan kepercayaan masing-masing, seperti masjid, 2 gereja, vihara, dan pura. Jika merasa kepanasan, Anda bisa menyewa payung di tempat penyewaannya. Ada juga penjual souvenir kalung dan cincin. Biaya tiket masuk ke bukit ini sangat murah, hanya Rp 5.000 saja dan untuk biaya parkir sekitar Rp 5.000 hingga Rp 10.000.

4. Danau Linow


Danau Linow dikenal juga dengan Danau 3 Warna yang terletak di Keluharan Lahendong, Tomohon Selatan, Sulawesi Utara. Suasananya yang sejuk berasal dari pepohonan yang rindang dan terhampar luas di bawah kaki Gunung Lokon. Di sebut sebagai Danau 3 Warna karena airnya sewaktu-waktu dapat berubah menjadi 3 warna yang berbeda, yakni biru keputihan, cokelat, serta hijau.

Di area danau ini terdapat cafetaria yang bisa menjadi tempat bersantai Anda sambil menikmati hidangan hangat atau dingin yang lezat. Pemandangan yang disajikan di cafe tersebut sangatlah menyejukan karena berada tepat di pinggir danau ini. Untuk biaya tiket masuknya, yaitu Rp 25.000 sudah termasuk dengan minuman kopi atau teh hangat yang bisa Anda dapatkan di kafenya.

5. Tree House Puncak Urongo


Tree House Puncak Urongo berlokasi di Kawasan Remboken, Minahasa. Di atas puncaknya, Anda dapat menyaksikan pesona alamnya yang sangat asri dan menganggumkan, apalagi disuguhkan dengan pemandangan Danau Tondano.

Terdapat gardu pandang, rumah pohon yang berdiri kokoh di pohon yang tinggi, jembatan gantung, dan sebagainya. Lokasi-lokasi tersebut bisa Anda jadikan sebagai spot foto terbaik dengan latar belakang hamparan hutan dan Danau Tondano di kejauhan. Anda juga bisa bermain wahana ekstrim lainnya, seperti flying fox, skybike, serta extreme swing.

Untuk tiket masuknya, Anda hanya perlu membayar seikhlasnya. Begitu pula dengan spot fotonya yang hanya membayar secara sukarela saja.

6. Tetetana Peak Kumelembuai


Tetetana Peak Kumelembuai merupakan salah satu dari sekian banyaknya tempat wisata di Kabupaten Minahasa yang cukup populer di kalangan wisatawan dan berada di Suluan, Tombulu, Minahasa. Puncak ini menyajikan pemandangan 4 kabupaten kota yang sangat jarang sekali didapat di objek wisata lainnya.

Hamparan rumputnya membentang sangat luas dan dilengkapi dengan pesona kebun bunga yang cukup luas di sisi kiri maupun kanannya.

Ketika berada di puncaknya, Anda akan melihat pesona kota yang tidak biasa, yakni indahnya Kota Manado, cantiknya Kabupaten Minahasa Utara, eloknya Kota Bitung, serta Tondano. Di sini terdapat warung makanan kecil kecil seperti pisang goreng, pop mie, kopi, dan teh saja. Untuk selebihnya sudah disediakan aula besar dan toilet. Untuk tiket masuknya, Anda hanya membayar Rp 5.000 saja.

7. Temboan Peak Rurukan


Tempat wisata di Kabupaten Minahasa selanjutnya yang tidak kalah menarik untuk dikunjungi yaitu Temboan Peak Rurukan yang terletak di Masarang, Tondano Barat, Minahasa. Dari atas puncaknya, Anda akan melihat pesona alam yang sangat menyejukkan hati dan pikiran, sehingga cocok menjadi lokasi pelepas stress di kala liburan.

Terdapat spot foto menarik yang bisa Anda coba dengan latar belakangnya hamparan hutan yang luas dan juga Kota Bitung yang cantik. Terdapat juga wahana permainan seru yang layak Anda coba. Kalau lapar, Anda pesan saja di warung makannya yang menyajikan makanan hangat, seperti mie rebus, kopi, teh, pisang goreng, dan sebagainya. Tiket masuknya sangat murah, hanya Rp 5.000 saja per orang.

8. Pantai Mahembang


Pantai Mahembang menjadi tempat wisata di Kabupaten Minahasa selanjutnya bagi Anda yang suka dengan pesona pantai. Objek wisata ini terletak di Mahembang, Kakas, Minahasa dengan biaya tiket masuknya hanya Rp 1.000 saja per orangnya.

Warna pasirnya sangatlah putih bersih dan suasananya juga tidak ramai seperti belum tersentuh oleh banyak pengunjung. Lautannya pun juga berwarna biru kehijauan yang membuatnya terlihat lebih eksotis. Kalau lapar, Anda bisa ke warung-warung makan yang berada di sekitar pinggir pantainya. Ada juga toilet kalau Anda berkepentingan MCK.

9. Pantai Mangatasik


Objek wisata selanjutnya di Kabupaten Minahasa adalah Pantai Mangatasik. Pantai yang satu ini berada di 5 km dari Desa Tanawangko, tepatnya di Kecamatan Tombariri. Pesona pantainya tidak kalah cantiknya dari pantai-pantai yang ada di Sulawesi Utara lainnya, apalagi saat sore hari ketika adanya matahari terbit yang membuat air pantai seakan-akan diberi warna orange.

Anda yang ingin bersantai-santai saja bisa duduk di pondok-pondok yang atapnya terbuat dari daun katuk sambil menikmati pisang goreng yang diberi sambal rowa khas Minahasa. Pasirnya yang cokelat dan lautnya yang berwana biru membuat panoramanya semakin terasa lengkap saja. Untuk tiket masuknya, sebenarnya tidak dikenakan biaya apapun. Tapi, Anda bisa membayar uang sukarela kebersihan.