Kunjungi Tempat Wisata di Sukoharjo yang Nyaman Ini

Diposting pada

Tempat Wisata di Sukoharjo – Sukoharjo adalah salah satu daerah kecil yang berada di bagian selatan dari kota Solo Jawa Tengah. Memang daerah yang satu ini belum banyak diketahui dan dikunjungi orang banyak, namun siapa sangka jika menyimpan banyak lokasi wisata menarik. Sukoharjo sendiri memang dikenal sebagai salah satu sentra jamu dan juga sentra gamelannya. Banyak keindahan alam dan juga budaya yang tersimpan di Sukoharjo. Dalam hal ini Sukoharjo mulai mendapat banyak perhatian publik dan juga menyimpan banyak budaya dan lokasi wisata yang wajib untuk dikunjungi.

Bukan hanya terkenal dengan dua hal tersebut, melainkan Sukoharjo sendiri memiliki panorama dan keindahan yang tidak kalah dengan kota lainnya. Sukoharjo memiliki berbagai macam lokasi atau destinasi wisata yang menarik dan sayang untuk dilewatkan. Anda dapat menikmati akhir pekan anda dengan menikmati berbagai destinasi wisata seru di Sukoharjo. Banyak lokasi wisata yang seru yang wajib untuk anda kunjungi.

Berikut ini adalah beberapa referensi untuk anda yang ingin berwisata atau menikmati liburan di Sukoharjo.

Tempat Wisata di Sukoharjo

1. Gunung Sepikul


Gunung ini adalah salah satu gunung yang cukup terkenal di Sukoharjo. Gunung ini terletak di Kecamatan Bulu, Sukoharjo atau yang lebih jelasnya berada di salah satu desa bernama Tiyaran. Jika banyak orang yang mengira gunung ini sulit di jangkau, tanggapan tersebut salah.

Desa yang satu ini sangat mudah dikunjungi karena masih satu jalur dengan salah satu lokasi wisata bernama Batu Seribu. Konon katanya gunung ini adalah sebuah batu yang dibawa oleh salah seorang surugan Bandung Bondowoso yang digunakan untuk membangun candi prambanan. Untuk anda yang ingin mengunjungi gunung ini hanya cukup mengeluarkan biaya 2 ribu rupiah.

2. Telaga Celaket


Saat ini warga dan juga wisatawan dari luar daerah Sukoharjo banyak mengunjungi Telaga Calekat. Telaga ini cukup populer mengingat pemandangannya yang cantik dan membuat banyak orang ingin mengabadikan dan menyaksikan sendiri telaga yang satu ini. Telaga ini terletak di desa sendang ijo, Selogiri Kabupaten Wonogiri. Memang terletak di Wonogiri, namun akses menuju telaga ini lebih dekat dengan Sukoharjo. Untuk mengunjungi lokasi ini anda hanya dikenakan biaya 5 ribu rupiah saja.

3. Alaska


Bukan arti dari Alaska sebenarnya, namun Alaska ini merupakan sebutan yang dibuat oleh banyak orang yang memiliki arti alas karet. Dalam hal ini merupakan perkebunan karet yang banyak dijadikan spot foto oleh banyak wisatawan. Banyak orang yang mengabadikan lokasi yang satu ini untuk acara tertentu atau sekadar menghias instagram atau medsos miliknya. Anda juga tidak dikenakan tiket masuk apapun karena Alaska termasuk dengan perkebunan.

4. Telaga biru


Jika anda ingin mengunjungi lokasi wisata yang satu ini, telaga biru sendiri terletak diantara perbatasan Yogyakarta dengan Sukoharjo. Namun telaga biru sendiri lebih tepatnya berada di desan Tandansari. Dalam hal ini telaga biru memiliki keindahan yang terletak di telaganya yang terkadang berawarna biru yang terbentuk akibat penambangan kapur yang sudah ada seak tahun 80an. Untuk mengunjungi telaga biru sendiri anda tidak akan dikenakan biaya. Banyak yang menyebutkan bahwa telaga biru ini adalah tanah warisan.

5. Curug Krajan


Curug ini adalah salah satu curug yang banyak dikunjungi oleh banyak orang maupun wisatawan domestik. Dalam hal ini akses yang harus ditempuh untuk dapat mengunjungi lokasi yang satu ini cukuplah mudah, yaitu datanglah ke kecamatan Weru, kabupaten gunung kidul. Air terjun ini memiliki pembeda yang berada pada 3 tingkatan yang di milikinya. Terlebih lagi dengan keindahannya, anda dapat berkunjung ke curug ini secara gratis alias tidak dipungut biaya apapun.

6. Bendungan Colo


Bukan hanya bukit dan telaga saja, namun Sukoharjo sendiri memiliki ciri khas dengan keindahan bendungan yang dimilikinya. Dalam hal ini bendungan ini bukan diperuntukkan untuk anda yang ingin mandi atau berenang karena air yang dimilikinya sangat deras. Namun, untuk anda yang ingin mengabadikan suasana yang ada di bendungan colo ini sangat cocok karena keindahannya yang tidak kalah dengan lokasi wisata di tempat lain. Untuk dapat mengunjungi bendungan colo ini anda tidak akan dikenakan biaya apapun.

7. Gunung Taruwongso


Saat anda mengunjungi Sukoharjo, jangan lewatkan kesempatan untuk dapat melihat keindahan salah satu gunung yang cukup terkenal di Sukoharjo. Konon katanya gunung yang satu ini akan membuat pengunjungnya enteng akan jodoh. Memang masih mitos, namun banyak orang yang percaya bahwa gunung yang satu ini dapat mendatangkan jodoh. Gunung ini terletak di desa Thengklik. Gunung ini juga dapat anda jadikan sebagai salah satu tempat mendaki yang asyik.

Banyak orang yang menjadikan gunung ini sebagai salah satu spot yang cantik untuk melihat matahari terbit maupun terbenam. Dalam hal ini gunung Taruwongso hanya membutuhkan biaya masuk sekitar 2 ribu rupiah namun anda akan dikenakan 4 ribu rupiah saat ada pertunjukan dangdut.

8. Sabana Batu


Sumba memang terkenal dengan keindahan yang khasnya. Namun, anda saat ini tidak perlu jauh-jauh untuk mengunjungi Sumba karena di Sukoharjo ada salah satu tempat cantik yang sama indahnya dengan Bukit Warinding Sumba. Sabana Batu adalah salah satu lokasi wisata yang memiliki keindahan yang sama dengan Sumba. Bahkan anggaran yang harus anda keluarkan tidak akan sebesar saat anda mengunjungi Sumba.

Nantinya untuk menikmati keindahannya anda hanya diperlukan untuk mendaki, dan biaya masuk yang harus anda keluarkan hanya 2 ribu saja. Biaya masuk tersebut juga hanya digunakan untuk parkir. Anda akan melihat kecantikna Sabana batu yang berbeda, terutama saat musim kemarau ataupun saat daun-daun yang ada berubah menjadi kehijauan. Sabana Batu terletak di kawasan batu seribu.

9. Waduk Mulur


Jika anda mengunjungi Bendungan Colo, tidak jauh dari lokasi tersebut anda akan menemukan salah satu waduk cantik yang juga menjadi primadona di Sukoharjo yaitu Waduk mulur. Waduk mulur ini sangat dikenal oleh para wisatawab lokal maupun domestik karena pemandangan yang cantiknya saat senja. Anda dapat menyaksikan betapa cantiknya pemandangan yang ada karena matahari senja yang tenggelam.

Bukan hanya menyaksikan pemandangan cantik yang ada, melainkan anda juga dapat memancing sambil menikmati sunset yang ada. Disini juga menyimpan sejarah, dimana terdapat sebuah makam Kyai Sayyid Iman. Lokasi wisata ini terdapat di desa mulur.

10. Keraton Kertasura


Siapa bilang jika wisata keraton hanya dapat dinikmati di Solo ataupun Jogja, Sukoharjo juga memiliki keraton yang tidak kalah cantiknya dengan keraton yang ada di Joga maupun Solo. Keraton ini juga memiliki benteng dan juga arsitektur yang cantik. Arsitektur yang dimiliki yaitu perpaduan antara Belanda dan juga Indonesia. Dalam hal ini anda juga dapat mengetahui beberapa sejarah yang ada di keraton ini.