Kuliner di Bali Paling Favorit dan Terkenal

Diposting pada

Pulau Dewata atau Bali merupakan salah satu tujuan wisata yang sangat diminati banyak orang baik wisatawan domestik maupun luar negeri. Bahkan, bagi masyarakat luar negeri, Bali adalah surganya dunia. Beragam tempat wisata tersedia dan ditawarkan untuk dinikmati seperti wisata pantai, wisata puncak gunung, candi, dan tempat spiritual lainnya. Nah, ketika berkunjung ke Bali, tidak afdol rasanya jika tidak mencoba beragam jenis kuliner khas Bali yang tersedia baik dipinggiran jalan atau di restoran populer di Bali.

Nah, pada kesempatan ini, kita akan mengulas beberapa tempat kuliner di Bali dan rekomendasi makanan nikmat yang patut Anda coba. Untuk itu, pastikan untuk membawa budget lebih juga teman-teman Anda ya!

Warung Mami


Ketika Anda dan teman-teman tengah hangout atau jalan-jalan di sekitar Uwuta II Nomor 30X, Jimbaran, Kuta, pastikan untuk berkunjung ke Warung Mami untuk memanjakan lidah Anda. Tempat kuliner ini sangat familiar dan favorit oleh orang-orang sekitar karena menu andalannya berupa seafood yang lezat. Salah satu menu utamanya yaitu kerang bakar yang rekomended. Selain itu, ada juga udang yang tidak kalah menggoyang lidah. Harganya juga tidak terlalu mahal lho, sekitar 150k rupiah untuk empat orang atau Rp37.500 per orangnya.

Beecup


Selain update dengan menu kuliner seafodd di Warung Mami, Anda juga boleh mencoba beragam cupcakes di Beecup. Tempat ini menyediakan beragam makanan cup yang nikmat dan lezat. Lokasinya ada di Jalan By Pass Ngurah Rai nomor 968, Sanur. Cupcakes ini bisa jadi camilan saat perutmu kosong atau sajian pada meja tamu Anda. Tenang saja, harga kue ini murah lho, sekitar 15k rupiah saja per satuan cupcakenya. Apalagi untuk pembelian lebih banyak, harganya juga lebih murah. Yaitu 155k rupiah untuk satu lusinnya.

Ayam Betutu


Selain tempat kuliner di atas, sebaiknya Anda incar menu andalan Bali yang wajib untuk dicoba seperti ayam betutu. Menu ini jadi rekomendasi utama karena sangat populer dan menjadi kuliner terkenal oleh masyarakat luas. Ada yang bilang jika ayam betutu ini khas almarhum Bondan Winarno. Apalagi bagi pecinta makanan pedas, menu ini jadi pilihan yang patut dicoba. Makanan ini sangat khas dan terkenal dengan rempah-rempah bertekstur pedas yang membuat ketagihan. Uniknya lagi, bumbu masakan tersebut dimasukkan dalam perut ayam kampung. Kemudian, daging ayamnya dibungkus menggunakan daun pisang dan dipanggang dengan bara api sekam selama kurang lebih 24 jam. Tujuannya, tidak lain untuk mendapatkan cita rasa yang nikmat, gurih, lembut, dan pedas yang original. Tak hanya menyediakan menu betutu dari daging ayam saja lho, menu ini juga tersedia dari daging bebek. Sudah pasti lumer di lidah bukan?

Babi Guling


Ingat, menu andalan bagi traveler Bali ini tidak halal sehingga bagi pengunjung muslim tidak diwajibkan untuk mencobanya. Namun, bagi Anda yang non muslim kudu mencoba menu ini. Tanpa disuruh pun pasti Anda sudah berencana akan mencicipinya bukan? Ya, hal ini dikarenakan babi guling jadi tujuan utama para wisatawan baik lokal maupun internsional saat berkunjung ke Bali. Olahan makanan ini berupa warna kulit babi guling yang berwarna kecoklatan dengan rasa yang sungguh nikmat dan renyah. Belum lagi sentuhan dagingnya yang empuk dan kaya akan rempah-rempah. Sudah pasti sangat memanjakan lidah.

Keunikan dari menu ini adalah adanya bumbu basa genep Bali juga sayuran daun ketelah pohon dimasukkan ke bagian perut babi kemudian diguling di atas bara api yang menyala. Umumnya, menu ini disajikan bersama nasi putih yang hangat dengan lawar, sate lilit, dan semangkuk jukut ares. Nah, bisa jadi menu saat malam malam bukan?

Nasi Campur Ayam Bali


Kembali lagi pada menu ayam, kali ini kita akan mengulas rekomendasi kuliner nikmat khas bari berupa nasi campur. Ya, menu ini sangat populer dan diketahui oleh banyak orang. Bagi masyarakat Bali setempat, nasi campur jadi menu makanan sehari-hari. Apa sih isi dari menu ini? Sesuai namanya, maka nasi ini dilengkapi dengan berbagai lauk yang banyak seperi sate lilit, sayur urap, lawar ayam, dan suram ayam sisit dengan bumbu hasa genep Bali yang terasa dilidah. Menu ini, akan lebih nikmat ketika disajikan dengan sambel matah atau sambel embe yang khas Bali.

Uniknya, meskipun nasi campur adalah berisi nasi dengan lauk yang banyak. Namun, tiap restoran di Bali selalu menyediakan menu dengan lauk yang bervariasi. Ada pula yang menghidangkannya dengan ayam betutu, kulit ayam goreng, telur sambal tomat, daun umbi pedas, taburan kacang tanah goreng, ataupun ikan pindang. Wah, pastikan untuk memasukkan menu ini dalam daftar menu yang wajib dicoba ya saat berkunjung ke Bali!

Sate Lilit Bali


Sesuai namanya, sate ini tidak seperti sate biasanya yang ditusuk pada bambu kecil, melainkan dililit. Namun, terlebih dulu harus diramu dulu bumbu Bali dengan daging yang sudah dicincang. Kemudian, daging dililitkan pada batang daun serai atau bisa juga tangkai bambu yang sudah dibuat. Jangan salah, rasa menu ini sangat nikmat dan gurih. Dagingnya juga terasa empuk alias tidak alot. Apalagi jika Anda membeli sate lilit yang menggunakan batang daun serai, akan ada sensasi aroma sedap tersendiri yang bakalan menggugah selera akan Anda. Bagi wisatawan muslim, pastikan untuk selalu berhati-hati saat berkunjung ke Bali karena penjualan daging Babi sangat banyak terutama sate lilit Bali. Beragam daging yang biasanya digunakan seperti babi, ikan tenggiri, dan daging ayam. So, pastikan untuk bertanya jenis daging yang digunakan terlebih dulu ya!

Lawar Kuwir


Ada lagi nih, rekomendasi menu makanan yang patut Anda coba yaitu lawar kuwir. Unik bukan namanya? Ya, menu ini terdiri dari campuran sayuran dan daging cincang yang diolah secara khusus dengan bumbu khas dari Bali. Pada umumnya, lawar ini diolah dengan campuran daging babi. Namun, tahukah Anda bahwa menu lawar dengan bebek entog juga bisa jadi alternatif kuwir yang diminati oleh banyak pengunjung terutama yang beragam muslim.

Pada menu ini, biasanya daging entog dicincang terlebih dulu baru dicampur dengan potongan sayur, kacang panjang, juga kelapa yang sudah diparut dan dilumuri bumbu Bali. Akan lebih nikmati lagi jika lawar kuwir ini disantap dengan nasih putih hangat, ditemani sate lilit, kacang tanah, semangkuk jukut ares atau sayur batang pisang, dan suwiran ayam betutu. Wah, sudah seperti menu nikahan saja?

Jika Anda berniat untuk mempelajari cara masaknya juga boleh lho di rumah. Lengkapnya kuliner di Bali tak jarang menyita perhatian para pebisnis yang ingin membuka usaha. Ditambah lagi minat pengunjung wisata yang tak pernah padam. Diantara menu dan tempat kuliner di atas, manakah yang sudah pernah Anda coba.