Ketahui Tempat Wisata di Kabupaten Kepulauan Selayar yang Wajib Anda Kunjungi

Diposting pada

Bingung memilih tempat liburan yang cocok untuk melepas penat? Sudah banyak tempat wisata yang ditawarkan tetapi masih kurang menarik? Kalau yang satu ini justru sebaliknya, hanya dari satu wilayah yaitu tempat wisata di Kabupaten Kepulauan Selayar, tetapi anda akan dimanjakan dengan beribu keindahan yang tidak akan ada habisnya.

Iya, sebagai sebuah wilayah kepulauan, kabupaten Kepulauan Selayar tersebut memang menjadi salah satu primadona bagi para traveler atau mereka yang ingin berlibur untuk menghabiskan waktu bersama orang-orang terdekat. Tanpa basa-basi, berikut ini akan kami bahas satu per satu keindahan tempat ataupun destinasi wisata yang ada di Kabupaten Kepulauan Selayar tersebut.

1. Wisata Goa Abadi Balojaha


Kita mulai dari tempat wisata Goa Abadi Balojaha. Tempat yang akan membuat liburan anda semakin bermakna. Karena, anda akan dimanjakan dengan keindahan alam berupa goa, ditambah lagi fasilitas berenang bagi para pengunjung. Keindahan stalakmit yang berada di goa menambah kepuasan para pengunjung. Adapun lokasi wisata adalah di Bontoborusu, Kabupaten Kepulauan Selayar.

2. Wisata Taman Nasional Taka Bonerate


Kalau yang satu ini merupakan tempat wisata di Kabupaten Kepulauan Selayar yang paling diandalkan dan paling terkenal, yaitu Taman Nasional Taka Bonerate. Anda tidak akan rugi berkunjung di tempat ini karena wahana tidak kurang dari 500 km persegi, terdiri dari wahana bawah laut seperti snorkling, maupun hanya untuk menimati pemandangan yang terletak di Kecamatan Takabonerate tersebut.

3. Wisata Pantai Liang Kareta


Lanjut, bagi anda yang suka pergi ke pantai, maka pantai Luang Kareta bisa jadi pantai yang cocok untuk anda kunjungi. Sajian pasir putih yang banyak disukai, dan juga air laut yang bersih menjadikan banyak pengunjung betah berada di pantai sambil snorkeling, memancing maupun hanya sekadar menikmati suasana pantai. Untuk lokasi, pantai Luang Kareta terletak di Kecamatan Bontoharu.

4. Wisata Pantai Pa’badilang


Terletak di Desa Bongaiya, Kabupaten Kepulauan Selayar, Pantai Pa’badilang memiliki pesona tersendiri sehingga banyak para pengunjung yang berdatangan. Para pengunjung bisa bermain pasir putih di pantai sebelah barat atau sekadar berfoto dengan karang yang berada di pantai sebelah timur. Tidak heran pantai Pa’badilang tersebut hampir selalu ramai di hari-hari libur.

5. Wisata Pantai Pinang


Pantai Pinang menjadi salah satu tempat wisata di Kabupaten Kepulauan Selayar yang paling favorit bagi anak-anak. Hal tersebut dikarenakan para pengunjung akan dimanjakan dengan area pantai berpasir putih sekaligus dangkal, sehingga bisa dengan mudah bermain air dan melihat ikan laut berwarna yang menarik. Untuk bisa menuju lokasi, anda langsung saja menuju ke Kecamatan Bontosikuyu.

6. Wisata Pantai Balojaha


Wisata Pantai Balojaha bisa dikatakan sebagai wahana pantai yang paling bersih untuk digunakan sebagai tempat liburan untuk bersantai. Selain memiliki pasir putih, warna air laut yang biru seolah membuat mata dan pikiran menjadi kembali segar setelah rutinitas sehari-hari. Lokasi pantainya pun tidak sulit di jangkau yaitu berlokasi di Bontoborusu, Kecamatan Bontoharu.

7. Wisata Kampung Tua Bitombang


Salah satu tempat wisata di Kabupaten Kepulauan Selayar yang memiliki banyak spot foto yang menarik. Sesuai namanya, wisata Kampung Tua Bitombang terdiri dari rumah tua dengan arsitektur unik yang membentuk seolah seperti kampung tua. Agar bisa menikmati spot foto yang bagus dan unik tersebut, anda cukup menuju ke alamat Bontobangun, Kecamatan Bontoharu, Kepaluan Selayar.

8. Wisata Puncak Pusera


Tidak ada kata terlambat bagi anda untuk mengunjungi wisata Puncah Pusera yang berada di Taipapada, Kabupaten Kepulauan Selayar. Dengan kata lain, anda masih bisa menikmati keindahan panorama ketika berada di atas bukit Pusera tersebut. Apalagi, anda bisa memilih untuk berkunjung di Puncak Pusera tersebut di siang hari yang sejuk maupun di malam hari yang romantis.

9. Wisata Opu Karajeng


Wisata Opu Karajeng menjadi salah satu tujuan favorit bagi anak-anak muda. Banyak aktivitas yang bisa dilakukan di tempat tersebut mulai dari jalan-jalan, joging, hiking maupun hanya untuk menikmati pemandangan saja. Tidak lupa, tempat tersebut juga banyak digunakan untuk spot berfoto yang bagus. Wisata Opu Karajeng ini terletak di Barat Lambongan, Kecamatan Bontomatene.

10. Wisata Air Terjun Jammeng


Merupakan tempat wisata yang memiliki pemandangan yang masih asri. Terletak di Timoro, Kecamatan Bontosikuyu, wisata yang bernama Air Terjun Jammeng tersebut juga biasa dikenal dengan sebutan lain yaitu Ohe Gonggong. Berkunjung di Air Terjun Jammeng tersebut akan membuat pengunjung merasakan suasana yang berbeda dan cocok digunakan sebagai tempat untuk berfoto.

11. Wisata Pantai Ngapalohe


Salah satu tempat wisata di Kabupaten Kepulauan Selayar yang paling banyak disukai oleh pengunjung adalah Pantai Ngapalohe. Apalagi bagi anda yang suka snorkeling untuk menikmati pemandangan bawah laut yang menakjubkan. Nah, untuk bisa menuju ke lokasi, anda langsung saja menuju ke Desa Benoa Timur, Kecamatan Bontomanai, Kabupaten Kepulauan Selayar.

12. Wisata Pantai Batu Karapu


Anda ingin melepas penat dengan melihat panorama pantai yang memukau? Maka, anda bisa berkunjung ke pantai Batu Karapu. Keindahan pantai semakin memukau karena terdapat tebing dan pepohonan yang seolah memang menemani air laut yang sangat jernih sehingga membuat para pengunjung senang. Adapun pantai Baru Karapu ini terletak di Desa Lowa, Kepulauan Selayar.

13. Wisata Pantai Baloiya


Tempat wisata lain berupa pantai yang tidak kalah bagus untuk anda kunjungi adalah Pantai Baloiya. Merupakan tempat yang cocok untuk bersantai bersama keluarga maupun orang-orang terdekat anda. Apalagi adanya batu di tengah pantai membuat pemandangan menjadi segar dan memanjakan mata. Di pantai yang terletak di Desa Patikarya tersebut, anda juga melakukan snorkeling, maupun diving.

14. Wisata Pantai Bahuluang


Seperti ada yang kurang rasanya apabila anda belum berkunjung Pantai Bahuluang. Pantai Bahuluang tersebut merupakan salah satu pantai yang banyak dikunjungi karena memiliki keunikan tersendiri. Salah satu pantai dengan spot snorkeling terbaik di Kepulauan Selayar membuat pantai tersebut terkenal di kalangan para hobiis snorkeling. Adapun pantai tersebut terletak di Desa Bahuluang.

15. Wisata Pantai Sumingi’


Wisata Pantai Sumingi’ juga merupakan salah satu tempat wisata yang tidak boleh anda lewatkan. Pemandangan pantai yang menyegarkan akan sangat sayang apabila tidak bisa anda nikmati. Apalagi bagi anda yang suka berfoto, terdapat pohon kelapa yang menjorok ke laut sehingga sangat menarik untuk dijadikan spot berfoto. Lokasi pantai berada di Desa Mekar Indah, Kecamatan Buki.

16. Wisata Batu Lohe Selayar


Dan tempat wisata di Kabupaten Kepulauan Selayar yang terakhir adalah Batu Lohe Selayar. Mungkin anda sudah pernah mendengar tentang tempat wisata yang satu ini karena memang sudah cukup terkenal. Terletak di Balang Buntung, anda akan disajikan dengan suasana berbeda berupa batu yang terdapat pahatan berbahasa Mandarin yang konon sudah ada sejak ratusan tahun yang lalu.