Keindahan Tempat wisata di kabupaten Morowali Utara

Diposting pada

Morowali Utara merupakan salah satu kabupaten, yang menyimpan banyak keindahan berbagai destinasi wisata yang dimilikinya. Morowali Utara sendiri terletak di Muara Bajoe, yang mana memiliki satu lokasi dengan daerah Witamori yang berada di kabupaten Morowali Utara.

Jarak yang dimiliki oleh kabupaten ini berjarak 30 KM, dari desa Tompir kecamatan Petasia Timur. Untuk menempuh ke lokasi ini, jarak ini dapat ditempuh dengan menggunakan perahu atau kapal karena memang tidak dapat di lalui dengan menggunakan jalur darat yang dapat mengakses ke lokasi ini. Berikut ini adalah daftar tempat wisata di kabupaten Morowali Utara.

1. Air Terjun Menduru


Tempat wisata di kabupaten Morowali Utara yang pertama, dan wajib untuk di kunjungi adalah air terjun Menduru. Air terjun ini memiliki keunikan dan juga keindahannya tersendiri, dalam hal ini air terjun ini juga berasal dari hasil bentukan alam. Bentukan alam ini juga dibuat dengan bertingkat-tingkat, dan juga memiliki pepohonan yang ada di sekitarnya.

Hal ini juga yang semakin membuat pemandangan dari air terjun Menduru ini, memiliki keindahannya masing-masing dan masih alami. Untuk anda yang ingin mengunjungi lokasi yang satu ini, anda dapat datang ke kecamatan Mori atas yang tepatnya berada di desa Ensa dan memiliki jarak tempuh sekitar 3KM.

Anda dapat menempuhnya dari jalan utama desa Ensa, yang merupakan ibukota dari kabupaten yang berjarak 40KM. Air terjun yang satu ini, sangat cocok untuk anda yang ingin menikmati keindahan alam dan segarnya air dari air terjun yang satu ini.

2. Pemandian Panapa


Objek wisata dari Morowali Utara lainnya, yang wajib untuk dikunjungi adalah pemandian panapa. Pemandian panapa yang satu ini, merupakan salah satu pemandian yang memiliki ke unikannya tersendiri dengan keadaan air yang sangat tenang. Pemandian ini merupakan salah satu pilihan yang cocok, untuk dijadikan sebagai sarana berlibur bersama dengan keluarga.

Lokasi dari pemandian panapa ini, berlokasi di desa Wawopada yang hanya berjarak sekitar kurang lebih 25km. Anda dapat menempuhnya di ibukota kabupaten dan juga 10 KM yang berjarak dari ibukota kecamatan. Anda juga dapat menemukan berbagai spot foto menarik, yang pastinya instagramable.

3. Danau Lowo


Satu lagi tempat wisata di kabupaten Morowalu Utara, yang juga wajib untuk anda kunjungi adalah danau Lowo. Danau yang satu ini, sangat cocok untuk anda yang menyukai kegiatan memancing. Hal ini dikarenakan, danau yang satu ini banyak dihuni oleh berbagai macam jenis ikan air tawar. Untuk dapat sampai ke danau ini dan bisa memancing, anda dapat menggunakan perahu kecil.

Dengan menggunakan perahu kecil ini, anda dapat memilih lokasi yang dikiranya strategis untuk memancing dan mencari spot yang nyaman untuk memancing. Tentunya danau ini cocok, untuk anda yang ingin menyalurkan hobi. Danau lowo ini juga memiliki keindahan alam yang sangat indah, dan masih terjaga.

Danau lowo ini memiliki danau yang ukurannya sangat luas, dan juga banyak ditemukan berbagai tumbuhan yang berwarna hijau dan menambah suasana yang semakin asri di danau lowo ini.

4. Muara Bajoe


Muara Bajoe merupakan salah satu tempat wisata di kabupaten Morowali Utara, yang banyak di kunjungi. Bahkan biasanya juga ramai di kunjungi saat musim hari raya idul fitri, untuk dapat menikmati liburan bersama dengan keluarga, sahabat atau bahkan orang-orang terdekat.

Banyak orang atau wisatawan lokal maupun asing, yang sengaja untuk mengunjungi muara bajoe ini untuk menikmati udara segar yang dimilikinya dan juga berbagai pemandanga yang alami dan asri. Anda juga dapat menemukan berbagai spot foto menarik, dengan bertemakan air dan juga tebing-tebing batuan kars yang menjulang tinggi.

Tebing tersebut juga menjadi daya tarik tersendiri, yang mana membuat banyak wisatawan dibuat kagum. Lokasi muara bajoe ini juga terletak di kecamatan Petasia Timur. Kabupaten Morowali Utara, Sulawesi Tengah. Untuk anda yang ingin mengunjungi muara bajoe ini, anda dapat menggunakan kapal kecil untuk mengakses lokasi muara bajoe ini.

5. Danau Tiu


Danau Tiu, adalah salah satu danau yang dijadikan sebagai tempat wisata di kabupaten Morowali Utara. Danau Tiu ini terletak di kecamatan Petasia Barat, kabupaten Morowali Utara dan merupakan salah satu destinasi wisata yang banyak di rekomendasikan warga sekitar.

Dalam hal ini, danau Tiu ini dapat ditempuh, dengan perjalanan darat dam juga dilanjutkan dengan menggunakan perahu setempat yang sudah disediakan oleh warga setempat. Hal ini sengaja dilakukan, untuk mempermudah para wisatawan mengunjungi danau Tiu ini. Anda juga akan diajak untuk berkeliling, menikmati keindahan dari danau Tiu sendiri.

Jika anda berkunjung ke danau Tiu ini, bukan suatu hal yang aneh jika nantinya para penduduk setempat ikut memanfaatkan berbagai sumber daya alamnya yang sudah terkenal melimpah. Di danau Tiu ini, anda dapat melihat banyak ikan, sehingga dijadikan sebagai salah satu mata pencaharian yang memiliki potensi yang sangat besar.

6. Goa Tamanoa

Jika anda sudah puas dengan berkunjung ke wisata air, anda dapat mencoba untuk mengunjungi Goa Tamanoa jika berkunjung ke Morowali Utara. Disini, anda dapat menikmati salah satu tempat wisata di kabupaten Morowali Utara dengan segala keindahan yang dimiliki oleh goa ini.

Ke unikan dan daya tarik yang dimiliki oleh goa ini adalah, dengan ukurannya yang sangat luas dan juga panjang. Bahkan, tidak ada yang mengetahui dimana ujung atau bagian akhir dari goa ini. Hal ini dapat anda jadikan kesempatan, untuk melihat bagaimana ujung dan akhir dari goa yang satu ini.

Goa Tamanoa ini terletak di desa wawopada, dan terletak di kabupaten Morowali Utara. Anda juga dapat menemukan berbagai spot foto yang menarik, dan juga wajib untuk anda abadikan karena keindahan yang dimilikinya.

7. Istana Raja Mori

Bukan hanya menikmati keindahan alam, bagaimana jika mengunjungi indahnya salah satu lokasi wisata yang bersejarah di kabupaten Morowali Utara? Dalam hal ini, anda dapat pergi ke ibu kota Kolonale yang berada di kabupaten Morowali Utara ini. Di daerah yang satu ini, anda dapat menemukan makam raja mori.

Makam yang satu ini juga menyimpan banyak benda-benda yang bersejarah, dan juga anda dapat mengetahui bagaimana sejarah peradaban yang terjadi pada manusia di zaman lampau. Anda juga dapat belajar bagaimana sejarah penting yang dimiliki oleh Morowali Utara.

Itulah beberapa tempat wisata di kabupaten Morowali Utara, yang dapat anda kunjungi. Dalam hal ini, anda dapat menjadikannya sebagai salah satu referensi untuk menghabiskan waktu liburan bersama dengan keluarga atau kerabat dekat anda. Anda juga dapat meluangkan waktu, untuk mengenal berbagai budaya yang ada di Indonesia.